Berita- Info ANDIKA

20 June 2021
Pembersihan Material Longsor di Pagerwojo dan Sendang Tulungagung Selesai
Radio ANDIKA – Pembersihan material longsor yang terjadi di Kecamatan Pagerwojo dan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung pada Kamis, 17 Juni 2021 sudah selesai. Pembersihan dilakukan warga desa dibantu BPBD Tulungagung.
 
Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung, SOEROTO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan Desa Gambiran Kecamatan Pagerwojo telah selesai melakukan pembersihan hari ini. Selanjutnya, Desa Kedoyo Kecamatan Sendang juga sudah selesai melakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat. Hal ini dikarenakan akses jalan di jalur ini tertutup total oleh material tanah longsor. 
 
SOEROTO menambahkan, faktor-faktor yang menimbulkan longsor selain curah hujan yang tinggi, juga disebabkan karena kemiringan tanah yang curam. Selain itu banyak warga yang membangun rumah tanpa menggunakan plengsengan. Faktor lainnya karena sebagian warga merupakan peternak, sehingga tidak sedikit yang menanam rumput gajah yang sifatnya menggemburkan tanah.
 
SOEROTO menghimbau agar masyarakat yang membangun rumah di sekitar lereng, harus membangun plengsengan di rumahnya dan harus menggalakkan penanaman pohon.(kin/stm)
20 June 2021
Putar Balik, Xpander Tertabrak NMax di Diwek Jombang
Radio ANDIKA – Diduga kurang memperhatikan arus lalu lintas saat putar balik, mobil Mitsubishi Xpander bernomor polisi B-2425-UKW  tertabrak sepeda motor Yamaha Nmax bernomor polisi S-3248-OAY. Insiden lalu lintas tersebut terjadi di Jalan Raya Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Sabtu dinihari sekitar jam 00.15 WIB.
 
IPTU SULAIMAN Kanit Laka Satlantas Polres Jombang saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya mobil Mitsubishi Xpander yang dikemudikan HANAT HAMIDI, warga Rawalumbu Kota Bekasi berjalan dari Jombang menuju Kediri.
 
Saat hendak putar balik arah ke Jombang, diduga sopir tidak memperhatikan arus lalu lintas, sehingga tertabrak sepeda motor Yamaha Nmax yang dikendarai ZAENAL ROBI, warga Peterongan Jombang yang berjalan searah dengan mobil Mitsubishi Xpander. Akibat insiden tersebut, pengendara sepeda motor, ZAENAL ROBI mengalami luka ringan dan dibawa ke RSUD Jombang agar segera mendapatkan perawatan.(stm/atc)
20 June 2021
Tidak Berhati-hati Saat Belok, Dua Sepeda Motor Bertabrakan di Kedungwaru Tulungagung
Radio ANDIKA - Karena tidak berhati-hati saat berbelok, dua sepeda motor bertabrakan di Jalan Umum Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Kejadian terjadi pada Minggu, 20 Juni 2021 pukul 00.45 WIB dini hari.

Kendaraan yang terlibat insiden lalu lintas tersebut, sepeda motor Honda bernomor polisi AG 2589 TG yang dikendarai SUPRI warga Desa Mangunsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung kontra dengan sepeda motor Honda bernomor polisi AG 3986 TG yang dikendarai NUR warga Desa Rembun Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

Kanit Laka Satlantas Polres Tulungagung, IPTU DION FITRIANTO yang dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, Insiden lalu lintas itu bermula, saat sepeda motor Honda yang dikendarai SUPRI melaju dari arah Boyolangu menuju Ngantru Tulungagung. Sesampainya di TKP, karena tidak berhati-hati SUPRI hendak belok ke kanan tertabrak sepeda motor yang dikendarai NUR dari arah berlawanan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Selanjutnya, dua pengendara sepeda motor, yang mengalami luka ringan tersebut langsung dibawa ke RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Petugas kepolisian, saat ini sudah mengamankan kedua kendaraan sebagai barang bukti, guna penyidikan lebih lanjut.(kin/atc)
20 June 2021
Motor Vs Motor di Ngoro Jombang, Dua Korban Luka-luka
Radio ANDIKA – Dua sepeda motor terlibat insiden lalu lintas di Jalan Raya Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang pada Sabtu, 20 Juni 2021 sekitar jam 23.45 WIB. Akibat insiden tersebut, dua pengendara sepeda motor mengalami luka-luka.

Saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA, IPTU SULAIMAN Kanit Laka Satlantas Polres Jombang mengatakan, kecelakaan melibatkan sepeda motor Honda Beat bernomor polisi AG-3282-DY yang dikendarai FERA SEVIANA, warga Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dengan sepeda motor Yamaha Aerox bernomor polisi AG-6964-OY yang dikendarai LUKIYO, warga Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Insiden lalu lintas tersebut berawal, saat sepeda motor yang dikendarai FERA SEVIANA berjalan dari arah Jombang menuju Kediri. Sampai di lokasi kejadian, posisi jalan menikung dan terlalu mengambil haluan kekanan. Sehingga berserempetan dengan sepeda motor yang dikendarai LUKIYO dari arah berlawanan. Akibatnya, dua pengendara sepeda motor terjatuh dan mengalami luka ringan. Keduanya dibawa ke RSUD Pare Kediri untuk mendapatkan perawatan.(stm/atc)
20 June 2021
Tabrak Mobil Belok Mendadak, Dua Pengendara Sepeda Motor Luka-luka
Radio ANDIKA - Kecelakaan mobil Suzuki APV dengan sepeda motor Kawazaki Ninja terjadi di Jalan Kapten Tendean, Tosaren, Pesantren, Kota Kediri sekitar jam 01.00 WIB, Minggu dinihari. Akibat kejadian tersebut, dua korban pengendara sepeda motor mengalami luka-luka. 
 
Kanit Laka Satlantas Polres Kediri Kota, IPDA DYAH AYU yang dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan awalnya mobil Suzuki APV bernomor polisi AG 1475 VH yang dikemudikan SUKARLI warga Pule, Kandat, Kediri melaju dari Bence mengarah ke Terminal lama Kediri. Sesampainya di lokasi kejadian, tepat di simpang empat bok kembar, mobil Suzuki APV tiba-tiba belok kanan. Disaat bersamaan, melaju sepeda motor Kawasaki Ninja bernomor polisi AG 3540 XQ yang dikendarai NOFKA, warga Kolak, Ngadiluwih, Kediri melaju dari arah berlawanan. Karena jarak yang sudah dekat, akhirnya sepeda motor menabrak bagian kiri mobil hingga pengendara motor terjatuh.
 
Akibat kejadian tersebut, NOFKA yang berboncengan dengan MUNIF warga Badal Ngadiluwih Kediri, mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke rumah sakit Gambiran untuk mendapat perawatan medis. Sementara kedua kendaraan yang terlibat insiden langsung diamankan Unit Laka Satlantas Polres Kediri Kota, untuk dilakukan penyidikan.(nis/atc)
20 June 2021
BMKG Sidoarjo, Benarkan Potensi Waspada Banjir di Jatim Hari ini
Radio ANDIKA - Menjawab pertanyaan sejumlah pendengar Radio ANDIKA terkait broadcast yang beredar bahwa adanya informasi potensi banjir yang terjadi di wilayah Jawa Timur pada 20 Juni 2021, Prakirawan Cuaca BMKG Sidoarjo, ADITYA MEGA ANGGORO membenarkan informasi tersebut.

Saat On Air di Radio ANDIKA, ADITYA menjelaskan informasi potensi waspada banjir dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk kewaspadaan masyarakat karena sesuai prakiraan cuaca, hari ini akan terjadi hujan ringan hingga lebat di sejumlah wilayah di Jawa Timur, termasuk Trenggalek, Jombang dan Nganjuk. Ketiga wilayah tersebut diperkirakan hujan lebat mulai jam 13.00 - 16.00 WIB, bahkan bisa berlanjut hingga jam 19.00 WIB. Untuk itu, BMKG menaikkan status menjadi waspada potensi banjir.

Sementara untuk wilayah Kediri, Tulungagung, Blitar dan Mojokerto, juga ada potensi hujan namun dengan intensitas ringan. Masyarakat diminta tetap waspada dengan perubahan cuaca ekstrem yang terjadi saat ini, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir atau daerah dataran tinggi.
 
Sebelumnya, BMKG juga menyebut wilayah Jawa Timur sampai saat ini masih dilanda hujan, meski sudah memasuki musim kemarau. Hal itu dipengaruhi faktor suhu permukaan laut yang masih hangat dan adanya gelombang Rossby yang berdampak pada wilayah Jawa Timur.(nis/atc)
19 June 2021
Meresahkan Warga, Arena Sabung Ayam di Trowulan Digrebek
Radio ANDIKA - Arena sabung ayam di Desa Beloh Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto  digrebek anggota kepolisian dari Polsek Trowulan karena sangat meresahkan. Bahkan dari laporan warga, banyak peserta sabung ayam yang tidak menerapkan protokol kesehatan.
 
AKP IMAM MAHMUDI Kapolsek Trowulan Polres Mojokerto saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, penggerebekan dilakukan setelah warga sekitar melaporkan kegiatan sabung ayam yang sangat meresahkan. Selain terindikasi dijadikan sarana perjudian, banyak warga yang datang ke lokasi tidak menerapkan protokol kesehatan.
 
Dari lokasi penggerebekan polisi berhasil mengamankan satu orang diduga peserta sabung ayam, sepeda motor, alat perjudian kletek dan ayam aduan. Terduga pelaku sabung ayam dan barang bukti dibawa ke Mapolsek Trowulan untuk proses penyidikan lebih lanjut. Lokasi yang dijadikan sarana sabung ayam kemudian dibongkar agar tidak dipergunakan sebagai ajang judi dan sabung ayam kembali.
 
AKP IMAM menambahkan, warga yang datang ke lokasi arena sabung ayam ini ternyata tidak berasal dari wilayah Trowulan saja, melainkan dari luar daerah. Hal ini dibuktikan dari plat nomor sepeda motor yang berhasil diamankan dari lokasi penggerebekan.(kin/eko)
19 June 2021
Menyelam Saat Cari Ikan, Dua Nelayan Hilang Tersapu Ombak di Pantai Prigi Trenggalek
Radio ANDIKA - Dua nelayan hilang tersapu ombak saat mencari ikan dengan menyelam, menggunakan tembak di Pantai Prigi, Watulimo, Trenggalek. Dua nelayan tersebut bernama HENDRI warga asal Aceh dan SYAHRUL warga Sumbawa. Awalnya, mereka berangkat bertiga, bersama nahkoda kapal dari Pantai Damas, Kecamatan Watulimo, Trenggalek pada Kamis, 17 Juni 2021 sekitar jam 18.00 WIB.
 
Komandan Tim Basarnas Trenggalek, YONI FARIZA KRISBAWANTO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan pada saat mencari ikan, sampai di lokasi kejadian HENDRI dan SAHRUL  menyebar jalanya, dan menyelam ke laut untuk menembak ikan. Namun, beberapa saat kemudian tiba-tiba ombak besar datang menyapu kedua nelayan tersebut saat menyelam. Nahkoda kapal sempat menunggu berjam-jam, namun, mereka tak kunjung muncul ke permukaan.
 
Nahkoda kapal yang kebingungan sempat mencari kedua nelayan tersebut hingga pagi, tetapi hasilnya masih nihil. Karena tidak membuahkan hasil, nahkoda kembali ke daratan dan melaporkan kejadian ini ke Basarnas.
 
YONI FARIZA menambahkan, setelah mendapatkan laporan tersebut pada Jumat, 18 Juni 2021 lalu, Tim SAR gabungan berserta warga sekitar segera melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet dan kapal nelayan. Pencarian ini akan terus dilanjutkan keesokan hari dan akan tetap dilakukan hingga 4 hari kedepan.(kin/nis)
19 June 2021
Hujan Lebat, Pohon Tumbang Menimpa Mobil di Ploso Jombang
Radio ANDIKA - Pohon tumbang menimpa mobil Toyota Avanza yang sedang melintas di Jalan Raya Brantas Dusun Rejo Agung Desa Rejoagung Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Kejadian Sabtu, 19 Juni 2021 pukul 16.15 WIB. Beruntung semua penumpang dan sopir selamat.
 
Mobil Toyota Avanza nopol N 1004 BW tersebut, dikemudikan JALIL Warga Dusun  Krapak Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang bersama istrinya MUNAWAROH dan tiga cucunya yang masih usia 6-8 tahun.
 
Kapolsek Ploso Polres Jombang Kompol PAIDI SADIARTO S. H. saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, mobil Avanza yang  kemudikan JALIL, melaju ke arah Ploso Jombang. Saat itu kondisi jalan hujan deras disertai angin kencang.  Sesampainya di TKP mobil Avanza dengan posisi melaju, tiba-tiba terimpa pohon yang tumbang dari sisi utara. Tumbangnya pohon  sengon berdiameter sekitar 40 cm, mengakibatkan jalan tertutup yang berdapak kemacetan.
 
Selanjutnya, dari petugas kepolisian, BPBD Jombang, dan bantuan mobil derek dari proyek pembangunan jembatan Ploso melakukan proses evakuasi pohon tumbang tersebut dan menderek mobil, hingga arus lalu lintas kembali lancar.(kin/dip)
19 June 2021
Tertimpa Tembok Balai Benih Ikan Kota Blitar, Seorang Bocah Meninggal
Radio ANDIKA - Tertimpa bangunan tembok milik Balai Benih Ikan (BBI) Pemkot Blitar, seorang bocah meninggal di tempat. Korbannya ASVI usia 11 tahun warga Jalan Kelapa Gading Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tembok di Jalan Akasia itu merupakan dinding pembatas antara jalan desa dengan area kolam milik BBI Kota Blitar. Kejadian Sabtu, 19 Juni 2021 pukul 14.30 WIB.
 
Staf Humas Polres Blitar Kota AIPDA SUPRIYADI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, kejadian tersebut bermula saat hujan lebat dan angin kencang, ASVI dan sembilan temannya sedang bermain di saluran air. Karena korban yang merasa kedinginan, menolak ajakan temannya untuk bermain di saluran air dan memilih berdiam diri di sebelah tembok pembatas milik BBI Pemkot Blitar. Beberapa saat kemudian, tembok yang berada didekat ASVI tiba-tiba roboh dan menimpa ASVI yang mengakibatkan korban meninggal dunia di tempat.
 
Teman-teman korban yang panik, langsung berteriak minta tolong kepada warga, dan langsung melaporkan insiden ini ke Polres Blitar Kota.
 
AIPDA SUPRIYADI menambahkan, tembok roboh yang menimpa ASVI tersebut memiliki ketinggian 3 meter dan panjang sekitar 50 meter. Setelah petugas datang ke TKP, korban segera dievakuasi dengan memakan waktu hingga satu jam dan menyatakan, korban telah meninggal dunia di lokasi.
 
Setelah prores evakuasi, ASVI langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.(kin/dip)
Page 2 of 1266      < 1 2 3 4 >  Last ›