Berita- Info ANDIKA

23 October 2019
KPK Kembali Panggil Gatot Dewa Broto
Radio ANDIKA - KPK, Rabu, kembali memanggil Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, dalam penyidikan kasus suap terkait penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora pada KONI Tahun Anggaran 2018. Gatot dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. "Yang bersangkutan dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IMR," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Untuk diketahui, Gatot terakhir kali dipanggil KPK pada Selasa (24/9). Saat itu, Gatot diperiksa untuk tersangka Miftahul Ulum yang merupakan asisten pribadi Nahrawi. Saat itu, Gatot mengaku dikonfirmasi penyidik KPK soal regulasi tentang dana hibah di Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Saya hanya diperiksa dalam kapasitas untuk menjelaskan tentang regulasi aturan tentang hibah itu sesungguhnya boleh atau tidak lalu dasarnya apa kemudian fungsi atau tanggung jawab Sesmenpora seperti apa kemudian bagaimana alur anggaran seandainya KONU membutuhkan dana itu seperti apa," ucap Gatot usai diperiksa.
 
Selain Gatot, KPK pada Rabu juga memanggil sembilan saksi lainnya untuk tersangka Imam, yaitu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Oyong Asmara, Plt Asisten Deputi IV Organisasi Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ahmad Arsani, Kepala Bida Hukum KONI Pusat Amir Karyatin, Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar pada Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga, Akbar Mia.
 
Selanjutnya, Staf Bagian Perencanaan KONI Twisyono, Cucu Sundara sebagai sekretaris tim verifikasi, Eni Purnawati sebagai Kepala Bagian Keuangan dan dua karyawan Bank masing-masing Esra Juni Hartaty Siburian dan Denim Martyan. Diketahui, KPK pada Rabu (18/9) telah mengumumkan Imam dan Ulum sebagai tersangka. Imam diduga menerima uang dengan total Rp26,5 miliar.
 
Uang tersebut diduga merupakan "commitment fee" atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018, penerimaan terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima, dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora. Uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak Iain yang terkait.
 
Selain itu, tersangka Imam juga telah mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang praperadilan Imam akan digelar pada Senin (4/11).(ant-dip)

23 October 2019
Wakil Walikota Berangkatkan Belasan Kafilah MTQ Tingkat Propinsi Jawa Timur

Radio ANDIKA - Sebagai sarana untuk mengasah bakat dan meraih prestasi di masing-masing cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Wakil Walikota Kediri, LILIK MUHIBBAH melepas keberangkatan 15 kafilah MTQ ke-28 Tingkat Provinsi Jawa Timur. Acara pelepasan berlangsung di Ruang Kilisuci, hari ini.Wakil Walikota didampingi Kepala Bagian Kesra ARDI HANDOKO, Ketua LPTQ Kota Kediri ABDUL HAMID ABDUL QODIR serta perwakilan dari Kementrian Agama Kota Kediri ZAMRONI.
 
Wakil Walikota mengucapkan selamat atas terpilihnya para kafilah MTQ Kota Kediri dan berharap sebagai delegasi dari Kota Kediri para kafilah dapat membawa nama baik Kota Kediri dan menjadi teladan masyarakat dalam menjadikan alqur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari. Wakil Walikota juga memberikan pesan agar para kafilah selalu menjaga stamina dan kondisi kesehatan sehingga tetap prima saat berlomba.(atc/ssi)

 


23 October 2019
Presiden Umumkan Nama-Nama Kabinet Indonesia Maju Radio ANDIKA - Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Rabu. Sebagian dari para menteri ini merupakan "wajah lama" di kabinet sebelumnya.  Susunan Kabinet Joko Widodo–Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

A. Menteri Koordinator
1. Bidang Polhukam: Mahfud MD
2. Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto
3. Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy
4. Bidang Kemaritiman dan Investasi: Luhut Binsar Pandjaitan

B. Menteri
1. Menteri Sekretaris Negara: Pratikno
2. Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso Monoarfa
3. Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto
4. Menteri Dalam Negeri: Tito Karnavian
5. Menteri Luar Negeri/Perdagangan Internasional: Retno Marsudi
6. Menteri Hukum dan HAM: Yasonna Laoly
7. Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi: Tjahjo Kumolo
8. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
9. Menteri Perdagangan: Agus Suparmanto
10. Menteri Badan Usaha Milik Negara: Erick Thohir
11. Menteri Pertanian: Syahrul Yassin Limpo
12. Menteri Koperasi dan UKM: Teten Masduki
13. Menteri Perindustrian: Agus Gumiwang Kartasasmita
14. Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia
15. Menteri Ketenagakerjaan: Ida Fauziah
16. Menteri PU dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadi Muljono
17. Menteri Agraria dan Tata Ruang: Sofyan Djalil
18. Menteri Lingkungan Hidup/Kehutanan: Siti Nurbaya
19. Menteri Agama: Fachrul Razi
20. Menteri Kesehatan: Mayor Jenderal TNI dr Terawan Agus Putranto
21. Menteri Kesejahteraan Sosial: Juliari Batubara
22. Menteri Pemberdayaan Perempuan/Perlindungan Anak: Gusti Ayu Bintang Puspayoga
23. Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan: Nadiem Makarim
24. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusubandio
25. Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional: Bambang Brodjonegoro
26. Menteri Desa dan PDT: Abdul Halim Iskandar
27. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
28. Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo
29. Menteri Energi dan Sumber daya Mineral: Arifin Tasrif
30. Menteri Pemuda dan Olahraga: Zainuddin Amali
31. Menteri Komunikasi dan Informatika: Johnny G Plate

C. Pejabat setingkat Menteri.
1. Jaksa Agung: ST Burhanuddin
2. Sekretaris Kabinet: Pramono Anung
3. Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko.
(ant-dip)


23 October 2019
 Wakil Walikota Kediri, dampingi Gubernur Jatim, Peringati Hari Santri
Radio ANDIKA - Memperingati Hari Santri Nasional Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Jatim Bersholawat. Acara yang juga digelar untuk memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 ini berlangsung di Lapangan Aula Al-Muktamar Ponpes Lirboyo Kota Kediri. Jatim Bersholawat dibuka oleh Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA. Tampak mendampingi Wakil Walikota Kediri LILIK MUBIBBAH. Dalam kegiatan ini puluhan ribu santri bersholawat dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qadir bin Abdurrahman Assegaf. Jatim Bersholawat dimulai dengan lagu Santri Lirboyo dan Yalal Waton.
 
KHOFIFAH INDAR PARAWANSA mengucapkan terima kasih pada Ponpes Lirboyo yang berkenan menempatkan Jawa Timur bersholawat di Lapangan Aula Al-Muktamar. Kamudian, KHOFIFAH menceritakan bagaimana penetapan Hari Santri Nasional. KHOFIFAH INDAR PARAWANSA menjelaskan bahwa warga Bangsa Indonesia penting untuk mengetahui sejarah Hari Santri Nasional.(atc/ssi)


23 October 2019
Belasan Menteri Dipercaya Jokowi Tetap Jabat Lembaga Sama
Radio ANDIKA - Sebanyak 11 tokoh dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk tetap memegang amanah di jabatan yang sama dalam Kabinet Indonesia Maju. Presiden telah mengenalkan nama-nama menteri dalam kabinet pemerintahan di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu. Di antara nama-nama itu terdapat tokoh yang mendapat amanah jabatan yang sama saat seperti berperan dalam Kabinet Kerja.
 
Para menteri itu adalah Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu ada juga Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet, Basuki Hadimuljono sebagai Menteri PUPR, Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Budi Sumadi sebagai Menteri Perhubungan, dan Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri.
 
Kemudian Luhut Panjaitan menjabat sebagai Menko bidang Kemaritiman dan Investasi, lalu Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, dan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang. Laoly sebelumnya telah melepas jabatan Menkumham saat masa akhir periode Kabinet Kerja karena terpilih sebagai anggota legislatif.
 
Sementara itu, kementerian koordinasi yang dipegang oleh Luhut mendapat penguatan fungsi yakni di sektor investasi, dimana sebelumnya hanya bernama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjadi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.(ant-dip)
23 October 2019
Indra Sjafri Harapkan Menpora Anyar Selaraskan Hubungan Dengan PSSI
Radio ANDIKA - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengharapkan menteri pemuda dan olahraga (Menpora) baru semakin menyelaraskan hubungan antara pemerintah dan PSSI. “Saya berharap hubungan antara pemerintah dan PSSI itu smooth seperti bapak dan anak,” kata Indra di Jakarta, Selasa.
 
Juru taktik asal Sumatera Barat itu juga mengingatkan prestasi olahraga Indonesia untuk semakin baik di masa depan. Penjaga gawang timnas U-22 Indonesia Satria Tama Hardiyato juga menyatakan asa serupa. “Apa yang terjadi pada Menpora kemarin semoga menjadi pembelajaran. Yang terpenting Menpora baru dapat berbuat yang terbaik untuk negara,” kata Satria.
 
Sebelumnya, Menpora periode 2014-2019 Imam Nahrawi tersangkut kasus korupsi dan harus digantikan oleh pelaksana tugas Menpora Hanif Dhakiri sampai masa tugasnya selesai. Presiden Joko Widodo sendiri belum mengumumkan susunan kabinet untuk periode kepemimpinan tahun 2019-2024. Presiden berencana melantik para menterinya Rabu 23 Oktober ini. (ant-dip)

23 October 2019
Mahfud MD Ditunjuk Sebagai Menkopolhukam
Radio ANDIKA - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, menggantikan Wiranto. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Presiden di lingkungan Istana Negara, Jakarta, pada Rabu Pagi. "Beliau akan menjadi Menkopolhukam, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan korupsi, kepastian hukum, deradikalisasi, dan anti terorisme, berada di wilayah Prof Mahfud MD," ujar Jokowi.
 
Mengenakan kemeja batik berwarna cokelat dan celana panjang warna hitam, wajah pria 62 tahun itu nampak sumringah. Dia kembali masuk ke dalam jajaran kabinet pemerintahan, setelah meninggalkan pos eksekutif itu selama lebih kurang 19 tahun. Pada tahapan wawancara dua hari sebelumnya, Mahfud mengatakan bahwa Presiden Jokowi menawari dirinya menjadi salah seorang Menteri. Pakar hukum tata negara itu mengaku tidak pernah meminta posisi jabatan di dalam kabinet. Menurut dia, Presiden Jokowi mengetahui latar belakangnya dan tahu betul posisi apa yang cocok untuk dia emban.
 
"Saya kira, ya terkejut juga tadi presiden tahu betul latar belakang saya dari waktu ke waktu. Beliau tahu yang cocok untuk saya apa. Sehingga saya tidak perlu bertanya, beliau tahu saya tepatnya di mana," ujar pria kelahiran Sampang, Madura ini. Berdasarkan hasil "wawancara" dengan Jokowi, saat itu Mahfud menduga posisi jabatan yang mungkin dia emban berada di ranah hukum, politik, maupun keagamaan seperti yang selama ini diisukan. Ia pun mengucapkan sejumlah jabatan yang mungkin diemban. "Kan saya banyak disebut katanya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Jaksa Agung, Menteri Agama, katanya apa lagi? Pokoknya di bidang itu," tambahnya.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengaku bersedia menjadi menteri dalam Kabinet Kerja jilid II pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin. "Saya nyatakan bersedia. Saya nyatakan siap membantu negara," tutur Mahfud.  (ant-dip)

23 October 2019
Calon Menteri Dan Pejabat Berdatangan Ke Istana Kepresidenan Jakarta
Radio ANDIKA - Para calon menteri dan pejabat negara yang akan membantu Presiden dan Wapres RI Periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin berdatangan ke Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu pagi. Para calon menteri dan pejabat negara yang tampak mengenakan kemeja batik itu berdatangan mulai sekitar pukul 07.15 WIB.
 
Para calon menteri yang telah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta antara lain Erick Thohir, Zainudin Amali, Fachrul Rozi, Basuki Hadimuljono. Selain itu, Machfud MD, Syahrul Yasin Limpo, Retno Marsudi, Tjahjo Kumolo, Budi Karya Sumadi, Airlangga Hartarto, Siti Nurbaya, Agus Gumiwang Kartasasmita. Juga telah hadir Luhut B Panjaitan, Prabowo Subianto, Jualiari Batubara dan Johny G Plate.
 
Sebelumnya Presiden Jokowi sudah memanggil 35 orang untuk mengisi 34 kursi menteri dan pejabat negara. Sebelum pelantikan, Presiden Jokowi akan mengenalkan para menteri sekaligus susunan kabinetnya. Rencana pengumuman dan pengenalan akan dilakukan pada pukul 08.30 di veranda Istana Merdeka. Sedangkan pelantikan menteri dan pejabat setingkat menteri akan dilangsungkan di Istana Negara pada pukul 10.30 WIB.(ant-dip)

23 October 2019
Dr Terawan Calon Menkes Yang Sudah Berbekal Inovasi
Radio ANDIKA - Mayjen TNI Dr dr Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K) menjadi satu-satunya dokter yang dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana dalam momen "perkenalan" kabinet menteri, Selasa. Dia menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo menugaskannya sebagai Menteri Kesehatan. Nama dr Terawan tak lagi asing di kalangan publik lantaran inovasinya tentang metode "cuci otak" yang telah terbukti menyembuhkan banyak pasien stroke, ditambah lagi ramai diberitakan media-media nasional karena pernah diisukan dipecat oleh PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
 
Dokter kelahiran Yogyakarta 5 Agustus 1954 tersebut merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) yang kemudian mengabdi menjadi dokter TNI AD dan menjabat Kepala RS Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto sejak 2015-2019. Sekitar awal April 2018, mencuat kabar dr Terawan, yang dikatakan telah menyembuhkan ribuan pasien stroke bisa sembuh kembali, diberhentikan sementara oleh Mahkamah Kode Etik Kedokteran (MKEK) IDI. Pemberhentian tersebut lantaran dr Terawan dianggap melanggar kode etik kedokteran yaitu mengiklankan metode "cuci otak" yang bisa menyembuhkan pasien stroke.
 
Anggapan tersebut dibantah oleh dr Terawan bahwa dirinya tidak pernah sekalipun mengiklankan metodenya. Metode "cuci otak" yang mulai diperkenalkan sejak 2004 dan banyak dilakukan sejak 2011 tersebut sebenarnya merupakan salah satu metode bernama digital subtraction angiography (SDA) yang tujuannya ialah untuk mendiagnostik dan untuk mengevaluasi pembuluh darah otak sehingga bisa diketahui penyakit dari pasien dan menentukan pengobatan yang tepat. Namun Terawan menggunakannya sebagai metode pengobatan stroke dengan memasukan obat heparin dalam proses SDA yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit stroke.
 
Meskipun metode cuci otak melalui DSA telah diuji dalam disertasi dr Terawan di Universitas Hasanuddin Makassar pada 2016, beberapa pakar menilai metode itu masih butuh kajian secara ilmiah lebih mendalam. Kendati demikian, banyak dukungan yang mengalir kepada dr Terawan seperti dari Komisi IX DPR, Kementerian Ristekdikti, masyarakat yang menjadi pasiennya, dan bahkan para pejabat dan tokoh negeri yang merasakan manfaat luar biasa dari metode tersebut.
 
Beberapa tokoh yang pernah menjalani terapi DSA dr Terawan ialah Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mantan Ketua MK Mahfud MD, dan lainnya. Para tokoh tersebut memberikan testimoni atas pengalamannya ditangani dr Terawan dan mendukung metode "cuci otak" terus dilanjutkan. (ant-dip)

22 October 2019
Soal Utusan Golkar Isi Kabinet, Bamsoet Serahkan Ke Ketum
Radio ANDIKA - Ketua MPR yang juga politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan soal utusan Golkar yang mengisi kabinet baru Jokowi diserahkan kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto.

"Puas enggak puas (masuk kabinet) tanyakan pada Ketua Umum (Golkar) saja," ujar Bamsoet setelah menghadiri acara konferensi pers Musyawarah Besar Pemuda Pancasila di Jakarta, Selasa.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai alasannya, Bamsoet enggan memberi tanggapan. Adapun tiga kader Partai Golkar pengisi kabinet kerja Jokowi adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu dan politikus Mantan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang.

Airlangga Hartarto dipanggil ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10) untuk bertemu Presiden Jokowi. Ia mengaku ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon menteri yang salah satunya untuk menekan defisit neraca perdagangan dalam lima tahun ke depan.

Kemudian, Christiany Eugenia Tetty Paruntu tampak mengenakan kemeja putih mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta untuk memenuhi panggilan Jokowi pada hari yang sama. Selanjutnya, politikus Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang adalah politikus Golkar ketiga yang mendatangi Istana Negara. (ant-art)
Page 1 of 696      1 2 3 >  Last ›