Berita- Info ANDIKA

03 March 2021
Wali Kota Kediri Buka Pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia
Radio ANDIKA - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia dan Ketua KADIN Kota Kediri M.Solikhin mengikuti secara daring Pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 dengan tema "Eksotisme Lombok" di Gedung KPwBI Kediri, hari ini. Acara ini merupakan bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja yang digelar mulai tanggal 3-31 Maret 2021. Pembukaan Pameran KKI 2021 Seri 1 dilaksanakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dikemas secara hybrid dengan menggabungkan fisik dan virtual. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendukung penuh KKI Seri 1 2020 serta mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja. Wali Kota Kediri mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kediri siap bersinergi dengan KPwBI Kediri untuk terus memajukan UMKM.

Selain di NTB, display fisik produk unggulan UMKM binaan Bank Indonesia dan binaan Pemerintah Daerah juga ditampilkan di 46 Kantor Perwakilan BI di daerah. Di KPwBI Kediri, ditampilkan produk UMKM unggulan yang ada di wilayah kerja KPwBI Kediri mulai dari kerajinan, kain, dan makanan. Seluruh UMKM telah menjadi merchant QR Code Indonesian Standard (QRIS). Pengunjung display fisik merupakan tamu undangan yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sementara secara virtual, pameran bisa diakses di karyakreatifindonesia.co.id
 
Wali Kota Kediri bersama Kepala KPwBI Kediri Sofwan Kurnia dan Ketua KADIN Kota Kediri M.Solikhin juga meninjau stan-stan produk unggulan UMKM yang dipamerkan. Wali Kota Kediri juga melakukan transaksi pembelian produk UMKM menggunakan QRIS.(atc/aut)
03 March 2021
Ambrol, Plengsengan Jembatan Jlurung, Bujel, Kota Kediri
Radio ANDIKA - Kondisi jembatan Jlurung di Kelurahan Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sangat mengkhawatirkan. Plengsengan jembatan ambrol karena diterjang derasnya air Sungai Kedak saat hujan turun. Ambrolnya plengsengan jembatan Jlurung sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Hari ini, petugas Dinas PUPR Kota Kediri menata karung berisi pasir yang ditempatkan di sekitar plengsengan yang ambrol.

BAMBANG, salah satu warga yang rumahnya dekat dengan jembatan Jlurung tersebut mengatakan, jembatan tersebut akan semakin berbahaya kalau tidak segera diperbaiki. Seluruh plengsengan di sekitar jembatan sudah mulai retak-retak. Bahkan, banyak sampah yang tersangkut di tiang penyangga jembatan. Warga sekitar juga khawatir kalau sampah terus menumpuk di penyangga jembatan, maka tiang penyangga jembatan tidak kuat menahan sampah.

BAMBANG juga berharap supaya plengsengan Jembatan Jlurung, Bujel, Kota Kediri tersebut segera diperbaiki. Beberapa hari terakhir, sewaktu turun hujan deras, debit air Sungai Kedak memang menngkat signifikan. Arus air sungai juga mengalir dengan deras mengikis plengsengan di sekitar jembatan hingga pecah dan ambrol. (atc/rom)
 
 
 
03 March 2021
Satreskrim Polres Kediri Kota, Masih Kejar Pelaku Pembunuhan di Hotel Lotus Kediri
Radio ANDIKA - Satuan Reskrim Polres Kediri Kota, sampai hari ini masih terus melakukan pengejaran terhadap pelaku dugaan pembunuhan di Hotel Lotus Garden Kamar 421 pada Minggu 28 Februari lalu. Hasil penyelidikan Satuan Reskrim Polres Kediri Kota, pelaku masih dalam penyelidikan. Sedangkan dari hasil visum diketahui bahwa pada tubuh korban berinisial M, usia 20 tahun, warga Jawa Barat, ada 7 luka. Lima luka tusukan, dan dua luka sayatan.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP VERAWATI THAIB mengatakan, lima luka tusuk ada di pinggang sebelah kiri dan kanan, dada kiri dan kanan, serta di punggung. Sedangkan luka sayatan, berada di leher. VERAWATI juga mengatakan, sampai saat ini Satuan Reskrim Polres Kediri Kota, masih mempelajari CCTV yang didapatkan dari pihak Hotel.

Untuk sementara diketahui dari CCTV, ada seorang laki-laki yang memakai masker dan memakai penutup kepala, masuk kedalam kamar 421 pada jam 16.00 WIB. Sedangkan jam 16.45 WIB diketahui korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia bersimbah darah di dalam kamarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan ditemukan meninggal dunia dalam kondisi berlumuran darah di dalam kamar Nomor 421 Hotel Lotus Garden, Jalan Jaksa Agung Mojoroto, Kota Kediri.  Diduga, perempuan berusia sekitar 20 tahun itu menjadi korban pembunuhan. Dia ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar jam 16.45 WIB Minggu sore 28 Februari 2021. Kejadian itu lalu dilaporkan ke Polres Kediri Kota.(atc/ssi)
03 March 2021
Angin Puting Beliung Terjang Purwoasri Kediri, Puluhan Rumah Rusak dan Satu Korban Luka
Radio ANDIKA - Angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri kemarin sore. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak dan satu korban mengalami luka.
 
AKP PONCO SAPUTRO, Kapolsek Purwoasri Polres Kediri kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, mulai pagi ini sekitar jam 08.00 WIB, tim gabungan dari Polres Kediri, Polsek Purwoasri, TNI, BPBD Kabupaten Kediri, relawan, serta warga sekitar melakukan kerja bakti membersihkan rumah warga yang terdampak angin puting beliung.
Inset PONCO : Target penanganan hari ini apa aja
 
Sebelumnya, angin puting beliung menerjang wilayah Purwoasri pada Selasa, 2 Maret 2021. Sebanyak 60 rumah dan 5 ruko milik warga terdampak. Diantaranya 1 rumah di Desa Dayu, 9 rumah di Desa Muneng, 50 rumah di Desa Merjoyo dan 5 ruko di Desa Merjoyo. Rata-rata kerusakan tergolong ringan, hanya pada bagian atap rumah warga.
 
Ditemui di Desa Muneng, MUDATSIR, Camat Kecamatan Purwoasri menjelaskan ada satu rumah warga dengan kerusakan cukup berat dan menimbulkan satu korban luka. Korban bernama SUTIANI, 70 tahun, warga Desa Muneng, mengalami luka pada bagian kepala karena tertimpa genting. Saat ini SUTIANI dirawat di RSUD Pare. ( mld/ikj)
 
03 March 2021
Gubernur Texas dan Mississippi Cabut Kebijakan Pembatasan Sosial
Radio ANDIKA - Negara bagian Texas dan Mississippi di Amerika Serikat (AS) mencabut kebijakan pembatasan sosial berhubungan dengan upaya untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).
 
Jurnalis Voice Of America, EVA MAZRIEVA On Air di Radio ANDIKA menjelaskan Gubernur Texas GREG ABBOTT  juga mencabut aturan wajib mengenakan masker, sekaligus membuka kembali semua bisnis dan fasilitas publik di wilayah tersebut. 
 
Alasan ABBOT, pembatasan yang selama ini dilakukan, dan sudah dilakukannya vaksinasi kepada 5,7 juta penduduk Texas, dirasa sudah bisa diandalkan untuk melindungi rakyat. Sehingga sekarang saatnya memulihkan mata pencaharian dan perekonomian yang sempat lumpuh akibat Covid-19.
 
Keputusan yang diambil Gubernur Texas dan Mississippi tersebut bertentangan dengan kebijakan yang diambil JOE BIDEN bahwa masyarakat wajib memakai masker selama 100 hari pertamanya menjabat.
 
Bagaimana respons Presiden BIDEN terhadap kebijakan Gubernur Texas tersebut, menurut EVA, baru bisa diketahui Rabu pagi waktu setempat.(sha/aut)
 
02 March 2021
Tembok Gudang di Nganjuk Roboh Diterjang Hujan Angin, Satu Warga Meninggal
Radio ANDIKA - Hujan deras dan angin kencang di Kelurahan Guyangan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk mengakibatkan tembok bangunan tua bekas gudang penyimpanan padi roboh. Kapolsek Bagor Polres Nganjuk, AKP TOMY HERMANTO On Air di Dermaga Raya Radio ANDIKA menjelaskan, tembok yang roboh tersebut imbas hujan disertai angin kencang yang terjadi sejak jam 17.00 - 19.00 WIB. Selain itu bangunan sudah tua lebih 30 tahun. 
 
Robohya tembok bangunan yang sudah sejak lama tidak difungsikan ini mengakibatkan satu orang meninggal dunia, satu warga mengalami luka-luka dan lima rumah warga rusak. AKP TOMY HERMANTO menambahkan, korban meninggal dunia bernama SUKARMI warga Desa Pandan Toyo Kecamatan Ngancar Kediri. Saat itu SUKARMI sedang tidur. Sekitar jam 18.20 WIB, tiba-tiba tembok runtuh menimpa bangunan rumahnya. Evakuasi jenazah SUKARMI sempat mengalami kesulitan karena korban tertimpa reruntuhan. Sedangkan korban luka-luka bernama ANIK LISTIYANI warga  Kelurahan Guyangan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Kedua korban langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Nganjuk. 
 
Petugas kepolisian sudah melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa Kelurahan Guyangan, untuk melakukan pendataan kerugian yang dialami warga. Nantinya akan disampaikan  kepada pemilik gudang. Rencananya besok akan dilakukan kerja bakti pembenahan rumah warga yang mengalami kerusakan.(sha/hil)
 
02 March 2021
Hujan Deras Dan Angin Kencang, Puluhan Rumah di Purwoasri Rusak
Radio ANDIKA - Hujan deras disertai angin kencang Selasa sore, 2 Maret 2021 mengakibatkan puluhan rumah di Purwoasri Kediri mengalami kerusakan. Bahkan tercatat satu korban mengalami luka-luka.
 
Melalui On Air di Radio ANDIKA, Kasi Humas Polsek Purwoasri Kediri AIPTU BUDI SANTOSO mengatakan hujan deras yang disertai angin kencang Selasa sore jam 16.00 WIB mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Salah satunya di jalur protokol sehingga menyebabkan kemacetan. Selain itu, sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan. Bahkan, akibat rumah warga yang rusak, satu korban mengalami luka-luka karena kejatuhan genteng. Korban bernama SUTIANI, usia 70 tahun warga Desa Muneng. Korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan.
 
Berdasarkan data sementara, AIPTU BUDI SANTOSO menyebut ada 6 rumah yang mengalami kerusakan di Desa Muneng. Sementara di Desa Merjoyo sekitar  25 rumah mengalami kerusakan. Sebagian rumah yang mangalami kerusakan ringan diantaranya rusak di bagian dapur, kandang ternak sapi, maupun rumah bagian depan.
 
Rencananya, Rabu besok mulai jam 8 pagi akan dilakukan kerja bakti bersama 3 pilar. Kerja bakti dilakukan untuk membantu warga yang terdampak angin kencang pada Selasa sore.(stm/dip)
 
 
 
02 March 2021
Awas! Corona Jenis Baru dari Inggris Mulai Ditemukan di Indonesia
Radio ANDIKA - Kabar mengejutkan disampaikan Wakil Menteri Kesehatan, dr.Dante Saksono Herbuwono. Varian baru virus Corona dari Inggris atau dikenal dengan istilah B117, mulai ditemukan persebaranya di Indonesia.
 
Demikian disampaikan Wakil Menteri Kesehatan di kantornya, Selasa pagi. Dua kasus paparan virus Corona jenis baru dari Inggris dilaporkan ditemukan pada Senin malam kemarin.  
 
Persebaran B117 ini diyakini akan semakin memperberat tantangan penyelesaian pandemi Covid di Indonesia yang per tanggal 1 Maret kemarin genap setahun terjadi. Catatan yang dirilis oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid menyebutkan, selama setahun terakhir jumlah orang terpapar di Indonesia mencapai 1.241.314 jiwa, di mana 36.325 orang di antaranya meninggal dunia.
 
dr.Dante Saksono Herbuwono menambahkan, masyarakat diminta meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Tidak hanya memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak, setiap instruksi yang bertujuan mencegah meluasnya penyebarluasan virus Corona harus dipatuhi.
 
Dikutip dari kompas.com varian baru Corona dari Inggris ini diyakini 70% lebih menular dibandingkan virus asalnya. Hingga kini B117 dilaporkan telah menyebar lebih ke 30 negara di seluruh dunia.
 
Tingkat keganasan virus Corona jenis baru yang lebih tinggi, membuat beberapa negara di benua Eropa menutup pintu perbatasannya untuk kedatangan dari Ingrris. (shk/stm)
02 March 2021
Satu Tahun Covid - 19, Tenaga Medis Tidak Bisa Menjadi Garda Terdepan Sendirian
Radio ANDIKA - Virus corona menyergap Indonesia pada awal 2020. Hari ini 2 Maret 2021 tepat satu tahun pandemi Covid-19. Dokter jaga di Rumah Sakit Kilisuci Kediri, dr. IDA RIZQA NURAINI On Air di Radio ANDIKA mengatakan, tenaga medis tidak bisa menjadi garda terdepan sendirian. Menurut dr. IDA, masyarakat adalah garda terdepan, sedangkan tenaga medis adalah garis pertahanan terakhir.
 
Dalam setahun ini merupakan pengalaman pertama bagi dr. IDA untuk bisa berkontribusi menangani pasien yang terpapar virus corona. Meski sebenarnya sangat rindu situasi sebelum pandemi Covid-19. Kerinduan yang dirasa adalah berjaga di rumah sakit dengan tidak menggunakan APD dan tidak merasa khawatir serta cemas.  Tetapi karena ada rasa tertantang dan ingin ikut berkontribusi dr. IDA berusaha menjaga daya tahan tubuh, agar tetap fit dan tidak drop selama bertugas.

Upaya dari Pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19 dirasa dr. IDA Sudah mulai semakin ketat, penegakan disiplin juga sudah semakin bagus. Tetapi dr. IDA berharap masyarakat harus bekerjasama dan semakin patuh menerapkan protokol kesehatan. Karena  aturan dari pemerintah tidak akan berarti apa-apa tanpa tindakan nyata dari masyarakat.

Mengenai program vaksinasi yang saat ini masih berlangsung, dr. IDA sangat mendukung. Meski sudah mendapat vaksin, dr. IDA tetap mematuhi protokol kesehatan. Serta berharap pandemi di Indonesia bisa terkendali secepatnya.(sha/dip)
02 March 2021
Hendak Mendahului, Truk Tabrak Pengendara Motor di Jombang
Radio ANDIKA - Diduga tidak memperhatikan kendaraan didepannya saat mendahului, sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas. Akibatnya pengendara sepeda motor mengalami luka-luka setelah terlibat kecelakaan dengan truk. Kecelakaan terjadi Selasa, sekitar jam 2 siang, di Jalan Raya Desa Mojokrapyak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Yang terlibat kecelakaan truk Mitsubishi Colt Diesel nopol S-9285-WG yang dikemudikan WAHLUL HABIB KRISTANTO, warga Desa Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, dengan sepeda motor Yamaha Mio nopol S-3725-OAT yang dikendarai WIJAYATI, warga Desa Pesantren Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang.
IPTU SULAIMAN Kanit Laka Satlantas Polres Jombang mengatakan, kecelakaan berawal ketika truk berjalan dari arah Ploso ke Tembelang Jombang. Pada saat itu truk hendak mendahului kendaraan di depannya. Karena kurang memperhatikan kendaraan di depannya, sehingga menabrak kendaraan sepeda motor Yamaha Mio yang berjalan dari arah berlawanan. Akibat kecelakaan, WIJAYATI mengalami luka-luka dan dengan bantuan petugas, langsung dibawa ke RS Al Aziz Tembelang Jombang. Sedangkan sepeda motor Yamaha Mio kondisinya ringsek.
IPTU SULAIMAN menduga saat mendahului pengemudi truk tidak memperhatikan arus lalin didepannya hingga terjadi kecelakaan. Kini penanganan selanjutnya dilakukan Unit Laka Satlantas Polres Jombang. Termasuk mengamankan kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan.(dip/stm)

Page 1 of 1128      1 2 3 >  Last ›