TPID Kota Kediri, Mendapat Kunjungan TPID Kota Palembang, Karena Keberhasilan TPID Kota Kediri Kendalikan Inflasi

| More
14 August 2019
1522.jpg
Radio ANDIKA - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri menerima studi banding dari TPID Kota Palembang, yang bertempat di Command Center Balaikota Kediri.

Rombongan TPID Kota Palembang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri ENNY ENDARJATI. Keberhasilan TPID Kota Kediri dalam mengendalikan inflasi Kota Kediri hingga menjadi TPID terbaik kawasan Jawa Bali di tahun 2016, 2017, dan 2018 menjadikan TPID Kota Palembang melakukan studi banding di Kota Kediri.

Dalam paparannya, ENNY ENDARJATI menjelaskan, inflasi di Kota Kediri dari tahun ke tahun. Bahkan tahun 2015 dan 2016 inflasi di Kota Kediri merupakan yang terendah se-Jawa Bali yakni sebesar 1,71% dan 1,3%. Sedangkan pada tahun 2018 inflasi Kota Kediri sebesar 1,97% merupakan terendah se-Jawa. ENNY mengatakan, ada lima kunci sukses keberhasilan TPID Kota Kediri dalam mengendalikan inflasi Kota Kediri.

Pertama, adanya komitmen yang kuat dari pimpinan beserta jajarannya. Kedua, menjalankan strategi 4K dengan sungguh-sungguh. Ketiga, adanya analisis yang tajam dari BI beserta TPID dalam menghadapi gejolak harga pangan dan non pangan serta merumuskan kebijakan untuk penanggulangannya. Dalam hal ini juga melibatkan BPS sebagai narasumber. Keempat, pemimpin selalu hadir ketika terjadi kesulitan masyarakat. Kelima, TPID yang solid. (atc/vin)