Berita- Info ANDIKA

27 January 2023
Benarkah Mesin Mobil Bisa Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api?
Radio ANDIKA - Kereta Api (KA) Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak truk pengangkut mobil yang mogok di perlintasan kereta api di Kabupaten Mojokerto. Dari video yang beredar, tampak kecepatan KA Sancaka berkurang karena masinis melakukan pengereman, sebelum akhirnya menghantam truk tersebut.

SUPRIYANTO Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, informasi yang mengatakan bahwa mesin kendaraan akan mati saat lewat di rel ketika KA melintas, hal itu belum terbukti. Ia lebih menyoroti hal tersebut terjadi karena disebabkan pengemudi panik dan grogi. Seharusnya tancap gas, malah melepas gas. Sehingga menyebabkan mesin kendaraan mati

SUPRIYANTO mengatakan, pada insiden yang terjadi di Mojokerto tersebut, masinis sempat melakukan pengereman karena melihat ada kendaraan di tengah rel kereta. Tapi, benturan tetap terjadi karena teknis pengereman kereta api tergantung pada kecepatan dan jarak. Lokomotif KA dengan kecepatan 45km perjam, dari titik masinis mulai mengerem, membutuhkan jarak 132 meter untuk berhenti. Sementara dengan kecepatan 80km perjam, butuh jarak 380 meter. Jika kecepatan 120km perjam, masinis butuh jarak 860 meter sampai benar-benar berhenti. Oleh karena sistem pengereman KA yang seperti itu, masyarakat diminta mendahulukan perjalanan kereta api.(nur/adr)
27 January 2023
Waspadai Penyebaran Penyakit LSD, Pemkab Tulungagung Perketat Arus Lalu Lintas Hewan
Radio ANDIKA – Pemerintah Kabupaten Tulungagung memperketat arus lalu lintas hewan ternak, baik yang masuk ataupun yang keluar. Hal itu dilakukan untuk mewaspadai penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang sudah muncul di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur.

drh TUTUS SUMARYANI Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulungagung saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, sejauh ini belum ada laporan mengenai kasus LSD di Tulungagung. Walau demikian, pihaknya tetap waspada terhadap penyebaran penyakit tersebut.

LSD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini ditularkan lewat hewan seperti nyamuk dan lalat. Hewan yang rentan terkena penyakit LSD ini adalah sapi dan kerbau. Hewan ternak yang terjangkit LSD akan mengalami demam tinggi dan muncul lesi pada ternak seperti cacar. Lebih lanjut, LSD dapat menyebabkan kerusakan pada kulit hewan, menurunkan produksi susu dan juga mempengaruhi reproduksi hewan ternak.

Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah melakukan upaya-upaya untuk menanggulangi penyebaran wabah LSD. Pengetatan arus lalu lintas hewan ternak yang keluar dan masuk ke Tulungagung menjadi salah satu upaya. Kemudian, melakukan pengawasan di pasar-pasar hewan ternak. Jika ada hewan ternak yang terjangkit LSD, harus dikarantina.(nur/adr)
27 January 2023
Angkot Makin Turun Pamor, Di Jombang Tinggal 8 Trayek
Radio ANDIKA – Minat masyarakat naik angkutan kota (angkot) semakin menurun. Akibatnya jumlah angkot juga mengalami penurunan. Saat ini tinggal 8 trayek yang beroperasi di Jombang, dari sebelumnya 25 trayek pada era 90-an. Hal itu disampaikan BUDI WINARNO Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang ketika On Air di Radio ANDIKA.
 
Salah satu penyebab turunnya minat naik angkot yakni keinginan masyarakat memperoleh sarana transportasi yang cepat dan efisien. Sehingga banyak warga lebih memilih membeli sepeda motor.
 
BUDI menambahkan jumlah angkot juga turun dari awalnya 183 armada, kini tinggal 87 armada. Itu pun beroperasinya tidak setiap hari. Ada yang hanya Sabtu-Minggu. Ada juga yang khusus melayani antar jemput anak sekolah. (hil/ian)
27 January 2023
Sinergi Radio ANDIKA dan DLHKP Kota Kediri, Tingkatkan Pelayanan Publik
Radio ANDIKA - Untuk meningkatkan pelayanan pada publik, Radio ANDIKA bersama Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri memiliki komitmen bersama untuk memberikan SOLUSI pada masyarakat yang memiliki permasalahan lingkungan termasuk sampah dan pemangkasan pohon yang membahayakan pengguna jalan. Demi menyatukan persepsi, Radio ANDIKA dan DLHKP Kota Kediri melakukan pertemuan membahas sinergi yang akan dibentuk.

H.ROFIK HUDA, CEO Andika Medianet mengatakan, pihaknya bersama kru Radio ANDIKA datang ke kantor DLHKP Kota Kediri untuk memastikan sinergi dan pelayanan publik berjalan dengan baik. Radio ANDIKA, merupakan jembatan keluhan masyarakat, yang bisa langsung ditindaklanjuti oleh satuan kerja Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini DLHKP.

Sementara itu, ANANG KURNIAWAN Kepala DLHKP Kota Kediri mengatakan, sinergi dengan Radio ANDIKA, sebagai upaya untuk menampung keluhan dari masyarakat, agar DLHKP Kota Kediri bisa cepat bergerak untuk menindaklanjutinya.  ANANG berharap, dengan sinergi yang terjalin ke depan, maka pelayanan terhadap publik semakin cepat. (atc/hil)
27 January 2023
Diteror Ulat Bulu, Ratusan Pelajar SMAN 1 Puri Mojokerto Terpaksa Belajar Daring
Radio ANDIKA - Puluhan pelajar SMAN 1 Puri Mojokerto mengalami gatal-gatal karena terkena ulat bulu. Akibatnya para pelajar di 16 kelas terpaksa dipulangkan dan kegiatan belajar dilakukan secara daring. Menurut DJOKO SOEPANGKAT Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto ketika On Air di Radio ANDIKA, banyak ulat bulu berasal dari pohon-pohon mangga yang berada di halaman sekolah.

Serangan ulat bulu ini sudah terjadi sejak seminggu lalu. Sebenarnya pihak sekolah sudah melakukan penyemprotan. Namun karena peralatan kurang memadai, akhirnya meminta bantuan BPBD Kabupaten Mojokerto.

Tim damkar yang datang ke sekolah langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke pohon-pohon mangga. Setelah disemprot, kondisi pohon terus dipantau untuk memastikan tidak ada lagi ulat bulu yang dapat mengganggu kegiatan belajar para siswa-siswi. (hil/jon)
26 January 2023
Jelang Pembangunan Jembatan Mrican-Jongbiru, Bupati Kediri Tinjau Lokasi
Radio ANDIKA - Usai meresmikan Jembatan Ngadi, Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA meninjau lokasi rencana pembangunan Jembatan Mrican-Jongbiru. Bupati Kediri kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, rencana pembangunan jembatan dimulai Mei 2023 dan harapannya selesai Juni 2024 sesuai dengan time line yang telah disiapkan. Di sela-sela kunjungannya, Bupati juga mengunjungi beberapa rumah yang terdampak pelebaran jalan serta melayani permintaan foto oleh warga.

HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA menjelaskan, proses pembangunan jembatan nantinya akan melibatkan Kementerian PUPR karena merupakan penghubung wilayah Kabupaten dan Kota Kediri. Sedangkan pelebaran jalan menuju jembatan akan ditanggung Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas PUPR Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri, IRWAN CANDRA, saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, rencana pembangunan jembatan masih dalam pembahasan Detail Engineering Design (DED) bersama Kementerian PUPR. Menurutnya Kementerian PUPR sejauh ini masih condong pada konstruksi rangka baja karena lebih cepat dalam pengerjaan. (nhd/nur)
26 January 2023
Hari Gizi Nasional, Ketua TP PKK Kota Kediri : Makanan Anak-anak Harus Bergizi Seimbang
Radio ANDIKA - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Kediri FERRY SILVIANA ABDULLAH ABU BAKAR, hari ini mengunjungi SMPN 1 Kota Kediri dalam peringatan Hari Gizi Nasional. Tahun ini Hari Gizi Nasional ke-63 mengangkat tema "Protein Hewani Cegah Stunting" dengan slogan "Protein Hewani Setiap Makan" dan "Isi Piringku Kaya Protein Hewani."

FERRY SILVIANA ABDULLAH ABU BAKAR juga memberikan pengertian pada siswa-siswi SMPN 1 Kota Kediri tentang arti makanan yang bergizi dan menyehatkan. Di beberapa sekolah di kota Kediri, termasuk SMPN 1 Kota Kediri ternyata ada program untuk anak-anak membawa bekal makanan bergizi tinggi dari rumah.

Sementara itu, SATRIYANI WIDYAWATI RAHAYU S.Pd. M.Pd. Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Kediri menjelaskan, sekolah telah melakukan edukasi untuk melatih siswa-siswi sarapan pagi, dan memilih menu yang bergizi dan seimbang. Setiap hari Jum’at siswa-siswi diwajibkan membawa makanan yang bergizi untuk dimakan di sekolah. Selain itu setiap kelas secara bergiliran membawa bekal makanan.(atc/hil)
26 January 2023
Sepanjang 2022, Ratusan Bencana Alam Terjadi di Tulungagung
Radio ANDIKA - Sepanjang tahun 2022, sebanyak 108 bencana alam terjadi di Kabupaten Tulungagung. Dari total jumlah tersebut, banjir dan tanah longsor paling sering terjadi.

Ketika On Air di Radio ANDIKA, EDI NURCAHYONO, S.T. Penata Penanggulangan Bencana Ahli Muda BPBD Tulungagung mengatakan, 108 bencana alam yang terjadi di Tulungagung terdiri dari 30 kejadian banjir, 44 tanah longsor, 23 angin puting beliung dan 11 sisanya bencana tanah gerak dan angin kencang.

Mengantisipasi bencana alam di tahun 2023, BPBD Kabupaten Tulungagung telah melakukan upaya-upaya mitigasi. Beberapa upaya tersebut diantaranya membentuk desa tangguh bencana, melakukan sosialisasi bencana di wilayah rawan, pelatihan kebencanaan dan pemasangan rambu-rambu di daerah rawan bencana. (nur/hil)
26 January 2023
Mengalami Kerusakan, Enam Alat Peringatan Dini Bencana Alam di Trenggalek Diperbaiki Bertahap
Radio ANDIKA - Enam alat sistem peringatan dini (early warning system) bencana yang terpasang di sejumlah titik di Kabupaten Trenggalek mengalami kerusakan. Proses perbaikan terhadap enam alat tersebut akan dilakukan secara bertahap. Hal itu disampaikan oleh TRIADI ADMONO, Kepala BPBD Kabupaten Trenggalek saat On Air di Radio ANDIKA.

TRIADI mengatakan, EWS yang berfungsi sebagai alat deteksi tanda-tanda awal bencana tersebut rusak karena banyak faktor, salah satunya akibat bencana hidrometeorologi yang terjadi beberapa waktu lalu. Enam EWS yang mengalami kerusakan tersebut tersebar di dua kecamatan yaitu Kecamatan Panggul dan Kecamatan Munjungan.

Selama EWS dalam proses perbaikan, masyarakat diminta untuk tetap waspada namun tidak perlu resah. BPBD Kabupaten Trenggalek tetap melakukan upaya mitigasi bencana lainnya. Selain itu, desa tanggap bencana sudah dibentuk. Edukasi mitigasi bencana selalu diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Trenggalek. (nur)
26 January 2023
Wabah Chikungunya di Tulungagung Meluas, Landa Empat Desa di Dua Kecamatan
Radio ANDIKA–Wabah Chikungunya di Tulungagung meluas. Kini wabah tersebut sudah melanda empat desa di dua kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, dr. KASIL ROKHMAD M. MRS saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, pada awal Januari 2023, Chikungunya muncul di Desa Gilang Kecamatan Ngunut. Ada sekitar 35 penderita di 2 RT. Setelah itu, wabah tersebut melanda Desa Pulosari dan Desa Ngunut. Tiga desa tersebut berada di kecamatan Ngunut. Lalu wabah Chikungunya juga sudah menyebar Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman.

Sejak kasus Chikungunya muncul pertama kali, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung sudah melakukan upaya-upaya pencegahan agar wabah tidak meluar. Beberapa upaya tersebut adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan gerakan 3M. Selain itu, fogging atau pengasapan massal dilakukan di beberapa wilayah terdampak.(nur/eko)
Page 3 of 1952      < 1 2 3 4 5 >  Last ›