BPS: Penduduk Miskin Jatim Berkurang 179,9 Ribu Jiwa

| More
16 July 2019
Angka-Kemiskinan.jpg
Surabaya - Badan Pusat Statistika Jawa Timur mencatat penduduk miskin berkurang 179,9 ribu jiwa. Kepala BPS Jatim, TEGUH PRAMONO mengatakan, secara presentase penduduk miskin di Jatim turun sebesar 0,48 persen, yakni dari 10,85 persen pada September 2018 menjadi 10,37 persen pada Maret 2019.

Ditinjau dari wilayah, penurunan penduduk miskin di Jatim merata terjadi di perkotaan dan pedesaan, yakni di perkotaan turun sebesar 0,13 persen dan di perdesaan turun sebesar 0,78 persen.

Berdasarkan catatan BPS, turunnya angka kemiskinan itu akibat tingginya peranan komoditi makanan yakni sebesar 75,02 persen, sebab sumbangan terbesar pada garis kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan pada umumnya sama, yakni faktor makanan.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, KHOFIFAH INDAR PARAWANSA mengaku, angka kemiskinan terjadi seiring dengan tingginya pernikahan usia dini, anak-anak putus sekolah di tingkat SMP, tingginya angka kematian ibu (AKI), serta tingginya angka kematian bayi (AKB) di Jawa Timur. (ant-had)