Berita- Info ANDIKA

27 January 2020
Mendahului Truk, Seorang Guru Meninggal di Kandat Kediri.
Radio ANDIKA - Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Desa Sumberjo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, sekitar jam 13.30 WIB siang tadi. 
 
BRIPKA YUNUS IRAWAN, Petugas Polsek Kandat Polres Kediri, ketika dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan, kecelakaan melibatkan truk gandeng nopol N 9835 UI dikemudikan MATHARI warga Desa Sumberejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang  dengan sepeda motor Honda Revo nopol AG 2974 BS dikendarai BINTARI SURASRI warga Perum Bumi Asri Kelurahan Kaliombo Kota Kediri. 
 
Kejadian berawal, saat truk gandeng dan sepeda motor sama-sama melaju dari arah Blitar ke Kediri. Sesampainya di lokasi kejadian, sepeda motor berusaha mendahului truk gandeng. Dari arah berlawanan, melaju kendaraan Tossa yang tidak dikenali identitasnya. Sepeda motor tidak bisa menguasai kendaraan dan menyenggol ban truk gandeng bagian tengah samping kanan. 
 
Akibat kecelakaan ini, pengendara motor BINTARI SURASRI, mengalami luka parah dan meninggal dunia di lokasi.  Penanganan selanjutnya dilimpahkan ke Unit Laka Polres Kediri.(sha/vin) 
 
27 January 2020
Pemkot Kediri, Raih Penghargaan SAKIP, dengan Predikat BB
Radio ANDIKA - Pemerintah Kota Kediri memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas prestasinya dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB. Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR menerima penghargaan tersebut dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB MUHAMMAD YUSUF Ateh pada acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan SAKIP yang bertajuk SAKIP Award 2019 Making Changes Making History, yang bertempat di Inaya Putri Bali.
 
Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi 161 pemerintah kabupaten/kota wilayah II yang meliputi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung. Tahun ini  Pemerintah Kota Kediri berhasil meraih predikat BB dengan nilai 70,75. Nilai ini meningkat dibanding nilai SAKIP tahun lalu yakni 70,62. MUHAMMAD YUSUF ATEH mengatakan dalam rangka mendorong percepatan implementasi SAKIP, deputi RBKUNWAS terus melakukan bimbingan teknis dan asistensi terhadap 84 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi dengan 1.027 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan 514 Kabupaten/kota dengan 20.756 OPD pada tahun 2019.
 
Sementara itu, Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR menekankan agar Pemerintah Kota Kediri berbudaya kerja yang baik menggunakan hati. Saat ini akuntabilitas kinerja yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Kediri sudah baik dan kedepan harus ditingkatkan. Di 2020 harapan Walikota, kinerja lebih baik lagi dan berorientasi pada hasil. Harus jelas outcome nya, tidak boleh lagi hanya membuat program yang tidak berorientasi pada hasil.(atc/sha)
26 January 2020
Motor Hilang Kendali, Pelajar Alami Kecelakaan
Radio ANDIKA - Pelajar asal Jalan Semeru Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu, DEO FERIL RIO SANDIKA, meninggal dunia usai motor yang dikendarainya mengalami kecelakaan, sekitar jam 19.30 WIB tadi malam. Sepeda motor Honda Beat Nopol N 2492 KB yang dikendarai DEO menabrak sepeda motor Honda Revo Nopol DK 6473 ON dari arah berlawanan.
 
Anggota Unit Laka Polres Kota Batu, BRIGADIR KAREL mengatakan, kejadian bermula ketika DEO FERIL RIO SANDIKA mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi di Jalan Raya Kandangan, Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Saat melaju dijalan yang lurus tiba – tiba sepeda motor Honda Beat yang dikendarainya hilang kendali, hingga berhaluan terlalu ke sebelah kanan. Disaat bersamaan melaju sepeda motor Honda Revo yang dikendarai MOCHAMAD MAULANA. Kecelakaan tidak terhindarkan, hingga kedua pengendara terjatuh.
 
DEO FERIL RIO SANDIKA mengalami luka cidera pada kepala, hingga meninggal dunia di lokasi kejadian. Selanjutnya DEO dibawa ke RS. Bhayangkara Hastabrata Kota Batu untuk dilakukan visum. (had/sha) 
25 January 2020
Pamit Merumput, Warga Purwoasri Kediri Ditemukan Mengapung di Sungai
Radio ANDIKA - Warga di sekitar Sungai Desa Dawuhan Purwoasri Kediri siang ini di hebohkan dengan penemuan jenazah yang terapung. Warga yang mengetahui kejadian ini langsung dilaporkan ke Polsek Purwoasri Polres Kediri. Dari hasil olah TKP jenazah diketahui bernama KETANG, 73 tahun, warga Desa Belor Kecamatan Purwoasri Kediri.
 
Kasi Humas Polsek Purwoasri Polres Kediri, AIPTU BUDI SANTOSO ketika ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan, setelah menerima laporan adanya jenazah yang yang hanyut, Polisi langsung mendatangi lokasi. Dari hasil pemeriksaan fisik, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Atas permintaan keluarga, jenazah KETANG tidak diotopsi dan langsung dibawa pulang untuk dimakamkan.
 
Tadi pagi Polsek Purwoasri Polres Kediri menerima laporan dari Kepala Desa Belor Kecamatan Purwoasri Kediri bahwa warganya yang bernama Mbah KETANG sejak kemarin belum pulang kerumah. Mbah KETANG, pamit kepada keluarga untuk mencari rumput. Polsek Purwoasri Polres Kediri kemudian meneruskan info ini ke Radio ANDIKA. (had/eva)
25 January 2020
Seorang Ayah di Puncu Kediri, Cabuli Anak Kandungnya

Radio ANDIKA - Seorang ayah yang tega mencabuli anak kandungnya sendiri, berhasil diamankan oleh petugas kepolisian. Pelaku bernama SUPARNO, warga Desa Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.

AKP YUSUF, Kapolsek Puncu Polres Kediri, saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, korban bernisial DR, 15 tahun dan sudah hamil 4 bulan. Awalnya, petugas mendapat laporan dari kepala desa setempat, terkait adanya kasus pencabulan anak yang dilakukan ayah kandungnya sendiri. Saat petugas melakukan penyelidikan, SUPARNO langsung melarikan diri ke hutan yang tidak jauh dari rumahnya. SUPARNO sempat menjadi buronan polisi karena melarikan diri.

Dini hari tadi, SUPARNO kembali ke pemukiman warga dan mendatangi rumah saudaranya. Sekitar jam 04.00 WIB, SUPARNO diantar saudaranya untuk menyerahkan diri ke polsek Puncu. Selanjutnya, kasus ini ditangani unit PPA Polres Kediri untuk penyelidikan lebih lanjut. (nis/vin)


24 January 2020
Adanya Perubahan Nomenklatur, Walikota Kediri Lantik Puluhan Pejabat Administrator dan Pengawas
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR mengambil sumpah dan melantik pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, yang bertempat di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri. Pejabat yang dilantik sejumlah 48 orang dengan rincian 6 orang pejabat administrator dan 42 orang pejabat pengawas.
 
Hal ini dilaksanakan terkait dengan adanya perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga harus dilakukan pula pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat administrator dan pengawas yang menempati jabatan di OPD masing-masing. Dalam sambutannya, Walikota Kediri menegaskan saat ini ASN harus terus melakukan terobosan untuk mengikuti perubahan jaman yang begitu cepat. Perbaikan harus terus dilakukan mulai dari attitude , pelayanan.
 
Walikota juga mengingatkan agar antar OPD terus berkolaborasi dan yang terpenting harus adaptif karena perubahan jaman yang begitu cepat. (atc/sha)

24 January 2020
Masyarakat diminta Tetap Tenang Sikapi Virus Corona
Radio ANDIKA - Masyarakat diminta tetap tenang menyikapi berita terkait Virus Corona. dr. FAUZAN ADIMA, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, On Air di Radio ANDIKA menyampaikan, virus Novel Corona ini muncul di wilayah Wuhan, Provinsi Hubei, China. Virus ini masih satu keluarga dengan virus SARS yang pernah merebak pada tahuin 2003 yang lalu. Secara ilmiah, virus Corona diberi nama 2019 NCOV atau Novel Corona Virus 2019. Virus ini termasuk virus airborne yang menyebar melalui udara.
 
Secara umum gejala pada pasien yang terinfeksi virus Corona hampir sama dengan infeksi virus SARS. Dalam tahap ringan, pasien akan menderita demam tinggi hingga di atas 38 Derajat Celcius, batuk dan sesak nafas. Dalam tahap lanjutan, pasien dengan riwayat sakit paru atau jantung dan pasien lanjut usia akan mengalami gejala sakit yang lebih parah bahkan hingga bisa mengakibatkan kematian.
 
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh unit Kemenkes di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan kesiap-siagaan terkait virus Corona ini. Kemenkes RI memberikan perhatian lebih pada Bandara Internasional yang terkoneksi dengan penerbangan Internasional terutama dari China dengan menyiagakan pemindai suhu tubuh atau Thermal Body Scanner. Kemenkes juga memberikan perhatian pada daerah-daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisawatan manca negara dan kawasan bisnis internasional.
 
dr. FAUZAN ADIMA meminta masyarakat tidak perlu khawatir dan panik terkait virus Corona. Meski demikian, masyarakat tetap diminta waspada, menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari kontak langsung dengan hewan-hewan yang diduga menjadi faktor virus. Masyarakat juga diminta menggunakan masker sesuai standar kesehatan.(rom/sha)
23 January 2020
Bupati Kediri Hadiri Peresmian Kantor Imigrasi Kediri
Radio ANDIKA - Kanwil Kemenkumham Jatim, meresmikan tiga gedung Kantor Imigrasi di Jawa Timur. Tiga Kantor Imigrasi tersebut berada di Kediri, Ponorogo, dan Pamekasan Madura. Irjen Kemenkumham JHONI GINTING mengatakan, pelayanan publik yang prima telah menjadi tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Sesuai paradigma pelayanan publik yang modern, harus mengubah dari paradigma yang bertumpu pada kekuasaan, menjadi berorientasi untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik. 
 
Bupati Kediri HARYANTI SUTRISNO mengatakan, keberadan kantor imigrasi sangat penting. Mengingat kebutuhan masyarakat terkait layanan keimigrasian semakin meningkat. Selain itu, peran imigrasi diharapkan bisa mengawasi orang asing yang ada di daerahnya.
 
Bupati Kediri HARYANTI SUTRISNO berharap agar jajaran imigrasi terus berinovasi. Terutama dengan adanya gedung baru, dapat memberikan pelayanan berkualitas, modern dan dapat dirasakan masyarakat.(atc/eva)
23 January 2020
Tiga Gedung Baru Kantor Imigrasi di Jatim Diresmikan
Radio ANDIKA - Kanwil Kemenkumham Jatim terus  berupaya melakukan peningkatan pelayanan, pengawasan dan penindakan serta penegakan hukum keimigrasian. Salah satu langkah konkritnya dengan membangun gedung kantor imigrasi (kanim) yang lebih representatif dan futuristik. Selama tahun 2019, tercatat 3 kanim memiliki gedung baru. Gedung baru Kanim Kediri, Ponorogo dan Pamekasan diresmikan Irjen Kemenkumham JHONI GINTING di gedung baru Kanim Kediri.
 
Peresmian yang mengambil tema Immigration Smart Office juga dihadiri Dirjen Imigrasi RONNY F SOMPIE. Para pimpinan tinggi pratama dan madya Kemenkumham di pusat dan wilayah serta forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri.
 
Wajah baru tiga kanim di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja jajaran dan memberikan kenyamanan bagi pengguna layanan. Kemenkumham mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kediri, Pamekasan dan Ponorogo yang telah menghibahkan tanah, gedung dan sarana serta prasarana lain yang dapat mendukung peningkatan kualitas layanan keimigrasian.(atc/had)
23 January 2020
Driver Ojek Online Tulungagung Menjadi Korban Prank
Radio ANDIKA - Hingga saat ini Polres Tulungagung belum menerima laporan resmi dari driver ojek online yang menjadi korban prank. Diduga akun milik siswi SMP di Tulungagung itu memesan makanan 50 menu udang keju dengan harga total Rp 525 ribu. Karena pesanan yang begitu besar dibatalkan, driver ojek online kemudian menyebarkan tangkapan layar komunikasinya dengan pemesan ke media sosial.
 
Paur Humas Polres Tulungagung, IPDA ANWARI SH ketika On Air di Radio ANDIKA mengatakan, Tim Siber Polres Tulungagung terus memantau unggahan yang ramai di media sosial. Dari hasil pelacakan, pemilik akun diketahui masih pelajar SMP. Apabila pihak korban melapor ke Polisi, maka pemesan bisa dijerat Undang-Undang ITE. (had/nis)
Page 1 of 770      1 2 3 >  Last ›