Pengamat Ekonomi : Konsumsi Masyarakat Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi

| More
06 August 2020
4_ekonomi.jpg
Radio ANDIKA - Sejumlah pengamat ekonomi menyebut, harga-harga barang komoditas, biaya listrik, bahan bakar minyak, dan pajak yang terus naik menjadi indikator bahwa Indonesia mulai memasuki resesi ekonomi. Pengamat Ekonomi STIE Perbanas Surabaya, Prof. Drs. Ec. ABDUL MONGID, MA., Ph.D, mengatakan, Indonesia tidak akan masuk ke jurang resesi apabila pemerintah tetap bisa menjaga daya beli masyarakat ekonomi tingkat bawah. 
 
ABDUL MONGID ketika On Air di Radio ANDIKA menambahkan, meski resesi di Indonesia masih sebatas prediksi dan menjadi kontroversi, dirinya mengaku optimis Indonesia tidak akan mengalami resesi. Supaya resesi tidak berlangsung dalam jangka waktu lama dan menjadi depresi ekonomi, pemerintah harus secepatnya membangun ekonomi masyarakat tingkat bawah. Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertanian, harus turun langsung ke petani. Pemerintah harus memperhatikan sektor tanaman pangan, yang selama ini menjadi penyangga ekonomi.
 
Masyarakat juga diminta tetap beraktifitas seperti biasa sambil tetap menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat perlu diingatkan untuk berhati-hati dan cermat dalam berbelanja. Belanja hanya untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan dan tidak menambah kredit. (had/rom)