Masih Dibebani Biaya Pendidikan, Orang Tua Murid Bisa Ajukan Keringanan

| More
06 August 2020
11_SIDIK.jpg
Radio ANDIKA - Selama masa pendidikan jarak jauh, sejumlah orang tua masih masih dibebani tanggungan membayar biaya pendidikan, terutama untuk sekolah swasta. Wali murid meminta sekolah swasta memberikan keringanan pembayaran biaya pendidikan selama pandemi virus corona. Sebagian wali murid merasa kesulitan membayar biaya pendidikan, karena terdampak pandemi Covid-19. Mulai dari pendapatan usaha yang menurun sampai adanya PHK dari tempat bekerja.
 
Menanggapi hal ini, On Air di Radio ANDIKA Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Dinas Kediri, SIDIK PURNOMO, S.Pd, M.Si mengatakan bagi orang tua atau wali murid khususnya sekolah swasta yang tidak mampu membayar biaya pendidikan, bisa mengajukan permohonan keringanan bebas 100 persen atau 50 persen atau subsidi silang kepada sekolah. Tetapi harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diketahui desa dan kecamatan.
 
SIDIK mengatakan, pendanaan pendidikan untuk sekolah swasta menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. Seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Dalam hal ini, ada pendanaan yang ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah terutama sekolah negeri, tetapi bagi lembaga pendidikan swasta sepenuhnya mengandalkan pembiayaan bersama. Dimana orang tua siswa ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan. Walaupun selama pandemi kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, tetapi biaya pendidikan tetap harus dibayarkan wali murid. Karena bantuan operasional sekolah (BOS) dari pemerintah tidak akan menutup biaya operasional lembaga pendidikan swasta. (eva/eko)