Berita- Info ANDIKA

20 August 2019
Wakil Walikota Kediri Nonton Bareng Dengan Penyandang Disabilitas
Radio ANDIKA - Film Bumi Manusia karya sutradara HANUNG BRAMANTYO, yang tayang perdana di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Agustus 2019 ini banyak menyita perhatian di kalangan masyarakat baik anak muda maupun orang dewasa. Begitu pula dengan Wakil Walikota Kediri LILIK MUHIBBAH dan komunitas penyandang disabilitas, hari ini nonton bareng film Bumi Manusia di salah satu bioskop di Kota Kediri.
 
Film Bumi Manusia yang diangkat dari novel karya PRAMOEDYA ANANTA TOER ini adalah film yang terinspirasi dari tokoh jurnalistik, bapak pers Indonesia RM TIRTO ADHIE SOERYO, meskipun tidak sepopuler para tokoh sejarah pergerakan nasional lainnya seperti H.O.S. TJOKROAMINOTO, KI HADJAR DEWANTARA, SOEKARNO atau MOHAMMAD HATTA, namun andil TIRTO ADHIE SOERJO sangat besar. Kiprah TIRTO ADHI SOERJO dirintis sejak awal abad ke-20  dan mencakup berbagai lini kehidupan. Ia membuka jalan perjuangan lewat jalur jurnalistik, organisasi pergerakan, maupun ragam pemikiran melalui cara-cara yang elegan dan modern.
 
Usai menonton film Bumi Manusia, Wakil Walikota Kediri mohon doa restu kepada semua penyandang disabilitas agar bisa mempimpin Kota Kediri 5 tahun kedepan. Selain itu bisa membawa para disabilitas ini memiliki hak yang sama. Wakil Walikota Kediri juga mengatakan di lain waktu bisa berkumpul dan mengadakan acara nonton bareng kembali. Pastinya juga dengan film yang bisa memberikan edukasi bagi semua orang. (atc)

 
20 August 2019
Menko Polhukam Sebut Papua Sudah Kondusif
Radio ANDIKA - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) WIRANTO menyebutkan situasi keamanan di Papua pascakericuhan sudah mulai kondusif.

Namun, memang perlu penambahan pasukan untuk lebih meyakinkan pengamanan objek-objek vital yang ada di Papua dan Papua Barat. WIRANTO mengatakan hal itu usai melakukan pertemuan secara tertutup dengan Kapolri JENDERAL TITO KARNAVIAN dan Wakil Kepala BIN TEDDY LHAKSMANA.

Dalam pertemuan itu, Kapolri TITO menjelaskan soal pertemuannya dengan Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Ia menambahkan, dari peristiwa tersebut pemerintah akan melakukan perbaikan terkait sistem pengiriman mahasiswa di daerah, semisal, asrama dan pembinaan. (ant-art)
20 August 2019
BMKG: Awal Musim Hujan Akhir November Hingga Awal Desember
Radio ANDIKA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan awal musim hujan akan jatuh pada akhir November hingga awal Desember 2019.

Kepala Subbidang Analisa dan Informasi lklim BMKG ADI RIPALDI menjelaskan musim kemarau yang terjadi saat ini diperkirakan akan masih berlanjut dalam dua atau tiga bulan ke depan. Dia menjelaskan bahwa saat ini sekitar 92 persen wilayah Indonesia mengalami kemarau. Bahkan terdapat beberapa wilayah yang mengalami hari tanpa hujan ekstrem, yaitu tidak ada hujan hingga lebih dari 60 hari seperti di seluruh Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

ADI mencontohkan di wilayah Jakarta Utara juga sudah mengalami kekeringan di bulan Juli dan Agustus sehingga memengaruhi kualitas air sumur yang menjadi tidak bagus. Dia menerangkan bahwa kondisi kemarau di Tahun 2019 lebih kering dibanding kemarau 2018. Menurut dia, hal tersebut disebabkan karena adanya siklus iklim El Nino pada akhir 2018 yang membuat kemarau lebih kering. Kendati demikian dia menyatakan kemarau 2019 tidak separah pada kekeringan di musim kemarau 2015.

ADI mengatakan sebenarnya BMKG sudah menginformasikan kepada seluruh daerah yang berpotensi terdampak kekeringan atau pernah mengalami kekeringan pada 2018 bahwa kemarau 2019 akan lebih parah dari sebelumnya. Namun ADI mengatakan pemerintah daerah maupun masyarakat tidak mengantisipasi hal tersebut. (ant-art)
20 August 2019
Anggota DPR RI Sebut Wajar Pidato JOKOWI Dianggap Sindir Kinerja KPK
Radio ANDIKA - Anggota Komisi III DPR ARSUL SANI menilai wajar pidato kenegaraan Presiden JOKOWI terkait ukuran pemberantasan korupsi dianggap menyindir kinerja KPK karena lembaga ini yang dinilai paling heboh dalam penanganan kasus korupsi.

Dalam pidato kenegaraan di Sidang Bersama DPR dan DPD, Presiden JOKOWI menyatakan pemberantasan korupsi jangan hanya diukur dari jumlah kasus dan jumlah orang yang dipenjarakan, tetapi diukur dari berapa potensi korupsi yang bisa dicegah dan potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan. Menurut ARSUL, pidato tersebut menunjukkan kegelisahan Presiden JOKOWI karena kehebohan penanganan korupsi oleh KPK tidak berbanding lurus dengan penyelamatan aset negara oleh lembaga tersebut. Apalagi, biaya penanganan per kasus oleh KPK lebih besar dibanding Polri dan Kejaksaan.

Dalam laporan Capaian dan Kinerja KPK Tahun 2018 yang dilansir website atau laman resmi KPK tertulis pada 2018 KPK melakukan sebanyak 28 OTT atau yang terbanyak sepanjang sejarah berdirinya lembaga tersebut, dengan penyelamatan uang negara sebesar Rp500 miliar. Sementara anggaran yang diserap KPK di tahun yang sama, lebih besar dari uang negara yang diselamatkan, yakni Rp744,7 miliar. Sementara penyelamatan uang negara oleh Polri dari kasus korupsi jauh lebih tinggi dari KPK, yakni Rp2,3 triliun pada 2018. Kemudian di tahun yang sama, Kejaksaan menyelamatkan Rp326 miliar.

Untuk itu, ARSUL menambahkan, Presiden JOKOWI ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik penegak hukum mau pun elemen masyarakat sipil, untuk sama-sama mengubah ukuran dan paradigma pemberantasan korupsi. Dari parameter memenjarakan sebanyak-banyaknya dan seberat-beratnya orang menjadi menyelamatkan sebesar-besarnya uang negara. ARSUL tidak memungkiri paradigma lama hukuman seberat-beratnya bagi pelaku korupsi selama ini terus ditanamkan oleh LSM ke benak masyarakat, tanpa pernah mempersoalkan aspek penyelamatan atau pengembalian uang negara. Faktanya, hukuman berat yang diharapkan menimbulkan efek jera tidak terjadi, korupsi tetap marak. (ant-art)
20 August 2019
Kominfo: Empat Kelompok Masyarakat Target Hoaks
Radio ANDIKA - Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI HENRY SUBIAKTO mengatakan ada empat kelompok masyarakat yang kerap menjadi target persebaran kabar bohong atau hoaks. Menurut dia, emosi kelompok mayoritas sering menjadi sasaran "empuk" untuk dimainkan, sehingga dukungannya terhadap suatu isu dapat dimanfaatkan.  Selanjutnya, korban kabar bohong biasanya didominasi oleh masyarakat yang ada di perkotaan.

Masyarakat berpendidikan tinggi kini juga tidak luput dari paparan kabar bohong. Menurut HENRY, semakin tinggi pendidikan seseorang maka akan semakin kritis pikirannya. Namun, sikap kritis tersebut dapat "menumpul" ketika terus-menerus dihadapkan dengan informasi yang bertentangan dengan fakta.

Selain kelompok terdidik, masyarakat yang fanatik beragama pun turut menjadi incaran para penyebar kabar bohong. Jika masyarakat tidak mau berubah, maka HENRY memperkirakan persebaran hoaks akan makin sulit dihentikan dalam beberapa tahun ke depan. (ant-art)
20 August 2019
Siber Bareskrim Tangkap Otak Sindikat Penipuan Daring
Radio ANDIKA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap tersangka IREN alias NURUL AINULIA, bos sindikat penipuan online (daring) yang menggasak uang sebesar Rp100 miliar.

Kepala Subdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri KOMISARIS BESAR POL RICKYNALDO mengatakan IREN berhasil ditangkap berkat kerja sama antara KBRI di Malaysia, Imigrasi Malaysia dan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Dalam kasus ini, Iren berperan sebagai pemberi perintah kepada tersangka lain untuk membuat perusahaan serta rekening perusahaan untuk menampung aliran dana hasil kejahatan dari luar negeri. Polri masih berupaya memulangkan tersangka Iren yang sempat melarikan diri ke Malaysia.

Bareskrim masih mengembangkan kasus ini dengan bekerja sama dengan FBI, Interpol dan Europol untuk memberantas kejahatan internasional sindikat Nigerian Scam / Business Email Compromise di seluruh negara. Dari tangan IREN, polisi menyita beberapa barang bukti yakni satu buah KTP, satu buah NPWP, satu buah buku paspor dan satu buah kwitansi Louis Vuitton. (ant-art)


 
20 August 2019
Khofifah Dijadwalkan Terima Staf Khusus Presiden Di Grahadi
Radio ANDIKA - Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA sore ini dijadwalkan menerima Staf Khusus Presiden untuk Papua LENIS KOGOYA di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim ARIES AGUNG PAEWAI mengatakan, pertemuan tersebut membahas persoalan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang sekaligus akan dicari solusi untuk menyelesaikannya.
 
Sementara itu, Gubernur Jatim KHOFIFAH INDAR PARAWANSA mengaku sudah berkoordinasi dan siap membahas segala persoalan terhadap kasus Papua. Di Surabaya, LENIS KOGOYA akan bertemu Gubernur KHOFIFAH beserta pihak-pihak yang diperlukan untuk merumuskan strategi lebih baik.
 
Menurut LENIS, sangat dimungkinkan dalam waktu dekat akan mengajak Presiden ke Papua untuk berdialog dan berdiskusi dengan masyarakat Papua dan Papua Barat dengan tokoh adat serta pemerintah setempat. Pertemuan itu disebutnya sangat penting untuk mendapatkan gambaran harapan-harapan masyarakat Papua untuk lima tahun kedua pemerintahan Presiden JOKOWI. (antara-dip)
20 August 2019
Presiden Jokowi Akan Hadiri Muktamar PKB di Bali
Radio ANDIKA - Presiden JOKO WIDODO dijadwalkan menghadiri acara Pembukaan Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tahun 2019 di Bali, Selasa malam. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden JOKOWI beserta Ibu Negara IRIANA ke Provinsi Bali.

Kepala Negara dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa siang, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Nanti malam, Presiden Jokowi akan menuju The Westin Resort Nusa Dua untuk menghadiri peresmian Pembukaan Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tahun 2019. (antara-dip)

20 August 2019
Wapres JK Harap Warga Papua Terima Permintaan Maaf Pejabat Jatim
Radio ANDIKA-Wakil Presiden JUSUF KALLA berharap masyarakat Papua menerima permintaan maaf Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA, Wali Kota Surabaya TRI RISMAHARINI dan Wali Kota Malang SUTIAJI, sehingga persoalan dugaan pelecehan terhadap kelompok mahasiswa Papua tidak lagi diperpanjang.
 
Dengan adanya permintaan maaf dari sejumlah pejabat daerah tersebut, Wapres juga berharap ketegangan antarmasyarakat, terkait pelecehan oknum anggota organisasi kemasyarakatan dapat berakhir dan tidak berlarut-larut.
 
Kronologi kericuhan di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat dipicu akibat pengepungan terhadap asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jumat lalu oleh sejumlah orang yang tergabung di beberapa ormas. Massa ormas tersebut menuding terjadi pelecehan bendera Merah Putih di asrama mahasiswa Papua tersebut. Dugaan pelecehan bendera tersebut beredar di media sosial dan belum terbukti kebenarannya. (antara-dip)
20 August 2019
Polda Jatim Selidiki Oknum Pelaku Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua
Radio ANDIKA-Kepolisian Daerah Jawa Timur menyelidiki oknum yang diduga melakukan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua seperti video yang viral di media sosial. Kapolda Jatim IRJEN POL LUKI HERMAWAN mengatakan, selain menyelidiki video rasisme yang viral, Luki juga memastikan kalau pemeriksaan insiden perusakan bendera tetap berjalan, bahkan sudah beberapa saksi diperiksa di Mapolrestabes Surabaya.
 
Sedangkan pengamanan 43 mahasiswa Papua di Mapolrestabes, untuk menjaga suasana kondusif juga untuk meredam amarah ormas yang mengepung asrama mahasiswa Papua. Selain itu, Kapolda juga menegaskan tentang video pemukulan dan penganiayaan mahasiswa Papua di Jatim merupakan hoaks dan memastikan tak ada penahanan terhadap mahasiswa Papua.
 
Polda Jatim, lanjut LUKI HERMAWAN, ke depan berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Kemenkominfo untuk mengusut video hoaks tersebut.(antara-dip)
Page 1 of 567      1 2 3 >  Last ›