Berita- Info ANDIKA

12 February 2015
Setahun gunung kelud meletus , AJI Kediri menggelar workshop dan pameran foto .
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Guna mengetahui perkembangan rehabilitasi Pasca letusan gunung kelud setahun yang lalu , aliansi jurnalis independen (AJI) Kediri menggelar workshop dan pameran foto di basemen Simpang Lima Gumul (SLG), kamis pagi. Dalam pameran foto yang dipamerkan di lorong SLG ini, ada sekitar 80 foto, baik kejadian maupun dampak dari letusan gunung kelud. Menurut ketua AJI Kediri Afnan Subagio, workshop ini sengaja digelar dengan mengundang rekan jurnalis, relawan maupun warga yang terkena dampak letusan kelud, untuk mengetahui segala kekurangan dari proses rehabilitasi pasca terjadinya letusan kelud 13 februari 2014 lalu.

Diharapkan dengan workshop ini, semua pihak akan mengetahui segala kekurangan atau kerusakan yang belum dilakukan perbaikan. Sementara untuk pameran foto bertujuan, agar masyarakat bisa mengetahui betapa dahsyatnya letusan kelud 1 tahun lalu itu. Untuk diketahui, dalam pembukaan workshop, kamis siang ini, dibuka oleh wakil gubernur jawa timur saifullah yusuf dan juga dihadiri wakil bupati masykuri. (Anto)
12 February 2015
Di duga menggunakan SIM palsu, seorang sopir asal dusun Widoyoko desa Kamulan kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek diamankan polisi.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Yoyok Edi Purwanto (30) seorang sopir asal asal dusun widoyoko desa kamulan kecamatan durenan kabupaten trenggalek harus berurusan dengan pihak yang berwajib atas dugaan melakukan pemalsuan Surat ijin menegmudi (SIM). peristiwa bermula, saat petugas polres kediri kota melakukan razia kemdaraan bermotor di wilayah jalan mojo kabupaten kediri. Saat petugas menghentikan kendaraan truk roda enam, pada saat melakukan pemeriksaan, petugas menemukan sebuah SIM B1 umum yang diduga palsu.

Mengetahui hal itu, petugas langsung mengamankan pelaku berikut barang bukti ke sat reskrim polres kediri kota guna proses hukum lebih lanjut. Kasubag humas polres kediri kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan untuk mengetahui asal usul pembuatan SIM yang duduga palsu itu. (Anto)
12 February 2015
Ratusan hektar tanaman padi di kabupaten Kediri rusak akibat terserang hama wereng coklat.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Puluhan petani di desa Srikaton, kecamatan Papar, kabupaten Kediri, rabu pagi melakukan gerakan pembasmian hama wereng secara massal. Serangan hama wereng jenis coklat di wilayah ini telah merusak sedikitnya 600 hektar tanaman padi petani. Pembasmian hama wereng dilakukan dengan cara menyemprotkan pestisida. Penyemprotan ini dilakukan secara langsung ke bagian tanaman yang terserang hama wereng, khususnya bagian batang tanaman.

Petani juga mencabut bagian tanaman yang sudah membusuk dan mati akibat terserang wereng. Menurut Ponari ketua kelompok petani, wereng coklat mulai menyerang tanaman padi mereka sejak seminggu terakhir. Hama sejenis ulat ini memakan batang padi hingga menyebabkan batang membusuk dan mati. Apabila di biarkan hanya dalam kurun waktu seminggu, petani yakin tanaman padi telah ludes dan terjadi puso. (Anto)
12 February 2015
Banjir yang melanda wilayah ibu kota Jakarta menyebabkan harga komoditi cabe di kabupaten Kediri mulai merangkak naik.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Para petani di wilayah kecamatan Pagu, kabupaten Kediri mulai memanen cabe mereka, setelah sebelumnya membiarkan hasil produksi cabe bertahan di lahan pertanian. Panen raya ini dilakukan usai mengetahui harga komoditi cabe di pasaran merangkak naik, akibat banjir yang terjadi di ibu kota Jakarta. Panen raya cabe dilakukan oleh para petani dengan melibatkan sejumlah tenaga buruh tani.

Pelibatan buruh tani dimaksudkan agar panen berlangsung cepat. Meningkat, hasil produksi cabe mereka, kini mulai membusuk dan mengering akibat musim penghujan. Amini salah seorang petani mengaku, harga cabe rawit mulai naik sejak dua hari terakhir. Jika sebelumnya harga cabe rawit sebelumnya 5rb rupiah per kilogram, kini menjadi 7rb 5 ratus rupiah per kilogram. Kenaikan harga cabe rawit ini disebabkan oleh bencana banjir yang terjadi di Jakarta, sehingga pedagang rame-rame mendistribusikan dagangan cabe ke ibu kota. (Anto)
11 February 2015
Jalan rusak, desa harus tarik retribusi truk galian c
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Komisi C DPRD Kabupaten Kediri menganjurkan pada desa desa di wilayah Kabupaten Kediri yang menjadi rute truk galian C untuk membuat peraturan desa (Perdes) yang mengatur tentang retribusi truk galian C. Sebab truk tersebut mengakibatkan jalan berlobang dan rusak parah. Kondisi ini tentu sangat merugikan warga desa yang jalan di desanya dilewati truk galian C.

 Muhaimin anggota Komisi C DPRD Kabupaten Kediri mengatakan, desa harus mempunyai Perdes yang mengatur retribusi truk galian C. Karena selama ini perbaikan jalan seakan percuma sebab kembali rusak akibat dilalui truk. (Anto)
11 February 2015
Sebuah terminal di kabupaten Kediri mangkrak di operasionalkan
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Sub terminal Simpang Lima Gumul, SLG, mangkrak tidak di operasionalkan, sejak awal didirikan. Tempat pemberhentian bus dan kendaraan umum ini kini tidak terawat dan hanya dijadikan sebagai tempat berpacaran dan bolos bagi para pelajar.

Menurut Bambang, salah satu warga, sub terminal SLG sudah tidak beroperasi mulai sekitar tahun 2009 silam. Kendaraan angkutan umum banyak tidak bersedia masuk ke terminal, karena rutenya jauh dan sepi dari penumpang. (Anto)
11 February 2015
Polres Kediri Kota Amankan puluhan Botol Minuman keras
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Polres Kediri Kota, berhasil mengamankan Anisa warga Desa Sumberduren Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, karena menjual minuman keras. Penangkapan terhadap Anisa bermula, atas laporan dari masyarakat, jika warung Anisa diwilayah Desa Sumberduren berjualan minuman keras. Kemudian, polisi melakukan penyelidikan dan mengselrebek warung milik Anisa.

Polisi, m warung milik Anisa. Polisi, menemukan 88 botol minuman keras berbagai merk. Bersama barang bukti, Anisa dibawa ke Polres Kediri Kota. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihaknya menghimbau pada masyarakat, untuk tidak berjualan miras, karena tetap dilakukan proses hukum. (Anto)
11 February 2015
 Pinjam sepeda Motor Teman, Digadaikan
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Eko Santoso warga Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri, melapor ke polisi karena menjadi korban penipuan dan penggelapan. Kejadian itu bermula saat Bertha Setyawati warga Kelurahan Kemasan Kota Kediri, mendatangi rumah eko untuk meminjam sepeda motor Eko Yamaha Vixion AG 3928 BG, dengan alasan untuk digunakan sekolah anak Bertha selama 2 hari. Setelah 2 hari, Eko menanyakan sepeda motornya pada Bertha.

Namun, Bertha menjawab jika sepeda motor Eko sudah digadaikan pada orang lain. Karena merasa dirugikan, Eko melapor ke polisi. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan,   pihaknya masih melakukan serangkaian penyelidikan atas kasus itu. (Anto)
10 February 2015
Polres Kediri Kota, Tangkap 2 Pengedar Sabu-sabu
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Satuan Reskoba Polres Kediri Kota, berhasil menangkap 2 pengedar narkoba jenis sabu-sabu. Kedua pelaku bernama Muhammad Yunus warga Kelurahan Miji Kecamatan Prajurit kulon Kota Mojokerto, yang ditangkap polisi saat berada di Kelurahan Semampir Kota Kediri. Dari tangan Yunus polisi menyita barang bukti berupa 5,76 gram sabu-sabu, dan 1 buah Hp.

Kemudian, polisi juga menangkap Ahmad Budiarto warga Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yang ditangkap di tempat yang sama. Dari tangan Ahmad, polisi menyita barang bukti 10,25 gram sabu-sabu, dan 1 buah Hp. Kasubag Humas Polres Kediri AKP Ahmad Iskandar mengatakan, Kedua pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polres Kediri Kota, guna proses hukum lebih lanjut. (Anto)
10 February 2015
Jual Mobil Kreditan, warga Ngasem dilaporkan ke polisi
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Muhammad Yasin, warga Desa Karangrejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dilaporkan pihak finance ke polisi, karena diduga telah menjual mobil kreditan. Kejadian itu bermula, saat pihak finance menagih angsuran pada Yasin karena angsurannya macet.

Tetapi, Yasin telah menjual mobil Honda CRV AG 1293 RO pada orang lain. Karena merasa dirugikan, pihak finance melaporkan Yasin ke polisi. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus itu. (Anto)
Page 51 of 623     ‹ First  < 49 50 51 52 53 >  Last ›