PPKM Kembali Diperpanpanjang, Kali Ini Terbatas di Daerah Tertentu

| More
02 August 2021
Peres.jpg
Radio ANDIKA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level II hingga IV, kembali akan diperpanjang selama sepekan ke depan, dimulai tanggal 3 hingga 9 Agustus mendatang. Berbeda dengan perpanjangan sebelumnya yang berlaku di 190 kota dan kabupaten se-Indonesia, kali ini perpanjangan berlaku di beberapa daerah tertentu.
 
SAMSUL HADI, Jurnasis Radio ANDIKA di Jakarta melaporkan pengumuman perpanjangan PPKM level II hingga IV disampaikan oleh Presiden JOKO WIDODO lewat keterangan pers lisan yang disiarkan secara virtual di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin malam. Presiden mengatakan, perpanjangan PPKM sebelumnya, yaitu dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus telah memberikan banyak perubahan ke arah yang lebih positif dibandingkan capaian dari pemberlakuan PPKM sebelumnya, antara lain menurunnya angka konfirmasi positif harian dan bed occupancy ratio (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit.
 
JOKOWI menambahkan, perpanjangan PPKM kali ini berlaku di daerah tertentu dengan level yang disesuaikan daerah masing-masing. Penjelasan lebih detil terkait daerah mana saja lokasi perpanjangan PPKM ini, akan dijelaskan oleh menteri koordinator dan menteri terkait.
 
Pada kesempatan penyampaian keterangan pers ini JOKOWI mengawalinya dengan ucapan terimakasih kepada tenaga kesehatan, baik dokter, perawat, dan tenaga pendukung lainnya, yang telah bekerja keras di garda terdepan dalam menyelamatkan nyawa manusia. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada masyarakat atas dukungan penuh terhadap pemberlakuan PPKM, yang disebut oleh JOKOWI memang harus diambil dan dijalankan sebagai pilihan menginjak pedal gas dan rem penanganan Covid-19 secara dinamis.
 
Presiden menjamin keputusan pemberlakuan PPKM diambil atas pertimbangan matang terhadap setiap data penanganan Covid-19 terbaru, di tengah pilihan sulit menyelamatkan nyawa atau perekonomian.
 
Tak lupa presiden juga meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap persebaran Covid-19, khususnya varian delta, dengan tetap disiplin  dalam menjalankan protokol kesehatan. Pemerintah akan terus bekerja keras dalam mengatasi pandemi Covid-19 dengan bertumpu pada 3 pilar utama, yaitu kecepatan vaksinasi, penerapan 3M secara masih di seluruh elemen masyarakat, serta menggencarkan kegiatan testing, tracing, dan treatment sebaik-baiknya, termasuk menjaga bed occupancy ratio yang tidak kembali melonjak dan menjamin ketersediaan obat-obatan.(shk/stm)