Kominfo Siapkan Aplikasi Ponsel BM

| More
12 July 2019
ISMAIL.jpg
Radio ANDIKA - Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan masih membahas pemberlakuan regulasi nomor identitas asli ponsel (IMEI) untuk gawai yang dibeli dari luar negeri dan digunakan di Indonesia. ISMAIL, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo mengatakan, ada beberapa opsi terkait ponsel dari luar negeri.

ISMAIL mengatakan, opsinya bisa saja ada aplikasi khusus untuk melaporkan IMEI gawai yang dibeli dari luar negeri. Opsi lainnya, ponsel dapat digunakan tetapi dikenakan pajak. Pemerintah juga bisa melarang ponsel dari luar negeri digunakan di Indonsia.

ISMAIL menambahkan, Kominfo masih mempertimbangkan plus dan minusnya. Tetapi kalau ponsel luar negeri akhirnya diijinkan dipakai di Indonesia, Kominfo akan membuatkan aplikasi yang memudahkan pengguna.
Para pedagang yang membeli ponsel dalam jumlah kecil juga harus melaporkan ponsel yang dibeli. Para pedagang ponsel juga perlu memeriksa apakah IMEI ponsel dagangannya sudah terdaftar di Kemenperin atau belum. (ant-rom)