Berita- Info ANDIKA

20 February 2019
Pergi Dari Rumah, Anak Berkebutuhan Khusus, Ditemukan Berendam Di Sungai
Radio ANDIKA - IRFAN FAUZI (22) Warga Dusun Simberdlingo Desa Joho Wates Kediri, telah ditemukan pagi ini berada di sungai perbatasan Silir Joho Wates Kediri. IRFAN sejak kemarin siang meninggalkan rumah. Saat IRFAN ditemukan, IRFAN sedang berendam di sungai tersebut.

Keberadaan IRFAN di sungai tersebut diketahui setelah tetangga Bu NURUL bernama NAIM. NAIM mendengarkan Radio ANDIKA dan mengetahui bahwa IRFAN pergi dari rumah. Saat NAIM sedang berada di sekitar sungai, ternyata mendapati IRFAN sedang berendam di sungai. Kemudian NAIM melaporkan pada pihak keluarga.

Tidak lama kemudian, IRFAN langsung dijemput Bu NURUL bersama keluarga, untuk dibawa pulang. Saat ini, IRFAN sudah berkumpul kembali dengan keluarga.
 
Sebelumnya, Bu NURUL di Dusun Sumberdlingo Desa Joho Wates Kediri, melaporkan ke Radio ANDIKA bahwa adiknya yang bernama IRFAN FAUZI (22), sejak kemarin siang belum pulang kerumah. Ciri-ciri IRFAN, tinggi, hidung mancung, rambut cepak, kulit sawo matang, memakai kaos warna putih, dan memakai celana pendek warna abu-abu. Selain itu kondisi IRFAN berkebutuhan khusus tetapi bisa diajak bicara.(atc/eva)

20 February 2019
Tim Gabungan, Akan Bersihkan Longsor Di Pamongan Mojo Kediri.
Radio ANDIKA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kediri mengakibatkan longsor di Dusun Kunci Desa Pamongan dan Desa Petungroto Kecamatan Mojo Kediri. MUHAMMAD BAIDOWI - selaku anggota URC BPBD Kabupaten kediri, saat ON AIR di Radio ANDIKA menjelaskan, longsor tersebut, menerjang dapur rumah milik SUPARIYAH, Warga Desa Pamongan Mojo Kediri, yang mengakibatkan tembok dapur rumahnya jebol.

Dijadwalkan, jam 7 pagi ini, Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Kediri, Koramil Mojo, Polsek Mojo, Pemerintah Desa dan relawan rencana akan melakukan pembersihan material longsor di lokasi. Apabila material longsor ini tidak segera dibersihkan maka akan mengganggu aktifitas warga, karena harus memutar sekitar 20 KM. Selain itu longsor juga melanda Desa Pamongan Mojo Kediri. Material longsor mengakibatkan rumah warga di bagian belakang jebol. Penduduk yang tigal di sekitar lokasi longsor, diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Beruntung, dari dua lokasi longsor ini tidak ada korban jiwa.(atc/eva)
20 February 2019
Hujan Deras, 2 Desa di Mojo Kediri Terkena Longsor
Radio ANDIKA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kediri sejak kemarin siang mengakibatkan longsor di Desa Pamongan dan Desa Petungroto Kecamatan Mojo Kediri. Meskipun dini hari ini hujan sudah reda di wilayah Mojo Kediri, namun Tim gabungan belum bisa melakukan evakuasi.
 
Pak WINDOKO, Komandan Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kediri ketika ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan minimnya penerangan dan kondisi cuaca yang berubah-ubah yang membuat tim gabungan belum melakukan evakuasi material longsor.
 
Diwilayah Desa Petungroto Mojo Kediri, material longsor mengakibatkan akses jalan utama dari Desa Petungroto menuju Desa Jabon terputus. Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Kediri, Koramil Mojo, Polsek Mojo, Pemerintah Desa dan relawan rencana akan melakukan pembersihan material longsor sekitar jam 07.00 WIB pagi ini. Apabila material longsor ini tidak segera dibersihkan maka akan mengganggu aktifitas warga, karena harus memutar sekitar 20 KM.
 
Selain itu longsor juga melanda Desa Pamongan Mojo Kediri. Material longsor mengakibatkan rumah warga di bagian belakang jebol. Penduduk yang tigal di sekitar lokasi longsor, diminta untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Beruntung, dari dua lokasi longsor ini tidak ada korban jiwa. (had/gk)
19 February 2019
Tanah Longsor Di Mojo, Kediri Radio ANDIKA - Sekitar jam 16.30 WIB, tanah longsor terjadi di dua titik kawasan Mojo, Kediri. Pak WINDOKO, Komandan Tim URC BPBD Kabupaten Kediri yang dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, tanah longsor terjadi di Desa Pamongan dan Petungroto, Mojo Kediri.

Saat ini dua Tim URC BPBD Kabupaten Kediri sudah menuju dua lokasi tanah longsor tersebut.  Informasi awal dari tim di lokasi, longsor di Pamongan menimpa tembok belakang rumah warga, sehingga jebol. Sementara di Petungroto, longsor menutup akses jalan antara Petungroto dan Ngetrep, Mojo.

AIPTU DIDIT YULIANTO, Kasi Humas Polsek Mojo yang On Air di Radio ANDIKA menyampaikan, Tim Patroli Polsek Mojo dipimpn Kanit Patroli, IPDA ENDI FATMA sudah tiba di Pamongan. Dari pendataan tim awal ini, longsor di Pamongan ini tidak mengakibatkan korban luka atau korban jiwa. Hanya saja ada bangunan rumah bagian belakang milik warga yang jebol. Evakuasi material longsor tidak bisa dilakukan malam ini, karena terkendala cuaca yang masih hujan dan minimnya penerangan. Di lokasi, tim juga terkendala minimnya sinyal seluler.  

Sementara untuk titik longsor di Desa Petungroto, Mojo terjadi di Dukuan Jabon, Desa Petungroto Kec. Mojo yang menimpa bekas kandang kambing milik Pak JUPRI. Tinggi tanah yang longsor sekitar 7 Meter sementara lebar longsoran sekitar 6 M. Longsor ini imbas hujan deras yang mengguyur wilayah Petungroto dan sekitar mulai pukul 15.30 - 17.30 WIB. Di lokasi longsoran ini, tidak ada korban baik manusia dan hewan ternak.

Polisi meminta warga yang ada di sekitar longsoran di Pamongan dan Petungroto untuk sementara mengungsi di rumah saudara atau kerabatnya yang paling dekat dan menghindari lokasi longsoran. Besok pagi, evaluasi dan pendataan akan kembali dilakukan bersama perangkat desa terkait kerusakan dampak longsoran malam ini. (rom/had)

Foto: Pak WINDOKO dan Tim Polsek Mojo Kediri
19 February 2019
Kebakaran di Kawasan Maspion Kecamatan Manyar, Gresik
Radio ANDIKA - Kebakaran di PT Blue Shark, kawasan Industri Maspion 5, Manyar, Gresik yang terjadi kemarin siang, ternyata hingga sore tadi masih belum padam. Sekitar jam 11.00 WIB sebenarnya api sudah berhasil dijinakkan, tetapi pada saat pembasahan sekitar jam 14.00 sampai 15.00 WIB hembusan angin sangat kencang membuat api kembali menyala. Tetapi, asapnya tidak sampai membumbung tinggi seperti kemarin.
 
AKP ADI NUGROHO S.H., S.I.K., Kapolsek Manyar Gresik saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan, hari ini masih terus diupayakan pembasahan. Penyebab kebakaran belum diketahui, karena api belum sepenuhnya padam. Besok Tim Labfor Polda Jatim masih akan melakukan penyelidikan dan investigasi. Kerugian diperkirakan mencapai 15 – 20 M
 
AKP ADI menambahkan kendala cuaca dan hujan berpengaruh dalam proses pembasahan. Apalagi saat kejadian sampai sekarang hujan tidak turun dan angin berhembus kencang di kawasan Manyar.
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sekitar 40 – 50 karyawan berhasil dievakuasi saat terlihat kepulan asap yang menghitam dari lantai 2. Ada sekitar 11 PMK gabungan dari Pemkab Gresik dan kawasan industri di kawasan Manyar yang membantu pemadaman api.(eva/gk)
19 February 2019
Pria Asal Lumajang, Ditangkap Reskrim Polres Blitar Kota, Karena Melakukan Pemerasan Terhadap ASN Di Blitar
Radio ANDIKA - Seorang pria berhasil ditangkap oleh Reskrim Polres Blitar Kota, karena melakukan tindak kriminal dengan modus pemerasan terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) di Blitar, yang berinisial KM. Diketahui pelaku tersebut bernama PUJI CAHYONO alias HENDRA alias CAHYO alias DEDI usia 47 Tahun warga Perum Sukodono Permai Blok G-4 RT 24 RW 05 Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.

AKP HERI SUGIONO S. H M. H Kasat Reskrim Blitar Kota mengatakan, sebelum melakukan pemerasan, pada hari Rabu 6 Februari 2019 sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu PUJI sengaja mengambil foto KM dari jarak jauh, ketika hendak  keluar dari Hotel Grand Mansion Kota Blitar bersama teman wanitanya, dengan mengendarai mobil Honda Jazz warna putih. KM tidak sadar kalau dirinya di foto oleh PUJI.

Setelah mengambil foto, kemudian PUJI mengikuti KM hingga sampai rumahnya. Dalam waktu yang hampir bersamaan, PUJI langsung mendatangi rumah KM, berawal menanyakan handphone kemudian PUJI meminta nomer handphone KM, tidak berselang kemudian, PUJI berusaha menelpon KM dan meminta uang kepada KM dengan ancaman, apabila tidak memenuhi permintaan PUJI, maka foto-foto KM akan disebarluaskan ke media sosial oleh PUJI. Karena ancaraman tersebut, KM mentransfer sejumlah uang kepada PUJI senilai 40 juta rupiah.

Atas pemerasan tersebut, kemudian KM melaporkan tindakan pemerasan ini ke Polres Blitar Kota, selanjutnya Unit Resmob Satreskrim Polres Blitar Kota lansung melakukan penyelidikan secara mendalam. Hasilnya PUJI langsung di ringkus oleh Satreskrim Polres Blitar Kota, dengan barang bukti satu lembar bukti setoran uang Bank BCA, satu Unit handphone Sony warna hitam, satu buah kartu ATM bank BCA, dompet warna hitam yang berisikan uang sebesar 4 juta rupiah, satu lembar Kartu Tanda Anggota (KTA) wartawan Metrotimes.

Atas perbuatan tersebut, PUJI dijerat Pasal 368 KUHP yang mengatur tentang Pemerasan dan Pengancaman. Ancamannya pidana penjara selama 9 tahun. (art/eva)

19 February 2019
Satpol PP Kota Kediri Bawa ODGJ Asal Surabaya ke RSJ Lawang Malang
Radio ANDIKA - Satpol PP Kota Kediri, menindaklanjuti aduan dari masyarakat, terkait adanya seorang wanita ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang berada di wilayah Dermo Kota Kediri. Saat petugas berada di lokasi, langsung mengamankan wanita tersebut, untuk dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Kediri. Saat berada di Kantor Satpol PP Kota Kediri, petugas melakukan pendataan, wanita tersebut mengaku atas nama RIZHA DWI CAHYANI warga Kecamatan Karangpilang Surabaya. Berdasarkan keterangan dari RIZHA, ia pergi ke Kediri naik bus untuk mencari pacarnya dari akun facebook yang bernama ANDIK.
 
Saat ini penanggung jawab RIZHA atau keluarganya dari Surabaya, datang ke Kantor Satpol PP Kota Kediri untuk menjemput RIZHA. Pihak keluarga mengetahui keberadaan RIZHA dari Facebook Radio ANDIKA Ag243. Karena masih menjadi tanggung jawab Satpol PP Kota Kediri, solusinya, Satpol PP memeriksakan RIZHA ke RS Daha Husada Mojoroto Kota Kediri untuk dirujuk ke RSJ Lawang Malang.
 
NUR KHAMID, Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kota Kediri mengatakan, dengan rasa kemanusiaan dan kepedulian Pemerintah Kota Kediri, melalui Satpol PP dan Dinas Sosial, mencarikan solusi untuk penanganan medis, untuk dikirim ke RSJ Lawang Malang. sehingga, cepat tertangani dengan pengobatan rutin.(atc/eva)
19 February 2019
Walikota Kediri Mengingatkan Musrenbang Harus Sesuai Dengan RPJMD Kota Kediri
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR mengingatkan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kediri. Hal itu diungkapkan ABDULLAH ABU BAKAR saat membuka Pencanangan Musrenbang Kelurahan se-Kota Kediri, hari ini yang bertempat di Gedung Serbaguna PG Pesantren Baru.
 
Mas ABU menjelaskan, bila pembangunan yang dilakukan di Kota Kediri harus sustainable. Sehingga capaian-capaian pembangunan di Kota Kediri arahnya akan semakin bagus dan tentunya berdampak bagi masyarakat. Mas ABU juga menyampaikan capaian target kinerja RPJMD Kota Kediri tahun 2014-2019. Dimana beberapa indikator makro pembangunan mengalami peningkatan. Diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Kediri mencapai 77,13, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,47%, tingkat kemiskinan 7,68%, tingkat pengangguran terbuka 3,63% dan inflasi di Kota Kediri yang turun diangka 1,97%.
 
Selain mampu mencapai target kinerja RPJMD, dalam lima tahun ini Pemerintah Kota Kediri telah meraih beberapa penghargaan. Diantaranya, sebagai TPID terbaik se-Jawa Bali selama dua tahun berturut-turut, lima terbaik penyelenggaraan PTSP terbaik se-Indonesia tahun 2018, penghargaan sebagai kota layak anak tingkat madya, Anugerah Parahita Ekapraya (APE), Adipura, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan SAKIP dengan nilai BB.(atc/eva)
19 February 2019
Tabrak Lari di Papar Kediri, Satu Anak Meninggal Dunia
Radio ANDIKA - Tadi pagi sekitar jam 10.15 WIB terjadi tabrak lari di Jalan Raya Kediri – Kertosono, masuk wilayah Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Kendaraan yang terlibat sepeda motor Honda Revo nopol AG 4451 SM dikendarai WURYANDARI Dusun Brubus Desa Papar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, kontra dengan mobil yang tidak diketahui identitasnya karena melarikan diri.
 
WURYANDARI mengendarai sepeda motor membonceng anaknya yang bernama SENA JENIFA PERMADANI, usia 6 tahun, dan anak tetangganya yang bernama DINDRA SURYA SAPUTRA, usia 6 tahun.
 
IPTU BAMBANG SUPARIJANTO SH Kapolsek Papar Kediri saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan semula sepeda motor dan mobil berjalan dari Simpang 4 Papar mengarah ke Kertosono Nganjuk. Sesampainya di Jalan Raya Desa Papar, mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba menabrak sepeda motor yang berada di depannya. Setelah kecelakaan tersebut, mobil langsung melarikan diri. Hingga kini, Polsek Papar dan Polres Kediri masih melakukan pengejaran terhadap mobil yang terlibat kecelakaan di Papar Kediri.
 
Akibat kecelakaan ini, DINDRA meninggal dunia di lokasi kecelakaan. Sementara WURYANDARI mengalami luka serius pada kepala dan SENA mengalami luka pada bibir atas robek. Sampai saat ini, keduanya masih berada di ruang ICU RS Bhayangkara Kota Kediri. (eva/rom)
19 February 2019
Dua Pelaku Pembobol Rumah, Diamankan Polres Blitar Kota
Radio ANDIKA - Satreskrim Polres Blitar Kota berhasil mengamanakan dua pelaku pencurian di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Kedua pelaku yakni M. MUKLIS SULIS, warga  Dampit Kabupaten Malang dan HENDRIK warga Kelurahan Tanjungsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.
 
AKP HERI SUGIONO S. H M. H Kasat Reskrim Polres Blitar Kota saat ON AIR di Radio ANDIKA mengatakan, penangkapan kedua pelaku berawal dari laporan warga yang menjadi korban pencurian yakni pemilik Apotik Srengat Blitar. Saat itu korban mengalami kerugian berupa uang 30 juta dan 2 buah HP. Dari hasil penyelidikan, pelaku juga mengaku telah melakukan pencurian di beberapa lokasi yakni di wilayah Srengat, perumahan Gedog, Ngrebo Sananwetan, Sanankulon dan di wilayah Kecamatan  Sukorejo. Sasaran pencurian berupa uang, perhiasan emas dan peralatan elektronik.
 
Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa sebuah parang, linggis kecil, 5 buah HP, 1  buah Laptop dan  1  buah tas coklat.  Kini Satreskrim Polres Blitar Kota sedang melakuan penyelidikan untuk mengungkap korban lainnya.(dip/ikj)
Page 2 of 812      < 1 2 3 4 >  Last ›