Kemenristekdikti : Pendekatan MKDU Harus Diubah Cegah Intoleransi

| More
12 July 2019
Ristek_Dikti.jpg
Radio ANDIKA - Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof. ISMUNANDAR mengatakan, pendekatan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) harus diubah untuk mencegah terjadinya intoleransi di kampus.

Ada juga kampus yang mengintegrasikan MKDU menjadi satu dengan topik yang kekinian contohnya kemiskinan, lingkungan, dan mahasiswa akan berdiskusi dengan latar belakang keilmuannya masing-masing.

Begitu juga mata kuliah agama, tidak lagi diajarkan dasar-dasarnya di tingkat perguruan tinggi karena sudah didapat ketika sekolah. Pengetahuan yang dimiliki diaplikasikan pada masalah tertentu. Sejumlah perguruan tinggi melakukan pendekatan berbeda untuk mata kuliah agama, yakni dengan melakukan perbandingan antaragama.
 
Ada pendekatan mempertemukan orang yang berbeda, dalam satu diskusi. Hal ini dikarenakan ada asumsi yang berbeda dengan antarmahasiswa yang berbeda agama. Namun ketika sudah ditempatkan dalam satu kelompok muncul saling menghargai dan toleransi. (ant-had)