Berita- Info ANDIKA

23 May 2017
Nicky Hayden Meninggal Dunia, Sang Kakak: Kami Semua akan Sangat Merindukannya Kabar duka kembali menghampiri dunia balap MotoGP. Ajang balap motor kelas premier tersebut kembali kehilangan salah satu pembalap terbaiknya, yakni Hayden yang mengembuskan nafas terakhir di rumah sakit Bufalini, Italia Senin 22 Mei 2017 malam WIB.

Hayden meninggal dunia setelah dirawat hampir sepekan akibat cedera parah pada bagian dada dan kepala. Rider berpaspor Amerika Serikat tersebut mengalami cedera setelah ditabrak sebuah mobil saat sedang bersepeda bersama rekan-rekannya.
 
Sang kakak, Tommy Hayden pun mengaku benar-benar kehilangan sosok Nicky. Ia mengatakan, seluruh keluarga akan sangat merindukan pembalap yang meninggal di usia 35 tahun tersebut.

“Terlepas dari kenangan 'publik' ini, kami juga akan memiliki banyak kenangan indah dan bahagia dari Nicky di rumah di Kentucky, di hati setiap anggota keluarga. Kami semua akan sangat merindukannya,” papar Tommy, seperti disadur dari Crash, Selasa (23/5/2017).

Masa emas Hayden di MotoGP terjadi pada tahun 2006. The Kentucky Kid - julukan Hayden - berhasil meraih gelar juara dunia setelah bersaing ketat dengan Valentino Rossi hingga balapan terakhir. (okezone-ink)

 
23 May 2017
Mentan: Indonesia Bisa Jadi Lumbung Gula

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia bisa menjadi lumbung gula dunia.
Hal itu terjadi jika potensi rawa di Indonesia bisa dikembangkan.

Amran menyatakan, potensi rawa yang bisa dijadikan perkebunan tebu ada 21 juta hektare.
Dari jumlah tersebut, yang bisa dikelola delapan hingga sepuluh juta hektare rawa.

"Satu juta hektare (rawa) kita kelola untuk tebu, Indonesia sudah menjadi lumbung pangan, khususnya gula dan ekspor. Kami sudah sinkronisasi regulasi dengan Menteri Kehutanan, BUMN," kata Amran saat acara peletakan batu pertama pabrik gula PT Pratama Nusantara Sakti di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Senin (22/5).

Amran juga menargetkan swasembada gula, khususnya gula putih, bisa terwujud pada 2019 mendatang.
Hal ini bisa terjadi dengan adanya pembangunan perkebunan dan pabrik.

"White sugar kita jumlahnya 2,5 juta ton, sedangkan kebutuhannya 2,8 juta. Kurang 300 ribu,"‎ tutur Amran.

Dia mengapresiasi adanya perkebunan tebu di daerah rawa seperti yang dibangun oleh PT Pratama Nusantara Sakti. Pasalnya, perkebunan tebu di rawa merupakan terobosan baru di Indonesia.

"Ini ada potensi yang digali luar biasa, rawa dijadikan lahan tebu," ujar Amran.

Menurut Amran, ada keuntungan luar biasa dari perkebunan tebu di daerah rawa.
Pertama adalah ramah lingkungan. Kemudian, biaya logistik lebih murah.

"Ini keuntungan daerah rawa dibangun perkebunan tebu," ucap Amran.(jpnn-ink)

23 May 2017
Bu Susi: Sudah Separuh dengan Asing, atau kita Hanya Dapat Sampel Saja Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyadari beberapa peraturan yang dikeluarkannya banyak yang merasa dirugikan.
Seperti pemberantasan illegal fishing dan menjadikan perikanan tangkap masuk daftar list negatif investasi.

"Saya juga kerap dimintai untuk direvisi, agar pihak asing leluasa beroperasi mengambil sumber daya perikanan tangkap," ujar Susi dalam siaran persnya, Senin (22/5).

Meski begitu, Susi tak gentar. Dia meyakini tidak ada sumber daya lain mutlak untuk Indonesia.
"Minyak, tambang, semua sudah separuh-separuh dengan asing, atau kita hanya dapat sampel saja," tutur Susi.

Susi menambahkan, kebijakan yang ditempuh merupakan salah satu cara memberikan deterrent effect kepada pelaku pencuri ikan dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.
"Yang penting itu konsistensi tinggi supaya dihargai. Supaya orang lain tidak berani main-main dengan kita", tandasnya.(jpnn-ink)

23 May 2017
Neville: Sekarang Waktu Yang Tepat Untuk Rooney Tinggalkan Manchester United Mantan pemain Manchester United, Phil Neville, merasa kalau sekarang adalah waktu yang tepat bagi Wayne Rooney untuk meninggalkan Old Trafford. Mengingat pemain berpaspor Inggris itu memang bukan pilihan utama dalam rencana Jose Mourinho sejauh ini.

Sejak Mourinho mengambil alih kursi kepelatihan Man United, Rooney yang berstatus sebagai kapten tim justru lebih sering menghiasi bangku cadangan. Pelatih berpaspor Portugal itu lebih memilih pemain muda seperti Marcus Rashford untuk mendampingi Zlatan Ibrahimovic di lini depan.

“Sepertinya ia (Rooney) terlihat sedang menuju pintu keluar Manchester United. Anda mendapat sinyal yang menunjukkan kalau sekarang adalah waktu yang tepat baginya untk pergi, dan mungkin sekarang adalah waktunya,” kata Neville, seperti dikutip dari Four Four Two, Selasa (23/5/2017).

“Anda berharap (ia tidak pergi) tapi melihat bagaimana musim ini berjalan, terutama sejak Natal, ia tidak banyak mendapat kesempatan bermain,” terangnya.

Rooney hanya dimainkan dalam 25 pertandingan di Liga Inggris dan baru lima kali diturunkan sebagai starter. Tak heran, jika jumlah gol pemain 32 tahun tersebut hanya menyentuh angka lima di akhir musim.(okezone-ink)

23 May 2017
Hari Ini, Presiden Jokowi Terima Utusan Khusus Presiden Korea Selatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2016, Selasa 23 Mei 2017.

Agenda itu akan berlangsung di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 09.00 WIB.

Pada sore harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menerima utusan khusus Presiden Republik Korea yang diwakilkan oleh Wali Kota Seoul. Presiden Jokowi akan menerima wali kota Seoul di Istana Kepresidenan Bogor, sekira pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, pada Senin 22 Mei 2017, Presiden Jokowi menerima kunjungan Raja Swedia Carl XVI Gustaf. Jokowi menerima kedatangan tamunya tersebut di Istana Kepresidenan Bogor.(okezone-ink)

23 May 2017
Panglima TNI: Bangsa Indonesia Harus Tetap Bersatu Indonesia merupakan bangsa yang besar dan harus tetap bersatu. Jangan sampai terpecah belah. Karena negara lain akan mengambil peluang atas kegaduhan soal suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang terjadi di Indonesia. Isu SARA paling mudah dipakai untuk provokasi di Indonesia.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan hal itu saat memberikan pembekalan di hadapan 640 Kader Golkar se-Indonesia dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (22/5/2017).

Panglima TNI mengajak kader-kader Partai Golkar untuk terus berjuang mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa yang akan diwariskan ke anak cucu generasi penerus bangsa nantinya di kemudian hari.

“Saya mengajak pimpinan Partai Golkar seluruh Indonesia untuk selalu bersama bergandengan tangan berjuang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mari sama-sama menghilangkan fitnah, saling menyudutkan, membuat berita-berita yang tidak benar karena semuanya itu dapat menyulut perpecahan bangsa,” harapnya.

Panglima TNI juga mengingatkan peserta Rapim Golkar bahwa Republik Indonesia bukan milik suatu golongan, bukan memiliki suatu agama, bukan milik suatu suku, tetapi milik kita semuanya dari Sabang sampai Merauke.

“Oleh sebab itu, Pancasila harus diamalkan, dikonkritkan dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar kehidupan sehari-hari tetap berjalan sebagaimana mestinya, dengan itu kita akan mempunyai pondasi yang kokoh,” tegasnya.

Menurut Panglima TNI, yang paling mudah untuk menghancurkan persatuan dan kesatuan Indonesia adalah dengan cara mengadu domba melalui sentimen agama dan kesukuan dengan metode provokasi serta hukum sudah tidak dihiraukan lagi.

“Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus kita jaga karena akan masuk melalui isu SARA. Oleh sebab itu kita harus tetap waspada,” jelasnya.(jpnn-ink)

23 May 2017
Berbuat Curang dengan Memotong Lintasan, Rossi: Perbuatan Vinales Sangat Merugikan Saya! Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, merasa telah dirugikan dengan kelakukan rekan setimnya, Maverick Vinales. Pembalap berkebangsaan Italia tersebut mengaku perbuatan sang junior dengan memotong lintasan menjelang lap-lap terakhir GP Prancis sangat curang.

Duel perebutan tempat pertama antara dua pembalap ini memang berjalan sengit. The Doctor –julukan Valentino Rossi- sukses menyalip Vinales di lintasan lurus di tiga lap tersisa dalam balapan. Namun Top Gun –julukan Maverick Vinales- sukses mendapatkan posisinya kembali setelah Rossi melebar saat melahap tikungan.
 
Namun pembalap berusia 37 tahun tersebut mengaku sangat dirugikan, pasalnya ia tidak dapat lepas dari kawalan Vinales yang kala itu memotong tikungan untuk mengejar Rossi. Alhasil Vinales dapat memangkas waktu sepersekian detik untuk mengejar ketertinggalan.

“Saya tidak melihatnya dengan jelas. Namun Vinales telah mempermainakn saya dengan memotong jalur. Saya melakukan putaran dengan sangat cepat, namun ia memotong lintasan di sektor tiga sebelum mengambil keuntungan dengan menyalip saya,” ucap Rossi, menyadur dari Motorsport, Selasa (23/5/2017).(okezone-ink)

23 May 2017
Jangan Main-main ya, Penggunaan Dana Desa Diawasi KPK Penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN diawasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Pengawasan tersebut sebagai tindak lanjut kerja sama antara Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemndes-PDTT) dengan KPK, terkait pendampingan dana desa.

Rita Rahmawati, Kasubdit Kerja Sama dan Kemitraan Masyarakat Desa Direktorat Pemberdayaan Desa Kemendes, mengungkapkan saat ini pengawasan terhadap penyaluran dana desa tersebut sedang berjalan hingga tahun mendatang.
“Sudah berjalan dan banyak yang ditindak terkait dugaan penyimpangandana desa ini,” ujarnya, seperti diberitakan Berau Post (Jawa Pos Group).

Selain KPK, lanjutnya, Kementerian Keuangan sebagai penyalur dana desapun turut serta mengawasi dan mengontrol.
“Jadi, secara bersama-sama akan dipantau perkembangan penggunaandana desa di daerah,” tegas dia.

“Kami sarankan kepada kepala desa maupun bupati untuk penyampaian laporannya tidak ada kekeliriuan. Kalaupun ada, maka siap-siap dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Masyarakat disarankan tidak perlu segan-segan untuk melaporkan jika terjadi adanya penyelewengan yang dilakukan oleh kepala desa. “Kalau ada segera laporkan ke KPK atau ke pihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian,” sarannya.
“Jadi jika nominalnya Rp 800 juta tentu yang melakukan kepolisian. Tapi kalau angkanya di atas satu hingga dua miliar, maka KPK yang turun tangan,” jelasnya.

Dia meminta kepada kepala desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap jumlah dana desa hingga pada pengunaannya.
“Jadi harus transparan. Kalau bisa ditempel di kantor desa sehingga masyarakat pun bisa mengontrol dan mengawasinya,” pintanya.

Dia menambahkan, pada dasarnya kontrol terhadap penggunaan dana desatersebut merupakan tanggung jawab bersama.
“Semua di pemerintahan mulai dari kepala daerah, dinas teknis, aparatur desa, tak terkecuali masyarakat,” tutupnya.(jpnn-ink)

23 May 2017
Usulan Memangkas Rangkaian Penghitungan Hasil Pemilu Dinilai Berbahaya Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Komite Independen Pemantau Pemilu(KIPP) Girindra Sandino menilai pengaturan terhadap media sosial sebaiknya tidak dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyelenggaraan Pemilu. Karena hal tersebut sangat sensitif.
Pembuat undang-undang baik pemerintah maupun partai politik lewat anggotanya di DPR yang menyutujui, dapat dinilai telah melakukan pengekangan terhadap kebebasan masyarakat sipil yang ingin berpartisipasi dalam proses pemilu.

"Wacana itu juga menunjukkan 'paranoid politik' partai-partai besar yang sedang berkuasa. Hal-hal seperti medsos cukup diatur oleh kementerian terkait," ujar Girindra di Jakarta, Senin (22/5).

Girindra juga menyoroti usulan DPR soal rekapitulasi suara hasil pemilihan untuk memotong dari tempat pemungutan suara (TPS) langsung ke KPU kabupaten/kota. Menurutnya, hal tersebut sangat berbahaya jika disepakati.
"Usulan itu juga dapat membabat partisipasi masyarakat sipil. Selain itu, juga membuat KPU kabupaten/kota pasti kewalahan dan rawan gugatan," ucap Girindra.

Partai-partai yang di DPR kata Girindra, seharusnya menyadari bahwa esensi dari pemilu adalah partisipasi masyarakat. Jadi ketika hal tersebut dipangkas, dapat mendegradasi konsolidasi demokrasi di bawah.
"Dapat dipahami, kecurangan kadang terjadi di tingkat kelurahan dan kecamatan, tapi memotong langsung ke KPU Kabupaten/kota bukan langkah solutif, sangat berbahaya," tutur Girindra.

Apalagi Pemilu 2019 nanti digelar serentak pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, tentu akan ada banyak kotak suara yang akan dihitung.
Terbaca sekali bahwa parpol hanya ingin mendulang suara dan menang tanpa memperhatikan hal-hal subtantif dari proses demokrasi dan pendidikan politik dari kontestasi demokrasi yang wajib melibatkan rakyat," pungkas Girindra.(jpnn-ink)

22 May 2017
Wih, Menteri Susi Klaim Kesuburan Laut Indonesia Naik 100% Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastusi mengklaim, kesuburan laut Indonesia naik 100% dalam kurun waktu dua tahun sejak pihaknya melarang penggunaan kapal asing bekas dan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. 

“Masih banyak alat tangkap yang ramah lingkungan. Saya sudah dilarang bicara cantrang oleh Presiden, harus move on,” ujarnya saat menghadiri puncak peringatan HUT ke-44 Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia di Pantai Depok, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pemerintah, menurutnya, sudah sangat longgar menerapkan aturan penggunaan cantrang hingga Desember 2017. 

Perpanjangan tetap dilakukan meski pelarangan seharusnya sudah berlaku sejak dua tahun lalu. Ikan hasil tangkapan cantrang rata-rata hanya dihargai Rp5.000/kg, sedangkan ikan lain hasil tangkap noncantrang seperti tuna, tenggiri, dan kakap bisa mencapai Rp30.000/kg. Penggunaan alat tangkap diatur dalam Permen 71 Tahun 2016. Sejumlah alat tangkap yang dilarang adalah pukat tarik yang meliputi dogol, scottish seinespair seines, cantrang, lampara dasar, serta pukat hela. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Yusuf Solichien mengatakan, salah satu masalah penting bagi nelayan adalah penyebaran stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) yang masih minim. 

SPBN yang masih beroperasi hingga kini hanya sekira 200 unit, padahal dengan panjang pantai Indonesia, paling tidak seharusnya ada 2.000 unit yang beroperasi. “Bisa dibayangkan dengan panjang pantai 95.181 km, hanya ada 200-an SPDN, padahal sentra nelayan banyak,” katanya dalam acara yang sama. Masalah lain adalah permodalan. Masalah yang sudah ada sejak lama ini belum menemukan solusi yang komprehensif sampai sekarang. Kebijakan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang telah diperintahkan Presiden melalui keppres dinilai masih sulit diakses nelayan. Salah satu kendalanya, kapal tidak bisa dijadikan agunan. 

“Kami mohon perbankan nasional mendukung masalah (permodalan) ini,” ungkapnya. Faktor lain yang harus diperhatikan adalah sarana dan prasarana perikanan bagi nelayan seperti pelabuhan perikanan, pendaratan ikan, dermaga, pasar-pasar ikan, tempat pelelangan ikan, termasuk pabrik es. Dia mencontohkan, Jepang yang memiliki panjang pantai sepertiga dari Indonesia memiliki 3.000 pelabuhan perikanan. “Kita sekarang yang kecil-kecil sekira 500-an (pelabuhan), ini perlu kerja keras dari pemerintah membangun sarana prasarana untuk kepentingan nelayan, kepentingan industri perikanan,” bebernya. 

Menanggapi masalah ini, Susi mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN, untuk memudahkan KUR bagi nelayan. Diakuinya, Kementerian Kelautan dan Perikanan pun memiliki Badan Layanan Umum (BLU) melalui koperasi yang bisa membantu nelayan menyiapkan modal dan membeli hasil nelayan. “Untuk BBM kita akan berkoordinasi dengan BUMN untuk push Pertamina,” tuturya.(okezone-ink)

Page 1 of 728      1 2 3 >  Last ›