Politisi Potensi isi Kursi Pimpinan BPK

| More
12 July 2019
UCHOK.jpg
Radio ANDIKA - Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) UCHOK SKY KHADAFI mencurigai DPR RI akan banyak mengakomodasi politisi menjadi pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). UCHOK menilai, Pimpinan BPK seharusnya banyak diisi oleh auditor profesional.

UCHOK mengatakan, pada proses seleksi administrasi yang dilakukan Tim Seleksi calon pimpinan BPK, DPR RI telah meloloskan sebanyak 32 calon dan menggugurkan 32 calon. Sebanyak 32 calon yang gugur terutama melalui penilaian pembuatan makalah.

Menurut UCHOK SKY KHADAFI, dari 32 calon pimpinan BPK yang lolos, terdiri dari tiga kelompok besar yakni sebanyak 10 calon dari politisi, 10 calon dari internal BPK, serta 12 calon dari profesi lainnya di antaranya akademisi, pegawai swasta, dan konsultan.

Dari 32 calon pimpinan BPK tersebut nantinya akan mengisi lima posisi pimpinan BPK untuk menggantikan pimpinan BPK yang sudah habis masa tugasnya maupun yang pensiun. Direktur Eksekutif CBA memprediksi, tiga posisi pimpinan BPK akan diisi oleh Politisi sementara kelompok internal BPK dan kelompok profesi lainnya masing-masing akan mengisi satu posisi pimpinan BPK.(ant-rom)