Berita- Info ANDIKA

20 December 2014
Akuisisi Sekolah Tingkat SMA Belum Jelas
Radio ANDKA - Kediri- Jatim - Pemerintah Kabupaten Kediri belum berani memberikan instruksi atau kebijakan apapun tentang rencana akuisisi sekolah tingkat SLTA.

Kabag Humas Pemkab Kediri Haris Setiawan mengatakan rencana akuisisi itu hingga kini belum ada aturan teknisnya. Termasuk pengalokasian anggaran yang terlanjur masuk dalam RAB dinas pendidikan pada APBD 2015. Menurutnya kondisi ini diharapkan tidak menggangu proses belajar mengajar para siswa.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kediri, Taufiq Chafifudin mengatakan, hingga kini proses akuisisi seluruh SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Kediri belum jelas keputusannya. Padahal regulasi itu harus dijalankan tahun 2015 mendatang.(Jln)
20 December 2014
Bulog Kediri Ditinggal Mitra Usaha
Radio ANDIKA, -Kediri- Jatim - Bulog Sub Drive V Kediri dari tahun ke tahun berangsur-angsur kehilangan mitra pemasok beras dari petani. Beberapa waktu sebelumnya, jumlah mitra sebanyak 43, tetapi saat ini hanya tinggal 15 saja.

Berkurangnya mitra pemasok diduga karena hanya yang dipatok Bulog terlalu rendah. Padahal, biaya operasional dari petani maupun transportasi cukup mahal, terlebih paska kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala Bulog Sub Drive 5 Kediri Wahyu Sutanto mengatakan, pihaknya masih menggunakan harga pembelian pemerintah (HPP) lama. Bulog tidak berani menaikkan harga pembelian sebelum ada perubahan HPP dari pemerintah.

“Mengenai stok beras di Bulog sendiri sekitar 29.000 ton, atau cukup untuk 9 bulan ke depan. Artinya untuk stok beras sendiri masih aman,” kata Wahyu Sutanto.

Wahyu menambahkan, untuk pengadaan beras tahun ini diperkirakan tidak memenuhi target, karena masih 54 persen saja. Padahal, target yang dibebankan pemerintah tahun 2014 ini kepada Bulog Kediri sebanyak 75.000 ton.

Sementara itu, salah satu Mitra Bulog Ketut mengaku, pihaknya terpaksa memutuskan hubungan dengan Bulog karena alasan harga yang dipatok cukup rendah. Oleh karena itu, ia memilih menjual ke pasaran umum. (Jln)
19 December 2014
Polisi Bekuk Pencuri Spesialis Tempat Kost Mahasiswa
Radio ANDIKA- Kediri- Jatim - Petugas Satuan Reskrim Polres Kediri Kota membekuk Widodo warga Dusun Dampit Desa Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Widodo sebelumnya mencuri barang berharga milik Yuli Novitasari mahasiswi IIK yang kontrak di Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.
 
Waktu itu korban pulang dari kampus dan mendapati kunci kamar kos sudah rusak. Setelah dicek almari di kamar kos acak acakan dan sejumlah barang  berharga hilang di antaranya laptop, carge, helm, dan uang 300 ribu. Karena menjadi korban pencurian langsung lapor polisi. Petugas yang menerima laporan korban langsung menyelidiki dan berhasil membekuk pelaku.
 
Kasubag Humas Polres Kediri AKP Budi Nur Cahyo menuturkan, pelaku kini sudah ditahan beserta barang bukti hasil curian.”kami juga masih kembangkan kasus ini karena mungkin dia melakukan aksi serupa di lokasi lain,”katanya.
 
AKP Budi Nur Cahyo menambahkan, waktu penangkapan pelaku di rumahnya petugas sempat menggeledah kamar pelaku. Petugas juga menemukan kartu identitas anggota kepolisian dan seragam yang sedianya digunakan untuk aksi kejahatan.(Hdi)
 
19 December 2014
Prostitusi Tetap Menggeliat Di Kabupaten Kediri
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim - Program bebas prostitusi yang dicanangkan pemerintah propinsi Jawa Timur, tampaknya belum bisa terlaksana pada tahun 2015 mendatang. Sebab Satpol PP Kabupaten Kediri terkesan masih membiarkan praktek prostitusi tumbuh subur di sejumlah wilayah. Satpol PP belum berani mengambil tindakan tegas, mengingat belum ada payung hukum yang kuat.
 
Kepala Satpol PP Kabupaten Kediri Agung Joko Retmono mengatakan, sebenarnya pemerintah kabupaten Kediri sudah menutup sejumlah lokalisasi. Tetapi diakuinya tetap ada saja yang beroperasi. Tahun 2015 sudah diagendakan penertiban tempat hiburan malam yang tidak berijin. Sedangkan untuk penertiban lokalisasi akan dikoordinasikan dengan instansi lain.
 
Sementara itu, sesuai pantauan di lapangan, di beberapa eks lokalisasi di Kabupaten Kediri banyak para PSK yang masih membuka praktek prostitusi meski terselubung. Diantaranya di delapan lokalisasi yang ada di wilayah Kabupaten Kediri masing-masing di Dadapan, Gurah, Gedang sewu Pare, Kandangan, Bolodewo Wates, Krian Ngadiluwih, Grogol, dan Kras.(Jln)
19 December 2014
Raskin Tetap Disalurkan di 2015
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim - Kebijakan penyaluran beras miskin (Raskin) termasuk di wilayah Kediri akan berlanjut di tahun 2015. Sebab Bulog RI sudah menginstruksikan ke masing-masing daerah untuk mencukupi kebutuhan stok sesuai jumlah raskin yang biasa salurkan.
 
Kepala Bulog Sub Divisi Regional Kediri Wahyu Sutanto mengatakan, kepastian penyaluran Raskin 2015 tetap menunggu kebijakan pemerintah pusat, tetapi sesuai informasi yang berkembang program raskin akan diteruskan.
 
“program raskin sangat membantu warga kurang mampu. Selama ini selisih harga jual beras miskin dengan beras umum cukup tinggi,”katanya.
 
Sementara itu, di pasaran beras kualitas standar sudah mencapai Rp 8 ribu lebih per kilo, sedangkan untuk raskin hanya seribu 600 rupiah per kilo.(jln)
18 December 2014
Puluhan Pendonor, Sumbang Darah Peringati HUT ANDIKA
Radio ANDIKA, - Radio ANDIKA menggelar kegiatan sosial donor darah kerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kediri dalam rangka HUT ke 24 Kamis siang di halaman Radio ANDIKA Jalan Semeru 243 Kediri.  Acara ini mendapat sambutan yang sangat meriah dari pendengar, klien, mitra usaha dan masyarakat umum.
 
Sejumlah mitra usaha yang turut memeriahkan acara donor darah ini di antaranya Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri, Bank Indonesia Kediri, Kantor Bea Cukai Kediri, PT Telkom Kediri, PT Gudang Garam,  PT Konimex, Ayam Bakar Wong Solo dan sejumlah mitra usaha lainnya. Purnomo salah satu karyawan PT Gudang Garam mengatakan, dia datang langsung untuk donor darah setelah mendengar langsung lewat radio ANDIKA. Menurutnya, kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan radio ANDIKA harus dilestarikan.
 
Sementara itu, pendengar atau mitra ANDIKA yang datang untuk donor darah dan turut memeriahkan HUT Radio ANDIKA ke 24 di luar prediksi. Bahkan bukan hanya dari Kediri, banyak juga yang datang dari daerah lain seperti Nganjuk, Tulungagung, Blitar dan Jombang. Niamah, pendengar Radio ANDIKA yang ikut donor darah mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Bahkan menurutnya kegiatan donor darah lebih baik diadakan radio ANDIKA secara rutin bukan hanya waktu ulang tahun.
 
Sementara itu Wiyono petugas UTD PMI Kediri sangat puas dan berterimakasih pada seluruh mitra ANDIKA yang ikut donor darah. Tercatat dalam waktu 2 jam, jumlah pendonor mencapai 48 orang. Wiyono berharap, kegiatan sosial ini bisa rutin dilakukan Radio ANDIKA.(Hdi)
 
 
18 December 2014
Satu Lagi, Tersangka Korupsi Tanah Uruk Balowerti Ditahan
Radio ANDIKA- Kediri – JATIM - Kejaksaan Negeri Kediri Kamis sore menjebloskan Timbul Joko Purnomo, pegawai Dinas PU Kota Kediri selaku pengawas proyek pengurukan tanah lapangan di Kelurahan Balowerti, Kota Kediri ke tahanan. Ini setelah kejaksaan menerima limpahan dari kepolisian yang menyatakan proses pemeriksaan tersangka kasus tersebut telah rampung.
 
Selain Timbul, dua tersangka kasus ini masing-masing Yunita selaku konsultan pengawas dari CV Servita dan Ahmad Yani selaku pelaksana kontrak PT Semesta  Alam Sentoso (SAS) sudah lebih dahulu dijebloskan sel tahanan.
 
Kepala Kejaksaan Negeri Amiek Mulandari mengatakan, terjadinya tindak pidana korupsi pada proyek pengurukan tanah Kelurahan Balowerti karena ada indikasi tanpa pengawasan yang ketat. Sehingga, proyek dikerjakan asal-asalan, dan menyebabkan terjadinya kerugian negara. Berdasarkan hasil penyidikan, telah terjadi kekurangan volume pekerjaan dari proyek tersebut.
 
“berkas beserta barang bukti kasus tersebut akan segera kami limpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya,”ujar Kajari.
 
Perlu diketahui, proyek pengurukan tanah lapangan yang berada di Kelurahan Balowerti Kota Kediri dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri tahun anggaran 2012. Dana yang digelontorkan Pemkot senilai Rp 600 juta.(Hdi)
18 December 2014
Komisi B DPRD Kabupaten Kediri Pantau Distribusi Pupuk
Radio ANDIKA- Kediri – Jatim Komisi B DPRD turun tangan menyikapi kelangkaan pupuk dengan melakukan kunjungan kerja dalam daerah dengan sasaran kantor badan ketahanan pangan Kabupaten Kediri. Dewan ingin melihat langsung data penerima dan petugas distribusi pupuk, mengingat belakangan ini para petani kesulitan pupuk.
 
Dari hasil pemantauan, diketahui, memang jumlah pupuk yang digelontorkan propinsi tidak sesuai dengan permintaan daerah tingkat dua. Selain itu, ada perubahan jenis tanamanan di masyarakat. Semula pada musim kemarau banyak yang menanam hortikultura, sedangkan pada musim hujan ini petani berganti menanam padi.
 
Wasis Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kediri mengatakan, data-data yang ada di dinas terkait memang sudah sesuai. Tetapi pihaknya meminta agar para petugas lapangan (PPL) lebih aktif memberikan sosialisasi tentang efisiensi penggunaan pupuk.
 
“perilaku tanam petani juga berpengaruh,”katanya.
 
Sesuai informasi yang berkembang di lapangan, dropping pupuk yang ke dua dari propinsi distribusinya tidak merata. Masih banyak kios yang jauh dari perkotaan terlewati mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, terutama di wilayah Kecamatan Semen, Tarokan dan Grogol.(Hdi)
16 December 2014
Diduga Karena Cemburu, Teman Ditusuk
RADIO - ANDIKA - Kediri - Jatim - Diduga cemburu, karena suaminya sering keluar bersama teman istrinya. Maya, warga Desa/Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, nekat menganiaya temannya sendiri Desy Rahmawati, warga Desa Kweden, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, menggunakan pisau. Akibat dari peristiwa itu, korban mengalami luka pada perut, dahi, tangan kanan dan jari. Korban saat ditemui di rumahnya menuturkan, mulanya dia berada di kamar, tiba-tiba pelaku datang ke rumah korban dan mencarinya. Korban yang keluar, di ruang tamu tanpa sungkan pelaku langsung adu mulut dengan korban dan menuduh korban sering keluar dengan suami pelaku.  Tak puas mendapat pengakuan korban, pelaku langsung memukul korban. Namun pukulan itu berhasil di hindari oleh korban.

Kemudian, keduanya berlangsung saling serang di ruang tamu. Pelaku yang sudah jengkel, tiba-tiba mengambil pisau yang di bawanya. Pisau tersebut langsung diarahkan keperut korban. Tak hanya itu saja, korban juga mengalami luka ditangan sebelah kanan akibat sabetan pisau dari pelaku. Peristiwa itupun akhirnya mengundang perhatian warga sekitar. Dan akhirnya, pelaku berhasil diamankan oleh warga sekitar. Sementara itu, korban yang mengalami luka di dahi kepala, perut, tangan sebelah kanan dan jari, langsung di larikan ke RS Aura Syifa, dan melapor ke Polsek Gampengrejo di antar perangkat desa. Kanitreskrim Polsek Gampengrejo Aiptu Naryo menuturkan, terkait kasus penusukan, pihaknya sudah mempertemukan kedua belah pihak. Dan pada intinya mereka damai.(Anto)
16 December 2014
Puluhan Desa Di Wilayah Kabupaten Kediri Rawan Longsor
Radio - ANDIKA - Kediri - Jatim - 10 desa yang ada di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten kediri, dinyatakan waspada longsor. Pernyataan itu, disampaikan Kasubag Humas Pemkab Kediri Muhammad Haris Setiawan. Menurutnya data yang di terima dari Kesbang limas menyebutkan, 5 wilayah kecamatan, yang daerahnya berpotensi terjadi longsor tersebut, terletak pada geografis perbukitan. Diantaranya berada di Kecamatan Mojo, kecamatan Tarokan, Grogol, Semen dan kecamatan Banyakan. Dari data sebelumnya, dari 10 wilayah kecamatan yang telah dipetakan, Kecamatan Mojo dan kecamatan Banyakan yang paling sering terjadi bencana longsor tiap 
tahunnya, terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini.
Selain  faktor curah hujan tinggi, yang menjadi penyebab terjadinya longsor, juga dikarenakan kondisi tebing yang keras.
Page 1 of 557      1 2 3 >  Last ›