Berita- Info ANDIKA

19 June 2021
Menjadi Korban Tabrak Lari, Pengendara Motor Asal Mojokerto Meninggal
Radio ANDIKA - Menjadi korban tabrak lari, WULI, pengendara sepeda motor Kawasaki Kaze S 3274 ON, warga Desa Ngarjo Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto meninggal. Insiden lalu lintas terjadi di Jalan Raya Desa Banjar Pertapan tepatnya dekat Jembatan Banjar Pertapan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo, pada Sabtu pagi, 19 Juni 2021 pukul 07.05 WIB.
 
Ada tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan. Mobil jenis truk colt diesel yang tidak diketahui identitasnya dan melarikan diri. Sepeda motor Kawasaki Kaze S 3274 ON yang dikendarai WULI  dan sepeda pancal yang dikendarai LASMI, warga asal Banjar Pertapan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.
 
Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo AKP SUGENG SULISTYONO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden bermula saat motor Kawasaki melaju dari arah Sidoarjo Kota menuju Surabaya. Sesampainya di TKP, dekat jembatan Banjar Pertapan, motor Kawasaki tertabrak truk colt diesel yang tidak diketahui identitasnya dari belakang yang berjalan dari arah yang sama. Setelah tertabrak dari belakang, pengendara motor jatuh ke sebelah kanan dan menabrak pengendara sepeda pancal yang berada didepannya dari arah yang sama. 
 
AKP SUGENG menambahkan, setelah menabrak motor Kawasaki, truk colt diesel tersebut melarikan diri. Akibat insiden ini, WULI, pengendara sepeda motor meninggal dunia. Sementara LASMI, pengendara sepeda pancal mengalami luka ringan. Kini, kasus kecelakaan ditangani Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo.(kin/stm)
19 June 2021
Perlintasan KA Diperbaiki, Jalur  Saradan - Caruban Tidak Ada Penutupan
Radio ANDIKA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun akan melakukan perawatan jalur KA yang berada di JPL No 11,  jalan Saradan - Caruban Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun pada 21-25 Juni 2021. Perawatan yang berlangsung selama lima hari tersebut  dilakukan guna meningkatkan keandalan jalur KA agar semakin terjamin keselamatannya.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, IXFAN HENDRIWINTOKO saat On Air di Radio ANDIKA  mengatakan, proses perbaikan dilakukan mulai jam 07.00 WIB hingga jam 17.00 WIB.  Aspal yang berada di kanan kiri rel pada sisi jalur hilir atau jurusan dari arah Surabaya ke arah Madiun akan dibongkar dan dilakukan perbaikan geometri jalur. Setelah jalur dinyatakan stabil akan dilakukan pengaspalan kembali.

Selama proses pengerjaan, lalu lintas akan tetap berjalan  dan tidak akan dilakukan penutupan jalan. IXFAN mengimbau pada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati - hati. Mengingat lokasi tersebut berada di Jalan Raya Nasional Madiun - Surabaya dengan lalu lintas yang cukup padat. Selain itu ada sejumlah tumpukan material dan  petugas yang berlalu lalang di sekitar lokasi. (arg/stm)
19 June 2021
Melalui LKBH, Pemkot Kediri Berikan Perlindungan Hukum Pada ASN
Radio ANDIKA - Guna memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota KORPRI sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014, Pemerintah Kota Kediri telah membentuk Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).LKBH Korpri Kota Kediri menggelar sosialisasi penyelenggaraan LKBH Korpri di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri.

Pada sosialisasi tersebut Sekertaris Daerah Kota Kediri BAGUS ALIT menjelaskan, bahwa yang bisa melindungi  ASN dari permasalahan hukum adalah dengan mematuhi Peraturan Perundang-undangan yang ada. Menurut BAGUS, ada kalanya masyarakat yang dilayani tidak merasa puas, lalu memberikan aduan. Aduan tersebut bisa benar ataupun tidak.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Pemkot Kediri yang juga menjabat ketua LKBH Korpri Kota Kediri MUHLISIINA LAHUDDIN mengatakan, LKBH KORPRI akan memfasilitasi bantuan hukum  bagi semua ASN yang menghadapi permasalahan hukum dalam pelaksanaan tugasnya.

Layanan yang diberikan LKBH KORPRI Kota Kediri meliputi fasilitasi jasa konsultasi hukum, fasilitasi jasa pendampingan hukum berupa bantuan hukum secara litigasi dan non litigasi serta fasilitasi dana bantuan hukum. MUHLISIINA berharap pembentukan LKBH KORPRI dapat meningkat pengayoman dan perlindungan hukum pada ASN.(atc/arg)
19 June 2021
Pecah Ban,  Mobil Tabrak Wirerope di Tol Jombang - Mojokerto Hingga Terguling
Radio ANDIKA - Alami pecah ban, mobil Granmax L 1581 FE mengalami insiden lalu lintas tunggal di Tol Jombang - Mojokerto KM 707 + 400 B Sabtu hari ini, 19 Juni 2021 sekitar jam 10.31 WIB. Mobil yang dikemudikan SUGIANNOOR, warga Mulyosari Surabaya itu menabrak wirerope hingga terguling dan pengemudi mengalami luka-luka.
 
Petugas Astra Infra Toll Road Jombang Mojokerto RACHMAD BUDI PRASETYO saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kecelakaan bermula ketika mobil yang dikemudikan SUGIANNOOR melaju dari Jombang  mengarah ke Surabaya dengan kecepatan 120 km/jam. Setibanya di lokasi kejadian, mobil mengalami pecah ban belakang kanan. Pengemudi kemudian hilang kendali dan mobil oleng ke kanan masuk median jalan.
 
Mobil kemudian menabrak seling wirerope di jalur B hingga terguling melintang di 707+400 B. Akibat kecelakaan tersebut, mobil mengalami kerusakan dan SUGIANOOR luka-luka. Selain itu sejumlah aset tol seperti tiang wirerope, excluder, postcape,  guidepost dan lainnya meengalami kerusakan.  Kecelakaan tersebut selanjutnya ditangani Unit Laka Satlantas Polres Mojokerto.(arg/stm)
19 June 2021
Perbaikan Perlintasan KA di Bandarkedungmulyo Jombang, Tidak Ada Penutupan Jalur
Radio ANDIKA -  Untuk meningkatkan kualitas, keandalan dan keselamatan perjalanan kereta api (KA), PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun melakukan perbaikan perlintasan kereta api di Bandarkedungmulyo Jombang. Perbaikan perlintasan di JPL 83  Kertosono tersebut berlangsung mulai tanggal 18–25 Juni 2021.
 
Kanit Turjawali Satlantas Polres Jombang  IPTU MULYANI, S.E., M.Si. saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, tidak akan ada penutupan jalur selama proses perbaikan perlintasan rel kereta api di kawasan tersebut. IPTU MULYANI menyebut sejauh ini proyek perbaikan tidak menyebabkan penumpukan kendaraan. Arus lalu lintas dari dua arah tetap normal dan lancar seperti biasa.
 
IPTU MULYANI mengimbau pada para pengendara dan para pekerja proyek untuk berhati–hati karena jalur nasional tersebut padat dilalui kendaraan. Bila terjadi peningkatan volume kendaraan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas buka tutup secara bergantian. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polres Nganjuk dan Kediri bila terjadi peningkatan volume kendaraan yang ekstrem dan membuat arus lalu lintas tersendat. (arg/adr)
19 June 2021
Truk vs Motor di Semampir Kediri, Satu Korban Luka-luka
Radio ANDIKA - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Semampir, Kota Kediri, hari ini 19 Juni 2021 sekitar jam 06.30 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan truk barang nopol E 8530 KT yang dikemudikan  TIMIN, warga Desa Jotosanur Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan kontra dengan sepeda motor Yamaha Lexi nopol AG 6977 AT yang dikendarai NANDA, warga Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.
 
Anggota Turjawali Satlantas Polres Kediri Kota BRIPKA ANAS AZAM saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kecelakaan bermula ketika truk yang dikemudikan TIMIN melaju dari simpang empat Semampir mengarah ke simpang tiga Iskandar Muda.  Sesampainya di lokasi kejadian, pada saat yang bersamaan melaju sepeda motor NANDA dari arah berlawanan.
 
NANDA kemudian bermaksud mendahului kendaraan tak dikenal yang ada di depannya. Namun, karena tidak hati–hati dan kurang konsentrasi saat berkendara,  sepeda motor NANDA melaju terlalu ke kanan melebihi marka jalan sehingga menyerempet bak truk yang dikemudikan TIMIN.
 
Akibatnya, NANDA terjatuh ke aspal dan mengalami luka-luka. Korban dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri untuk mendapatkan perawatan medis. Kasus ini selanjutnya ditangani Unit Laka Satlantas Polres Kediri Kota. (arg/adr)
19 June 2021
Kecelakaan Beruntun di Rejotangan Tulungagung, Dua Korban Luka - Luka
Radio ANDIKA - Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Tulungagung, Jum’at 18 Juni 2021 sekitar jam 22.00 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan tiga kendaraan, yaitu truk nopol AG 8557 UI, mobil Daihatsu Luxio nopol N 1291 FQ dan satu unit sepeda motor Vixion nopol AG 3221 QAH.

Kapolsek Rejotangan Polres Tulungagung, AKP HERY PURWANTO S. H kepada Getekeeper Radio ANDIKA menjelaskan, kecelakaan beruntun itu terjadi saat sepeda motor yang dikendarai RISKI, warga Desa Krisik Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar yang berboncengan dengan HENDRIK, warga Desa Gondosari Kecamatan Wlingi  Kabupaten Blitar melaju dari Blitar mengarah ke Tulungagung.

Sesampainya di lokasi kejadian, RISKI hendak berbelok ke kanan. Di saat yang bersamaan, mobil Daihatsu yang dikemudikan WAHYU melaju dari arah berlawanan. Karena tidak memperhatikan ada sepeda motor yang belok kekanan, mobil WAHYU kemudian menabrak RISKI hingga terpental ke kiri.

Nahas, RISKI kemudian tertabrak truk yang dikemudikan BUDI, warga Desa Arjosari Kecamatan Kalipare Malang. Akibat insiden tersebut, RISKI dan HENDRIK mengalami luka -luka. Kedua korban langsung dibawa ke Puskesmas Rejotangan Tulungagung untuk mendapat perawatan medis. (sha/arg)
18 June 2021
Hujan Lebat, 3 Warung di Wisata Sumber Ubalan Plosoklaten Tertimpa Pohon
Radio ANDIKA - Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, mengakibatkan beberapa pohon tumbang di sekitar rest area obyek wisata Sumber Ubalan Dusun Kalasan Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. Kejadian Jumat sekitar jam 17.15 WIB. AMEL salah satu pemilik warung saat on air di Radio ANDIKA menceritakan, awalnya sekitar jam 16.30 WIB, terjadi hujan gerimis yang beragsur menjadi hujan lebat dan disertai angin kencang.

Akibatnya para pedagang dan pengunjung warung mulai panik dan sebagian berlarian mencari tempat yang lebih aman. Saat terjadi hembusan angin  yang sangat kencang, mengakibatkan pohon yang berada di dekat deretan warung tumbang. Namun pohon jenis trembesi  berdiameter 90 cm tersebut tumbang ke arah yang tidak ada warungnya. Sebagian ranting pohon yang tumbang menimpa 3  warung yang beratap dari terpal. Ketiga warung itu milik PURWANTI, IMA dan SULIS semuanya warga Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten, mengalami kerusakan terutama tenda warung dan peralatan jualan. Diperkiran total kerugian mencapai 2 juta rupiah.

AIPDA MAYANTO FAJAR Kasi Humas Polsek Plosoklaten Polres Kediri pada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. Selanjutnya malam ini juga Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Kediri, TNI dan Polri bersama warga melakukan gotong royong membersihkan ranting dan pohon yang tumbang.(dip/hil)

18 June 2021
Meski Masuk Musim Kemarau, Beberapa Hari Kedepan, Jatim Masih Dilanda Hujan
Radio ANDIKA - Wilayah Jawa Timur sampai saat ini masih dilanda hujan, meski sudah memasuki musim kemarau. Penyebabnya,  suhu permukaan laut yang masih hangat. Potensi hujan ini diprediksi akan berlangsung dua sampai tiga hari kedepan.

Prakirawan BMKG Juanda Sidoarjo ARI KRISNA saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, saat ini wilayah Pulau Jawa khususnya Jawa Timur, mengalami gangguan cuaca. Faktor yang menimbulkan potensi hujan ini dikarenakan suhu permukaan laut diwilayah Jatim yang cukup hangat. Selain itu, ada faktor penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur yang berupa gelombang Madden Julian Oscillation (MJO).

ARI juga menambahkan, gangguan cuaca seperti ini akan terjadi dua sampai tiga hari kedepan. Dan untuk wilayah Jawa Timur yang berpotensi dengan cuaca ekstrim seperti ini yakni Jawa Timur bagian tengah hingga selatan.(kin/dip)

 
18 June 2021
Ganggu Keteriban Umum, Polres Nganjuk Amankan 15 Jukir Liar
Radio ANDIKA - Polres Nganjuk mengamankan 15 jukir liar dalam razia pungli dan premanisme yang mengganggu ketertiban umum di wilayah Kabupaten Nganjuk. Mereka tertangkap saat melakukan pungli dengan menarik uang pada pengendara tanpa karcis parkir. Para jukir liar yang tertangkap telah menjalani sidang tipiring di Pengadilan Negeri Nganjuk, Kamis 17 Juni 2021.
 
Kasat Reskrim Polres Nganjuk IPTU NIKOLAS BAGAS saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, operasi tersebut merupakan tindak lanjut perintah Kapolri melalui Kapolda Jatim terkait penertiban aksi premanisme dan pungutan liar. Para jukir liar di Nganjuk yang terjaring razia berusia antara 26-83 tahun. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, mulai dari uang tunai hingga peluit yang digunakan sebagai sarana menarik uang secara ilegal.
 
Para tersangka yang diamankan kemudian dilakukan pembinaan lanjutan oleh petugas. Mereka diminta untuk tidak lagi melakukan pungli dan diarahkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. IPTU NIKOLAS mengimbau warga untuk melaporkan segala bentuk pungli, baik yang disertai dengan ancaman atau tindak kekerasan agar wilayah Nganjuk terbebas dari aksi pungutan ilegal dan premanisme.(arg/stm)
Page 3 of 1266      < 1 2 3 4 5 >  Last ›