Berita- Info ANDIKA

26 October 2014
Lomba Cipta Puisi Lestarikan Santra
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Komunitas Sastra Pare memperingati Bulan Bahasa dengan menggelar lomba cipta puisi. Lomba itu bertujuan untuk menanamkan kecintaan para pelajar terhadap kesusasteraan Indonesia yang cenderung mulai tidak diminati.
 
Dedi Ashari, Ketua Panitia kegiatan mengatakan kegiatan lomba cipta puisi dalam peringatan Bulan Bahasa saat ini untuk menggugah kembali minat para pelajar untuk mengenal kesusastraan bangsanya sendiri. Karena kesusasteraan bangsa ini sudah tidak diminati lagi oleh para generasinya, di sekolahpun pelajaran tentang kesusasteraan juga sudah minim diajarkan.
 
Peringatan Bulan Bahasa oleh Komunitas Sastra Pare diikuti oleh para pelajar tingkat SMA dan sederajat. Peserta yang mendaftar dan telah mengirimkan karya puisinya lebih dari seratus peserta. Peserta yang berasal dari wilayah Kediri dan mayoritas siswa-siswi SMA terlihat antusias meski acara ini dilaksanakan pada hari libur.
 
Antusias peserta juga terlihat pada waktu penyampaian materi. Metode penyampaian materi dengan menggunakan model tanya jawab berhasil membuat suasana menjadi hidup dan tidak membosankan. Terlebih, para peserta juga dihibur dengan penampilan teater Mentari.  Lomba itu memperebutkan tropi, piagam dan uang pembinaan. Panitia mengambil 10 besar dari puisi yang dilombakan untuk mendapat penghargaan itu.
26 October 2014
Pemkab Kediri Dituding Tidak Cinta Budaya
Radio ANDIKA- Kediri - Jatim - Panitia penyelenggara 1 Suro di Patilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, menuding pemkab Kediri tidak bertanggungjawab untuk pelestarian budaya daerah. Pasalnya, tidak sepeserpun anggaran pemkab digulirkan untuk kegiatan ini. Padahal, Pemkab Kediri sejak lama menarik penghasilan dari retribusi masuk ke kawasan wisata ritual itu.
 
Ketua panitai penyelenggara ritual 1 Suro Situs Sri Aji Joyoboyo, Gatot Subroto, menuturkan, pihak Pemkab Kediri khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak memberi sumbangan bentuk nominal uang.
 
Demi suksesnya acara tersebut, panitia penyelenggara terpaksa harus mencari dana dari sponsor. Saat ditanya nominal biaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut, Gatot enggan menyebutkan nominalnya.
 
Dalam upacara ritual 1 Suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirto Kamandanu merupakan budaya daerah yang perlu di lestarikan. Sebab menurut Gatot, Prabu Sri Aji Joyoboyo sudah di kenal Jongko Joyoboyo di berbagai Negara. Untuk itu, budaya adat ritual upacara 1 Suro patut dilestarikan.
24 October 2014
Dewan Tuding Pemkot Kediri Penyebab Kemoloran Pembangunan Kampus UB
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim - DPRD menilai molornya pembangunan kampus Universitas Brawijaya di Mrican Kecamatan Mojoroto Kota Kediri karena ulah Pemerintah Kota Kediri. Sebelumnya pendirian kampus Universitas Brawijaya sudah dipansuskan dan disetujui oleh eksekutif maupun legislatif. Akan tetapi saat akan ditanda tangani muncul surat edaran dari Pemerintah Kota Kediri dengan merubah klausul hibah dari 23 hektar menjadi 15 hektar.

Dengan kondisi tersebut semua pembahasan UB dari awal sampai akhir pun batal demi hukum. Wakil Ketua Komisi C Yudi Ayubchan mengatakan, dengan perubahan luasan lahan yang dihibahkan tersebut otomatis membuat pembahasan di pansus sia-sia.

Menurut Ayub lanjut tidaknya pembangunan universitas Brawijaya di Kediri nantinya berada di tangan walikota dan harus dipansuskan lagi. Masyarakat harus memahami dan tidak menuding DPRD yang menjadi penghambat kemajuan pendidikan seperti sebelumnya.(Jln)
24 October 2014
Ribuan PJU Ilegal Rugikan Negara Dan Masyarakat
Radio ANDIKA – Kediri – Jatim - Sedikitnya ada 3 ribu 300 titik penerangan jalan umum atau PJU yang tersebar di Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Blitar serta Kabupaten Tulungagung yang dinyatakan illegal. Aksi pencurian sumber daya listrik besar-besaran ini ditemukan oleh PLN area kediri sejak kurun waktu dua tahun terakhir.

Asisten Manager Transaksi Energi PLN Area Kediri Kardhi mengatakan, aksi pencurian listrik yang dilakukan dengan cara membuat jaringan non prosedural telah merugikan listrik negara dan menganggu kebutuhan dasar listrik masyarakat. Listrik untuk rumah tangga kerap mengalami gangguan disebabkan oleh banyaknya perangkat jaringan rusak karena daya listrik yang tidak stabil.

PJU illegal umumnya menempel pada tiang listrik milik PLN. Pencuri mengambil listrik dari jaringan resmi, untuk alasan penerangan jalan raya. Tetapi aksi tak resmi ini mengakibatkan perangkat jaringan seperti travo mengalami kerusakan.(Jln)
24 October 2014
Pengajuan Usulan UMK Kabupaten Kediri Molor Radio ANDIKA – Kediri _ Jatim - Pembahasan Upah Minimum Kota alias UMK Kabupaten Kediri Molor. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri masih belum berani menentukkan besaran angka UMK 2015. Perumusan jumlah upah minimum Kabupaten Kediri molor dari jadwal yang ditentukan. Semula sesuai agenda 18 Oktober sudah muncul nilai yang dikeluarkan dewan pengupahan untuk dikirim ke pemerintah provinsi.

Tetapi sampai sekarang masih dalam tahap survei kebutuhan hidup layak (KHL) oleh Tim. Kondisi ini akibat dewan pengupahan masih menunggu peraturan baru gubernur sebagai dasar hukum, mengingat selama ini masih memakai landasan surat edaran saja.

Ahmad Muttaqin Kepala bidang Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri mengatakan dalam menentukan UMK dewan pengupahan beracuan pada hasil survei KHL, inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi.(Jln)
23 October 2014
Satpol PP Kota Kediri Tangkap Puluhan Pelajar Bolos Sekolah Radio ANDIKA - Kediri - Jatim -  Satpol PP Kota Kediri, melakukan rasia terhadap pelajar bolos sekolah di beberapa wilayah tempat wisata di Kota Kediri. Satpol PP, pertama kali mendatangi wisata Sumber Jiput di Ngronggo Kota Kediri mendapati beberapa pelajar yang sedang ngopi. Petugas, langsung membawa para pelajar tersebut ke atas truk. Kemudian, petugas mendatangi warung diwilayah Pemakaman cina diwilayah Kecamatan Mojoroto.

Selain itu Petugas juga mendatangi warung diwilayah Lebak Tumpang dan kembali mengamankan beberapa pelajar yang sedang main remi di salah satu warung di wilayah Lebak Tumpang. Total pelajar yang berhasil diamankan Satpol PP Kota Kediri berjumlah 25 pelajar. Tragisnya, dari 25 pelajar tersebut, ada 2 siswi perempuan yang masih duduk di bangku SMP Kelas 3. Ali Muklis Kepala Satpol PP Kota Kediri mengatakan, para pelajar yang terjaring, akan dilakukan pembinaan di Kantor Satpol PP. Selain itu, Petugas Satpol PP juga akan memanggil pihak Sekolah dan orang tua siswa dan siswi yang membolos sebagai efek jera.
23 October 2014
Polsek Pesantren Kediri Tangkap Pengedar Narkoba Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Petugas Polsek Pesantren berhasil menangkap seorang pelaku pengedar narkoba, diwilayah Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Pelaku bernama Andik Heru Cahyono warga Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Penangkapan terhadap Andik bermula atas laporan dari masyarakat, jika diwilayah Kecamatan Pesantren Kota Kediri ada peredaran narkoba.

Kemudian, petugas melakukan penyelidikan, dan berhasil menangkap Andik dirumahnya. Dari hasil penangkapan tersebut, petugas juga menyita barang bukti sebanyak 89 butir pil dobel L. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Budi Naryanto mengatakan, pihaknya akan mengembangkan kasus tersebut, guna menangkap pelaku lainnya.
23 October 2014
Dinas Pertanian Kewalahan Layani Permintaan Surat Rekomendasi Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Karena banyaknya petani diwilayah Kabupaten Kediri yang mempunyai mesin diesel sendiri sebagai penyedot air di sawahnya, membuat Dinas Pertanian Kabupaten Kediri kewalahan melayani permintaan surat rekomendasi pembelian solar bersubsidi. Musim kemarau yang panjang, para petani diwilayah Kabupaten Kediri, harus bekerja keras untuk mendapatkan air untuk mengairi sawahnya.

Sehingga, para petani harus menggunakan BBM jenis solar untuk diesel penyedot airnya. Kabag Huma Pemkab Kediri Muhammad Haris Setiawan mengatakan, melalui Dinas Pertanian, untuk saat ini tetap akan dilayani untuk surat rekomendasi pembelian solar. Tetapi, jika sudah memasuki musim penghujan, sudah tidak diperbolehkan. Karena, dengan penyedot diesel, akan mengurangi volume sumber air tanah.
23 October 2014
Kepala PD Pasar Kota Kediri Mengaku Bingung, Pembangunan Kios Pasar Grosir Mandek
Radio ANDIKA -Kediri - Jatim - Kepala Perusahan Daerah Pasar Joyoboyo Kota Kediri Saiful Yasin mengaku bingung dan tertekan akibat belum jelasnya kelanjutan pembangunan kios di Pasar Grosir Ngronggo. Padahal dari pihak kejaksaan dan kepolisian sudah memastikan tidak ada permasalahan dari sisi hukum.
 
Termasuk dari perencanaan pembangunan yang sudah memenuhi ketentuan sesuai rencana tata ruang dan tata wilayah Kota Kediri. Untuk itu seharusnya pembangunan kios tersebut bisa segera dilanjutkan untuk menambah pemasukan perusahaan daerah pasar.
 
Para pedagang sudah mengeluarkan biaya rata rata Rp 50 juta untuk satu kios. Namun hingga kini belum jelas kapan kios tersebut selesai dibangun dan bisa digunakan.
 
“untuk mencegah agar tidak bergejolak pihaknya selalu mengadakan pendekatan pada semua pedagang agar mereka tidak demo,”ujar Saiful Yasin
 
Saiful Yasin menambahkan, para pedagang berkali kali juga menanyakan mengapa tidak segera dilanjutkan pembangunan kios yang kini sudah mencapai 50 persen lebih tersebut. Padahal ini sudah 6 bulan dan mereka perlu segera mengembangkan usaha dan mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan.(Hdi)
 
23 October 2014
Tidak Duduki Jabatan Strategis, PDIP Tuding Pembagian Jatah Alat Kelengkapan DPRD Salahi Aturan
Radio ANDIKA -Kediri - Jatim - Fraksi PDI Perjuangan Kota Kediri menuding pembagian jatah anggota dewan dalam alat kelengkapan DPRD tidak sesuai prosedur. Sehingga anggota dewan dari PDIP tidak dimasukkan di posisi strategis ke alat kelengkapan.
 
Meski begitu Ketua Fraksi  PDI Perjuangan DPRD Kota Kediri Hadi Sucipto tidak mempermasalahkan. Menurutnya fraksi PDI Perjuangan masih menunggu disahkannya tata tertib DPRD sebagai pedoman pembagian jatah alat kelengkapan.
 
“Tata tertib yang menjadi pedoman pembentukan alat kelengkapan DPRD tersebut belum disahkan dan masih menunggu persetujuan gubernur,”katanya.
 
Hadi Sucipto menambahkan, fraksinya dianggap terlambat sehingga tidak bisa memasukkan perwakilan anggotanya di jabatan strategis di alat kelengkapan DPRD. Menurutnya, ini harus ditata kembali setelah tata tertib DPRD disetujui Gubernur Jatim.(Hdi)
Page 1 of 537      1 2 3 >  Last ›