Siang Ini, Petugas Masih Memadamkan Api di Pasar Lawang Malang

| More
18 April 2019
455.jpg
Radio ANDIKA - Petugas pemadam kebakaran sampai siang ini masih melakukan pembasahan lokasi kebakaran Pasar Lawang Malang. Api membakar lantai dua dan tiga Pasar Lawang Malang.

Pak GOLY KARYANTO, Kepala Bidang Pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan, empat mobil pemadam kebakarang dan satu tangki air milik BPBD Kabupaten Malang masih melakukan pembasahan di lantai dua. Satu mobil rescue dan ambulance disiagakan dilokasi. Sejak semalam 17 mobil PMK dari Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, BPBD dan Relawan melakukan pemadaman api. Namun hingga siang ini, api belum  seluruhnya padam.

Diduga kuat kebakaran karena konsleting listrik. Karena mulai dua bulan yang lalu, para  pedagang yang berjualan makanan dan memasak di dalam lokasi pasar harus membawa pulang tabung LPG nya. Namun pnyebab pasti masih menunggu hasil penyelidikan Tim Labfor Polda Jatim.

Kendala saat melakukan pemadaman api, karena banyak bahan yang mudah terbakar serta  menimbulkan reaksi kimia. Sehingga makin memperparah bara api, seperti kain, plastik, dan mebel. Lorong pasar yang sempit dan ventilasi pasar yang kurang, juga menjadi kendala petugas pemadam. Sampai siang ini tidak ada garis polisi yang dipasang sehingga banyak pedagang yang keluar masuk untuk menyelamatkan dagangannya. Hal ini juga menggau proses pembasahan. Harapannya api segera padam dan turun hujan agar membantu proses pemadaman.

Sebelumnya, api membakar Pasar Lawang, Kabupaten Malang, sekitar jam 7 malam. Pedagang panik untuk menyelamatkan barang dagangannya. Api diketahui pertama kali berasal dari lantai dua. Banyaknya barang yang mudah terbakar, membuat api makin  cepat merembet hingga ke lantai dasar. (ikj/dip)