Berita- Info ANDIKA

28 August 2016
Pagelaran Seni Reyog Panji Bersih Desa Di Goa Selomangleng.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Dalam rangkaian mengenalkan budaya Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri menggelar Pagelaran Seni Reyog Panji Bersih Desa bertempat di Goa Selomangleng, hari ini. Turut meramaikan acara tersebut mantan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Prof. Wardiman, musisi Sawung Jabo, sejumlah kelompok seni kuda lumping dan seniman musik. Diawali dengan diskusi di halaman Museum Airlangga, sejarah Raden Panji menjadi tema utama karena berkisah dari Kerajaan Kadiri.

Dalam kata pembukannya, mantan Mendiknas kini menjadi budayawan mengaku telah melakukan sejumlah penelitian dan membenarkan bila kisah Raden Panji, berasal dari Kediri. Kisah itu telah mendunia, bahkan di Negeri Thailand menjadi tarian khas kerajaan, disebut Tari Inau. Setelah dilakukan penelitian berasal dari kata Inu Kertapati, merupakan sebutan lain Raden Panji. Musisi Sawung Jabo yang pertamakali hadir di Kota Kediri, mengaku terkesima dengan keindahan alam Goa Selomangleng. Dirinya merasa terhormat diundang untuk tampil dalam pagelaran seni budaya ini. Bahwa Kota Kediri ternyata menyimpan banyak sejarah dan harusnya dijaga dan dilestarikan.

Ratusan pengunjung yang menghadiri pagelaran seni ini, cukup terhibur dengan penampilan tari topeng Panji yang dihibur dengan perpaduan musik jaranan dan akustik. Walikota Kediri Abdullah Abubakar mengatakan, pihaknya telah membentuk tim diantaranya tenaga ahli dari luar negeri, untuk mengkaji kisah Raden Panji. Sejumlah kegiatan telah disusun, diantaranya menggelar tari topeng, mendukung keberadaan Omah Panji dan banyak rencana akan segera diwujudkan.(atc) 
28 August 2016
Walikota Abdullah Abu Bakar menjajal sirkuit XC Track
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim - Dalam rangka menyiapkan bibit potensial dan mempromosikan Kota Kediri melalui keberadaan sirkuit bertaraf internasional, Brigif 16 Wira Yudha, Koni Kota Kediri dan didukung Pemerintah Kota Kediri, menggelar, XC Race Kediri Open Series 2016, hari ini, bertempat di Sirkuit Goa Selomangleng. Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar usai membuka acara, kemudian menjajal sirkuit didampingi sejumlah pengurus Koni dan para pembalap.

Diikuti 120 peserta dari sejumlah klub sepeda di Jawa Timur, kejuaraan balap sepeda lintas alam atau cross country race digelar untuk memperebutkan piala Brigif 16 Wira Yudha. Peserta terbagi menjadi kelompok pelajar, junior, open dan master ini ternyata cukup menarik partisipasi peserta.

Dengan dibukanya sirkuit yang dimodifikasi untuk balap sepeda dan trail ini, diharapkan mampu mempromosikan Kota Kediri ke daerah lain. Gebrakan dilakukan ISSI Kota Kediri ini, mendapat dukungan penuh Mas Abu, sebutan Walikota Kediri, agar dijadikan agenda resmi dan digelar setiap tahunnya. Walikota menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Kediri kini gencar melakukan kampanye bersepeda, selain akan membuat jalur sepeda, dengan didirikan sirkuit ini, diharapkan muncul bibit potensial pembalas cross country.(atc)
27 August 2016
Empat Tim Liga Santri, Lolos Ke babak Semifinal.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Lanjutan pertandingan Liga Santri Nusantara (LSN) ke-II Region Jatim II memperebutkan Piala Walikota Kediri bertempat di Stadion Brawijaya, hari ini, berhasil meloloskan 4 tim ke babak semifinal. Koordinator Region, H. Abdul Muid Shohib menjelaskan bahwa ke-4 tim yang lolos memiliki kualitas tim dan skill individu di atas rata-rata. 

Babak delapan besar yang digelar di Stadion Brawijaya dimulai sejak pagi, akhirnya berhasil meloloskan 4 tim dalam babak semifinal yang akan digelar Senin depan dan dilanjutkan babak final akan digelar Rabu depan pada tempat yang sama. Ketua Panitia Region Jatim II, H. Melvien Zainul Asyiqien, menjelaskan bahwa selama pelaksanaan pihak panitia berusaha semaksimal mungkin melakukan pengawasan sesuai petunjuk dari panitia pusat.
 
Adapun empat tim yang dinyatakan lolos, PP. An Nur, PP Rejoso, PP Queen Al Falah dan PP. Daruttaibin. “Dari empat pertandingan yang digelar, meski PP. Sumbersari berhasil mengalahkan PP. Rejoso dengan skor 2-1, namun PP. Sumbersari terpaksa didiskualifikasi karena tidak mampu menyelesaikan urusan administrasi pemain. Dirinya sempat menggelar pertemuan manager dan setelah diberi batas toleransi tidak mampu diselesaikan, berdasarkan musyarawah panpel, diputuskan PP. Rejoso yang lolos di babak semifinal.(atc) 
27 August 2016
Rayakan HUT ke 2 DPRD Kota Kediri, Para Wakil Rakyat Gelar Acara Dekat Dengan Masyarakat.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim -  Dalam rangka ingin mendekatkan diri kepada masyarakat, para wakil rakyat yang duduk di DPRD Kota Kediri menggelar acara Dua Tahun DPRD Kota Kediri Bersama Masyarakat. Beragam acara disajikan mulai festival band pelajar, pameran photography dan cagar budaya, pertandingan bulu tangkis antar instansi, khataman Alquran, pagelaran wayang kulit dan acara puncak digelar sepeda santai ‘Gowes’ bersama DPRD. 

Ketua DPRD Kota Kediri, Kholifi Yunon dalam pembukaan, hari ini, berharap kegiatan pertamakali digagas ini, dapat mendekatkan diri dengan masyarakat.
 
Usai rapat paripurna DPRD Kota terkait Perubahanan Anggaran Daerah (PAK), acara peringatan Dua Tahun DPRD Kota Kediri Bersama Masyarakat dihadiri Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar beserta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Kediri. 

Ketua DPRD Kota Kediri, berharap beragam acara yang disusun ini mampu menghibur dan dijadikan silahturahmi dengan warga Kota Kediri. Dimulai dengan festival band diikuti enam group band untuk kelompok SD dan 14 group band untuk kelompok SMA dan pelajar, acara ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus digelar di Halaman Kantor DPRD. 

Sementara untuk pameran photograhphy dan keris, digelar di ruang dalam. Adapun untuk pertandingan bulu tangkis antar instansi di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, digelar di GOR Wijaya. Pada kamis mendatang, digelar khataman Al Quran dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan dalang ki Bayu Aji Pamungkas dengan lakon Bimo Tandang.
 
Rangkaian puncak acara, ditutup dengan gowes bersama anggota DPRD dengan hadiah utama satu unit sepeda motor dan sejumlah hadiah hiburan.(atc)
24 August 2016
Pemerintah Kabupaten Kediri, Buka Bursa Kerja.

Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Pemerintah Kabupaten Kediri, melalui Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Kediri, mulai hari ini hingga besok, menyelenggarakan bursa kerja atau Job Market Fair, yang berlangsung di Convention Hall Simpang Lima Gumul.

Sebanyak 60 perusahaan lokal, Regional, maupun nasional, dibidang, marketing, manufaktur, perbankan, asuransi, bidang kesehatan, kefarmasian dan pembiayaan, dari Kota dan Kabupaten Kediri, Surabaya, Malang, Madiun, Yogyakarta, dan Batam, yang menawarkan sebanyak 4600 lowongan pekerjaan.

Mengacu pada tahun lalu, sebanyak 5 ribu pendaftar yang mendatangi bursa kerja yang diselenggarakan, Disnakertrans Kabupaten Kediri. Tahun lalu, banyak permintaan dari pendaftar, pada Disnakertrans, untuk menggandeng di bidang kesehatan.

Tahun ini, Disnakertrans Kabupaten Kediri, langsung menggandeng Rumah Sakit, maupun perusahaan di bidang kefarmasian. Harapannya, para pencari kerja yang mempunyai latar belakang kesehatan, sudah tersedia lapangan kerja.

Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kediri Joko Susilo mengatakan, diharapkan dengan adanya bursa kerja di Kabupaten Kediri, dapat menyerap tenaga kerja, dan memgurangi angka pengangguran di Kabupaten Kediri.(atc)


24 August 2016
Liga Santri, Dihelat Di Kota Kediri.

Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Bertempat di Stadion Brawijaya Kota Kediri sebanyak 17 tim sepak bola dari sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur akan berlaga untuk memperebutkan Piala Walikota Kediri dalam rangkain Liga Santri Nasional ke - 2.

Acara yang dibuka Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar digantikan Asisten Mandung Sulaksono serta Gus Muid Selaku Kordinator regional 3 serta Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar.

Diawal pembukaan, dilakukan Peluncuran Balon ke udara serta kick off sebagai tanda resminya gelaran liga santri di kota Kediri.

Mandung Sulaksono Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkot Kediri mengatakan, harapannya dengan adanya liga santri ini, dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam dunia sepak bola.

Usai dilakukan pembukaan resmi dilanjutkan dengan digelar babak penyisihan diawali Pondok Pesantren Avies melawan Pondok Pesantren Trenceng.

Sejauh ini LSN hasil kerjasama PBNU dengan Kemenpora untuk menampung bibit - bibit santri hobi sepak bola. Ada 17 tim siap bertanding untuk memperebutkan Piala Walikota Kediri

Ada yang menarik dalam gelaran kepada pemain. Bila terbukti melakukan pelanggaran dan terkena hukuman kartu, maka bagi pemain diwajibkan meminta maaf dan mencium tangan wasit.

Kondisi itu Sengaja dibuat aturan wajib sebagai wujud sportifitas dan menjaga akhlag pemain yang notabene adalah santri.(atc)


23 August 2016
PT Gudang Garam Kediri, Kenaikan Harga Rokok Hoax.

Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - PT Gudang Garam Tbk sebagai perusahaan yang mempunyai karyawan puluhan ribu dan juga menopang sebagian perekonomian masyarakat di Kediri resah dengan beredarnya berita hoax yang menyebutkan naiknya harga rokok hingga 50 ribu perbungkus.

Humas PT Gudang Garam Ihwan Tri Cahyono dalam keteranganya mengatakan bila berita naiknya harga rokok hingga 50 ribu Perbungkus adalah berita tidak benar alias berita hoax.

Diakuinya, akhir-akhir ini memang masyarakat dibuat gaduh dengan wacana kenaikan harga rokok 50 ribu per bungkus. Namun setelah ditelusuri, wacana kenaikan harga rokok, ternyata bukan inisiatif dari Pemerintah, melainkan adanya salah satu dosen yang komentar atas hasil penelitiannya.

Untuk itu, Ihwan berharap pada pemerintah dan semua pemangku kepentingan akan bijak menanggapi kabar-kabar yang bersifat agitatif dan mengadu domba seperti itu.

Untuk diketahui, usulan menaikan harga rokok menjadi 50 ribu tersebut merupakan hasil studi dari Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany.

Dalam studinya, Hasbullah mengungkap bahwa dengan manaikan harga rokok menjadi 50 ribu, kemungkinan para perokok akan berhenti.(atc)


23 August 2016
Polsek Pesantren, Tangkap 2 Pengedar Narkoba.

Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Polsek Pesantren, hari ini berhasil mengungkap dua orang yang kedapatan membawa, mengedarkan, dan memakai pil double L dan ganja.

Penangkapan terhadap kedua pelaku bermula saat petugas Polsek Pesantren menangkap Suherman warga Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Dari tangan Suherman, polisi menyita barang bukti sebanyak 300 butir pil double L. Kemudian, dari penangkapan Suherman, polisi mengembangkan kasus tersebut.

Dari pengembangan itu, polisi berhasil menangkap Agus Winarno warga Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Dari tangan Agus, polisi menyita barang bukti ganja kering dengan berat 106,87 gram.

Kapolsek Pesantren Kompol Sucipto mengatakan, bahwa dari pemeriksaan kedua pelaku, ganja dan pil tersebut, diedarkan pada teman dekat. Keduanya mengaku, sudah bisnis ganja dan pil double L selama dua bulan.(atc)


22 August 2016
Pemkot, Rehap Taman Sekartaji
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri siap memugar sejumlah titik bangunan di areal taman sekartaji untuk dijadikan fungsi semula sebagai taman Kota.

Pembangunan Taman Sekartaji tersebut akan melibatkan sejumlah satuan kerja seperti dinas perindustrian perdagangan dalam melakukan penataan terhadap Pedagang maupun PKL yang ada didalam lokasi taman.

Didik Catur, Kepala Dinas Kebersihan dan pertamanan Kota Kediri mengatakan, Sejauh ini, pihaknya akan segera melakukan perbaikan taman sekartaji dan taman depan TMP, dan sudah dalam tahap finalisasi desain.

Ditambahkan Didik, untuk pembangunannya akan direalisasikan tahun ini. Sejauh ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri berharap, nantinya paska dibangun taman serta piranti yang ada didalamnya seperti ruko untuk dibuatkan peraturan daerah sehingga pengelolaannya lebih tertata.(atc)
22 August 2016
Polres Kediri Kota, Kejar Pelaku Penggelapan Mobil.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Hingga saat ini, Polres Kediri Kota masih melakukan penyelidikan dan pendalaman, terkait kasus penggelapan mobil rental. 

Kasus tersebut menguak, saat Soim Muhtarom warga Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, mendatangi rumah Sutaji, warga Kelurahan Bence Kecamatan Ngronggo Kota Kediri, untuk menyewa mobil Daihatsu pickup bernomor polisi AG 8868 AE, pada bulan Januari lalu.

Dengan kesepakatan, mobil disewa Soim selama 1 minggu, perharinya sebesar Rp. 200.000. Soim, juga memberikan DP sebesar Rp. 600.000. Namun, hingga saat ini mobil tidak kunjung dikembalikan.

Merasa menjadi korban penggelapan, Sutaji lantas melaporkan kejadian itu pada pihak kepolisian. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihak kepolisian terus berupaya melakukan penyelidikan, guna menangkap pelakunya.(atc)
Page 1 of 694      1 2 3 >  Last ›