Sindikat Copet Antar Daerah Dibekuk Polisi Bojonegoro

| More
17 April 2018
copet.jpg
Satreskrim Polres Bojogoro berhasil menangkap 7 dari 10 tersangka yang masuk dalam sindikat copet antar daerah.

Ke 7 tersangka yang berhasil dibekuk polisi adalah  SF (41) warga Kabupaten Probolinggo, HM (47) warga Kabupaten Jombang, ADK (34) warga Kabupaten Malang, SMT (48) warga Kabupaten Pasuruan, SHR Warga Surabaya, L (34) perempuan, warga Kabupaten Bangkalan, MRS (32) perempuan warga Kabupaten Probolinggo. Dari ketujuh komplotan tersebut, tiga lainya yang menjadi daftar pencarian polisi. Yaitu SPR, Kacung dan MAT yang merupakan warga Malang.

Tertangkapnya komplotan copet tersebut bermula ketika ada even sholat di Masjid Al-Birru yang terdapat di Kecamatan Dander Bojonegoro Sabtu malam kemarin. Banyak dari pengunjung yang mengaku kehilangan HP. Polisi yang berada dilokasi langsung melakukan pencarian pencopet tersebut. Hasilnya, salah satu pencopet tertangkap dan dikembangkan tujuh pelaku copet lainya.

Menurut AKBP Wahyu Sri Bintoro Kapolres Bojonegoro, dari hasil penyelidikan komplotan copet ini sebelum beraksi salah satu dari mereka mencari informasi akan adanya even di berbagai daerah.

Kemudian mereka berkumpul dan menyewa mobil ELF dan berkumpul di Kabupaten Pasuruan. Dari ke 10 tersangka copet tersebut dibagi menjadi 5 kelompok, yang masing - masing kelompok dua orang.

Tugas merekapun berbeda beda. Satu diantaranya memepet korban dan pelaku lainya mendorong dari belakang. Sehingga mempermudah pelaku lain mengambil HP korban.

Dari hasil penangkapan, polisi berhasil mengamankan 18 HP berbagai merek, serta satu mobil ELF yang digunakan untuk berangkat ke Kabupaten Bojonegoro.

Akibat perbuatan kompoltan copet ini, pelaku diancam dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penajara. (pul)

Modusnya, sebelum melakukan aksinya, mereka terlebih dahulu mencari informasi dari media sosial. Dari aksinya, komplotan ini berhasil mengambil puluhan HP berbagai merek dari satu even.(Shohibul Umam-Pojokpitu.com/jko)