Banjir Lahar Dingin Gunung Kelud Mengancam Warga

| More
04 November 2011
015_Lahar-Dingin.jpg

ANDIKA FM, Kediri- Lahar dingin masih mengancam warga yang berada di sepanjang aliran lahar Gunung Kelud. Datangnya musim hujan rawan memicu banjir yang disertai material seperti batu dan pasir.

 

Sujati Petugas Pelaksana Teknis Kantor Kegiatan Pengendalian Lahar Gunung Kelud Kediri mengatakan, ancaman banjir lahar dingin ada di 8 titik di Kabupaten Kediri. Diantaranya di Kecamatan Plosoklaten, Puncu, dan Kecamatan Kepung.

 

“Selain pengerukan pasir, ancaman banjir lahar dingin juga diakibatkan penumpukan material di beberapa tanggul yang kini sudah setinggi 6 meter,”ujarnya.

 

Sedangkan upaya pengendalian banjir lahar dingin kini sudah disiapkan peralatan dan barang tanggap bencana. Diantaranya karung plastik dan brojong kawat. Jika sewaktu waktu terjadi banjir, warga bisa menggunakannya,”warga bisa bahu membahu dengan petugas dari pemerintah daerah jika sewaktu waktu ada banjir,”terangnya.

 

Sujati menambahkan, selain Kediri, ancaman banjir lahar dingin tersebut juga mengancam warga di Kabupaten Jombang dan Kabupaten Blitar. Diantara tiga kabupaten yang dilewati arus lahar Gunung Kelud, Kabupaten Blitar memiliki ancaman banjir lahar dingin yang paling parah,”Setidaknya 8 tanggul di kabupaten ini sudah kritis,”pungkasnya.(Hadi Kusuma)