Berita- Info ANDIKA

19 January 2022
Pria Asal Trenggalek Ditangkap Satreskoba Polres Tulungagung Saat Akan Edarkan Sabu
Radio ANDIKA - Seorang pria berhasil ditangkap oleh anggota Satresnarkoba Polres Tulungagung saat akan mengedarkan narkotika jenis sabu. Pria beriinisial CW ditangkap di area SPBU Gondang masuk Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung, Senin, 17 Januari 2022.
 
Kasi Humas Polres Tulungagung, IPTU NENNY SASONGKO S.H., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, CW, 27 tahun, merupakan warga Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. CW ditangkap saat akan menemui calon pembeli. CW sudah menjadi target operasi dan sudah dilakukan pengintaian sejak lama. Setelah penyergapan, petugas langsung melakukan penggeledahan. Dari tangan pelaku, petugas menemukan barang bukti berupa 1 poket sabu berat kotor 0,24 gram, sebuah bekas bungkus rokok, sebuah sobekan isolasi warna hitam dan sebuah handphone.
 
IPTU NENNY mengatakan tersangka dan barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Tulungagung untuk proses lebih lanjut. CW saat ini sudah ditahan di rumah tahanan Polres Tulungagung dan dijerat Pasal 114 ayat sub pasal 112 ayat UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (sap/ikj)

19 January 2022
Penemuan Jenazah Perempuan di Rel Kereta Api Mengkreng Kediri
Radio ANDIKA - Jenazah perempuan tanpa identitas (Mrs.X) ditemukan di rel kereta api Mengkreng, Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tepatnya di utara pos penjagaan perlintasan kereta api. Jenazah ditemukan Rabu, 19 Januari 2022 sekitar pukul 03.50 WIB pagi tadi. Diduga, Mrs.X merupakan korban tertabrak Kereta Api Malabar yang saat itu menuju kearah Kediri.
 
Anggota Pos Mengkreng Kabupaten Kediri, AIPTU ANTUK SAMPURNO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, petugas pos Mengkreng mendapat laporan dari penjaga rel kereta bahwa ada sesosok jenazah. Petugas pos kemudian menuju TKP dan memang benar ada jenazah wanita yang ada di lokasi kejadian. Wanita tersebut membawa tas warna hitam, namun saat dilakukan pengecekan isi tasnya tidak ditemukan identitas apapun. AIPTU ANTUK tidak bisa menjelaskan ciri-ciri Mrs.X karena tubuh perempuan tersebut sudah terpisah. Hanya diketahui wanita tersebut berbadan gemuk.
 
Sementara itu, menurut keterangan MANDA warga Mengkreng ke Gatekeeper Radio ANDIKA, bahwa Mrs. X sudah terlihat mondar mandir dari sore hari. Diduga wanita tersebut memang sengaja bunuh diri. Namun, hal ini belum bisa dipastikan oleh petugas. Menurut Kapolsek Purwoasri Polres Kediri, AKP IRFAN WIDODO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kasus ini ditangani oleh Polsek Purwoasri dan masih dilakukan olah TKP.(sap/atc)

19 January 2022
Kurang Hati-hati, Seorang Pengendara Sepeda Motor Meninggal Tertabrak Truk di Sidoarjo
Radio ANDIKA - Insiden lalu lintas terjadi di Jalan Raya Sidorejo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, pada Selasa, 12 Januari 2022 sekitar pukul 21.30. Insiden lalu lintas ini melibatkan sepeda motor dan truk tronton box. Akibatnya, seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia di lokasi kejadian.
 
Kanit Gakkum Polresta Sidoarjo, AKP SUGENG SULISTYONO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, semula sepeda motor bernomor polisi W-3011-NAG yang dikendarai oleh MIKAEL, 17 tahun, warga Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan, Surabaya melaju dari arah Mojokerto menuju Surabaya. MIKAEL saat itu sedang berboncengan dengan ELVIN, 17 tahun, warga Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan, Surabaya.

Sesampainya di TKP, sepeda motor tiba-tiba naik ke atas median jalan dan terpental. Sementara di belakangnya melaju truk tronton yang dikemudikan oleh AGUSNAN, 48 tahun, warga Kelurahan  Lambangan Kelurahan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Karena jarak yang terlalu dekat, insiden lalu lintas tidak bisa terhindarkan. Akibat insiden lalu lintas tersebut ELVIN meninggal dunia di lokasi kejadian.
 
AKP SUGENG mengatakan, dugaan sementara karena pengemudi yang kurang berhati-hati. Insiden lalu lintas ini ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo untuk penyidikan lebih lanjut. (sap/atc)

18 January 2022
Edarkan Sabu, Pria Asal Plosokandang Tulungagung Ditangkap Polisi
Radio ANDIKA - Edarkan Sabu, seorang pria berinisial ES, 41 tahun, warga Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Tulungagung ditangkap Sat Resnarkoba Polres Tulungagung. Peristiwa penangkapan pelaku dilakukan pada Senin, 17 Januari 2022 sekitar jam 22.30. 
 
Kasi Humas Polres Tulungagung, IPTU NENNY SASONGKO,  S.H., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan berawal dari adanya laporan masyarakat mengenai peredaran gelap Narkotika golongan 1 jenis Sabu pada Selasa, 11 Januari 2022 di Dusun Manggisan Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Tulungagung.
 
Anggota Reskrim Polsek Ngunut bersama Anggota Sat Resnarkoba Polres Tulungagung kemudian melakukan penyelidikan selama tujuh hari di desa tersebut.Ternyata benar, ES sedang melakukan transaksi sabu di teras rumahnya. Petugas kemudian melakukan penggrebekan ke rumah ES, dan didapati barang bukti berupa 1 buah klip plastik yang berisi Sabu. Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti lain seperti 1 buah HP dan uang tunai sebesar Rp1.755.000. 
 
Atas peristiwa tersebut, pelaku dilakukan penahanan di Polsek Ngunut Polres Tulungagung. Pelaku dijerat Pasal 114 UU. RI. No. 35, Tahun 2009, tentang narkotika dengan hukuman minimal 5 tahun. (ahm/dip)
18 January 2022
Diduga Karena Bensin bocor, Sepeda Motor Terbakar di Tulungagung
Radio ANDIKA - Diduga karena adanya kebocoran dari tangki bensin, sepeda motor yang dikendarai seorang lansia terbakar di Jalan Raya Ngantru Kabupaten Tulungagung. Insiden tersebut terjadi Selasa 18 Januari 2022, sekitar pukul 17.45 WIB, tepatnya di depan Mapolsek Ngantru Tulungagung.

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Polsek Ngantru Polres Tulungagung AIPTU MASHARI, saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan awalnya sepeda motor Honda Star nopol AG 6167 TJ, dikendarai SUMARDJI, 71 tahun, warga Kelurahan Kutoanyar, Kota Tulungagung melaju dari arah Kediri menuju Tulungagung.

Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba kendaraan yang ada didepannya mengerem secara mendadak karena menghindari adanya jalan yang berlubang. Sementara, SUMARDJI yang berjarak dekat berada dibelakangnya terkejut dan membuat tidak bisa menguasai kendaraan sehingga terjatuh. Setelah terjatuh, timbul percikan api yang diduga berasal dari kebocoran bensin dari tangki sepeda motornya. Kobaran api dengan cepat membesar dan membakar sepeda motor korban.

AIPTU MASHARI dan BRIPKA ZAMROJI
 yang berada di Mapolsek dan mengetahui peristiwa tersebut kemudian membantu memadamkan api yang membakar sepeda motor. Atas insiden tersebut, SUMARDJI mengalami luka ringan di bagian tangan. Pertugas juga sudah menghubungi keluarganya dan SUMARDJI sudah dijemput pihak keluarga. Sementara, kendaraannya diamankan di Mapolsek Ngantru Tulungagung. (ahm/dip)
18 January 2022
Bentuk Mental Enterpreneur, Bupati Kediri Beri Pelatihan Remaja Putus Sekolah
Radio ANDIKA - Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan pelatihan kepada remaja putus sekolah. Melalui Dinas Sosial, para remaja dibekali pemantapan dan bimbingan sosial sebelum menjalani pelatihan keterampilan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) Provinsi Jatim.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri, SLAMET TURMUDI menjelaskan peserta pelatihan usia remaja ini akan dikirim ke UPT PSBR yang akan mengikuti pelatihan selama 6 bulan dengan berbagai program keahlian seperti menjahit, bordir, las, hingga otomotif. Pelatihan ini dilakukan dalam 2 angkatan dalam satu tahun. Di angkatan pertama tahun ini, Dinsos telah mengirimkan 35 peserta yang telah melalui tahapan seleksi oleh Dinsos. Tahapan seleksi ini didapatkan dari 159 peserta yang diprioritaskan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Program ini, juga dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai lini masyarakat Kabupaten Kediri. Pemerintah Kabupaten Kediri mempunyai harapan besar terhadap remaja penerima manfaat pelatihan tersebut. Pasalnya selain pelatihan yang diberikan, nantinya Pemkab juga akan terus melakukan monitoring hingga pendampingan dan penyediaan pasar untuk penerima manfaat tersebut.

Selanjutnya, setelah pulang dari pelatihan, penerima manfaat akan dibekali peralatan untuk pengembangan usaha sesuai dengan pelatihan yang mereka dapatkan. Selain itu, mereka juga mendapatkan pendidikan mental dan spiritual. Sehingga nantinya penerima manfaat ini akan menjadi pengusaha yang mandiri dan tidak mudah menyerah dalam menjalankan usahanya. Bulan ini 35 penerima manfaat tersebut akan dikirimkan ke 3 UPT PSBR Provinsi dengan rincian 7 orang UPT PSBR Bojonegoro, 15 orang UPT PSBR Blitar, dan 13 orang lain dikirimkan ke UPT PSBR jombang.(atc/arg)
18 January 2022
Jokowi: Yang Bisa Bekerja dari Rumah, Lakukanlah!
Radio ANDIKA - Presiden JOKO WIDODO mewanti-wanti betul agar masyarakat mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron. Lewat pernyataan lisan yang disiarkan secara live dari Istana Bogor, JOKOWI menyampaikan sejumlah pesan kewaspadaan. Pernyataan lisan mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron disampaikan oleh JOKOWI dan disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa sore tadi. JOKOWI mengawali pernyataannya dengan mengabarkan kondisi penyebarluasan varian Omicron yang berlangsung sangat cepat di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Sejurus kemudian JOKOWI menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan. Meski begitu, masyarakat juga diminta agar tidak bereaksi berlebihan. Menukil sejumlah hasil studi, termasuk yang disampaikan oleh badan kesehatan dunia, WHO, JOKOWI menyebut varian Omicron memang memiliki kecenderungan menyebar dengan cepat. Meski demikian gejala yang ditimbulkan akibat paparan varian disebut lebih ringan dibandingkan varian lain virus Corona.

Banyak pasien yang terinveksi varian ini pada umumnya pulih tanpa dirawat di rumah sakit. Meski demikian dalam pernyataannya JOKOWI mengajak agar semua pihak tidak jemawa, dengan terus mengedepankan kewaspadaan. Aktifitas di luar rumah diminta dihindari apabila tidak memiliki tujuan yang penting dan mendesak, termasuk mengunjungi pusat-pusat keramaian.

JOKOWI juga menyarankan agar Work From Home atau WFH kembali dijalankan. Selain itu JOKOWI juga meminta agar perjalanan ke luar negeri untuk sementara waktu dihindari, kecuali bagi yang  bertujuan sangat penting dan mendesak. Di akhir pernyataannya, JOKOWI kembali mengingatkan pentingnya menegakkan disiplin protokol kesehatan, mengenakan masker dan mencuci tangan dengan air mengalir.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin disarankan segera mengikuti vaksinasi, baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga atau booster. Semuanya bisa didapatkan secara gratis. Laporan dari Kementerian Kesehatan, pada Selasa ini terjadi penambahan kasus Covid-19 sebanyak 1.362. Total kasus aktif di Indonesia saat ini mencapai 9.564. (shk/arg)
18 January 2022
Dua Minggu Tanpa Kabar, Warga Pagu Kediri Akhirnya Diketahui Keberadaannya
Radio ANDIKA - Setelah di posting melalui Facebook Ag243, YOHANES SETIAWAN alias JOJON, 41 tahun, warga Kauman, Pagu, Kabupaten Kediri yang sebelumnya meninggalkan rumah tanpa pamit, kini sudah bisa dihubungi oleh keluarganya. Hal itu disampaikan Ayah JOJON, PETRUS, warga Kalijudan Taruna Surabaya saat On Air di Radio ANDIKA.

Sebelumnya JOJON, dilaporkan oleh Pak WIYONO, pamannya yang pergi dari rumah sejak 28 Desember 2021 sekitar jam 20.00 WIB. PETRUS sebelumnya tidak dapat menghubungi JOJON sejak 29 Desember 2021. Padahal, JOJON berjanji akan kembali ke rumah pada tanggal 3 Januari, namun hingga kini belum kembali.  Karena khawatir, pihak keluarga kemudian melaporkan JOJON ke Polsek Pagu dan meminta bantuan Radio ANDIKA untuk mengetahui keberadaan JOJON.

Setelah diposting di Facebook Ag243, JOJON mengabari orangtua dan memberitahukan keberadaannya. Menurut PETRUS, JOJON meninggalkan rumah untuk pergi liburan pada akhir tahun. Alasan JOJON tidak bisa dihubungi karena HP nya sedang rusak. Saat ini, JOJON sudah berada di Surabaya dalam keadaan sehat dan sedang bekerja sehingga belum bisa pulang.

PETRUS dan pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polsek Pagu dan Radio ANDIKA serta masyarakat karena sudah membantu menemukan putranya. (ahm/arg)
18 January 2022
Enam Motor Penghuni Kos di Blitar Digasak Pencuri, Polisi Buru Pelaku
Radio ANDIKA - Aksi pencurian sepeda motor di Kota Blitar kini semakin marak. Kali ini, sebanyak enam unit sepeda motor yang terparkir di dalam kos hilang digasak pencuri. Kejadian tersebut terjadi kos milik SUJARNO di Jalan Aru Sananwetan Kota Blitar pada Selasa, 18 Januari 2022.

Kasat Reskrim Polres Blitar Kota AKP MOMON SUWITO, saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar 01.30 WIB saat pemilik rumah dan penghuni kos sedang tertidur. Di sekitar kos sebenarnya sudah terpasang CCTV, namun saat kejadian CCTV itu sedang tidak berfungsi. Meski pintu dan sepeda motor sudah dikunci, tetapi pencuri berhasil merusak gembok dan membawa kabur enam motor.

Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan dan pemetaan dengan menggali keterangan dari sejumlah saksi. Diduga pelaku berjumlah lebih dari dua orang dan sangat profesional saat melakukan aksinya. Para pencuri merusak gembok dan menggunakan kunci palsu.

MOMON mengimbau agar warga kembali meningkatkan keamanan di sekitar lingkungan kos. Seperti melakukan pemasangan stiker tanda rawan pencuri, melengkapi kos dengan CCTV dan menghidupkan kegiatan siskamling untuk mencegah kasus pencurian terulang kembali. (ahm/arg)
18 January 2022
Akibat Rem Blong, Bus Tabrak 5 Mobil dan 1 Truk di Jombang
Radio ANDIKA - Akibat rem blong, bus Bagong menabrak enam kendaraan yang ada didepannya. Peristiwa ini terjadi di Jalan Raya Plosorejo Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.Insiden beruntun tersebut terjadi pada Selasa, 18 Januari 2022 sekitar jam 10.00 WIB. Kanit Laka Satlantas Polres Jombang IPTU FADILAH, saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya bus Bagong nopol N 7990 UF yang dikemudikan POMI, 62 tahun, warga Kranding, Bendo, Trenggalek melaju dari arah Surabaya menuju Jombang. 
 
Sesampainya di lokasi kejadian, tiba-tiba bus mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan Mobil Suzuki Ertiga nopol L 1473 YX dikemudikan WENDI, 31 tahun, warga Urangagung, Sidoarjo yang sedang berhenti karena menunggu kereta api yang sedang melintas. Pengemudi kemudian membanting setir ke kanan hingga menabrak mobil Honda Brio Nopol S 1021 WV dikemudikan ARIEF, 46 tahun, warga Plandi, Jombang serta mobil Daihatsu Sigra Nopol AG-1617-WC yang dikemudikan, SANTOSO, 41 tahun,  warga Banaran, Kertosono Nganjuk yang berjalan dari arah berlawanan. 
 
Tidak berhenti sampai disitu, bus kemudian mengarah ke kiri hingga menabrak kendaraan mobil Daihatsu Xenia Nopol AE 1178 G dikemudikan MALIKI, 44 tahun, warga Ketandan, Dagangan, Madiun dan kendaraan mobil Daihatsu Xenia Nopol AG 1748 TM, SUKADI, 52 tahun, warga Medalem, Modo, Lamongan serta Truk Tangki nopol L 8135 UW dikemudikan SLEMAN,39 tahun, warga Bareng, Krian, Sidoarjo yang sedang berhenti menunggu kereta api yang sedang melintas. Beruntung tidak ada korban dalam insiden tersebut. Semua kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah dievakuasi oleh petugas. Insiden lalulintas beruntun ini sudah ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polres Jombang(ahm/eko)
Page 2 of 1553      < 1 2 3 4 >  Last ›