Berita- Info ANDIKA

30 September 2022
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Polres Nganjuk Lakukan Rekayasa Arus Lalu Lintas
Radio ANDIKA - Rombongan Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan masuk ke wilayah Nganjuk melalui perbatasan Madiun – Wilangan, Sabtu, 1 Oktober 2022. Rombongan ini akan diarak dari Wilangan menuju Alun-Alun Nganjuk. Agar tidak terjadi kemacetan, Satlantas Polres Nganjuk akan melakukan rekayasa arus lalu lintas.
 
IPTU HERI BUNTORO KBO Lantas Polres Nganjuk On Air di Radio ANDIKA mengatakan, diperkirakan rombongan akan tiba di Wilangan Nganjuk sekitar jam 08.00 WIB. Selanjutnya rombongan akan diarak menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk. Rute kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya mulai dari Wilangan – simpang empat Guyangan – simpang empat Gandu – simpang empat Cangkringan – simpang empat Candi – jalan Anjuk Ladang dan finish di Alun-Alun Nganjuk.
 
Agar tidak terjadi kemacetan, Satlantas Polres Nganjuk melakukan rekayasa arus lalu lintas. Untuk semua kendaraan tidak diperbolehkan mengarah ke Jalan A. Yani. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di Loceret. Untuk kendaraan yang mengarah ke Nganjuk Kota maupun kendaraan dari arah Kediri dialihkan melalui SMP 1 Loceret. Petugas sudah disiagakan di semua titik pengalihan arus. IPTU HERI menambahkan ada 62 personil gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan arus lalu lintas.
 
IPTU HERI menjelaskan pada Sabtu, 1 Oktober 2022, Pemkab Nganjuk menerima Pataka Jer Basuki Mawa Beya. Sedangkan pada Minggu, 2 Oktober 2022, Pataka Jer Basuki Mawa Beya akan dikirab ke arah Bojonegoro.
 
Diketahui, kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya merupakan rangkaian Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-77. Kirab ini melewati daerah-daerah di Jawa timur dengan berkeliling ke-38 Kabupaten/ Kota. Bendera pataka dikirab sejak 16 September hingga 11 Oktober 2022 mendatang. Kirab akan berakhir di Surabaya dan akan dikibarkan dalam upacara peringatan HUT Jatim oleh Pemprov Jatim pada 12 Oktober 2022.(stm/eko)
30 September 2022
Tertabrak Truk, Pemotor Asal Plosoklaten Kediri Meninggal Dunia
Radio ANDIKA – Akibat tertabrak truk saat hendak naik ke badan jalan, CHOERIYAH, pengendara sepeda motor Honda Revo AG 3855 EAE asal Plosoklaten Kediri meninggal dunia. Korban mengalami luka serius pada punggungnya. Insiden terjadi pada Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 07.00 WIB di jalan umum Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.
 
IPDA HERU PRASETYO Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya sepeda motor Honda Revo yang dikendarai CHOERIYAH berjalan dari Plosoklaten arah Wates. Sampai di lokasi kejadian, CHOERIYAH hendak naik ke badan jalan. Baru sampai di atas badan jalan, korban kemudian ditabrak truk nopol AG 9436 EA yang dikemudikan MU’IN, warga Badas Kediri dari arah belakang.
 
Dalam insiden ini, CHOERIYAH mengalami luka serius dan meninggal dunia. Korban dievakuasi ke RS Bhayangkara Kota Kediri.(stm/eko)
30 September 2022
Mendahului Bus Dari Arah Kiri, Pemotor Asal Sidoarjo Meninggal
Radio ANDIKA – Gara-gara mendahului bus dari sebelah kiri, pemotor meninggal dunia setelah terjatuh usai berserempetan dengan motor lain dan terlindas bus. Insiden terjadi pada Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 07.00 WIB di Jalan Letjen Sutoyo Desa Medaeng Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.
 
IPTU ONY Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan insiden melibatkan 3 kendaraan masing-masing sepeda motor Honda nopol W-3917-NDJ dikendarai SUPRAMONO, 52 tahun warga Waru Kabupaten Sidoarjo, bus Jaya Utama nopol L-7192-UB dikemudikan SUDARJI, 52 tahun, warga Rembang Jawa Tengah dan sepeda motor yang tidak diketahui nopol dan identitasnya karena melarikan diri.
 
IPTU ONY menjelaskan insiden bermula saat sepeda motor yang dikendarai SUPRAMONO berjalan dari Krian ke Medaeng. Sesampainya di TKP, SUPRAMONO berusaha mendahului bus Jaya Utama yang melaju searah dari sebelah kiri. Diduga kurang berhati-hati, sepeda motor korban bersenggolan dengan sepeda motor yang tidak diketahui nopol dan identitasnya sehingga korban terpental ke kanan tepat dibawah roda bus sebelah kiri. Korban terlindas roda kiri belakang bus hingga terluka parah.
 
Akibatnya, SUPRAMONO meninggal dunia di lokasi kejadian. Kasus ini ditangani Unit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo.(stm/eko)
30 September 2022
 Susun Strategi Persiapan Evaluasi Smart City, Diskominfo Kota Kediri Gelar Rakor Bersama OPD
Radio ANDIKA - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar rapat koordinasi bersama OPD pengampu 6 pilar atau dimensi Smart City di Ruang Rapat Dinas Kesehatan. Rapat koordinasi tersebut merupakan bentuk keseriusan Pemkot Kediri dalam mewujudkan komitmen gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City).

Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri APIP PERMANA yang menjadi pemimpin rapat koordinasi tersebut mengatakan, acara ini dilakukan guna memetakan rencana sekaligus memantapkan langkah dan strategi dalam persiapan mengikuti evaluasi Smart City tahun 2022 yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo awal Oktober mendatang.

Berdasarkan surat dari Kemenkominfo, evaluasi Smart City tahun 2022 akan dilakukan pada 5 Oktober. Walaupun ini kegiatan tahunan, tapi semua pihak tetap harus mempersiapkan diri. Ditambah lagi Smart City juga masuk dalam RPJMD dan ada target dari Pemerintah Kota Kediri yang harus dicapai, yakni sebesar 3,4.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas pula terkait program unggulan Quickwin dalam enam dimensi Smart City yang akan menjadi prioritas. Program unggulan tersebut di antaranya Smart Goverment dengan inovasi aplikasi E-SPTPD, Smart Environment dengan inovasi Bank sampah, Smart Branding dengan inovasi Prodamas Plus, Smart Economy yang mengusung Kurnia, Smart Living dengan pelayanan Homecare, dan Smart Society tentang inovasi English massive.

APIP menekankan, keberhasilan Smart City bukan hanya ditentukan oleh satu pihak namun merupakan tanggungjawab bersama yang harus dijalankan dengan baik. (atc/nur)
30 September 2022
BPS Kota Kediri Berdayakan Masyarakat Kelola Tanaman Agribisnis
Radio ANDIKA - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri mengajak Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera di Kelurahan Burengan Kecamatan Pesanten Kota Kediri untuk menanam 1000 bibit cabai di Kampung Agribisnis. Bibit cabai tersebut merupakan sumbangan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri.

LILIK WIBAWATI, Kepala BPS Kota Kediri mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengikuti arahan Menko Kemaritiman dan Investasi agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pertanian.

LILIK menjelaskan, fenomena kenaikan harga komoditas cabai saat ini salah satunya disebabkan karena minimnya pasokan cabai, sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan semua masyarakat. Oleh sebab itu, melalui kegiatan yang bertajuk Statistik Berkualitas, Bangsa Sejahtera tersebut, BPS Kota Kediri mengajak semua masyarakat untuk menumbuhkan gerakan menanam tanaman pertanian di pekarangan rumah.

Sementara itu, ADI SUTRISNO, Lurah Burengan menjelaskan bahwa lahan yang kini disulap menjadi Kampung Agribisnis tersebut merupakan tanah aset Pemerintah Kota Kediri yang dikelola KWT Bangun Sejahtera.

Melalui Sensus Pertanian, data yang tersaji dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani. Guna mendukung kesuksesan program tersebut pihaknya terus meningkatkan kolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kominfo, serta TPID Kota Kediri.(atc/nur)
30 September 2022
Usai Tabrak Pesepeda Pancal, Sedan Hantam Pohon di Kedungwaru Tulungagung
Radio ANDIKA – Mobil sedan yang dikemudikan warga Campurdarat ringsek parah di bagian depan usai menghantam pohon di Jalan Pahlawan Tulungagung. Sebelumnya sedan tersebut menabrak pesepeda pancal. Insiden terjadi pada Jumat 30 September 2022 sekitar jam 05.45 WIB.

AKP EDY SANTOSA Kapolsek Kedungwaru Polres Tulungagung kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya SUMARYANTO mengemudikan Mitsubishi Eterna nopol AG 546 YH dari Kediri ke Tulungagung. Di depannya, melintas sepeda pancal dikayuh seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya. Sesampainya di selatan Masjid Baiturrohman Kecamatan Kedungwaru, SUMARYANTO diduga mengantuk sehingga menabrak pesepeda pancal. Selanjutnya sedan menghantam pohon yang berada di pinggir jalan.

Dalam insiden ini, kata AKP EDY SANTOSO, mobil mengalami kerusakan di bagian depan sedangkan pengemudinya tidak terluka. Sementara, kondisi sepeda pancal rusak berat dan pengayuhnya mengalami luka. Selanjutnya, korban dibawa ke RSUD dr. Iskak Tulungagung untuk mendapatkan perawatan. (nur/hil)
30 September 2022
PLN UP3 Kediri Lakukan Upaya-Upaya Pengamanan Jaringan Listrik
Radio ANDIKA - PLN UP3 Kediri terus berkomitmen melakukan upaya-upaya pengamanan jaringan listrik yang meliputi 11 Unit Pelayanan Pelanggan. Pengamanan tersebut untuk memastikan keandalan listrik bagi para pelanggan. Salah satu langkah yang ditempuh adalah perabasan pohon di dekat jaringan listrik, pemeliharaan peralatan jaringan listrik, dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya layang-layang yang marak mengenai jaringan PLN.

Kegiatan pengamanan jaringan listrik ini diawali inspeksi jaringan untuk mengetahui kondisi jaringan serta Right Of Way (ROW) disekitarnya.

Manager PLN UP3 Kediri, EDI CAHYONO mengatakan kegiatan ini  sebagai bentuk pengendalian preventif dengan harapan keandalan listrik tetap terjaga demi kenyamanan pelayanan kepada pelanggan,

“Ganggauan yang disebabkan oleh layang layang, ranting dan batang pohon akan sangat berdampak pada supply listrik ke masyarakat, jadi kita selalu mengingatkan jarak aman antara jaringan listrik dengan pepohonan, bangunan atau benda asing lainnya adalah 3 meter,” paparnya

PLN mengharapkan kerjasama masyarakat untuk dapat memberikan informasi melalui contact center PLN 123 atau aplikasi PLN mobile apabila menemui pohon atau benda asing yang bersentuhan dengan jarigan listrik, sehingga potensi gangguan dapat segera kita tangani. (adv/nni)
30 September 2022
Sopir Mengantuk, Truk Bermuatan Pakan Ternak Terguling di Ngantru Tulungagung
Radio ANDIKA – Diduga pengemudi mengantuk, truk bermuatan pakan ternak masuk ke parit dan terguling di Jalan Raya Ngantru Tulungagung. Insiden lalu lintas tersebut terjadi di Desa Kepuhrejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, pada Jumat 30 September 2022 sekitar jam 04.30 WIB.

AKP SUMAJI Kapolsek Ngantru Polres Tulungagung kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya truk gandeng nopol AG 8633 UV bermuatan pakan ternak melaju dari Kediri ke Tulungagung dengan kecepatan sedang. Truk itu dikemudikan TRIMO, warga Kedungwaru, Tulungagung. Sesampainya di TKP, TRIMO diduga mengantuk sehingga truk keluar dari badan jalan kemudian masuk ke parit di tepi jalan.

AKP SUMAJI menambahkan, akibat kecelakaan ini, bagian depan truk terguling dan muatan pakan ternak tumpah di jalan. Sedangkan TRIMO mengalami luka ringan. (nur/hil)
30 September 2022
Polres Kediri Ringkus Pengedar Narkoba Lintas Pulau Asal Kepung
Radio ANDIKA - Satresnarkoba Polres Kediri sukses membekuk dua pengedar narkoba lintas pulau asal Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Dari tangan kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan narkotika jenis sabu seberat 47,08 gram, ganja seberat 3,58 gram dan 13.000 butir pil jenis Dobel L.

AKP RIDWAN SAHARA, SH Kasat Resnarkoba Polres Kediri sewaktu On Air di Radio ANDIKA mengatakan, pelaku pertama yang diamankan berinisial AP, 19 tahun, seorang buruh tani asal Desa Kencong Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Setelah menangkap AP, polisi melakukan pengembangan dan menangkap pelaku kedua, berinisial SH alias ARI, 20 tahun, warga Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

AKP RIDWAN menambahkan, seluruh barang haram tersebut diperoleh SH dari seorang pengedar asal Denpasar, Bali berinisial M. Lalu SH mengambil barang tersebut ke Bali dan mengedarkannya di wilayah Kediri. Seluruh transaksi dikendalikan dan atas instruksi M yang berada di Bali. Atas perannya tersebut, SH diberikan upah sebesar Rp5 juta rupiah dan diperbolehkan mengonsumsi sabu-sabu yang dibawanya secara cuma-cuma. Saat ini, kedua pelaku menginap di jeruji besi tahanan Polres Kediri. (nur/adr)


 
29 September 2022
Truk Patah As di Badas Kediri, Muatan Triplek Tumpah
Radio ANDIKA - Truk tandum box nopol L-8661-UC bermuatan triplek mengalami patah as di Jalan umum Desa/ Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, Kamis 29 September 2022 sekitar jam 19.00 WIB. Akibatnya, tumpukan triplek tumpah ke jalan.
 
Menurut IPDA HERU PRASETYO Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri yang dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden ini berawal saat truk yang dikemudikan JONI, warga Desa Sambirejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri berjalan dari Badas menuju Pare. Sampai di lokasi kejadian, truk mengalami patah as belakang. Akibatnya, muatan berupa triplek tumpah ketika posisi truk miring.
 
IPDA HERU PRASETYO menambahkan tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam insiden ini.(stm/eko)


Page 3 of 1813      < 1 2 3 4 5 >  Last ›