KPK Amankan Uang Milyaran Rupiah di Rumdin Gubernur Kepri

| More
12 July 2019
KPK3.jpg
Radio ANDIKA - Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan uang miliaran rupiah dari hasil penggeledahan di Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Riau, NURDIN BASIRUN. Juru Bicara KPK FEBRI DIANSYAH mengatakan, uang miliaran itu ditemukan dari 13 wadah berupa tas ransel, kardus, plastik dan paper bag.

Setelah dihitung, Tim KPK menemukan uang senilai Rp3,5 miliar, 33.200 dolar AS dan 134.711 dolar Singapura. Uang ditemukan di kamar gubernur di Rumah Dinas Gubernur Kepri. FEBRI DIANSYAH menambahkan, Tim KPK juga menggeledah tiga lokasi lainnya, yaitu kantor Gubernur Kepulauan Riau, kantor Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau serta kantor Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau.
 
Penggeledahan itu dilakukan dalam rangka penyidikan dugaan suap terkait izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepulauan Riau Tahun 2018/2019 dan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan. Dalam kasus ini, KPK sudah mengumumkan empat tersangka. Mereka adalah Gubernur Kepri NURDIN BASIRUN, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri EDY SOFYAN, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri BUDI HARTONO, dan ABU BAKAR dari unsur swasta. (ant-rom)