Berita- Info ANDIKA

13 May 2017
Santunan Kecelakaan Naik 2 Kali Lipat PT Jasa Raharja tahun ini menaikkan nilai santunan asuransikecelakaan transportasi umum dan korban kecelakaan lalu lintas sebesar dua kali lipat. Kenaikan jumlah santunan itu tanpa menaikkan iuran wajib dan sumbangan wajib.

Hal tersebut ditandai dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 dan 16 Tahun 2017 pada 13 Februari 2017 dan akan mulai berlaku secara efektif pada 1 Juli 2017.

Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perubahan pada faktor kebutuhan hidup dan inflasi, antara Iain kenaikan biaya rumah sakit, obat-obatan, dan kenaikan biaya penguburan.

"Rasio kecukupan keuangan perusahaan saat ini memungkinkan adanya kenaikan jumlah santunan, tanpa diikuti kenaikan iuran dan sumbangan wajib. Sehingga jika dana klaim meningkat dua kali lipat tahun ini, hal itu tidak menjadi masalah," ujar Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso.

Selain peningkatan nilai santunan, Jasa Raharja juga memberikan manfaat baru berupa penggantian biaya pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan penggantian biaya ambulans.

"Ini dilakukan agar masyarakat yang menolong orang yang mengalamikecelakaan mendapatkan kepastian penggantian dana jika membawa korban ke rumah sakit menggunakan dananya terlebih dahulu," tutur Budi.(jpnn-ink)
 

13 May 2017
Menjelang Masuk Bulan Puasa, Pemerintah Jaga Harga Bahan Pokok Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan beberapa harga dan jumlah stok komoditas pangan pokok berada dalam kondisi yang normal jelang Ramadhan tahun ini.

"Beras cadangan kita lebih. Cukup untuk 8 hingga 9 bulan untuk nasional. Harganya stabil," kata Enggar selepas inspeksi mendadak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 12 Mei 2017.

Sementara untuk gula, ujar Enggar, Badan Urusan Logistik akan menjual dalam kemasan 50 kg dan 1 kg. "Bulog akan menjual ke pasar dalam kemasan 50 kg seharga 11.300, dan untuk perkilo dengan harga 11.900," kata dia. 

Hal tersebut, kata dia, dilakukan untuk menjaga harga maksimum gula merk apapun agar tidak melebihi Rp 12.500. Sejauh ini harga dan stok gula di ritel modern terjaga sesuai arahan pemerintah. "Namun, di pasar tradisional memang ada yang memasang harga lebih tinggi, karena saya belum bisa memaksa turun," kata dia. 

Untuk harga cabai rawit merah yang pernah meroket ke Rp 160 ribu, kini bertengger di Rp 40 ribu. "Memang kemarin ada sedikit kenaikan dalam satu minggu, Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu, rata-rata. Tapi segera akan kembali lagi harga cabai ini," ujar dia. 

Pemerintah juga sedang meningkatkan produksi minyak goreng kemasan sederhana untuk menekan harga jual konsumen pada nominal Rp 11 ribu. "Ini akan mendorong ke bawah harga minyak goreng curah pada Rp 10.500, dan berlaku terus tidak hanya di dalam bulan Ramadan saja," ujar dia. 

Selain minyak goreng, pemerintah juga sedang menambah stok daging beku seingga dapat tersedia baik di pasar tradisional dan ritel modern dengan harga Rp 80 ribu. 

Namun, untuk harga bawang merah, Enggar justru khawatir harga komoditas ini merosot terlalu rendah. sehingga dia membiarkan harga bawang merah agar sedikit naik. "Kami juga menugaskan Bulog untuk membeli dengan harga yg lebih tinggi. Karena kalau tidak maka petani yang akan dirugikan," kata dia. 

Enggartiasto juga mengecam spekulan-spekulan yang dikhawatirkan dapat memengaruhi harga komoditas-komoditas itu. "Spekulan jangan berani mencoba-coba untuk tahun ini. Kami akan tindak tegas," kata dia.(tempo-ink)
13 May 2017
KAI Tingkatkan Layanan Pembelian Tiket PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan inovasi mengikuti perkembangan teknologi demi kepuasan pelanggannya.

Salah satu inovasi yang dikembangkan yakni pemesanan tiket melalui channel resmi KAI selain di loket stasiun.
Tercatat ada dua channel resmi dari KAI berbasis internet yang bisa digunakan oleh penumpang untuk melakukan pemesanan tiket KA, yakni melalui website (tiket.kai.id) dan mobile application (KAI Access).

Dengan adanya dua channel ini sejalan dengan penerapan sistem ticketing online, di mana pemesanan tiket dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan (H-90) sehingga memudahkan penumpang merencanakan kepergiannya.

"Sejalan dengan visi PT KAI yang ingin senantiasa meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, maka per 1 Mei 2017 batas waktu pemesanan tiket di kedua channel resmi tersebut dimaksimalkan menjadi 6 jam sebelum keberangkatan KA," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto.

Di mana sebelumnya pelanggan bisa memesan tiket KA melalui website KAI, hanya bisa dilakukan dua hari sebelum keberangkatan KA (H-2 /48 jam sebelum keberangkatan KA).

Sedangkan bila melalui mobile application KAI Access, sebelumnya hanya bisa memesan 10 jam sebelum keberangkatan KA.
"Inovasi ini tentunya kami lakukan demi peningkatan pelayanan dan kepuasan para pelanggan," tandas Suprapto.(jpnn-ink)
 

12 May 2017
Tragis! Tak Sanggup Bayar Rp 1,650 Juta, Pelajar MTS DO Hanya gara-gara tidak sanggup membayar uang pembelian buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan amal jariyah, seorang pelajar kelas 1 MTs Negeri di Kabupaten Kediri gagal mengikuti ujian kenaikan kelas. 

Pelajar dari keluarga kurang mampu ini terpaksa menandatangani surat keterangan drop out atas pertimbangan ekonomi orang tuanya.

Pelajar bernasib malang ini adalah Bayu Wahyudi Pratama, siswa kelas 1 MTsN Kandat. Sejak Kamis kemarin, putra semata wayang Ramidi ini sudah tak bersekolah. 

Orang tuanya terpaksa menandatangani surat pengunduran diri anaknya karena tak sanggup membayar iuran sebesar Rp 1,650 juta.

Iuran itu terdiri dari pembelian buku LKS semester satu Rp 486 ribu, dan semester Rp 545 ribu dan amal jariyah Rp 600 ribu. Iuran sekolah ini bersifat wajib bagi setiap pelajar sebagai syarat mengikuti ujian kenaikan kelas, pada Senin besok.

Siswa yang tidak mampu melunasi iuran sebelum pelaksanaan ujian, maka sekolah tidak akan memberikan kartu ujian. Artinya mereka terpaksa tinggal kelas. "Kalau tidak bisa bayar tidak dapat kartu ujian dan tidak boleh ikut ujian," kata Bayu ditemui di rumahnya di Dusun Ringin jejer, Desa Jejer, Kecamatan Ponggok.

Di sekolah MTsN Kandat, Bayu tercatat sebagi pelajar kurang mampu yang memegang kartu indonesia pintar (KIP). Namun, pada semester dua ini, bantuan siswa miskin (BSM) yang mestinya dapat ia gunakan untuk meringankan pembayaran biaya iuran tersebut justru tidak dapat dicairkan.

"BSM yang semester satu dulu bisa cair Rp 400 ribu, tapi sudah habis untuk bayar seragam sekolah. Tapi semester dua ini tidak dicairkan. Teman-teman dipanggil untuk pencairan, tapi saya tidak," kata Bayu.

Keputusan berat terpaksa diambil Ramidi, ayah Bayu untuk menandatangani surat pengunduran diri buah hatinya karena masalah ekonomi. Beban hidup setelah bercerai dengan istrinya dan terusir dari rumah, membuat pria 43 tahun ini hanya menggantungkan hidup dari berjualan pentol keliling. Bahkan, kini mereka hanya bisa tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran Kabupaten Blitar.

"Kalau anaknya masih ingin sekolah. Tapi saya tidak bisa berbuat banyak, karena memang tidak ada dana untuk bayar itu. Ini saja kami masih kontrak rumah satu tahun Rp 1,1 juta. Penghasilan sehari-hari untuk makan," ucapnya.

Pihak sekolah MTsN Kandat belum bisa memberikan keterangan perihal nasib salah satu siswanya dengan alasan kepala sekolah tidak ada di tempat. Adi, selaku Waka Kurikulum, mengatakan, akan segera melapor kepada kepala sekolah dan dewan guru untuk membahasnya.

Sementara itu, kini Bayu hanya bisa berharap ada kebijaksanakan dari pihak sekolah berupa keringanan biaya atau pembayaran sistem mengangsur agar ia bisa bersekolah lagi dan mengikuti ujian, Senin besok. (beritajatim-dis)
12 May 2017
KPPU Awasi 11 Komoditas Pangan Menjelang Ramadhan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mulai mengawasi 11 komoditas pangan pokok, terutama bawang putih dan telur yang harganya melambung tinggi menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2017.

Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya Aru Armando di Malang, Jawa Timur, mengatakan pihaknya mewaspadai naiknya harga bawang putih dan telur yang cukup tajam saat menjelang Ramadhan. 
 
"Dua komoditas ini mengalami kenaikan harga cukup tajam bila dibandingkan satu bulan lalu," katanya di sela acara bincang dengan jurnalis di Malang.

Pada April lalu, lanjutnya, harga bawang putih rata-rata Rp35.000 per kilogram, namun saat ini sudah menyentuh angka Rp60.000 per kilogram. Begitu juga dengan telur yang April lalu masih seharga Rp16.000 per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp20 ribu per kilogram hingga Rp22 ribu per kilogram.

Melihat kondisi tersebut, kata Aru, Kantor Perwakilan Daerah KPPU Surabaya akan melakukan survei terhadap 11 komoditas pangan pokok, yakni  beras, jagung, kedelai, daging sapi, gula, ayam, telur, cabai, bawang, terigu, dan minyak goreng.

Ia mengemukakan kenaikan sejumlah komoditas pangan tersebut bisa saja karena faktor permintaan dan pasokan, artinya terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dengan pasokan, sehingga berpengaruh pada harga komoditas tersebut.

Akan tetapi, katanya, jika kenaikan harga komoditas karena sebab lain, seperti penahanan komoditas maupun kegiatan kartel, KPPU pasti akan turun tangan menyidik, sesuai dengan kewenangan KPPU.

Selain itu, lanjutnya, KPPU juga akan melakukan survei secara khusus terhadap komoditas cabai dan daging sapi di tingkat pengepul, distrtibutor hingga pedagang. "Kami juga survei harga eceran tertinggi (HET) gula pasir, minyak goreng, daging beku dan bawang putih di pasar swalayan maupun pasar tradisional.

"Kami juga berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait, seperti BPS dan  Bulog yang tergabung dalam Satgas Pangan Polda Jatim, bahkan menggandeng jurnalis guna mensosialisasikan peran KPPU dalam upaya stabilisasi harga pangen," katanya.

Sementara itu Komisioner KPPU Sukarmi mengemukakan untuk tingkat nasional ada Satgas Pangan yang melibatkan KPPU, Kemendag, Kementan, Bulog, Kepolisian, dan lainnya. Satgas akan segera turun ke lapangan untuk memantau ketersediaan 11 komoditas pangan penting dan alur distribusinya.

"Perintah Kapolri jelas. Jika ada penimbunan, polisi harus tegas menindaknya. Sedangkan KPPU, jika ada upaya penahananan komoditas dari pedagang yang berdampak naiknya harga, komisi juga akan bertindak tegas, menyidiknya," terang Sukarmi.

Dengan cara itu ia berharap harga komoditas penting tetap wajar. Jika ada kenaikan, semata-mata karena tingginya permintaan dan adanya  momen Ramadhan serta Lebaran, bukan karena kegiatan kartel maupun penahanan komoditas.

Ia menyebutkan ciri-ciri penahanan komoditas, yakni di tingkat produksi tidak ada masalah, namun di pasar justru pasokan sedikit sehingga harganya naik. Sedangkan praktik kartel ditandai dengan kenaikan komoditas yang besarannya sama.

Hanya saja, katanya, ancaman denda bagi para pelaku kegiatan kartel masih ringan jika dibandingkan dengan skala bisnis mereka, yakni setinggi-tinginya Rp25 miliar. "Oleh karena itu, kami mengusulkan amandemen UU agar ancaman maksimal denda diubah menjadi 30 persen dari nilai penjualan produk sehingga dapat memberikan efek jera bagi pelaku," katanya.(antara-dis)
12 May 2017
Polresta Sidoarjo Minta Siswa Tidak Bawa Motor Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur meminta kepada para siswa tidak membawa kendaraan bermotor saat pergi ke sekolah jika belum cukup usia demi keselamatan berkendara di jalan raya.
 
Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Kota Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir, Jumat mengatakan, saat ini banyak siswa sekolah yang masih belum cukup umur membawa kendaraan bermotor ke sekolah.
 
"Kondisi ini cukup membahayakan karena siswa masih belum cakap dalam berkendara," katanya saat melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor di kawasan Jenggolo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus menyosialisasikan kepada masing-masing sekolah yang ada di Kabupaten Sidoarjo terkait dengan hal ini.
 
"Harapan kami para orang tua menyadari akan bahaya yang bisa ditimbulkan dan ini juga demi masa depan anak-anak mereka," katanya.
 
Ia mengatakan, lebih aman dan nyaman jika naik kendaraan umum jika dibandingkan dengan naik sepeda motor ke sekolah.
 
"Dalam operasi patuh ini kami tidak segan-segan untuk menilang kendaraan siswa yang tidak lengkap. Selanjutnya kendaraan tersebut akan kami sita," katanya.
 
Ia mengatakan, setelah kendaraan para siswa ini disita oleh petugas, pihak nya kemduian membuat surat supaya orang tua siswa tersebut mengambil kendaraan anaknya yang terkena tilang.
 
"Baru kemudian orang tua tersebut kami minta untuk membuat surat pernyataan terkait dengan membawa kendaraan bermotor ke sekolah," ujarnya.
 
Pihaknya juga meminta kepada Bupati Sidoarjo terkait masih banyaknya warga yang menyediakan lahan parkir kendaraan bagi siswa di sekitar sekolah.
 
"Pihak sekolah mengaku hal itu sudah di luar kewenangan mereka, tetapi kami kira itu mencari nafkah yang kurang berkah karena membantu anak-anak yang belum cukup umur untuk membawa kendaraan bermotor saat mereka berangkat sekolah," katanya.(antara-dis)
12 May 2017
Kecelakaan dengan korban meninggal dunia kembali terjadi di By Pass Krian Sidoarjo. Kecelakaan antara Bus Sugeng Rahayu nomor polisi W 7004 UZ dengan Truk Box nomor polisi AG 8284 RC terjadi di 100 meter sebelum traffic light By Pass Krian, arah Mojokerto sekitar jam setengah 3 sore.
 
Pengemudi Bus Sugeng Rahayu atas nama ROHMAD HIDAYAT, warga Wringinanom, Jogosari-Pandaan, Pasuruan. Sedangkan pengemudi truk box atas nama TONI HARIYONO, warga Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung.
 
Semula Bus Sugeng Rahayu melaju dari arah Surabaya menuju Mojokerto. Sesampainya di lokasi kejadian, berhenti untuk menurunkan penumpang. Kemudian di belakangnya muncul truk box dari arah yang sama. Diduga karena kurang konsentrasi, pengemudi truk box akhirnya menabrak body belakang bus hingga pengemudi truk box terjepit.
 
Menurut AIPTU AGUNG RUDHY, Ka SPKT Polsek Krian Sidoarjo akibat kecelakaan ini, pengemudi truk box, TONI HARIYONO mengalami luka cukup parah di bagian kepala, kaki dan tangan hingga meninggal dunia di lokasi kejadian.(dis)
 
12 May 2017
Kecelakaan di jalan raya Mayjen Sungkono Kota Kediri. Kecelakaan telah terjadi di jalan raya Mayjen Sungkono Kota Kediri pagi tadi. Kecelakaan ini mengakibatkan satu korban pengendara sepeda motor meninggal dunia di lokasi kejadian.

Iptu Arif, Kanit Laka Satlantas Polres Kediri Kota yang dihubungi gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kecelakaan antara sepeda motor  Honda Astrea Grand warna hitam Nopol AG-3229-JE, yang dikendarai Fitri Mariani, warga Dusun Maron Desa Maron Kecamatan Banyakan Kediri.  Dengan kendaraan mobil Toyota Avanza warna silver metalik yang dikemudikan Wahyu Setiaji, warga Jl. Gunung Agung 114 Kelurahan Dermo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.
 
Kecelakaan bermula saat Fitri mengendarai sepeda motornya sendirian berjalan dari Jl. Semampir Gang 2 Kecamatan Kota Kediri atau dari arah timur ke barat kemudian berbelok kekanan atau ke arah utara dan menyeberang jalan tanpa tengok ke selatan kemudian berpindah lajur sebelah kiri Jl. Mayjen Sungkono Kota Kediri. Saat bersamaan berjalan lurus kendaraan mobil Toyota Avanza dari arah selatan menuju Jl. Raya Mayjend Sungkono.  Karena jarak kedua kendaraan sudah dekat akhirnya kecelakaan tidak dapat dihindari.
 
IPTU Arif  menambahkan, akibat kecelakaan ini  Fitri meninggal dunia dilokasi kejadian. Selanjutnya jenazah dibawa ke RS. Gambiran Kota Kediri.  (ikj)
12 May 2017
Ditinggal ke Mushola, Dapur Rumah Warga Pojok Kota Kediri Terbakar Telah terjadi kebakaran di rumah milik Pak SUKIR, warga Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, jam 5 pagi tadi. ADI SUTRISNO Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri mengatakan, yang terbakar adalah bagian dapur rumah.

Awalnya, sebelum berangkat ke mushola terdekat untuk sholat berjamaah, Pak SUKIR merebus air di tungku. Belum selesai merebu air, Pak SUKIR pergi ke mushola terdekat. Namun, saat pulang, diketahui dapur rumahnya terbakar. Pak SUKIR bersama dengan warga setempat dan dibantu oleh BPBD Kota Kediri berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Hampir setengah jam, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materil sekitar 10 juta.

ADI mengatakan, BPBD akan memberikan bantuan logistik pada Pak SUKIR atas kejadian ini. (mif)
12 May 2017
Juventus Bertemu Real Madrid Di Final, McManaman: Ini Yang Diinginkan Banyak Orang Pertandingan final Liga Champions 2016-2017 yang mempertemukan antara Real Madrid kontra Juventus, dinilai mantan pemain Madrid, Steve McManaman, sebagai final yang diingankan banyak orang. Hal itu bukan tanpa alasan mengingat skuad bintang yang dimiliki kedua kesebelasan dan penampilan impresif mereka sepanjang musim ini.

McManaman menjelaskan bahwa bukan berarti, baik dirinya maupun pihak lain, tidak menghargai kedua semifinalis lainnya, AS Monaco dan Atletico Madrid. Pria Inggris itu mengaku menghargai kedua semifinalis tersebut yang dinilainya telah berhasil tampil gemilang.

“Anda tidak ingin untuk tidak menghormati Monaco atau Atletico Madrid, yang telah tampil hebat di turnamen. Namun, ini adalah final yang banyak orang inginkan,” jelas McManaman, menyadur dari Express, Jumat (12/5/2017).

McManaman memperkirakan bahwa partai final akan berlangsung ketat. Pasalnya, ia menilai kedua kesebelasan memiliki sejarah yang besar dan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi.

“Ini benar-benar laga yang berkualitas, dua tim memiliki banyak sejarah. Ini akan menjadi final yang brilian,” tukas McManaman.(okezone-ink)

Page 51 of 750     ‹ First  < 49 50 51 52 53 >  Last ›