Berita- Info ANDIKA

08 August 2017
Fahri sebut masa depan pemberantasan korupsi di Polri bukan KPK Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah menilai masa depan pemberantasan korupsi tidak berada di Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) melainkan di tangan Kepolisian dan Kejaksaan Agung. Alasannya, karena proses penegakan hukum harus ditangani oleh institusi permanen bukan lembaga ad hoc seperti KPK.
 
"Masa depan pemberantasan korupsi di polisi bukan KPK. KPK itu lembaga ad hoc, masa ada KPK terus. Gimana sih," kata Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/8).
 
Selain penegakan hukum harus ditangani lembaga permanen, Fahri menyoroti soal ketimpangan biaya operasional antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian. Menurutnya, KPK selalu diberikan keistimewaan dengan mendapatkan biaya operasional yang besar dari negara.
 
"Ini kan mahal nih ongkosnya KPK, 1000 pegawai hampir dibayar Rp 1 triliun, 400 ribu pegawai polisi dibayarnya berapa, Jaksa cuma berapa, kan enggak fair. Kalai mau istimewakan KPK, istimewakan juga Polisi Jaksa," tegasnya.
 
Bahkan, Fahri mencurigai sejumlah biaya dan fasilitas untuk menunjang kinerja didapat dengan menjual aset-aset sitaan korupsi secara ilegal.
 
"Nah ini juga biaya-biaya lain, sewa rumah, sewa privat jet di Raja Ampat segala macam tuh uang darimana, jangan-jangan ini berasal dari penjualan aset sita secara ilegal, makanya ini perlu diaudit," tandasnya.
 
Lagi pula, kata Fahri, Kejaksaan dan Polri sudah berbenah diri untuk mampu mengambil alih tugas pemberantasan korupsi.
 
"Sudah lah, semua sistem memperbaiki diri, pasti sudah. Semua orang berubah," pungkasnya.(merdeka-ink)

07 August 2017
Presiden Jokowi Harapkan Indonesia Juara Umum SEA Games Sebanyak 533 atlet Indonesia akan mengikuti pertandingan multi event olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kontingen Indonesia merebut juara umum dalam perhelatan ke-29 kali ini.

"Ya, kita sebagai negara besar mestinya targetnya seperti itu, kan tadi sudah saya sampaikan,sudah berapa kali kita juara umum? Kalau jadi 11 kan jauh lebih baik," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8).

Ia melanjutkan, pertandingan SEA Games ini menjadi batu loncatan untuk ajang multi event olahraga selanjutnya yang lebih besar, yakni Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Dengan semakin banyak mengikuti kompetisi, lanjut dia, akansemakin meningkatkan kualitas dan prestasi para atlet.

Pembinaan para atlet untuk terus mengikuti kompetisi pun harus disiapkan sejak dini di semua cabang olahraga. Sebab, seluruh negara yang mengikuti pertandingan ini siap bertarung merebutkan medali emas di berbagai cabang olahraga.

"Saya kira di semua cabang olahraga harus seperti itu dan dipersiapkan juga sistem kompetisi yang baik, dalam sistem pembinaan yang baik, juga sistem anggaran yang terencana dan baik," ujarnya.(republika-ink)

07 August 2017
Pak Prabowo Mau Kalahkan Presiden Jokowi? Pakailah Jurus Ini... Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin ‎menilai Prabowo Subianto pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 makin berat dalam bersaing dengan Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, Jokowi merupakan petahana yang sudah pasti mendapat dukungan dari banyak partai.

Menurut Ujang, harus ada strategi khusus agar Prabowo bisa mengalahkan Jokowi. "Memang membutuhkan cara jitu dari Prabowo untuk bisa mengalahkan Jokowi nanti," ujar Ujang kepada JawaPos.com, Senin (7/8).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ‎itu menambahkan, cara pamungkas yang harus dilakukan Prabowo untuk mengalahkan Jokowi adalah memenangi Pilkada Serentak 2018 di daerah-daerah yang padat penduduk. Memenangi pilkada di tiga provinsi di Jawa bisa menjadi kunci penting untuk mengantar mantan Danjen Kopassus itu ke kursi kepresidenan.

"Strateginya, Prabowo adalah memenangi Pilkada 2018. Misalkan menang di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, itu kan penduduknya besar," katanya.

Apabila calon-calon yang didukung Prabowo bisa menang di tiga wilayah itu, maka satu langkah penting telah tercapai. Sebab, Prabowo bisa menyuruh kepala daerah yang didukungnya untuk merayu masyarakat agar tidak memilih Jokowi.

Menurut Ujang hanya cara itu yang bisa dilakukan oleh Prabowo ketika Jokowi makin kebanjiran dukungan dari partai politik. "Bagaimanapun peran kepala daerah sangat membantu Prabowo di 2019 nanti," ungkapnya.(cr2/JPC).(jpnn-ink)

07 August 2017
Kabar Duka, Mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman Meninggal Dunia Kabar duka mengejutkan warga Jawa Timur. Mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman, dikabarkan telah meninggal dunia di RS Medistra Jakarta, pukul 11.00 WIB.

"Baru saja ada kabar, bapak kita yang pernah menjadi Gubernur Jawa Timur (Basofi Sudirman) dipanggil Allah SWT," kata Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Senin (7/8/2017).

Pelantun lagu 'Tidak Semua Laki-Laki' ini sebelumnya telah lama sakit dan dirawat di Rumah Sakit Adi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kita doakan, bagi yang muslim kita baca surat Al Fatihah," pinta Halim.

Basofi Sudirman, pria asal Bojonegoro, ini masuk rumah sakit sejak, Sabtu (6/5/2017) lalu. Basofi sakit karena usianya yang sudah tua. Selain itu, tekanan darah tinggi juga mempengaruhi kondisinya.(detik-ink)

04 August 2017
Rossi: Perebutan Gelar Juara Masih Terbuka Lebar Pembalap Yamaha Valentino Rossi sudah tidak sabar segera beradu balap saat MotoGP kembali digelar paruh kedua musim ini di Sirkuit Brno, Republik Ceko, akhir pekan ini.

Rossi mengatakan kans perebutan gelar juara dunia masih terbuka. Karena itu, pembalap gaek asal Italia itu akan tampil maksimal demi meraih gelar tersebut.

"Ini masih terbuka lebar dan kami harus bekerja keras untuk selalu berada di podium," kata Rossi dikutip gpupdate.net.

Rossi kini mengumpulkan 119 poin atau hanya tertinggal 10 poin dari pimpinan klasemen Marc Marquez yang meraih 129 poin. Di atas Rossi, ada Andrea Dovizioso (123), dan Maverick Viñales (124).

"Brno adalah trek yang sangat saya sukai, saya memiliki banyak kenangan bagus dari sirkuit ini dan saya harap saya bisa melakukan balapan bagus lainnya akhir pekan ini," ucap Rossi.

Setelah menikmati istirahat satu bulan, para pembalap MotoGP akan berkumpul kembali di Brno akhir pekan ini. Pada musim balap 2017 ini, Rossi telah tiga kali naik podium, yakni podium 3 di Qatar, serta podium 2 di Argentina dan Amerika.

Sementara Viñales meraih tiga kemenangan yang membawanya nangkring di posisi dua klasemen sementara musim ini.

"Kami harus fokus pada paruh kedua musim ini karena akan sangat penting jika kami ingin memperjuangkan gelar juara," kata Vinales.(sindo-ink)

04 August 2017
Pengamat: Secara Implisit HT Akui Keberhasilan Jokowi Manuver politik Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibyo (HT) menarik perhatian publik. Hary dianggap berputar haluan mendukung Joko Widodo dalam Pilpres 2019 karene akhirnya mengakui keberhasilan kinerja Presiden. 

Penggiat The Community Of Ideological Islamic Analyst (CIIA) bidang Ekonomi Politik dan Public Policy Faisal Sallatalohy mengatakan memang dalam politik semua bisa saja terjadi. Misalnya, Hary sempat mengkritik habis-habisan Jokowi namun kini justru berbalik mendukung. 

Namun, dia mengingatkan, Hary Tanoe membuat keputusan itu setelah mengevaluasi kinerja pemerintah dalam dialog hampir lima jam dengan Mendagri Tjaho Kumolo. "Secara implisit terkandung arti HT mengakui keberhasilan kinerja Jokowi," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/8) pagi.

Pihak Perindo menegaskan, perubahan sikap politik ini sesuai dengan cita-cita partai yakni memenangkan Pilpres 2019. Faisal mengatakan dukungan Hary bersama Perindo untuk Jokowi berada pada momen yang pas. 

Faisal pun menganggap Hary Tanoe cerdas membaca situasi politik yang sedang tidak ramah terhadap Jokowi, mulai dari Polemik Perppu Ormas hingga revisi UU Pemilu. Saat ini, dia mengatakan, Jokowi banyak kehilangan dukungan.
 
Karena itu, kehadiran dukungan Hary Tanoe pasti bakal disambut baik oleh Jokowi. "Panggung politik lagi tayang dengan prinsip simbiosis mutualisme, alias politik dagang sapi dan berkelindan strategi politik saling mengunci dan menyandera," kata dia. 

Apalagi, Hary Tanoe memiliki akumulasi modal politik yang sulit ditolak. Bukan saja sebagai mesin ATM saat kampanye nanti, Hary bisa mengerahkan media yang dia miliki untuk mendukung Jokowi. 

"Bisa jadi duet maut armada media Surya Paloh dan HT siap mengangkat citra Jokowi," kata dia. 

Faisal mengakui bukan kebetulan juga Hary Tanoe melakukan manuver ini setelah menyandang status tersangka. Meminjam istilah Fadli Zon tentang adaya 'tendensi politik stick and carrot', Faisal memaparkan ada kecenderungan tekanan politik memukul lawan. 

"Bentuk tekanannya macam-macam. Salah satunya lewat tekanan hukum. Hukum dijadikan alat untuk menekan semua musuh termasuk Parpol, tetapi juga untuk merangkul mereka. Siapa yang melawan saat ditekan, dikasih stick dan yang nurut diberi carrot," kata Faisal menjelaskan. 

Namun, ia menyatakan hukum dan politik adalah entitas yang berbeda. Tidak dibenarkan perkara politik ditukar dengan hukum. Sikap politik HT adalah pilihan bebas yang dalam konteks demokrasi Indonesia dijamin dalam konstitusi. 

"Tapi, jangan sampai dukungan ini dijadikan alat barter agar terbebas dari kasus hukum yang melilitnya," kata Faisal. 

Kalaupun tujuan utama Hary Tanoe agar Jokowi bisa melepaskannya dari kasus hukumnya itu, menurut Faisal, Presiden mungkin tidak akan langsung menerima. Sebab hal itu bisa mencoreng namanya sebagai bapak 'adil' yang tidak pernah mengintervensi keindependensian lembaga hukum.(republika-ink)
 

04 August 2017
Kemnaker susun grand design kompetensi tenaga kerja Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di masa depan, Kementerian Ketenagakerjaan segera menyiapkan grand design rencana strategis penyiapan kompetensi tenaga kerja. Dengan demikian akan tercipta tenaga kerja yang memiliki kompetensi dalam jumlah yang massif.

Penyiapan rencana induk kompetensi tenaga kerja sangat diperlukan mengingat selama ini pertumbuhan ekonomi masih banyak bergantung dari sumber daya alam (SDA). Tenaga kerja yang terampil belum dijadikan komoditas untuk pertumbuhan ekonomi.

"SDA lambat laun pasti habis. Oleh karenanya, kekuatan SDM atau tenaga kerja yang berkompeten mempunyai peran strategis. Karena SDM tak akan habis," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri seusai melakukan diskusi dengan praktisi dan akademisi di kantor Kemnaker Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017. "Inilah pentingnya menyiapkan grand design peningkatan kompetensi tenaga kerja".

Disampaikan pula, selama ini dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil dalam bentuk pelatihan, Kemnaker selalu terkendala pada minimnya tenaga instruktur, serta keterbatasan anggaran. Pasalnya, selama ini alokasi pelatihan banyak terserap di sektor pendidikan. Publik juga sering lupa bahwa dalam vokasi, yang diperlukan tak hanya pendidikan vokasi, namun juga pelatihan vokasi. 

"Jutaan pekerja harus ditingkatkan kompetensinya, namun mereka tak bisa mengakses pendidikan karena faktor usia atau ijazah. Inilah pentingnya pelatihan vokasi yang bisa diakses siapapun," tambah Menteri Hanif.

Dijelaskan Menaker, pihaknya bersama akademisi dan praktisi sepakat perlu dibangunnya ekosistem yang baik untuk mendukung terciptanya grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja. Seluruh stakeholder atau pemangku amanah di lingkungan Kemnaker yakni Pemda, BLK, industri maupun swasta harus bisa membangun ekosistem yang positif agar mampu berkompetisi dengan ekosistem yang dibangun oleh negara lain.

"Kompetisi bukan hanya dari sisi pekerja, tapi juga ekosistemnya karena itu yang membentuk pekerja. Kami ingin ada kerjasama yang kuat antara Pemerintah dengan Pemda, swasta (Kadin), maupun stakeholder lain, " kata Menaker.

Sementara itu Bob Azam dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyambut positif pertemuan dengan Kemnaker dan praktisi. Bob menilai Menaker concern adanya grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja agar seluruh pemangku amanah ketenagakerjaan memiliki kesepakatan kerjasama yang positif.

Bob menjelaskan, tiap tahun terdapat dua juta tenaga kerja yang masuk pasar tenaga kerja. Namun hanya sekitar beberapa ratus ribu saja yang memiliki kompetensi yang baik. "Bagaimana agar tenaga kerja yang masuk pasar kerja itu bisa disiapkan dengan baik, nah ini perlu grand design dan kerjasama semua stakeholder. Termasuk komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran yang lebih untuk pelatihan tenaga kerja, " ujarnya.(jpnn-ink)

04 August 2017
Jelang MotoGP Republik Ceko 2017, Michelin Akan Gunakan Strategi Berbeda di Paruh Kedua Paruh kedua MotoGP 2017 bakal kembali bergulir di seri ke-11 yang digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada Minggu 6 Agustus 2017. Peta persaingan antarpembalap dan tim akan kembali tersaji di akhir pekan ini.

Sejumlah pembalap dan tim telah melakukan sesi uji coba di Brno beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjajal lintasan di Grand Prix (GP) Republik Ceko tersebut.

Sebelum memasuki masa jeda MotoGP 2017, beberapa pembalap mengeluhkan performa ban Michelin. Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menjadi orang pertama yang menilai ban Minchelin masih terdapat kekurangan yang menyebabkan beberapa pembalap terjatuh di lintasan.

Menanggapi hal itu, Manajer Michelin, Piero Taramasso, mengatakan pihaknya akan menggunakan strategi yang berbeda di paruh kedua MotoGP 2017. Ia menyebut Michelin akan menyediakan ban baru berdasarkan analisis di masa jeda.

Lebih lanjut, Taramasso menilai Sirkuit Brno memiliki tantangan tersendiri bagi ban Michelin untuk memaksimalkan performa para pembalap. Meski begitu, ia menyampaikan pihaknya akan terus bekerja keras untuk menyempurnakan kondisi ban Michelin di sisa race musim ini.
 
 “Sangat hebat bisa kembali beraksi setelah libur tengah musim, meskipun kami tetap bekerja untuk menganalisis data dari paruh pertama. Kami juga memiliki strategi berbeda untuk paruh kedua ini (ban baru), dimulai dari Brno,” ujar Taramasso, seperti dilansir laman resmi MotoGP, Jumat (4/8/2017).

“Ini tentu sirkuit yang kompleks dan selalu menjadi ujian besar untuk ban. Ini adalah jalur yang lebar dengan banyak perubahan elevasi dan berbagai sudut,” pungkasnya.(okezone-ink)

04 August 2017
Ungkap Kasus Novel Baswedan, Polisi Harapkan Masukan dari KPK Pihak kepolisian berencana menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membentuk tim gabungan dalam mengungkap kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior lembaga antirasuah Novel Baswedan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengungkapkan, dengan kerjasama itu polisi berharap bisa mendapatkan masukan oleh KPK dalam mengusut kasus teror tersebut. Selain itu, polisi juga berharap dapat sejumlah informasi penting lainnya agar kasus ini segera terungkap.

"Namanya dinamika pentingkan kerja sama instansi di mana Novel berada. Kerja sama itu bisa pertukaran informasi, bersama-sama untuk lakukan investigasi, melakukan kroscek informasi yang diperoleh Polri sehingga kemudian penyidik bisa mendapat satu masukan oleh siapa saja, termasuk oleh instansi Novel ini berada, yaitu KPK," kata Martinus kepada awak media di kantornya, Kamis 3 Agustus 2017.

Lebih dalam, inisiasi kerjasama itu, dikatakan Martinus, agar KPK mengetahui segala progres atau kemajuan dari proses penyelidikan yang dilakukan jajaran Korps Bhayangkara.

"Bagi kami supaya wadah di mana saudara Novel bkerja bisa mengetahui progresnya," jelas Martinus.

Dalam proses pengungkapan perkara ini, menurut Martinus, tak semua kasus bisa ditargetkan waktunya dalam proses pengungkapan. Apalagi, ia menyebut kasus teror ini memiliki kendala yang cukup berat.

"Tentu penyidik terus berupaya optimal untuk mengungkap kasus ini. Kami sudah sangat terbuka dan transparan. Dari pihak Polri bahkan Bapak Kapolri sendiri menyampaikan progres dari penanganan perkara ini," kata Martinus.

Dalam kasus yang menjadi misteri lebih dari 100 hari ini, Presiden Jokowi menginstruksikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk segera mengungkap kasus teror Novel Baswedan.

Usai pertemuan itu, Tito langsung merilis satu buah sketsa wajah yang diduga kuat merupakan salah satu pelaku aksi teror tersebut. Ciri-cirinya adalah seorang pria berkulit sawo matang dengan rambut ikal keriting dan tinggi badan sekira 167 sentime‎ter.(okezone-ink)
 

04 August 2017
Jokowi Buka Rapimnas Hanura Partai Hanura menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I di Hotel Stones, Bali, Jumat (4/7). Dalam Rapimnas ini hadir Presiden Joko Widodo.

Selain pria yang akrab disapa Jokowi itu, sejumlah pejabat negara, menteri di Kabinet Kerja, dan elite partai politik pun turut hadir.

Antara lain, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekjen PPP Arsul Sani, dan Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah

Acara Rapimnas I ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Dalam Rapimnas I ini, sejumlah agenda akan dibahas.
Hanura disebut akan meresmikan dukungan terhadap Jokowi untuk maju dalam pilpres 2019. Kemudian, Hanura akan membahas program untuk mengangkat partai menjadi peringkat empat di 2019.(jpnn-ink)

Page 3 of 750      < 1 2 3 4 5 >  Last ›