Berita - Kediri Hari Ini

16 April 2014
Banyaknya bermunculan oknum wartawan yang meresahkan ratusan instansi Pemkab dan Pemkot Kediri diberi pelatihan dari Dewan Pers .
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Banyaknya bermunculan oknum wartawan yang mulai meresahkan hingga terjadinya kasus pemerasan . rabu pagi , dewan pers mengadakan seminar sehari bersama ratusan instansi , mulai dari tingkat pemda , hingga kepala desa . dalam seminar yang dibuka walikota Kediri Abdullah Abu bakar itu mendatangkan tiga narasumber dari dewan pers dan juga dimoderatori dosen universitas air langga Surabaya . dengan adanya seminar media literasi bertemakan mendorong masyarakat cerdas memahami media , Abdullah Abu Bakar berharap , kedepan pers dan pemda menjadi lebih dewasa .

pers menyajikan berita-berita yang actual dan bisa dipertanggungjawabkan . pers bersama-sama pemda membangun pemerintah menjadi lebih baik .Untuk diketahui , dalam seminar siang itu , dari dewan pers dihadiri tiga anggotanya , yakni Jimmy Silahi , yosef Adi Prasetyo , imam wahyudi dan dimoderatori doctor S Adi Suparto dosen universitas airlangga .
16 April 2014
Toko Pracangan Dibobol karyawan dan Pelanggan Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - polres Kediri, berhasil mengamankan 2 wanita yang membobol sebuah toko. Ambar dwi kartika warga desa doko kecamatan ngasem kabupaten Kediri, dan katmini warga dusun sobo desa nambaan kecamatan ngasem kabupaten Kediri. Kejadian tersebut bermula, saat harmin tohari pemilik toko warga dusun sobo desa nambaan kecamatan ngasem kabupaten Kediri, mempunyai karyawan bernama ambar. Ternyata, ambar bekerjasama dengan katmini pelanggan toko untuk membobol toko harmin, dengan cara saat katmini membeli barang, akan dilebihkan. Pada saat katmini membeli barang di toko harmin, harmin curiga dengan bawaan katmini yang banyak, namun membayarnya hanya sedikit saja. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata katmini mendapat barang lebih dari ambar yang sudah bekerjasama. Kini kasusnya ditangani polres Kediri.

Kasubag Humas polres Kediri AKP Budi Nurcahyo mengatakan, pihaknya saat ini masih memeriksa kedua pelaku tersebut. Kedua pelaku, akan dikenakan Pasal 363tentang pencurian, dengan anacaman 7Tahun penjara. Akibat menjadi korban pencurian, Harmin menderita kerugian sebesar 2 koma 5 juta.
16 April 2014
Ratusan Warga Demo Kadesnya Yang Diduga Selingkuh
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Dianggap melanggar norma susila dan ketertiban umum, Kepala Desa (Kades) Kaliboto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur didemo ratusan warganya. Suwoko dituding masyarakat melakukan perselingkuhan dengan istri warganya.

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat sepakat mendesak Camat Tarokan segera menonaktifkan Kades Kaliboto Suwoko dari jabatannya. Sementara aksi unjuk rasa sendiri berlangsung di depan Kantor Balai Desa setempat.

Massa membawa pengeras suara, pamflet dan spanduk berisi hujatan. Karena tidak menemukan Suwoko di kantornya, Balai Desa Kaliboto, kemudian ratusan warga yang terdiri dari ibu rumah tangga dan para suaminya itu kompak menuju Kantor Kecamatan Tarokan.

"Kami meminta pak Camat segera menonaktifkan Kepala Desa Kaliboto. Sebab, perbuatannya sudah melanggar norma agama," teriak Abdul Muktar Rifai, tokoh agama, Rabu (16/4/2014).

Senada dengan Rifai, Ropingi tokoh masyarakat yang berada diantara pendemo dengan tegas menceritakan kronologis dugaan perselingkuhan Kades Kaliboto dengan istri warganya di Dusun Becek, Desa Kalirong, sekitar dua minggu yang lalu.

Sementara itu, dari hasil pembicaraan dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda bersama muspika setempat, keputusan yang akan diambil tergantung Bupati Kediri, selaku kepala daerah. Akhirnya massa membubarkan diri dan pulang ke rumahnya masing-masing.
16 April 2014
Setubuhi Anak Dibawah Umur, Warga Kelurahan Bangsal Dipolisikan
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Kasus persetubuhan di wilayah Hukum Polres Kediri Kota, kembali terjadi. Petugas Polres Kediri Kota, mengamankan Dargo, warga Kelurahan Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri, karena menyetubuhi seorang gadis dibawah umur, warga Kelurahan Banaran Kecamatan pesantren Kota Kediri. Penangkapan terhadap Dargo bermula, atas laporan dari ibu gadis dibawah umur tersebut, yang curiga pada anak gadisnya selama 1 hari tidak pulang kerumah. Kemudian, anak gadis tersebut, mengaku telah disetubuhi oleh Dargo di lapangan sepakbola Kelurahan Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Karena tidak terima, pihak orang tua melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Siswandi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Kini petugas masih terus mengumpulkan beberapa alat bukti. Polisi telah mengamankan hasil Visum Et repertum sebagai barang bukti. Dargo, akan dikenakan Undang Undang perlindungan anak, dengan ancaman hukuman 15 Tahun penjara.
16 April 2014
Polres Kediri, Tangkap 2 Pelaku Perjudian Remi
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Polres Kediri, berhasil mengamankan 2 pelaku perjudian kartu remi. Kedua pelaku perjudian kartu remi itu bernama Muhammad Nuril Huda warga Dusun Puh Blembem Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, dan Didik Wahyu Saputro warga Desa Ngemplung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Penangkapan terhadap Nuril dan Didik bermula, atas informasi dari masyarakat, jika di Dusun Putuk Desa Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri ada perjudian Remi dan sabung ayam. Kemudian, petugas melakukan penyelidikan, dan berhasil mengamankan Nuril dan Didik, sedangkan 4 pelaku perjudian remi dan sabung ayam berhasil melarikan diri.

Kasubag Humas Polres Kediri AKP Budi Nurcahyo mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan terhadap pelaku perjudian. Pihaknya, juga masih mengejar pelaku yang melarikan diri. Dari penangkapan terhadap Nuril dan Didik, petugas mengamankan barang bukti berupa, 1 set kartu remi, dan uang sebesar 95 ribu. Nurik dan Didik akan dikenakan Pasal 303 tentang perjudian, dengan ancaman hukuman 7 Tahun penjara.
15 April 2014
Polres Kediri, Tangkap Pengedar Narkoba
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Polres Kediri kota berhasil mengamankan seorang pengedar narkoba. Penangkapan terhadap Rio Agus Saputro warga Dusun Karangkliwon Desa gadungan kecamatan wates kabupaten kediri bermula, atas informasi dari masyarakat jika di wilayah tersebut banyak peredaran narkoba. Kemudian, petugas melakukan penyelidikan, dan berhasil mengamankan Rio saat sedang bermain play station di Desa Gadungan. Dari hasil penggeledahan, petugas mendapati barang bukti sebanyak 902 butir pil double L.

Kasubag Humas Polres Kediri AKP Budi Nurcahyo mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan atas kasus tersebut. Pihaknya juga berharap, agar masyarakat tidak menjadi budak narkoba, karena ancaman hukuman yang berat. Selain itu, juga merugikan untuk kesehatan. pelaku, akan dikenakan Pasal 196 undang undang kesehatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.
15 April 2014
Dewan Pendidikan Kota Kediri Kecam Soal UN Berisi Jokowi
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Adanya naskah soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA sederajat di Kediri, Jawa Timur yang berisi calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau Jokowi menuai protes keras dari Dewan Pendidikan Kota Kediri (DPKK).

"Kami mengecam keras adanya soal ujian berisi Jokowi. Seharusnya, pembuat naskah soal tidak pakai politisi sebagai setting tokohnya," tegas Sekretaris DPKK Heri Nurdianto, Selasa (14/4/2014)

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kediri itu, seharusnya tokoh-tokoh pahlawan atau biografi pejuang, bukan Gubernur DKI Jakarta yang ada dalam soal ujian. Aktivis kemasyarakatan non politik, lebih layak menjadi setting tokoh soal. "Kami meminta kejadian tersebut jangan diulangi kembali, walau secara aturan tidak ada larangan," imbuh Heri, begitu sapaan akrab Heri Nurdianto menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA sederajat di Kediri terdapat Jokowi. Menurut pengakuan, LS, siswi salah satu SMA Negeri di Kediri, dua soal tentang mantan Walikota Solo itu.

Soal pertama mempertanyaan, sifat-sifat keteladanan Jokowi yang bisa ditiru, dan kedua masalah-masalah yang tengah dihadapi Jokowi. Kedua soal tersebut sebenarnya mudah untuk dijawab, karena diatas soal terdapat bacaan. Tetapi, para siswa kaget, karena tidak pernah dibahas dalam pelajaran di sekolah.
15 April 2014
Dugaan adanya penggelembungan suara pemilu legislative , pdip dan partai demkorat tuntut hitung ulang .
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - PDI Perjuangan dan Partai Demokrat Kota Kediri , selasa pagi melayangkan nota protes ke Kantor KPU Kota Kediri . Protes itu dilayangkan setelah pihak kedua partai politik itu menemukan adanya dugaan penggelembungan perolehan suara dibeberapa TPS . Sesuai data dari PDI Perjuangan , ada 8 TPS yang tersebar di 8 kelurahan yang diduga ada penggelembungan suara dan harus dilakukan penghitungan ulang . Sementara dari Partai Demokrat menemukan 12 TPS yang tersebar di 12 Kelurahan . Menanggapi adanya protes itu ,

Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan , pihaknya tetap akan menunggu protes dari partai politik sampai tanggal 17 April mendatang . menurutnya , diduga adanya factor kelelahan yang dialami PPS yang menyebabkan kekeliruan yang diangap sebagai pengelembungan suara itu .Masih  kata Agus Rofik , pihaknya akan melakukan croscek ke panitia pemungutan suara (PPS) . Jika memang terjadi perbedaaan yang cukup signifikan , maka akan dilakukan penghitungan ulang .
15 April 2014
Warga Desa Jambean Kecamatan Kras, Tutup Paksa Saluran Pembuangan Air Limbah Pabrik
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Warga desa Jambean Kecamatan Kras Kabupaten Kediri melakukan penutupan paksa, kanal saluran pembuangan air limbah pabrik gula di desa Jambean kecamatan Kras. Penutupan ini dilakukan lantaran. Mereka menuntut perbaikan jembatan desa kepada pihak pabrik. Selasai menutup kanal, pembuangan limbah puluhan warga, ini kemudian mendatangi kantor balai desa jambean kecamatan kras, untuk mendengar penjelasan dari pihak perangkat desa terkait tuntutan mereka. Dikatakan Kepala Desa Jambean Hari yamin, selain menuntut perbaikan jembatan, warga juga meminta dana CSR sebesar 2 persen, sisa laba perusahaan yang selama ini tidak pernah dibagikan ke lingkungan, terutama di tiga desa yakni desa jambean, desa seketi dan desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. " Selama ini, yang diterima warga desa Jambean cuman  debu , bising dan air limbah yang baunya sangat menyengat." Tandas kepala desa.

Disamping itu, warga juga mempertanyakan kompensasi tanah seluas 3701 meter per segi, yang selama ini, dipakai pabrik untuk saluran pembuangan, tidak disewa. Ari Yamin menambahkan, jika saluran air limbah tetap ditutup, nantinya pihak pabrik gula tidak bisa buka giling..Sementara itu, menanggapi tuntutan warga tersebut,Pihak pabrik gula sendiri, hari ini direncanakan sudah mulai melakukan perbaikan jembatan tersebut. " Sudah trealisasi hari ini jembatan, sudah tidak ada masalah, surat sudah ditanda tangani." Tandas Hari Yamin. Hari Yamin menambahkan, warga akan kembali membuka kanal saluran pembuangan limbah apabila, permintaan dan tuntutan warga direalisasikan.
 
 
15 April 2014
Mahasiswi Hamil 5 Bulan, Curi Sepeda Motor, Ditangkap Polisi
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Polsek Mojoroto, berhasil mengamankan seorang mahasiswi yang tengah Hamil 5 Bulan, terbukti melakukan pencurian sepeda motor di Kampusnya. Penangkapan terhadap Evidah (21) warga Jalan Panglima Sudirman depan Ruko Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, bermula, atas laporan dari Aditya Indi Nuansah (23) Mahasiswa warga Jalan Ogan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang kehilangan sepeda motornya  sepeda motor Honda Beat warna putih  bernomor polisi AG-3529-FO, yang hilang saat diparkir Halaman parkir Kampus UNP belakang Gedung D Kec. Mojoroto Kota Kediri, saat ditinggal kuliah. Kemudian satpam kampus langsung melakukan pencarian disekitar kampus, dan menemukan evidah yang sedang membawa sepeda motor aditya. Kemudian dilakukan penangkapan, dan diserahkan ke polsek Mojoroto.

Menurut Kapolsek Mojoroto Kompol Dodi Eko Wijayanto, pihaknya masih melakukan pengembangan atas kasus tersebut. Diduga ada pelaku lain dibelakang Evidah. Untuk sementara dari hasil pemeriksaan, Evidah mengaku sepeda motor tersebut akan dijual untuk keperluan dirinya yang sedang hamil 5 Bulan.
Page 1 of 473      1 2 3 >  Last ›

Radio Online

Live Streaming :
Radio 1
Radio 2
Radio 3

Acara Hari Ini

 

05:30 Dzikir Pagi
05:30 Indonesia Gemilang
08:00 Citra Andika 
11:00 Indonesia Gemilang

13:00 Simpang Siur
15:00 
Indonesia Gemilang

18:00 Ekspresi Musik Indonsia
21:00 Senandung Rindu 

24:00 Senandung Malam

 

SMS XL (real size)