Berita- Info ANDIKA

01 December 2020
Wakil Bupati Nganjuk Setuju Libur Panjang Akhir Tahun Ditiadakan
Radio ANDIKA - Liburan akhir tahun 2020 dipangkas pemerintah RI sebanyak tiga hari. Semula cuti bersama yang beriringan dengan libur natal 2020 dan tahun baru 2021 berjumlah 11 hari. Wakil Bupati Nganjuk, Dr. Drs. H. MARHAEN DJUMADI, S.E, S.H, M.H, MBA mendukung pemerintah pusat yang memutuskan mengurangi masa libur panjang akhir tahun 2020 mendatang. Karena, berdampak kerumunan masyarakat yang luar bisa di sejumlah tempat.
 
Saat On Air di Radio ANDIKA, MARHAEN DJUMADI mengatakan, belajar dari libur kemarin, Pemkab Nganjuk menyambut baik dan akan mengikuti arahan pemerintah pusat. Sebab ada beberapa warga Nganjuk yang terpapar Covid-19 ketika pulang dari berwisata saat mengisi liburan. Libur panjang, juga menyebabkan penanganan Covid-19 semakin sulit, karena terjadi pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini menambah potensi penyebaran Covid-19.
 
Keputusan pemangkasan jatah libur dan cuti bersama akhir tahun ini diputuskan dalam rapat bersama Menko PMK dengan Kemenaker, Kemenpan RB, dan Kemenag. Libur dimulai 24 sampai 27 Desember 2020, libur Natal. Kemudian 28, 29, dan 30 Desember 2020  tidak libur, atau tetap kerja biasa. Selanjutnya 31 Desember 2020 merupakan libur pengganti Idul Fitri, serta 1 Januari 2021 libur Tahun Baru, 2 hari Sabtu dan 3 Januari 2021 di hari Minggu. (had/dip)
 
01 December 2020
Diduga Merusak Lingkungan, Dua Tersangka Diamankan Polres Trenggalek
Radio ANDIKA - Polres Trenggalek berhasil mengamankan dua tersangka atas dugaan kerusakan lingkungan hidup di Kawasan Hutan RPH Watulimo masuk Dusun Cengkrong Desa Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Mereka membuat tambak udang, yang kemudian diketahui lokasi tambak mengalami kerusakan lingkungan hidup. Kedua tersangka berinisial GYN dan SKR. Keduanya merupakan warga Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Kasubag Humas Polres Trenggalek, IPTU BAMBANG PURWANTO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan  akibat dari kerusakan lingkungan tersebut, berpengaruh pula terhadap lingkungan sekitar maupun habitat laut yang berada disekitar lokasi tambak udang. Berdasarkan hasil pemeriksaan, aktivitas tambak tersebut sudah berlangsung  pada kurun waktu mulai bulan Agustus 2019 sampai dengan sekarang. Berdasarkan perhitungan kerusakan lingkungan, kerugian materiil ditaksir mencapai 3 miliar.

IPTU BAMBANG PURWANTO menambahkan, kedua pelaku diduga melanggar Undang Undang RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.(stm/dip)
01 December 2020
Mas Dhito Perhatikan Para Difabel
Radio ANDIKA-Calon Bupati Kediri dan Wakil Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMONO atau Mas DHITO dan Wakil Bupati Kediri DEWI MARIYA ULFA atau Mbak DEWI, mendapatkan beberapa masukan dari para panelis terkait dengan pembangunan dan peningkatan perekonomian di Kabupaten Kediri.
 
Kelima panelis memberikan masukan dan penajaman yang bertema Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang meliputi, Kebijakan Bidang Hubungan Lembaga Vertikal dan Lembaga Horizontal, Kebijakan Bidang Manajemen Pemerintahan efektif, efisien, akuntabel, transparan Kebijakan Bidang Pencegahan Korupsi, Kebijakan Bidang Manajemen dan Sistem Partisipasi masyarakat dalam Pengawasan Pemerintahan, Kebijakan Bidang Pelayanan Publik dan Implementasinya, serta kebijakan Bidang Manajemen Organisasi Pemerintahan Daerah.
 
Mas DHITO menjelaskan, dirinya akan memperhatikan para difabel yang tergabung dalam Gerkatin. Bahwa para penyandang difabel yang tergabung dalam Gerkatin, memiliki banyak keahlian, seperti menjahit, potong rambut, merias, dan juga menghasilkan produk UMKM. Kedepannya, Mas DHITO akan mempekerjakan para difabel di Pemerintah Kabupaten Kediri, agar dapat berkarya lebih baik.(atc/had)

01 December 2020
Anaknya Menjadi Korban Pencabulan, Warga Gandusari Lapor Polisi
Radio ANDIKA - Seorang bapak berinisial  SA waga Desa Sumberagung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, melaporkan MA 52 tahun tersangka yang juga tetangganya ke Polres Blitar, karena diduga melakukan pencabulan anaknya berinisial WS usia 11tahun. Kasus asusila itu terjadi pada Jumat, 23 Oktober 2020, bertempat di rumah WS di Desa Sumberagung.
 
BRIPKA DIDIK DWI WAHYUDI PS Paur Humas Polres Blitar pada gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, saat itu  sekitar jam 10 siang,  WS sedang menonton TV sendirian didalam rumahnya. Setelah itu, MA mengetuk pintu belakang rumah, yang kemudian WS langsung membukakan pintu tersebut. Setelah itu MA menarik tangan WS dan diajak kebelakang rumah tepatnya di kandang ayam yang tidak jauh dari rumahnya. Selanjutnya MA melakukan pencabulan terhadap WS. Setelah selesai melakukan pencabulan, aksi MA diketahui SEMI tetangga WS. Setelah itu SEMI menceritakan hal tersebut kepada SA yang selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.
 
Dari penyelidikan polisi, kemudian mengamankan MA. Kepada penyidik MA mengaku nekat melakukan pelecehan terhadap WS yang masih dibawah umur, untuk melampiaskan nafsu birahinya. Selain mengamankan MA, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti termasuk pakaian WS.
 
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, MA  dijerat pasal 81 atau Pasal 82 Undang Undang No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan anak.(dip/had)
01 December 2020
Konsleting Listrik, Rumah dan Pemiliknya di Jombang Ikut Terbakar
Radio ANDIKA - Diduga karena konsleting listrik, rumah milik HANAFI 67 tahun warga  Dusun Mlaten Desa Gadingmangu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang terbakar pagi tadi. Ironisnya, pemilik rumah yang berada di kamar karena sakit ikut terbakar.

Melalui On Air di Radio ANDIKA, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan  BPBD  Kabupaten Jombang, GUNADI mengatakan saat kebakaran terjadi, HANAFI, berada di kamar. HANAFI sedang tidur karena sedang sakit komplikasi. Pada waktu terjadi kebakaran, HANAFI tidak bisa bangun dari tempat tidurnya sehingga terbakar sampai jenazahnya tidak bisa dikenali.

Sebenarnya, rumah tersebut dihuni 4 orang yaitu HANAFI, istri dan 2 anaknya. Pada saat rumah dalam kondisi terbakar, anak HANAFI sudah berusaha untuk menyelamatkan bapaknya keluar kamar tapi gagal karena api semakin besar. Dengan bantuan warga sekitar juga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Dalam waktu sekitar 1 jam, api berhasil dipadamkan petugas damkar. Peristiwa kebakaran ini, terjadi dipemukiman padat penduduk tapi  tidak sampai merembet ke rumah lain. Akibat kebakaran itu, selain membakar satu rumah juga seorang pemiliknya tidak terselamatkan.

GUNADI menduga, kebakaran itu dipicu konsleting listrik. Karena didalam kamar HANAFI ada peralatan listrik berupa AC dan kulkas.(stm/dip)
01 December 2020
Pemerintah Pastikan Libur Akhir Tahun Dipangkas 3 Hari
Radio ANDIKA - Pemerintah akhirnya secara resmi mengumumkan pemangkasan masa libur bersama akhir tahun sebanyak 3 hari. Aparatur Sipil Negara dan pekerja swasta diminta tetap masuk kerja. Kepastian itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, MUHADJIR EFFENDY, Selasa petang.
 
Jurnalis Radio Andika di Jakarta, SAMSUL HADI melaporkan, tanggal 28, 29, dan 30 Desember ditetapkan sebagai hari kerja biasa. Keputusan ini merevisi Keputusan Presiden No.17 tahun 2020, yang sebelumnya menetapkan tanggal 28, 29, dan 30 Desember sebagai bagian libur bersama akhir tahun. Pengganti libur bersama Hari Raya Idul Fitri yang digeser dengan alasan mencegah semakin mewabahnya Covid-19.
 
Dengan adanya kepastian pemangkasan, komposisi libur akhir tahun ini yaitu tanggal 24 dan 25 Desember sebagai bagian dari libur bersama Natal, dan 31 Desember sebagai libur akhir tahun. Aktifitas dunia kerja akan kembali dijalankan pada tanggal 4 Januari 2021, karena tanggal 2 dan 3 Januari bertepatan dengan akhir pekan.
 
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah membuka opsi pemangkasan libur bersama akhir tahun 2020, sebagai bagian dari upaya menekan penyebarluasan Covid-19. Opsi itu dibuka berdasarkan libur bersama sebelumnya, di mana terjadi kerumunan massa yang berujung pada lonjakan kasus baru Covid-19. (shk/had)
01 December 2020
Enam Staf Dinas Kominfo Pemkab Blitar Positif Covid-19, Kantor Ditutup Tiga Hari
Radio ANDIKA - Kantor Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Blitar ditutup selama tiga hari. Penutupan dilakukan setelah enam stafnya terpapar Covid-19. Penutupan juga untuk kegiatan general cleaning sambil menunggu hasil swab yang belum keluar. Penutupan Kantor Diskominfo Kabupaten Blitar mulai Senin, 30 November 2020 sampai Rabu, 2 Desember 2020, berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar. 
 
Meskipun kantor ditutup, menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, MURLINA saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, pelayanan dan tugas Kominfo Kabupaten Blitar terkait kegiatan Pemkab Blitar, tetap berjalan lancar. Karena  karyawan yang sehat, bekerja dari rumah dan mengikuti kegiatan Pemkab Blitar. Dinas Kominfo juga telah berkoordinasi dengan bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Blitar.
 
MURLINA menambahkan, enam staf yang terpapar Covid-19, 4 diantaranya merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Saat ini kondisi mereka semakin membaik secara klinis dan menjalani isolasi di rumah karantina Garum Blitar. Sementara 2 pasien bergejala, saat ini menjalani perawatan medis di rumah sakit. Kondisi pasien saat ini dalam keadaan semakin sehat secara klinis sambil menunggu hasil swab berikutnya keluar. (had/dip)
 
01 December 2020
Cegah Klaster Wisata, Pengelola Objek Wisata Wajib Terapkan Prokes
Radio ANDIKA - Kasus Covid-19 kembali meningkat diberbagai daerah, termasuk Trenggalek. Untuk mencegah munculnya klaster wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek meminta pengelola wisata membatasi pengunjung dan pengetatan protokol kesehatan (prokes). Pembatasan pengunjung serta penerapan prokes dilakukan untuk antisipasi meningkatnya wisatawan yang bertepatan akhir tahun dan cuti bersama.
 
Saat On Air di Radio ANDIKA, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, SUNYOTO mengatakan, meski diprediksi terjadi lonjakan kunjungan, wisatawan tidak boleh melebihi kuota yang ditentukan. Yaitu 50 persen dari kapasitas kuota normal. Ketika terjadi lonjakan pengunjung dan kuota sudah penuh, maka wisatawan akan diarahkan ke tempat-tempat wisata lain terdekat yang sama. Misalnya di Pantai Prigi penuh, maka akan diarahkan ke objek wisata pantai lainnya yang terdekat.
 
Dinas Pariwasata Kabupaten Trenggalek terus memberikan pendampingan kepada pengelola destinasi wisata serta para pemilik warung atau souvenir untuk  mengoptimalkan protokol kesehatan. Termasuk juga di depan pintu masuk destinasi wisata harus ada check point untuk memeriksa suhu para pengunjung. Selain itu juga menyiapkan tempat cuci tangan dan memakai masker saat melayani pengunjung.
 
Dinas Pariwasata Kabupaten Trenggalek juga mengirimkan logistik, seperti APD, hand sanitaizer, sarung tangan, masker dan lainya pada semua destinasi wisata. Logistik itu nanti akan digunakan untuk para petugas destinasi wisata serta wisatawan yang berkunjung. (had/dip)
 
01 December 2020
KPU Kabupaten Kediri, Gelar Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang Ketiga
Radio ANDIKA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, malam ini melaksanakan debat publik calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang ketiga, bertempat di Hotel Insumo Kota Kediri. Pelaksanaan debat publik yang ketiga ini, dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 
 
Selain calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau Mas Dhito dan Dewi Mariya Ulfa atau Mbak Dewi dan tamu undangan yang terbatas serta panelis, dilarang masuk ke titik pelaksanaan debat publik. 
 
Bahkan media, juga dibatasi dan dilakukan bergiliran untuk masuk kedalam gedung tempat debat publik. Calon Bupati Kediri dan Wakil Bupati Kediri, akan menerima masukan dari 5 panelis. Ada lima panelis yakni Dian Fericha dari Akademisi, Kukuh Budi Mulya dari Akademisi, Muflihul Hadi dari Ombudsman RI perwakilan Jatim, Iskandar Tsani dari Akademisi, dan Yana S Hijri dari Akademisi. 
 
Nanang Qosim selalu Komisioner KPU Kabupaten Kediri divisi peran serta masyarakat mengatakan, untuk debat calon Bupati dan wakil Bupati Kediri, masih tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. KPU Kabupaten Kediri, juga sudah menyiapkan layar lebar di halaman belakang Hotel Insumo, juga disediakan untuk media, maupun pendukung calon Bupati dan wakil bupati Kediri.(atc/eko)
01 December 2020
Waspada Covid-19, Pemerintah Minta Natal Dirayakan secara Sederhana
Radio ANDIKA - Pemerintah lewat Kementerian Agama secara resmi meminta perayaan Natal 2020 dilaksanakan secara sederhana. Permintaan perayaan Natal dilaksanakan secara sederhana dituangkan dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 23 tahun 2020, ditansatangani oleh Menteri Agama, FACHRUL RAZI pada tanggal 30 November 2020 kemarin.
 
Jurnalis Radio Andika di Jakarta, SAMSUL HADI melaporkan, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dengan potensi penularan yang masih besar menjadi alasannya. Selain meminta perayaan Natal secara sederhana, pada diktum kedua dan ketiga Surat Edaran itu meminta ibadah Natal lebih diutamakan dilaksanakan secara daring atau virtual. Ibadah yang dilaksanakan di rumah ibadah juga diminta dibatasi jumlah jemaatnya yang hadir, yaitu 50% dari kapasitas yang tersedia.
 
FACHRUL RAZI mengatakan, ibadah dan perayaan Natal hendaknya dilaksanakan secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan, serta lebih menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga.  Rumah ibadah harus menjadi contoh terbaik dalam upaya pencegahan persebaran Covid-19.
 
Secara detil Surat Edaran Menteri Agama itu juga mengatur hal-hal lain terkait   pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal di tengan pandemi, yang utamanya ditekankan  pada  disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Antara lain pengurus gereja diwajibkan mengatur sedemikian rupa pintu masuk dan keluar jamaah, menyediakan fasilitas cuci tangan yang cukup, memastikan ventilasi udara bekerja dengan baik, dan melakukan penyemprotan disinfectan secara berkala. (shk/had)
Page 1 of 1033      1 2 3 >  Last ›