Berita- Info ANDIKA

18 August 2019
Depresi, Warga Grogol Kediri Nekat Tenggelamkan Diri Ke Sumur Radio ANDIKA - BUDIANTO, warga Ringinrejo Grogol Kediri ditemukan meninggal dunia tenggelam di dalam sumur, tadi siang sekitar jam 11.30 WIB. Diduga, BUDIANTO tenggelam di sumur karena sengaja bunuh diri.
 
AIPTU SRI SUBIAKTI, Kasi Humas Polsek Grogol menjelaskan, kejadian itu pertama kali diketahui oleh SUHARTO, pemilik warung di Jalan Rambutan Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Awalnya BUDIANTO datang ke warung milik SUHARTO sekitar waktu Subuh tadi. Dia bermaksud menemui temannya SUGIANTONO, pemilik rumah yang disewa oleh SUHARTO. Saat itu BUDIANTO terlihat depresi. Dia seperti memiliki masalah berat. Setelah bertemu, mereka sempat ngobrol sebentar. Kemudian BUDIANTO numpang istirahat. Sekitar jam 7 pagi, BUDIANTO yang masih tidur ditinggal berangkat kerja oleh SUGIANTONO.
 
Setelah bangun, BUDIANTO izin pada SUHARTO, pemilik warung untuk mandi. Namun ternyata dia tidak pergi ke kamar mandi melainkan ke sumur. Setelah itu terdengar suara seperti benda tercebur ke sumur. SUHARTO bergegas mendatangi lokasi. Dia melihat bagian kepala BUDIANTO terapung di air. Spontan, SUHARTO minta tolong kepada warga sekitar. Sebagian warga lain menghubungi keluarganya. Setelah JUMALI, kakaknya datang, dia langsung masuk ke dalam sumur berusaha menolong BUDIANTO. Saat berhasil dievakuasi, ternyata BUDIANTO sudah meninggal dunia. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Grogol Kediri.
 
Petugas yang tiba ke lokasi memastikan, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Diduga kuat, BUDIANTO nekat bunuh diri dengan cara menenggelamkan diri ke sumur karena mengalami depresi. (adr/stm)
 


18 August 2019
PBNU Minta Perkuat Pengetahuan Sejarah Bangsa Indonesia Radio ANDIKA - Memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengingatkan pemerintah untuk memperkuat sejarah bangsa Indonesia bagi generasi milenial. Ketua PBNU MARSUDI SYUHUD mengatakan, tujunnya supaya generasi muda mengerti dan memahami perjuangan pahlawan, tokoh serta kyai terdahulu dalam mendirikan bangsa Indonesia

PBNU minta supaya generasi milenial paham kebangsaan. Saat ini banyak di temui generasi milenial yang tidak mengerti tentang Indonesia dulu. 
MARSUDI SYUHUD melihat ada kesenjangan yang cukup besar di kalangan anak milienial saat ini dalam melihat Indonesia dan sejarah Indonesia.
 
Ini karena ulama dan kyai juga ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. 
MARSUDI SYUHUD mengatakan seluruh bangsa harus ikut merasa khawatir, karena umur manusia semakin bertambah, banyak tokoh-tokoh dan ulama berpulang, sehingga tidak ada lagi yang bisa menceritakan sejarah bangsa ini. (ant-rom)

18 August 2019
Polres Kediri Kota, Amankan Ojol Mesum
Radio ANDIKA - Beberapa pendengar menanyakan, apakah betul ada penangkapan driver Gojek terkait tindak asusila di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Informasi ini beredar di grup orang tua siswa. Ada siswa SMP Kota Kediri yang sewaktu naik Gojek, oleh pengemudinya diajak berbicara jorok dan mesum. Informasi tersebut, dikomunikasikan Gatekeeper Radio ANDIKA dengan Petughas kepolisian Polres Kediri Kota. AKP KAMSUDI, Kasubag Humas Polres Kediri Kota membenarkan kejadian tersebut.

Bermula dari driver Gojek yang mengeluarkan kata-kata kotor, dan melintas di jalur yang tidak biasanya melintas. Karena, penumpang yang masih berusia sekolah itu takut, kemudian langsung loncat dari sepeda motor Gojek. Kemudian, keluarga dari siswa tersebut menemui driver Gojek, dan dibawa ke Polres Kediri Kota. AKP KAMSUDI, Kasubag Humas Polres Kediri Kota saat ONAIR di Radio ANDIKA menjelaskan, saat ini driver Gojek tersebut masih dimintai keterangan di unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Kediri Kota. Dalam pemeriksaan sementara, tidak ada mengarah ke tindakan asusila driver Gojek ke penumpangnya tersebut.(atc/rom)
18 August 2019
Bawaslu RI : Undang-Undang Pilkada Perlu Direvisi
Radio ANDIKA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia mendorong agar dilakukan revisi terhadap Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah dengan mempertegas beberapa hal seperti masalah pencalonan, praktik politik uang, dan sebagainya.

Ketua Bawaslu RI ABHAN menjelaskan UU Pilkada tersebut adalah Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi undang-undang. Ia mengakui dalam UU Pilkada, pengawasan dilakukan oleh panitia pengawas (Panwas) di tingkat kabupaten/kota maupun panwaslu provinsi, sedangkan dalam UU Pemilu dilakukan oleh Bawaslu.

Menurut dia, Bawaslu memiliki fungsi yang sama dengan Panwaslu seperti yang dimaksud di dalam UU Pilkada, perbedaannya hanya nomenklaturnya. Oleh karena itu, beberapa Bawaslu kabupaten/kota mengajukan uji materi di MK dan sekarang sudah didaftar sehingga tinggal menunggu sidangnya.  Hal lain yang sangat mendesak sekali kalau seandainya ada revisi terhadap UU Pilkada adalah soal peraturan bagi calon kepala daerah yang pernah menjadi narapidana kasus korupsi. 

Hal itu disebabkan dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 (UU Pilkada, red.), orang yang pernah menjadi napi kasus korupsi masih bisa mencalonkan diri selama mendeklarasikan dirinya jika pernah menjalani hukuman pidana korupsi. Ia mengatakan, sementara ini ancaman diskualifikasi terhadap calon itu ketika terjadi secara terstruktur, sistematif, dan masif (TSM). (ant-art)
18 August 2019
Wapres JK: Pancasila Tidak Untuk Didiskusikan
Radio ANDIKA - Wakil Presiden JUSUF KALLA mengatakan ideologi Pancasila dirumuskan bukan untuk dibahas dalam seminar, diskusi dan penulisan jurnal, melainkan untuk dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Pancasila seharusnya disampaikan secara sederhana, sehingga setiap pasalnya dapat dihayati dengan baik oleh masyarakat, untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wapres menjelaskan, perumusan Pancasila dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) disederhanakan oleh SOEKARNO saat itu hingga terangkum dalam lima sila yang mewakili dasar bernegara Indonesia.

Oleh karena itu, Wapres berharap pembahasan atau diskusi mengenai Pancasila sebaiknya tidak lagi dibuat rumit yang justru akan semakin sulit diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semakin sederhana Pancasila didiskusikan, maka semakin mudah masyarakat untuk menghayati setiap silanya. (ant-art)
18 August 2019
Menkeu SRI MULYANI Sarankan Pelaku Startup Baca Nota Keuangan
Radio ANDIKA - Menteri Keuangan SRI MULYANI menyarankan kepada para pelaku bisnis rintisan (startup) yang sedang mencari ide membuat aplikasi di bidang teknologi finansial, untuk membaca nota keuangan 2020.

Menurut Menkeu, ada banyak ide yang bisa didapat dari RAPBN 2020, semisal berkaitan dengan pendidikan. Seperti diketahui, anggaran untuk pendidikan dalam RAPBN 2020 naik menjadi Rp 505,8 triliun. Ia menuturkan, kementerian ingin mengetahui bagaimana dana operasional untuk sekolah benar-benar sampai ke targetnya, sekolah maupun siswa.

Sementara itu, Ignite The Nation merupakan bagian dari Gerakan National 1000 Startup Digital yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.  Ignite The Nation bertema "Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju" itu bertujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus. SRI MULYANI berharap Gerakan Nasional 1000 Startup Digital itu dapat menelurkan unicorn, bahkan decacorn baru. (ant-art)
18 August 2019
Jamaah Indonesia Bisa Nikmati Tenda Bertingkat Mina Tahun 2020
Radio ANDIKA -  Jamaah haji Indonesia berpeluang untuk bisa menikmati tenda bertingkat di Mina mulai musim haji tahun 2020 sebagai salah satu inovasi Pemerintah Arab Saudi yang sudah mulai diujicobakan tahun 2019 ini.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi AGUS MAFTUH ABEGEBRIEL mengatakan tahun ini Otoritas Haji Arab Saudi telah mengujicobakan tenda bertingkat di Mina untuk jamaah haji dari negara-negara Teluk, seperti Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Bahrain. Selama ini kawasan Mina saat musim haji memang menjadi titik krusial tersendiri karena daya tampungnya yang terbatas. Di sisi lain jumlah jamaah terus bertambah. Meski begitu, Pemerintah Arab Saudi terus berupaya mencari jalan keluar dengan meningkatkan daya tampung Mina, sebagai lokasi mabit (berdiam diri) jamaah haji ketika melempar jumrah. Salah satu yang tengah dilakukan adalah dengan membangun tenda-tenda bertingkat di Mina.

Selama ini ruang bagi jaaah di tenda-tenda Mina saat ini tak lebih 0,8 meter persegi sehingga kerap kali terjadi penumpukan jemaah di tenda-tenda Mina. Soal wacana tenda bertingkat di Mina ini juga merupakan salah satu usulan Menteri Agama RI LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN kepada otoritas penyelenggaraan haji Arab Saudi.

Dalam pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi dan Gubernur Mekah beberapa waktu lalu, LUKMAN menyampaikan cara meningkatkan daya tampung di Mina adalah dengan membangun tenda bertingkat. Menurut LUKMAN, tidak ada cara lain untuk meningkatkan kapasitas daya tampung jamaah di Mina, selain membuat tenda bertingkat. Perluasan Mina ke samping atau horizontal tidak mungkin dilakukan, mengingat syariatnya wilayah Mina ada batasannya yang ketat. (ant-art)
18 August 2019
Kapolri: Pelaku Penyerang Polsek Wonokromo Lakukan 'Self Radicalism'
Radio ANDIKA - Kapolri JENDERAL POL TITO KARNAVIAN mengatakan pelaku penyerangan terhadap anggota Polsek Wonokromo, Surabaya, melakukan self radicalism atau radikalisasi diri sendiri dengan melihat internet.

TITO mengatakan berbekal melihat internet, pelaku yang berinisial IM kemudian meyakini pemahaman interpretasi jihad versi dirinya sendiri dengan mendatangi Polsek Wonokromo Surabaya dan menyerang petugas. Dia menegaskan saat penyerangan dilakukan petugas mengambil tindakan tembak di tempat terhadap pelaku, namun tidak di bagian mematikan.

Sementara anggota polsek yang terluka sudah diberikan perawatan. TITO menyatakan bakal memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada anggota yang terluka, sambil mengevaluasi sistem keamanan di polres, polsek hingga polda. (ant-art)
18 August 2019
JUSUF KALLA Ajak Pemuda Bangun Negeri Lewat Startup
Radio ANDIKA - Wakil Presiden JUSUF KALLA mengajak anak-anak muda Indonesia untuk membangun negeri melalui perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi. JK, yang juga memiliki latar belakang sebagai pebisnis, bercerita tentang perbedaan merintis usaha di masa lalu dengan sekarang yang semua serba menggunakan teknologi.

Dulu, sepatu sampai tipis karena terlalu sering dipakai berjalan untuk menjajakan barang, sementara sekarang para pengusaha tidak perlu keluar rumah untuk berbisnis. Generasi seusianya, juga memulai bisnis ketika berusia 20-an. Kini, roda perekonomian digerakkan oleh anak-anak muda era milenial. Pergantian peran ini yang kemudian oleh Wapres disebut sebagai "estafet bangsa". Dalam membangun perusahaan rintisan, JK berpesan kepada ribuan peserta yang hadir di acara Ignite The Nation untuk selalu mengikuti perubahan dan perkembangan inovasi dan pengetahuan.

Ignite The Nation merupakan bagian dari Gerakan National 1000 Startup Digital yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia. Ignite The Nation bertema "Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju" itu bertujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Gerakan masif itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenial yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa. Ignite The Nation yang berlangsung di Stadion Istora Senayan mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB itu ditargetkan dihadiri oleh 8.000 peserta. (ant-art)
18 August 2019
KPK Geledah 15 Lokasi Terkait Kasus Impor Bawang Putih
Radio ANDIKA - Juru Bicara KPK, FEBRI DIANSYAH menjelaskan Tim KPK telah melakukan penggeledahan di 15 lokasi dengan menelusuri bukti-bukti yang ada, berupa dokumen terkait Impor dan juga berkaitan dengan kewenangan Kementrian Perdagangan dan di Kementrian Pertanian.

FEBRI menambahkan penggeledahan juga dilakukan di beberapa rumah, baik di Jakarta, Bandung, termasuk juga di Bogor, yang hasil penggeledahannya akan diklarifikasi pada saat pemeriksaan saksi.  Beberapa waktu lalu, pihak KPK telah mengumumkan enam tersangka dalam kasus pengurusan izin impor bawang putih itu. Tersangka yang berperan sebagai pemberi, yaitu tiga orang dari unsur swasta masing-masing CHANDRY SUANDA (CSU) alias AFUNG, DODDY WAHYUDI (DDW), dan ZULFIKAR (ZFK).

Sedangkan sebagai penerima, yakni anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP I NYOMAN DHAMANTRA, MIRAWATI BASRI (MBS) orang kepercayaan I NYOMAN, dan ELVIYANTO (ELV) dari unsur swasta. Di antara enam tersangka tersebut, ada salah satu anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), NYOMAN DHAMANTRA yang juga ditetapkan sebagai tersangka. Dari hasil pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tersangka NYOMAN memiliki total harta kekayaan Rp25,189 miliar.

Harta kekayaan yang dimiliki tersangka berupa tanah dan bangunan, yang tersebar di Kota Jakarta Selatan, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Tangerang Selatan. Selain itu, juga ada lima kendaraan roda empat, barang-barang seni dan antik, beserta barang bergerak lainnya. (ant-art)
Page 1 of 562      1 2 3 >  Last ›