Pemerintah Arab Saudi Uji Coba "Fast Track" Pemulangan Jamaah Haji

| More
14 August 2019
00341.jpg
Radio ANDIKA - Pemerintah Arab Saudi melakukan uji coba “fast track” atau jalur cepat untuk proses pemulangan jamaah haji termasuk dari Indonesia.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 SUBHAN CHOLID mengatakan, saat kedatangan Pemerintah Arab Saudi menerapkan program “fast track” untuk proses imigrasi yang dipercepat dimana seluruh prosesnya dilakukan di Tanah Air. Dengan begitu, saat ketibaan jamaah di Jeddah atau di Madinah, jamaah tidak perlu lagi menjalani proses pemeriksaan imigrasi.

Hal itu akan dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk kepulangan pertama jamaah haji Indonesia. Dalam penerapannya tidak hanya pada personal jamaahnya yang akan melalui proses iyab tapi juga pada bagasi atau barang bawaan jamaah.
SUBHAN mengakui sampai saat ini belum ada sosialisasi resmi dan pihaknya berharap program iyab akan efektif bagi jamaah haji Indonesia dalam mengurangi kejadian keterlambatan panjang saat pemulangan. Terlebih kapasitas bandara di Arab Saudi yang meskipun besar tapi sudah sangat padat. (ant-art)