Kurikulum Akan Diperbaharui di Tahun 2022, Sekarang Sedang Diujicoba

| More
02 December 2021
ILUSTRASI_Pendidikan_Karakter_di_Sekolah_di_Indonesia.jpg
Radio ANDIKA - Rencana pembaharuan kurikulum pendidikan di tahun pelajaran 2022 mendatang, sebagaimana disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, NADIEM MAKARIM. Dalam pidato peringatan Hari Guru Nasional belum lama ini. Hal itu juga ditegaskan oleh Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, ANINDITO ADITOMO.
 
Berbeda dengan kurikulum yang sekarang sedang diberlakukan, kurikulum baru ini disebut tidak terlalu padat, dan berfokus pada materi pembelajaran yang esensial. Hal ini disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dalam program kerja presiden JOKO WIDODO, yang mengedepankan pengembangan karakter dan kopetensi
 
ANINDITO menambahkan, kurikulum  baru itu saat  ini sudah mulai diujicobakan pemberlakuannya secara terbatas, di 2500 sekolah  se-Indonesia lewat Program Sekolah Penggerak. Ia menegaskan, kurikulum baru itu akan bisa diterima oleh semua sekolah, bahkan dengan kualitas fasilitas pembelajaran yang minim, karena proses ujicobanya termasuk pada sekolah yang ada di daerah tertinggal di Indonesia.
 
Lewat ujicoba langsung ke sekolah-sekolah di Indonesia, ANINDITO menggarisbawahi sebagai langkah penting terkait peran guru dalam memaknai  sebuah kurikulum. Hal ini sekaligus untuk keperluan evaluasi, yang berbeda dengan rencana pemberlakuan kurikulum sebelumnya didominasi oleh para akademisi lewat pemeriksaan dokumen semata.
 
Dari ujicoba yang sudah dilangsungkan itu pula ANINDITO mengklaim, Kemendikbud Ristek mendapatkan hasil yang sebagian besar memuaskan. Sehingga kurikulum baru tersebut akan bisa segera diberlakukan di tahun pelajaran mendatang. [shk/kin]