Dewan Pers : Masih Ada Jurnalis Yang Belum Pas Memberitakan Tentang Anak

| More
12 July 2019
dewanpers.jpg
Radio ANDIKA - Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers JAMALUL INSAN mengatakan, hingga kini masih ada jurnalis yang belum pas memberitakan tentang anak, seperti menuliskan dengan lengkap identitas anak, menampilkan wajah anak dan lainnya. Kesalahan tersebut, masih sering terjadi, padahal hal itu tidak boleh dan wartawan atau media bisa dituntut secara hukum.
 
Dewan Pers selalu berusaha mengingatkan jurnalis untuk bekerja secara profesional, agar bisa terlindungi dari tuntutan hukum dan lainnya, akibat kelalaian dalam memberitakan masalah anak. Berdasarkan kajian Dewan Pers, IJTI, AJI dan lainnya, banyak menemukan media yang secara etik melanggar, baik di cetak, televisi maupun daring.

Wartawan diharapkan mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas. Wartawan dapat mengambil visual untuk melengkapi informasi tentang peristiwa anak terkait persoalan hukum. Namun tidak menyiarkan visual dan audio identitas atau asosiasi identitas anak dengan vulgar. (ant-had)