BMKG : Prediksi Musim Hujan Di Jawa Timur Terjadi November

| More
09 October 2019
2052.jpg
Radio ANDIKA - Musim hujan di Jawa Timur tahun ini akan terjadi mulai awal November mendatang. BMKG juga memprediksi bahwa puncak musim hujan akan terjadi mulai Desember 2019 sampai Februari 2020.

HARY TIRTO DJATMIKO, Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Pusat saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan, meskipun prediksi musim hujan datang awal November, tetapi sebagian wilayah di Jawa Timur sudah diguyur hujan bulan Oktober ini.

HARY menambahkan, wilayah Indonesia tidak bisa disamaratakan musimnya. Setiap daerah bisa berbeda terkait kapan datangnya musim penghujan. Prediksi secara umum untuk Jawa Timur, hujan deras mulai datang bulan Oktober sampai Desember. Datangnya musim hujan, ditandai dengan terjadinya hujan siang dan malam terus menerus, sekitar 2 sampai 5 hari rutin.

Tanda-tanda yang saat ini muncul, belum menunjukkan datangnya musim hujan. Karena hujan baru mengguyur sebagian wilayah Jawa Timur saja, sifatnya sporadis dengan durasi yang pendek.

Tanda memasuki musim hujan adalah, semakin seringnya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Biasanya masyarakat menandai dengan pancaroba atau peralihan musim.

Untuk wilayah Kediri dan sekitarnya, musim hujan diprediksi datang pada awal November dan Desember. Bulan Oktober sudah ada potensi hujan, tetapi belum sering dan tidak merata.(eva/rom)