Tunggakan Jamkesda Dan Jamkesmas RSUD Pare Mencapai 13 Miliar

| More
29 April 2011
logojamkesmasi2.jpg

ANDIKA FM, Kediri- Tunggakan Jamkesmas dan Jamkesda tahun 2010 di RSUD Pare Kabupaten Kediri hingga waktu ini belum terbayarkan. Jumlah total dari dua jaminan yang dibiayai APBN dan APBD ini total mencapai 13 Miliar rupiah.

 

Klaim Jamkesmas yang belum cair adalah bulan Oktober sampai Desember  2010 sebesar 2 Miliar rupiah. Menyusul klaim tahun ini, bulan Januari hingga April sebesar 3 Miliar rupiah. Sementara untuk Jamkesda, tercatat tunggakan sebesar 5 koma 6 Miliar rupiah pada Mei hingga Desember 2010.

 

Ahmad Raziq, Bagian Humas RSUD Pare mengatakan, klaim dana tertunda karena kerusakan sistem audit pada Jamkesmas. Sedangkan untuk Jamkesda, dikarenakan anggaran yang disiapkan dari APBD jauh di bawah kebutuhan. Untuk itu, RSUD terpaksa belum membayar kebutuhan obat dan pelayanan medis yang dibutuhkan,”jika dananya sudah tersedia, nanti akan dibayarkan dengan system rapel,” ujarnya.

 

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kediri Dina Kurniawati mengatakan, inti dari permasalahan ini adalah kecilnya anggaran. Sehingga diupayakan tertutupi pada Perubahan Anggaran Keuangan tahun ini,”karena ini untuk kepentingan masyarakat, kami upayakan di PAK nanti,”terangnya.(Hadi Kusuma)