Berita- Info ANDIKA

12 February 2024
Bawaslu Kota Kediri, Tertibkan Ratusan APK di Masa Tenang Pemilu 2024 Radio ANDIKA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri pada hari kedua masa tenang pemilu 2024 ini telah menertibkan ratusan Alat peraga kampanye (APK) dari tiga kecamatan di Kota Kediri. Sebanyak 800 APK ditertibkan Bawaslu Kota Kediri dari tiga kecamatan di Kota Kediri itu saat ini disimpan di Kantor Kecamatan masing-masing.
 
Ketua Bawaslu Kota Kediri, YUDI AGUNG NUGRAHA saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA ANTO CHRISTIAN mengatakan, penertiban APK dimulai pada 11 hingga 13 Februari 2024 di semua wilayah Kota Kediri. Pihaknya, mulai hari ini juga akan melakukan pengawasan di sekitar Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai antisipasi money politic.
 
YUDI melanjutkan, pengawasan dalam pelaksanaan pemilu, akan dilaksanakan hingga tahapan penetapan. Mulai satu minggu kedepan, sebanyak 856 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kediri akan dicek dan diawasi oleh Bawaslu Kota Kediri. (atc/nhd)

12 February 2024
Awal Tahun 2024, Inflasi Menurun di Kota Kediri
Radio ANDIKA - Angka inflasi di Kota Kediri diawal tahun mengalami penurunan dibanding pada bulan Desember 2023. Menurunnya angka inflasi imbas dari beberapa harga bahan pangan yang mulai turun seperti cabai rawit, cabai merah, telur ayam dan makanan ringan. Inflasi di Kota Kediri menurun pada awal tahun ini, sebesar -0,06 persen secara month to month (mtm). Sebelumnya pada Desember 2023 angkanya 0,17 persen.
 
Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Kota Kediri TETUKO ERWIN SUKARNO mengatakan turunnya angka inflasi imbas dari menurunnya beberapa bahan pangan, mulai dari cabai rawit, cabai merah, telur ayam, makanan ringan, buncis, kacang panjang, air kemasan, hingga minyak goreng. Beras sebagai makanan pokok masih menjadi penyumbang inflasi bulan kemarin. Andilnya menjadi yang terbesar kedua setelah tomat dengan nilai sebesar 0,04 persen. Namun, untuk stok beras aman sampai dengan lebaran 2024.
 
Untuk diketahui, beras juga menjadi penyumbang terbesar inflasi tahunan. Secara year on year (yoy) angka inflasinya sebesar 2,12 persen. Angka tersebut berada di bawah inflasi nasional maupun di Provinsi Jawa Timur. (atc/nhd)
12 February 2024
Percobaan Pembobolan ATM Bank Jatim di Kota Kediri, Polisi Masih Selidiki
Radio ANDIKA - Percobaan pembobolan terjadi di ATM Bank Jatim yang berada di Jalan Brigjen Pol Imam Bachri, Pesantren, Kota Kediri.
 
Menurut Kanit Reskrim Polsek Pesantren Polres Kediri Kota IPTU DODIK WARGO HARYOGO, pelaku diduga menjalankan aksinya tadi malam ketika cuaca hujan. Kondisi mesin ATM  pada penutup brankas terbuka akibat dicongkel pelaku. Namun brankas mesin ATM masih utuh. Selain itu layar monitor ATM retak dan CCTV rusak. 
 
Polisi masih melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan pihak bank.(hil)
12 February 2024
Ditertibkan! Ribuan Alat Peraga Kampanye di Tulungagung
Radio ANDIKA - Ribuan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye di Tulungagung ditertibkan karena sejak kemarin hingga besok telah memasuki masa tenang Pemilu 2024.
 
Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung PUNGKY DWI PUSPITO, yang sudah diturunkan 6.526 alat peraga kampanye (APK) seperti banner dan baliho. Sedangkan 388 bahan kampanye seperti topi, stiker dan kalender juga ditertibkan.

Penertiban dilanjutkan hari ini dibantu stakeholder lainnya seperti KPU, Satpol PP, polisi dan TNI di seluruh kecamatan dan desa Kabupaten Tulungagung.(hil)
12 February 2024
Honda Brio Tabrak Truk Parkir di Plemahan Kediri
Radio ANDIKA - Mobil Honda Brio menabrak truk gandeng yang sedang parkir di Jalan Umum Desa Bogo Kidul, Plemahan, Kediri. Truk behenti karena mengalami kerusakan pada bagian roda. 
 
Posisi truk dengan pengemudi EDI, warga Wonotirto Blitar, berhenti memakan separuh badan jalan. Di bagian belakang truk hanya dipasang daun-daun sebagai penanda dan pengemudi truk tidak menyalakan lampu. Saat kejadian, cuaca berkabut.
 
Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri IPTU BUDI WINARIYANTO, kondisi pengemudi Honda Brio, ARIYO warga Ngronggo Kota Kediri tidak luka. Namun kendaraannya ringsek pada bagian depan. Polisi meminta keterangan kedua pengemudi.(hil)
11 February 2024
Usai Tabrakan Beruntun 3 Mobil, Jalan Berlubang di Utara Sambi Kediri Ditambal Pendengar Radio Andika dan Warga
Radio ANDIKA - Tiga mobil terlibat insiden lalu lintas beruntun di Jalan Raya Kediri-Blitar, tepatnya di utara simpang empat Pasar Sambi Kediri. 
 
Kata pendengar Radio ANDIKA Pak TEGUH, tiga kendaraan yakni Toyota Rush, Honda Mobilio dan Honda Jazz mengalami tabrakan beruntun diduga karena mobil paling depan menghindari jalan berlubang. Tidak ada korban jiwa dan luka, namun ketiga kendaraan mengalami kerusakan. Yang paling parah Toyota Rush hingga ringsek di bagian depan. Insiden lalu lintas diselesaikan secara kekeluargaan.
 
Mendengar siaran Radio ANDIKA tentang tabrakan beruntun tiga mobil, Pak ARIFIN asal Sambi Ringinrejo Kediri langsung mengajak warga sekitar untuk menambal dua titik jalan berlubang secara swadaya. Ada warga yang membelikan semen, ada juga yang membantu pasir dan batu koral. Proses pengecoran jalan juga dibantu anggota Polsek Ringinrejo Polres Kediri. Sinergi Radio ANDIKA, pendengar, warga, dan polisi berusaha menutup jalan berlubang agar tidak lagi membahayakan pengendara.(slv/nhd)
11 February 2024
Terkena Banjir, Jembatan di Nglegok Blitar Ambrol
Radio ANDIKA - Hujan deras yang mengguyur Blitar menyebabkan banjir bandang di Desa Ngoran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Akibatnya, jembatan yang menghubungkan Desa Ngoran dan Desa Dayu ambrol.
 
Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar, IVONG BERTTYANTO mengatakan saat ini jembatan tidak bisa dilalui. Warga harus melewati jalan alternatif dan berputar sekitar 2-3 km. BPBD masih melakukan assessment untuk penanganan banjir.(slv)
11 February 2024
Masa Tenang Pemilu 2024, Alat Peraga Kampanye di Kota Blitar Ditertibkan
Radio ANDIKA - Sekitar 20 persen alat peraga kampanye (APK) di kota Blitar masih belum dibersihkan. 
 
Menurut Komisioner Bawaslu Kota Blitar M. NUR AZIZ, masih banyak bendera parpol sulit dijangkau karena dipasang di pohon yang tinggi. Selain itu ada satu APK terpasang pada billboard di atas toko yang berada simpang empat TGP kota Blitar. Rencananya besok pembersihan APK akan dilanjutkan. Untuk hari ini, Bawaslu Kota Bitar bersama Satpol PP, KPU Kota Blitar, polisi dan TNI membersihkan ratusan APK termasuk 12 billboard dengan menggunakan skylift. APK yang sudah ditertibkan dibawa ke gedung eks SMPN 5 Kota Blitar.
 
Pembersihan APK dilaksanakan karena hari ini sampai lusa merupakan masa tenang sebelum hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Sebelumnya, Bawaslu Kota Blitar telah meminta semua parpol untuk menurunkan masing-masing alat peraga kampanyenya.(hil)
09 February 2024
KPU Kota Kediri Memastikan Logistik Pemilu Siap Didistribusikan
Radio ANDIKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri telah menyelesaikan setting dan packing logistik surat suara dan kelengkapan pemilu 2024. KPU memastikan logistik untuk pemilu di Kota Kediri telah siap dan tinggal didistribusikan pada H-1 Pemilu, termasuk surat suara DPRD Kota, DPRD Provinsi Jatim, DPR RI, DPD RI, serta surat suara presiden dan wakil presiden. Selain itu kelengkapan lainnya seperti segel, sampul, formulir, tinta, bantalan coblos, dan alat coblos juga telah dimasukkan ke dalam kotak suara. Sebanyak 3.424 kotak suara yang telah selesai disetting dan packing tidak langsung didistribusikan, namun disimpan di gudang KPU. Setelah itu pada H-1 pencoblosan, logistik baru distribusikan ke kelurahan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS). 
 
Komisioner KPU Kota Kediri MOCHAMMAD WAHYUDI saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA ANTO CHRISTIAN mengatakan, pada 12 Februari 2024 akan ada proses serah terima logistik, dan baru 13 Februari 2024 atau H-1 pencoblosan, logistik didistribusikan ke masing masing kelurahan dan TPS. Untuk menjaga kotak suara, KPU Kota Kediri telah menyegel kotak suara dan kotak suara dibungkus plastik agar aman dari cuaca hujan. 
 
Sementara untuk surat suara yang rusak telah diganti sejak 1 Februari 2024 lalu. Surat suara yang rusak saat ini disimpan di kantor KPU dan nantinya dimusnahkan setelah proses distribusi logistik selesai.(atc/hil)
09 February 2024
Kapolres Kediri Kota Cek Kesiapan Logistik dan Sistem Keamanan Pemilu 2024
Radio ANDIKA - Untuk memastikan kesiapan dan keamanan logistik Pemilu 2024, Kapolres Kediri Kota AKBP BRAMASTYO PRIAJI hari ini datang ke kantor dan gudang logistik KPU Kota Kediri. Dalam kunjungan, Kapolres Kediri Kota melakukan pengecekan langsung kotak suara yang sudah terisi semua logistik pemilu seperti suarat suara, formulir, bantalan coblos, alat coblos, tinta, segel, serta kebutuhan logistik lainnya. Kapolres Kediri Kota juga melakukan pengecekan sistem keamanan gudang logistik selama 24 jam yang dijaga ketat anggota Polres Kediri Kota. 
 
Kapolres Kediri Kota AKBP BRAMASTYO PRIAJI saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA ANTO CHRISTIAN mengatakan berdasarkan hasil pengecekan di gudang KPU, pendistribusian logistik sudah siap 100%. Sistem keamanan juga cukup baik. Polres Kediri Kota mengerahkan 578 personil untuk pengamanan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. 
 
Kapolres menambahkan, pihaknya melakukan pengamanan selama 24 jam di gudang KPU hingga di tingkat Kelurahan maupun saat pendistribusian kotak suara hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Kota Kediri terdapat 856 TPS.(atc/hil)
Page 3 of 2034      < 1 2 3 4 5 >  Last ›