Berita- Info ANDIKA

19 April 2019
Gudang Penggorengan Kacang Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah
Radio ANDIKA - Gudang penggorengan kacang kulit milik Hj. MASRIKAH di Dusun Mayangan, Desa Srikaton, Kecamatan Ngantru Tulungagung terbakar. Api yang membakar stok kacang tanah bernilai Rp 200 juta itu, pertama kali diketahui oleh Hj. MASRIKAH sekitar jam 20.00 WIB kamis malam.
 
Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Tulungagung, RAKIDI mengatakan, kebakaran diduga disebabkan oleh bara dari kayu bakar oven untuk  produksi kacang tanah. Di dalam ruangan oven memang udaranya sangat panas. Saat kejadian sudah tidak ada aktivitas di dalamnya, karena setiap hari kegiatan produksi berlangsung sejak pagi hingga jam 15.00 WIB saja. Di dalam gudang terdapat kacang tanah seberat 10 ton, baik yang mentah maupun yang sudah matang bernilai Rp 200 juta.
 
Lokasi gudang penggorengan kacang tanah berada di belakang rumah, berjarak sekitar 10 meter dari bangunan utama. Petugas PMK Tulungagung mengerahkan tiga mobil pemadam kebakaran dan satu mobil penyuplai air. Hingga tengah malam petugas masih melakukan pembasahan di lokasi. (had/atc)
18 April 2019
Api Dipastikan Padam Di Pasar Lawang Malang
Radio ANDIKA - Kebakaran di Pasar Lawang Malang yang terjadi tadi malam, sore ini benar-benar dipastikan padam.  Pada saat proses pemadaman, banyak pedagang yang keluar masuk untuk menyelamatkan barang dagangan. Sehingga hal ini membuat pemadaman agak terhambat.
 
Pak GOLY KARYANTO, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan sekitar jam 17.00 WIB api benar-benar bisa dipastikan padam. Pembasahan dilakukan petugas PMK Kabupaten Malang sejak jam 05.00 WIB pagi hingga jam 17.00 WIB sore. Masih muncul asap di sekitar lokasi, tetapi tidak berpotensi kebakaran.
 
Ada dua bangunan di lokasi Pasar Lawang Malang yaitu sisi selatan dan sisi utara. Diantara dua sisi bangunan ini dipisahkan dengan jalan sekitar 10 meter. Bagian pasar yang terbakar di sisi selatan mencapai 50 persen yaitu di Blok F dan Blok I. Sekitar 507 lapak, kios dan toko terbakar. Banyak barang pedagang yang ikut terbakar. Tidak ada korban jiwa, tetapi, kerugian bangunan dan barang dagangan diperkirakan mencapai diatas 5 milyar.
 
Sebelumnya , kebakaran Pasar Lawang, Kabupaten Malang terjadi tadi malam. Banyaknya barang yang mudah terbakar membuat kobaran api cepat membesar dan menjalar ke mana-mana. Petugas PMK membutuhkan waktu yang lama untuk memadamkan api.(stm/adr)

 
 
18 April 2019
Siang Ini, Petugas Masih Memadamkan Api di Pasar Lawang Malang
Radio ANDIKA - Petugas pemadam kebakaran sampai siang ini masih melakukan pembasahan lokasi kebakaran Pasar Lawang Malang. Api membakar lantai dua dan tiga Pasar Lawang Malang.

Pak GOLY KARYANTO, Kepala Bidang Pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan, empat mobil pemadam kebakarang dan satu tangki air milik BPBD Kabupaten Malang masih melakukan pembasahan di lantai dua. Satu mobil rescue dan ambulance disiagakan dilokasi. Sejak semalam 17 mobil PMK dari Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, BPBD dan Relawan melakukan pemadaman api. Namun hingga siang ini, api belum  seluruhnya padam.

Diduga kuat kebakaran karena konsleting listrik. Karena mulai dua bulan yang lalu, para  pedagang yang berjualan makanan dan memasak di dalam lokasi pasar harus membawa pulang tabung LPG nya. Namun pnyebab pasti masih menunggu hasil penyelidikan Tim Labfor Polda Jatim.

Kendala saat melakukan pemadaman api, karena banyak bahan yang mudah terbakar serta  menimbulkan reaksi kimia. Sehingga makin memperparah bara api, seperti kain, plastik, dan mebel. Lorong pasar yang sempit dan ventilasi pasar yang kurang, juga menjadi kendala petugas pemadam. Sampai siang ini tidak ada garis polisi yang dipasang sehingga banyak pedagang yang keluar masuk untuk menyelamatkan dagangannya. Hal ini juga menggau proses pembasahan. Harapannya api segera padam dan turun hujan agar membantu proses pemadaman.

Sebelumnya, api membakar Pasar Lawang, Kabupaten Malang, sekitar jam 7 malam. Pedagang panik untuk menyelamatkan barang dagangannya. Api diketahui pertama kali berasal dari lantai dua. Banyaknya barang yang mudah terbakar, membuat api makin  cepat merembet hingga ke lantai dasar. (ikj/dip)
18 April 2019
Padamkan Pasar Lawang Malang, PMK Terkendala Sumber Air
Radio ANDIKA - Pasar Lawang Malang terbakar sejak jam 19.00 WIB, namun sampai pagi ini api belum bisa dipadamkan. Tujuh belas unit mobil PMK yang didatangkan, namun api belum bisa di jinakkan. Karena banyaknya material yang mudah terbakar .

Pak EDI SUSIANTO, Komandan Regu Satu PMK Kota Malang saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan, saat ini masih proses pembasahan karena masih ada beberapa titik api yang menyala. Lima mobil PMK Kota Malang diterjunkan untuk membantu proses pemadaman api sejak jam 8 malam hingga jam 5 pagi. Kemudian ditarik kembali ke Mako PMK Kota Malang. Proses pembasahan selanjutnya dilakukan dari mobil PMK Kabupaten Malang.

Kendala saat proses pembasahan karena sumber air terlalu jauh dari lokasi kebakaran. Sedangkan saluran air yang berada di depan Koramil Lawang Malang, aliran airnya kecil. Akhirnya mobil PMK harus mengambil air dilikasi yang lebih jauh sekitar 4 km dari lokasi. Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui. (ikj/dip)
18 April 2019
Pasar Lawang Malang, Kebakaran

Radio ANDIKA - Pasar Induk Lawang Malang, Rabu 17 April 2019, jam 20.30 WIB Terbakar. Kebakaran Mulai terlihat di lantai 2 belakang Pasar.

Gatekeeper Radio ANDIKA menghubungi Polsek Lawang Malang berkali kali, namun tidak ada jawaban. Kemudian menghubungi PMK Kota Malang diterima Komandan Regu 1 Pak EDI SUSIANTO yang membenarkan kebakaran di Pasar Lawang Malang.

Menurut Pak EDI, Api mulai terlihat sekitar jam 20.30 WIB di lantai 2, yang berisi lapak-lapak jualan baju. Sampai jam 00.02 WIB api tambah membesar dan merata. Pemadam Kebakaran mulai Melokalisir kebakaran supaya tidak merembet ke pemukiman penduduk yang bereda dekat dengan Pasar Induk Lawang Malang.

Pak EDI mengatakan, sampai saat ini PMK yang datang, ada 2 Unit dari Kabupaten Malang. 4 Unit dari PMK Kota Malang dan 2 Unit dari Kota Batu. Sementara Korban Jiwa Nihil. Arus lalu lintas Padat, ekor kemacetan sampai Karanglo Malang. ( gk-art)


17 April 2019
Pemilu Trenggalek Aman dan Lancar
Radio ANDIKA - Pelaksanaan pemilhan umum(pemilu) di Trenggalek telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 14 Kecamatan, 157 Kelurahan, 2512 TPS di Wilayah Trenggalek telah selesai melaksanakan pemilu dengan lancar.
 
Pak SURIPTO Ketua KPU Trenggalek saat on air di Radio ANDIKA menjelaskan, saat ini masih berlangsung penghitungan surat suara dibeberapa TPS di wilayah Trenggalek. Ditarjetkan malam ini semua TPS diwilayah Trenggalek sudah selesai melaksanakan penghitungan surat suara. Besok semua logistik sudah dikembalikan ke Kecamatan Trenggalek untuk proses rekapitulasi. Pengamanan 24 jam oleh aparat Kepolisian dan TNI agar pemilu diwilayah Trenggalek berjalan lancar.(asr/art)
17 April 2019
Ketua KPU Jatim : Pemilu Lancar
Radio ANDIKA - KPU Jawa Timur monitoring pelaksanaan pemilu sejak pagi tadi di beberapa wilayah Jawa Timur. Seperti di Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo bersama Gubernur Jawa Timur.
 
Pak CHOIRUL ANAM, Ketua KPU Jawa Timur saat ON AIR di Dermaga Raya Radio ANDIKA mengatakan, pelaksanaan pemilu hari ini sesuai yang diharapkan. Masyarakat cukup antusias untuk datang ke TPS. Beberapa tempat yang dimonitoring rata-rata kehadiran diatas 80 %. Diharapkan tingkat kehadiran sesuai dengan target minimal 75,5 %.
 
Terkait isu-isu negatif dan info hoax sejauh ini tidak terbukti. Adapun kendala teknis dibeberapa wilayah seperti Surabaya dan Malang dapat teratasi. Kendala tersebut adalah pemilih pindah A5 yang mencoblos diawal sehingga pemilih reguler kehabisan surat suara. Namun hal itu langsung bisa diatasi dengan cara petugas KPS mengambil surat suara di TPS yang pemilih A5 nya sedikit.
 
Selain memantau pelaksanaan pencoblosan, KPU Jatim juga berkoordinasi dengan pihak PLN, untuk menjaga gardu induknya dan tidak ada gangguan listrik. Harapannya, agar listrik tidak menggangu proses penghitungan suara. Saat proses penghitungan surat suara pihak KPPS diminta untuk menjaga ketelitiannya, agar tidak terjadi penghitungan ulang. (ikj/dip)
17 April 2019
Mr. X Meninggal, Korban Kecelakaan di Purwoasri Kediri
Radio ANDIKA - Telah terjadi kecelakaan lalu lintas di Desa Mekikis Kecamatan Purwoasri Kediri sekitar jam 7 pagi. Kecelakaan tersebut melibatkan sepeda motor Honda Revo nopol S 2397 XI yang dikendarai SUPADI warga  Desa Woromarto Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri dengan pejalan kaki yang belum diketahui identitasnya atau Mr. X.

AIPTU AGUS HERI PURNOMO Anggota Unit Laka Satlantas Polres Kediri, menjelaskan, awalnya pengendara sepeda motor Revo berjalan dari arah barat ke timur atau Desa Mekikis ke arah Kunjang. Sesampainya di tempat kejadian, motor tersebut menabrak pejalan kaki Mr. X yang hendak menyebrang jalan. Akibat kecelakaan tersebut, SUPADI pengendara sepeda motor mengalami luka dibagian wajah dan Mr. X mengalami luka di bagian kepala dan meninggal dunia di lokasi kejadian. Selanjutnya kedua korban berada di RSUD Kertosono. (vin/dip)
17 April 2019
Plh Walikota : Pemilu 2019 di Kota Kediri Aman dan Lancar
Radio ANDIKA - Usai menggunakan hak pilihnya di TPS 34 Kelurahan Bandar Lor, Plh Walikota Kediri BUDWI SUNU bersama jajaran Forkopimda Kota Kediri  meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Kediri. Kegiatan ini bertujuan untuk memonitor pelaksanaan Pemilu 2019, agar tercipta Kota Kediri yang aman, lancar dan kondusif.
 
BUDWI SUNU mengungkapkan penyelenggaraan Pemilu di Kota Kediri berjalan lancar. Pihak-pihak penyelenggara Pemilu juga telah melakukan persiapan dengan baik. Ia melihat partisipasi masyarakat Kota Kediri dalam mensukseskan Pemilu juga begitu besar.  Hal ini terlihat di TPS bagaimana antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya begitu besar.(atc/eva)
17 April 2019
KHOFIFAH dan NING ITA Pantau Pemungutan Suara di Kota Mojokerto

Radio ANDIKA - Untuk memastikan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 berjalan lancar di Kota Mojokerto, Wali Kota Mojokerto IKA PUSPITASARI, Wakil Wali Kota ACHMAD RIZAL ZAKARIA, Sekda Kota Mojokerto HARLISTYATI serta jajaran Forkopimda Kota Mojokerto meninjau secara langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2019. Rombongan forkopimda meninjau beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Mojokerto.

Pada hari pemungutan suara, TPS yang dikunjungi NING ITA bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto adalah TPS 27, TPS 26 Miji Baru Kelurahan Miji, dilanjutkan ke TPS 23 Balongcangkring, dan terakhir adalah TPS 07 di Gedung Ramelan Jalan Empunala lingkungan Balongsari. Pada masing-masing TPS selain meninjau pelaksanaan pemungutan suara, NING ITA juga menyempatkan diri untuk menyapa warga yang tengah mengantre untuk melakukan pencoblosan.

Khusus di TPS 07 selain ditinjau oleh NING ITA dan Forkopimda juga ditinjau langsung oleh Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARWANSA beserta jajaran Forkopimda Jatim.  Dalam kesempatan ini KHOFIFAH menyampaikan bahwa Pemprov Jatim bersama Kapolda Jatim, Pangdam, Kajati, Ketua KPUD Jawa Timur serta Ketua Bawaslu Jatim telah melakukan koordinasi yang sangat intensif. Serta masyarakat di Jawa Timur juga telah banyak melakukan doa bersama untuk kesuksesan pelaksanaan pemilu serentak 2019.(eva/ikj)


Page 1 of 400      1 2 3 >  Last ›