Wapres Minta Akademisi UGM Ciptakan Indeks Pancasila

| More
15 August 2019
115.png
Radio ANDIKA - Wakil Presiden JUSUF KALLA mengatakan akademisi dari Universitas Gajah Mada lebih baik menciptakan indeks nilai untuk mengukur tingkat kemampuan bangsa Indonesia dalam mengimlementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ada evaluasi dalam penerapannya.
 
Wapres JK saat memberikan pidato kunci pada Kongres Pancasila XI di Balairung Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, mengatakan, dengan menggunakan indeks tersebut, maka penerapan ideologi Pancasila akan memiliki tolok ukur yang terstruktur. Selain itu, Pemerintah juga dapat melakukan evaluasi dan perbaikan apabila ditemukan indeks Pancasila di Indonesia masih rendah.
 
Usulan tersebut muncul dari penilaian Wapres yang merasa selama ini jurnal, seminar dan diskusi mengenai Pancasila tidak membawa konsep yang jelas dalam kehidupan bernegara. Pertemuan tahunan seperti Kongres Pancasila, yang diselenggarakan UGM, juga diharapkan dapat membawa perubahan metode dalam menyampaikan terkait ideologi negara tersebut. (antara-dip)