Berita- Info ANDIKA

29 January 2023
Cabut Peralatan Listrik Saat Keluar Rumah, Salah Satu Cara Cegah Korsleting Listrik
Radio ANDIKA – Agar tidak terjadi kebakaran akibat korsleting listrik, salah satu yang bisa dilakukan adalah cabut semua peralatan listrik saat meninggalkan rumah.
 
ARIEF FRIYANTO Manager ULP Kediri Kota ketika On Air di Radio ANDIKA menjelaskan selain mencabut peralatan listrik saat ditinggal, perlu juga mencabut stop kontak untuk menghindari pemakaian terus menerus. Hindari stop kontak yang terlalu banyak “T” nya. Karena jika dipakai terus menerus bisa menyebabkan panas dan terbakar. Cek instalasi kabel yang biasanya dilewati tikus. Kabel yang awalnya terbungkus, bisa jadi terbuka karena digigit tikus. Terakhir, jangan matikan televisi hanya menggunakan remote saja.
 
Stop kontak yang tidak baik dan berpotensi membahayakan jika warnanya agak gosong dan dimasukkan longgar.(stm/nhd)
29 January 2023
Dua Anak di Blitar Suspek Campak Rubella, Begini Gejalanya
Radio ANDIKA – Dua anak berusia 7 dan 9 tahun dari Sutojayan dan Ponggok Kabupaten Blitar dinyatakan suspek campak rubella. Untuk memastikan, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar masih menunggu hasil laboratorium sample darah yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya selama 2-3 minggu.
 
dr. CHRISTINE INDRAWATI, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar On Air di Radio ANDIKA mengatakan gejala campak rubella diantaranya demam kadang disertai batuk pilek, mual dan muntah, serta muncul bercak merah pada seluruh tubuh. Biasanya yang diserang anak-anak.
 
Untuk pencegahan, Pemerintah sudah punya program imunisasi campak anak usia 9 bulan. Disarankan kepada ibu yang punya bayi, Wajib imunisasi campak kecuali dalam kondisi kesehatan tertentu. Di Blitar, tahun 2022 ada 7 anak yang dilaporkan positif campak rubella. (stm/nhd)
28 January 2023
Berbasis Nama dan Tempat Tanggal Lahir, BCA Salah Blokir Rekening
Radio ANDIKA - Adanya persepsi dan ramainya pemberitaan soal pemblokiran rekening milik penjual burung di Jawa Timur oleh KPK, Kepala Bagian (Kabag) pemberitaan KPK, ALI FIKRI membantahnya. Saat On Air di Radio ANDIKA, ditegaskan bahwa KPK tak pernah ajukan pemblokiran rekening milik penjual burung tersebut. Pemblokiran dilakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berbasis nama dan tempat tanggal lahir (TTL) saja. Kebetulan nama dan TTL tersangka KPK maupun penjual burung sama, sehingga terjadi salah blokir rekening.
 
KPK mengajukan pemblokiran rekening bank milik tersangka KPK bernama ILHAM WAHYUDI dalam perkara dugaan suap di Jatim. Saat itu data tersangka sudah lengkap disampaikan KPK ke pihak BCA. Pihaknya memastikan setiap permintaan pemblokiran rekening disampaikan data lengkap sebagai kebutuhan proses penyidikan dan sesuai prosedur hukum berlaku.
 
Pihaknya mengakui nama dan TTL  keduanya memang sama. Namun sebenarnya beda alamat. Harusnya, menurut ALI, perbankan tidak hanya lihat nama dan TTL, tapi identitas lain. Pihaknya berharap kejadian ini bisa jadi bahan evaluasi perbankan saat mau blokir rekening agar tidak terjadi kesalahan lagi. Permasalahan ini juga sudah diklarifikasi, dan akhirnya blokir terhadap rekening penjual burung sudah dibuka pihak BCA.(stm/eko)
 
28 January 2023
Habib Luthfi Datang ke Kediri, Polisi Siap Lakukan Pengamanan
Radio ANDIKA – Rangkaian acara Maulidurrosul Nabi MUHAMMAD SAW dan Haul Mursyidin Wal Masyayikh akan digelar di Kota Kediri, besok. Rencananya juga dihadiri MAULANA HABIB LUTHFI BIN YAHYA.
 
AKP PRASETYA YANA S.I.K., S.H., M.H., Kasat Lantas Polres Kediri Kota ketika On Air di Radio ANDIKA mengatakan kegiatan diawali kirab merah putih. Start dari GOR Jayabaya jam 06.00 WIB. Peserta sekitar 500 orang terdiri dari para santri bakal berjalan kaki melewati jalan Raung, jalan Semeru, jalan dr Saharjo. dan finish di aula muktamar Lirboyo.
 
Tidak ada penutupan jalan tetapi arus lalu lintas diatur buka tutup. Selanjutnya dilaksanakan Haul Mursyidin Wal Masyayikh di aula muktamar Lirboyo. (hil/ikj)
28 January 2023
Tahun Ini, Polri Terbitkan BPKB Elektronik
Radio ANDIKA - Polri akan mengeluarkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik, tahun ini. Nanti, BPKB berbentuk seperti paspor dan dilengkapi chip. Brigjen Pol YUSRI YUNUS Direktur Regident Korlantas Polri, yang baru saja On Air di Radio ANDIKA mengatakan tanggal pelaksanaan e-BPKB belum dipastikan.
 
BPKB elektronik bakal mempercepat pengecekan data. Ke depan, masyarakat tidak menunggu lama mengurus mutasi kendaraan bermotor atau BPKB hilang. BPKB elektronik bisa digunakan untuk legalitas bukti sah seseorang punya kendaraan dan memperkecil pemalsuan BPKB.
 
Bagaimana dengan BPKB lama? Saat ini masih berlaku. E-BPKB akan diperoleh pembeli kendaraan baru atau balik nama berganti pemilik BPKB. (hil/ikj)
27 January 2023
Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar, Ternyata Dirancang di Lapas
Radio ANDIKA - Perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar, SANTOSO, pada 12 Desember 2022 lalu ternyata sudah dirancang saat pelaku berada di lembaga pemasyarakatan (lapas).
 
Kombes POL DIRMANTO Kabid Humas Polda Jatim ketika On Air di Radio ANDIKA mengatakan mantan Wali Kota Blitar, SAMANHUDI ANWAR yang ditangkap hari ini, masih diperiksa penyidik. SAMANHUDI dan dua tersangka perampokan sudah saling kenal saat di lapas Sragen, tahun 2019 lalu. SAMANHUDI pernah ditahan karena tersangkut kasus dugaan korupsi penerimaan suap terkait proyek pembangunan sekolah di Blitar. Ia bebas 10 Oktober 2022 setelah menjalani 4 tahun masa tahanan.
 
Kapolda Jatim, IRJEN POL TONI HARMANTO mengatakan SAMANHUDI ANWAR telah ditetapkan sebagai tersangka setelah ditemukan beberapa bukti. Peran SAMANHUDI ANWAR yakni memberikan informasi tata letak Rumah Dinas Wali Kota Blitar, tempat penyimpanan uang dan waktu yang bisa digunakan untuk merampok. (stm/hil)
27 January 2023
Tindaklanjuti Laporan Warga, DLHKP Kota Kediri Rabas-Rabas Ranting Pohon di Jalan PB Sudirman Kota Kediri
Radio ANDIKA – Menindaklanjuti laporan dari warga yang masuk ke Radio ANDIKA, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan rabas-rabas ranting dan dahan beberapa pohon di sepanjang jalan PB Sudirman Kota Kediri.

DJATI FERRY KRISNA PAMUNGKAS, Sos MM, Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda DLHKP Kota Kediri mengatakan, Jalan PB Sudirman Kota Kediri merupakan jalur padat kendaraan dan banyak kendaraan tinggi seperti truk kontainer melintas. Apalagi, saat ini Jalan PB Sudirman Kota Kediri juga dilintasi Bus. Jika banyak ranting yang menjorok ke jalan, dikhawatirkan ranting tersebut akan patah tertabrak kendaraan dengan diameter tinggi. Pihaknya bersama tim melakukan perabasan pohon mulai simpang empat sumur bor hingga di depan Mall Ramayana.

DJATI menambahkan, dari hasil deteksi pohon di lapangan, ada beberapa pohon yang akarnya memang sudah merusak aspal. Sehingga perlu pembenahan. Namun, sejauh ini, pohon yang ada di sepanjang jalan PB Sudirman Kota Kediri terbilang masih bagus, dan tidak ada yang mengalami keropos atau mati. (atc/nur)
27 January 2023
Pemkot Kediri Terus Tekan Angka Stunting di Kota Kediri
Radio ANDIKA - Stunting masih menjadi fokus utama dari Pemerintah Kota Kediri. Stunting menjadi momok mengerikan yang mengancam tumbuh kembang generasi penerus bangsa. Tidak mau memberi celah, Walikota KEDIRI ABDULLAH ABUBAKAR terus mendorong perangkat daerah Pemerintah Kota Kediri untuk melakukan percepatan penanganan stunting di Kota Kediri.

Keseriusan tersebut tercermin dalam rapat koordinasi sinkronisasi program percepatan penurunan stunting Kota Kediri tahun 2023. CHEVY NING SUYUDI, Ketua TPPS Kota Kediri mengatakan, dari 46 kelurahan di Kota Kediri, angka stunting tertinggi ada di kelurahan Ngadirejo dengan 70 kasus. Kelurahan zero stunting ada di Kelurahan Pakelan Kota Kediri.

Melalui rakor tersebut, terdapat sejumlah arahan terkait penanganan stunting, yaitu perangkat daerah agar melakukan percepatan pencapaian target PPS, penyelenggaraan rembuk stunting tingkat kelurahan agar diupayakan dilaksanakan bersamaan dengan Musrenbang kelurahan. TPPS agar menyiapkan penilaian kinerja stunting tingkat nasional tahun 2023. Perangkat daerah agar melakukan publikasi kegiatan untuk inovasi program PPS 2023, dan perencanaan kegiatan PPS 2024 agar mengacu Kemendagri Tahun 2021. (atc/nur)
27 January 2023
Mantan Wali Kota Blitar Diduga Otaki Perampokan Rumah Dinas Wali Kota Blitar
Radio ANDIKA-Otak di balik perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar, SANTOSO di Jalan Sudanco Supriyadi, Sananwetan, Kota Blitar pada 12 Desember 2022 lalu diduga adalah mantan Wali Kota Blitar, SAMANHUDI ANWAR.
 
SAMANHUDI ANWAR ditangkap anggota Tim Jatanras Polda Jatim di area pusat olahraga di Kota Blitar. Penangkapan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan intensif dari para pelaku. Dilengkapi dengan alat bukti dan fakta hukum.
 
AKBP ARGOWIYONO, S.H., S.I.K., M.Si. Kapolres Blitar Kota saat ON AIR di Radio ANDIKA membenarkan bahwa sebelum sholat jumat, mantan wali kota Blitar, SAMANHUDI ANWAR, dibawa oleh tim Jatanras Polda Jatim menuju Polda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan.
 
Sebelumnya tiga orang tersangka yang berhasil ditangkap. Sedangkan, dua tersangka lain yang masih dalam pengejaran. Untuk diketahui mantan Wali Kota Blitar baru saja bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sragen karena ditangkap KPK setelah operasi tangkap tangan. SAMANHUDI ANWAR didakwa menerima suap Rp1,5 miliar atas pembangunan gedung baru SMPN 3 Kota Blitar.(ikj/ssi)
27 January 2023
Tindaklanjuti Laporan Warga, DLHKP Kota Kediri Rabas-Rabas Ranting Pohon di Jalan PB Sudirman Kota Kediri
Radio ANDIKA – Menindaklanjuti laporan dari warga yang masuk ke Radio ANDIKA, Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan rabas-rabas ranting dan dahan beberapa pohon di sepanjang jalan PB Sudirman Kota Kediri.

DJATI FERRY KRISNA PAMUNGKAS, Sos MM, Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Muda DLHKP Kota Kediri mengatakan, Jalan PB Sudirman Kota Kediri merupakan jalur padat kendaraan dan banyak kendaraan tinggi seperti truk kontainer melintas. Apalagi, saat ini Jalan PB Sudirman Kota Kediri juga dilintasi Bus. Jika banyak ranting yang menjorok ke jalan, dikhawatirkan ranting tersebut akan patah tertabrak kendaraan dengan diameter tinggi. Pihaknya bersama tim melakukan perabasan pohon mulai simpang empat sumur bor hingga di depan Mall Ramayana.

DJATI menambahkan, dari hasil deteksi pohon di lapangan, ada beberapa pohon yang akarnya memang sudah merusak aspal. Sehingga perlu pembenahan. Namun, sejauh ini, pohon yang ada di sepanjang jalan PB Sudirman Kota Kediri terbilang masih bagus, dan tidak ada yang mengalami keropos atau mati. (atc/nur)
Page 2 of 1952      < 1 2 3 4 >  Last ›