Berita- Info ANDIKA

18 January 2022
Diterjang Angin Puting Beliung, 50 Rumah Warga di Karangrejo Tulungagung Rusak
Radio ANDIKA - Angin puting beliung memporak porandakan puluhan rumah warga di Desa Sukorejo Kecamatan Karangrejo, Tulungagung, Senin, 17 Januari 2022. Sebanyak 50 rumah warga mengalami kerusakan. Namun, kerusakan ini tidak parah dan tidak sampai membuat bangunan rumah ambruk.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tulungagung, NADLORI ALWI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, petugas BPBD saat ini sedang melakukan kaji lapangan untuk mendata kerusakan apa saja yang terjadi akibat bencana ini. Petugas juga membagikan sembako kepada warga yang terkena dampak angin puting beliung. Setelah dilakukan pendataan, pihaknya akan memberikan fasilitas berupa bantuan material seperti genteng dan asbes. Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

ALWI mengatakan, mayoritas rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap dan ada satu rumah yang bagian dapurnya roboh karena tertimpa pohon jati. Namun, data ini masih bersifat sementara karena pihaknya masih melakukan pendataan. (sap/arg)
18 January 2022
Kota Blitar Laksanakan Vaksin Booster Untuk Lansia
Radio ANDIKA - Setelah menjadi kota pertama di Jawa Timur yang mendapat zona hijau, Kota Blitar menggelar vaksinasi booster untuk lansia hari ini, 18 Januari 2022. Pelaksanaan vaksinasi digelar serentak di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kepanjenkidul dan Kecamatan Sananwetan.

Kepala Dinas Kesehatan Blitar Kota, dr. DARMA SETIAWAN M. M.Kes., saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, untuk saat ini vaksin booster masih ditujukan untuk para lansia sebagai usia rawan. Target vaksinasi hari ini dari tiga kecamatan adalah sekitar 600 orang. Dinas kesehatan bekerja sama dengan kelurahan setempat untuk memilah warganya yang layak didahulukan menerima vaksin booster.

Warga yang telah terpilih akan mendapat undangan secara pribadi. dr. DARMA mengatakan, warga yang akan menerima vaksin booster harus memenuhi kriteria yang tentukan, diantaranya sudah mendapat dua dosis vaksin minimal 6 bulan. dr. DARMA menyebut tantangan yang dialami petugas adalah lansia yang sudah mengalami kemunduran aktivitas. Namun, hal itu diantisipasi dengan cara mendatangi para lansia ke rumahnya untuk divaksin.

Rencananya, Kota Blitar akan memberikan dua jenis vaksin untuk warga, yaitu AstraZeneca dan Pzifer. Namun, dr. DARMA mengatakan untuk hari ini hanya akan diberikan vaksin AstraZeneca pada warga yang menerima vaksin Sinovac di dosis 1 dan 2. Vaksin Booster akan diberikan setengah dosis sesuai dengan aturan yang diterbitkan Kementerian Kesehatan. (sap/arg)
18 January 2022
Truk Alami Rem Blong Hingga Jatuh ke Jurang, Sopir Truk di Batu Meninggal Dunia
Radio ANDIKA - Diduga mengalami rem blong, sebuah truk Fuso jatuh ke jurang di Batu. Insiden ini terjadi Selasa, 18 Januari 2022 sekitar pukul 09.00 WIB. Akibat insiden ini, sopir truk meninggal dunia. Pengemudi truk diketahui bernama SAHMAN, warga Pekalongan, Jawa Tengah.

Anggota Unit Laka Polres Batu  BRIPKA KAREL saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, awalnya truk yang dikemudikan SAHMAN melaju dari arah Kediri menuju ke Batu. Sesampainya di lokasi kejadian, truk tersebut mengalami rem blong dan SAHMAN kemudian berusaha menabrakkan truk ke tebing.

Namun karena benturan terlalu keras, truk justru terpental melintasi jalan dan terjun ke jurang. Saat ini, korban sudah dievakuasi sementara proses evakuasi truk sempat mengalami kendala lantaran jurang yang terlalu dalam. Terlebih, medan yang sempit juga menambah kesulitan petugas dalam melakukan  evakuasi.

Menurut BRIPKA KAREL, diperlukan dua mobil derek untuk mengangkut truk tersebut. BRIPKA KAREL mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat melewati jalur Batu karena jalur tersebut memiliki banyak tikungan tajam. (sap/arg)
17 January 2022
Tidak Kuat Menanjak, Truk Tangki Air Terjun ke Sungai di Pacet Mojokerto
Radio ANDIKA - Akibat tidak kuat menanjak, sebuah truk tangki pengangkut air mengalami insiden tunggal di tanjakan Jalan Raya Dusun Sumberan, Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Insiden tersebut terjadi pada Senin siang, 17 Januari 2022 sekitar jam 12.15 WIB. Akibat insiden ini pengemudi mengalami luka ringan.
 
Kanit Laka Satlantas Polres Kabupaten Mojokerto IPTU WIHANDOKO, saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya truk dengan nopol W 9123 UH yang dikemudikan AGUS, 47 tahun, warga Kelurahan Wates Kecamatan Magersari Kota Mojokerto melaju dari arah Pacet menuju Sajen setelah melakukan pengisian air untuk dikirim ke Pasuruan. 
 
Sesampainya dilokasi kejadian, karena kondisi jalan yang miring dan menanjak, truk tidak kuat melaju hingga mesin mati mendadak.Truk kemudian melaju tidak terkendali keluar jalur, kemudian menabrak pembatas jembatan. Truk akhirnya terjun ke dalam sungai dengan kondisi miring. 
 
Akibat insiden tersebut, AGUS mengalami luka ringan kemudian dilarikan ke Puskesmas Pacet untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara, kendaraan yang mengalami insiden sudah dievakuasi oleh petugas.(ahm/eko)
17 January 2022
Identitas Jenazah Mrs. X yang Ditemukan di Kebun Tebu Jombang Akhirnya Terungkap
Radio ANDIKA – Identitas jenazah perempuan (Mrs. X) yang ditemukan di Dusun Tebon Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang akhirnya terungkap. Diketahui, jenazah tersebut adalah SUKARTIK, 70 tahun, warga Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, yang sudah meninggalkan rumah tanpa berpamitan dan belum diketahui keberadaanya sejak 23 Desember 2021 lalu. 
 
Kapolsek Diwek Polres Jombang, AKP DWI BASUKI NUGROHO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan setelah penemuan jenazah pada Selasa pagi, 11 Januari 2022 lalu, pihaknya langsung melakukan pengecekan orang hilang di wilayah hukum Polsek Diwek. Ternyata, ada laporan orang hilang yang ciri-cirinya mirip dengan jenazah yang ditemukan. Pihak kepolisian langsung menghubungi keluarga. Dari hasil pengecekan, ternyata bisa dipastikan jenazah Mrs. X. 
 
Meskipun kondisinya sudah sulit dikenali, namun keluarga bisa memastikan karena Saat pergi meninggalkan rumah, SUKARTIK memakai gelang karet warna hitam di tangan sebelah kiri. Selain itu, SUKARTIK juga tidak memiliki gigi sama sekali dan sudah mengalami hilang ingatan. Setelah proses identifikasi, jenazah SUKARTIK yang sebelumnya ada di RSUD Jombang langsung diserahkan ke keluarga untuk proses pemakaman. 
 
Sebelumnya, warga digegerkan dengan penemuan jenazah yang tergeletak di area persawahan pada 11 Januari lalu. Jenazah ditemukan dalam kondisi tubuh yang sudah rusak dan timbul bau yang tidak sedap. Diperkirakan, jenazah sudah meninggal lebih dari satu minggu sebelum ditemukan. (ahm/nis)
17 January 2022
Remaja 13 Tahun yang Ditemukan di Wates Kediri Akhirnya Kembali ke Keluarga
Radio ANDIKA - Seorang remaja bernama BELLA, yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi bingung di daerah Wates Kediri pada Minggu 16 Januari 2022, kini sudah kembali ke keluarganya. Saat ditanya warga, BELLA mengaku berasal dari Jombang.
 
Berita tentang penemuan BELLA di Radio ANDIKA dan FB AG243 mendapatkan perhatian sejumlah pihak. Salah satunya dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Jombang, M. SHOLAHUDDIN S.H. M.H. Saat On Air di Radio ANDIKA, M. SHOLAHUDDIN mengatakan, pihaknya sudah menelusuri ke beberapa MI di Jombang. Namun pihaknya tidak menemukan data siswi dengan ciri-ciri seperti BELLA. Akhirnya, untuk mendapat kejelasan, SHOLAHUDDIN menuju ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri. Ternyata berdasarkan penelusuran, BELLA berasal dari Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.
 
Sementara, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Kediri, Ir. TITIK MUDJIASTUTI M.M., saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan BELLA datang di rumah singgah Dinsos Kabupaten Kediri Minggu petang 16 Januari 2022 dengan  diantar oleh Kepala Dusun Sukorejo Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Ketika tiba, BELLA hanya terdiam dan tidak mau berbicara. Keesokan harinya, melalui pendekatan ekstra yang dilakukan oleh pihak Dinsos, akhirnya BELLA mengaku bahwa dirinya berasal dari Ponggok, Blitar. Dinsos Kabupaten Kediri kemudian berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk menelusuri alamat yang disampaikan dengan data dari Dispendukcapil. Ternyata benar, BELLA berasal dari Ponggok, Blitar. 
 
TITIK menambahkan BELLA menutupi identitas dirinya karena tidak mau dipulangkan. Setelah Dinsos melakukan pengecekan, BELLA masih memiliki orangtua. Saat ini BELLA sudah diantar pulang ke keluarganya. Berdasarkan pengakuan dari orangtuanya, memang ada permasalahan yang tidak bisa diceritakan sehingga menyebabkan BELLA pergi dari rumah.
 
Atas kejadian ini, SHOLAHUDDIN  dan TITIK berharap agar lingkungan lebih peka terhadap anak-anak yang memiliki masalah dengan keluarganya. Ia juga menambahkan peran guru Bimbingan Konseling (BK) sangat dibutuhkan saat anak berada di sekolah. Selain itu, peran keluarga juga diharapkan lebih peduli dengan kondisi anak-anaknya. Karena anak yang memiliki masalah dengan keluarga, sangat rawan melarikan diri dan menjadi anak jalanan. (sap/ahm/hil)
17 January 2022
Alami Selip, Fortuner Tabrak Pembatas Jalan di Jalan Tol Jombang Mojokerto
Radio ANDIKA - Akibat jalan yang licin, sebuah mobil Fortuner mengalami insiden lalu lintas tunggal di jalur Tol Jombang Mojokerto. Insiden tersebut terjadi pada Senin, 17 Januari 2022 sekitar jam 14.12 WIB, tepatnya di KM 702 + 300 B.
 
Petugas Senkom Tol Jombang Mojokerto, RACHMAD BUDI PRASETYO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya Toyota Fortuner nopol L 1092 JG dikemudikan oleh DENDI, 19 tahun, warga Kutisari Selatan, Surabaya melaju dari arah Surabaya menuju Jombang dengan kecepatan 100 km per jam. 
 
Sesampainya dilokasi kejadian, akibat cuaca yang sedang hujan, tiba-tiba mobil yang dikendarai DENDI mengalami selip ban sehingga DENDI hilang kendali. Kendaraan langsung berputar melawan arah kemudian menabrak pembatas jalan atau guardrail. Akibat insiden tersebut, DENDI mengalami luka-luka dan saat ini masih dalam perawatan medis. Sementara, mobil yang mengalami insiden sudah dievakuasi oleh petugas PJR Jatim 3. (ahm/nis)
17 January 2022
Diduga Terpeleset ke Kolam, Pemuda Asal Madiun Ditemukan Meninggal Dunia di Kediri
Radio ANDIKA - Seorang pemuda berusia 18 tahun asal Mejayan, Madiun ditemukan meninggal dunia mengapung di dalam kolam wilayah Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Jenazah ALIEVIAN pertama kali ditemukan  pada Senin pagi, 17 Januari 2022 jam 10.00 WIB. Diduga, ALIEVIAN terpeleset hingga masuk ke kolam. 
 
Kapolsek Pare Polres Kediri, AKP I NYOMAN SUGITA, S. E., M. Si., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA kejadian pertama kali diketahui oleh ROZAK, warga setempat. Saat itu, ROZAK membuat kopi lalu berjalan ke belakang rumah. Kemudian Ia melihat ALIEVIAN sudah dalam kondisi terjatuh ke dalam kolam. Melihat kejadian tersebut, ROZAK langsung memberitahu keluarganya dan diteruskan ke perangkat desa serta petugas kepolisian dari Polsek Pare. 
 
Menindaklanjuti laporan tersebut, Polsek Pare, tim Inafis Polres Kediri dan dokter puskesmas datang ke lokasi kejadian. Saat diperiksa tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Diduga, ALIEVIAN terpeleset dan terjatuh ke kolam saat ingin buang air besar. Sementara berdasarkan keterangan dari keluarga, selama ini korban memiliki riwayat penyakit depresi dan epilepsi yang sering kambuh. (ahm/nis)
17 January 2022
Varian Omicron Mengancam, Menag: Pemberangkatan Umroh Tidak Akan Dihentikan
Radio ANDIKA - Pemberangkatan jamaah umroh asal Indonesia kembali dibuka sejak awal Januari 2022 lalu, setelah sempat vakum nyaris selama 2 tahun akibat pendemo Covid-19. Kini ketika paparan varian Omicron mengancam, pemberangkatan jamaah umroh ditegaskan tidak akan dihentikan.

Penegasan itu disampaikan oleh Menteri Agama, YAQUT CHOLIL QOUMAS dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR RI, Senin siang tadi. Pemberangkatan jamaah umroh yang telah dimulai kembali sejak tanggal 8 Januari lalu juga dipastikan akan tetap menggunakan mekanisme one gate policy atau kebijakan satu pintu.

Dalam keterangannya Menteri Agama mengatakan, tidak ada larangan bagi setiap warga negara untuk bepergian ke luar negeri selama yang bersangkutan telah mendapatkan visa. Terkait ancaman Covid-19, khususnya varian Omicron, Pemerintah telah melakukan serangkaian pengaturan. Salah satunya lewat mekanisme one gate policy ini.

Lewat mekanisme one gate policy, pemberangkatan jamaah umroh untuk sementara waktu dilaksanakan secara terpusat dari Jakarta. Dengan cara ini kedisiplinan terhadap protokol kesehatan sebagai bagian dari pencegahan Covid-19 benar-benar dikontrol pemberlakuannya. Menurut YAQUT, Pemerintah tidak berhak melarang warganya bepergian ke luar negeri selama yang bersangkutan mengantongi visa.

Yang boleh dilakukan Pemerintah adalah mengatur, dan kebijakan one gate policy ini bertujuan mengatur agar pemberangkatan jamaah umroh mematuhi tata laksana pencegahan Covid-19. Keputusan tetap memberangkatkan jamaah umroh, juga atas evaluasi setelah pihaknya memberangkatkan tim advance untuk melakukan pemantauan, yang menunjukkan jamaah asal Indonesia bisa diarahkan kedisiplinannya.

Terkait kondisi 11 orang anggota tim advance yang kemudian dinyatakan positif Covid-19 sepulang dari Arab Saudi, hal tersebut menjadi bagian dari evaluasi untuk meningkatkan upaya pencegahan agar hal serupa tidak terjadi pada jamaah. Sejak dibuka kembali pada tanggal 8 Januari lalu, hingga hari ini sudah ada 1.731 jamaah umroh yang diberangkatkan. Dari jumlah itu 400 jamaah dijadwalkan kembali ke Indonesia hari ini dan dipastikan akan langsung menjalani karantina. (shk/arg)
17 January 2022
Tidak Kooperatif, Terduga Pelaku Pencabulan Santriwati di Jombang Ditetapkan DPO
Radio ANDIKA - Tersangka dugaan pencabulan terhadap santriwati di Jombang berinisial MS, ditetapkan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polda Jatim. MS, yang juga merupakan anak dari salah seorang kiai di Kabupaten Jombang saat ini berstatus buron karena tidak kooperatif dan mangkir dari panggilan pemeriksaan lebih dari satu kali.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, KOMBES POL GATOT REPLI HANDOKO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, sebelumnya pihaknya menerima laporan kasus dugaan pencabulan tersebut pada 29 Oktober 2019. Penyidik kemudian menyerahkan berkas tahap pertama ke Kejaksaan Tinggi Jatim dan dinyatakan lengkap atau P21 pada 4 Januari 2022.

Karena MS tak datang saat pemeriksaan, Polisi kemudian mendatangi kediaman MS di Jombang. Namun pihaknya dihalang-halangi oleh pihak pondok dan keluarga. Karena itu, Polda Jatim kemudian menerbitkan status DPO terhadap MS, pada 11 Januari 2022. KOMBES POL GATOT mengatakan, pihaknya hingga kini masih melakukan upaya pencarian pada pelaku. Sementara itu, para korban masih menjalani trauma healing untuk memulihkan kondisi mental.

KOMBES POL GATOT mengatakan, profil tersangka saat ini sudah disebar dan menurutnya SUBCHI masih berada di Jawa Timur. KOMBES POL GATOT mengimbau pada masyarakat yang mengetahui keberadaan tersangka agar menginformasikan pada Polres Jombang atau Polda Jatim agar bisa segera ditindaklanjuti. Akibat perbuatannya, MS dinyatakan melanggar pasal 285 KUHP dan atau Pasal 294 KUHP ayat (2) ke-2 KUHP. (arg/nis)
Page 3 of 1553      < 1 2 3 4 5 >  Last ›