Berita- Info ANDIKA

28 April 2010
Kabag Humas : Harga Bawang Putih Naik Karena Gagal Panen

ANDIKA FM, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, belum berencana mengelar operasi pasar, meski harga bawang putih dan bawang merah di pasaran melambung  tinggi.

 

Harga bawang putih yang semula 12 ribu rupiah per kilogram, kini naik menjadi 20 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan untuk bawang merah, per kilogram, sebelumnya 10 ribu rupiah, menjadi 18 ribu rupiah. Kenaikan tersebut, berlaku di berbagai pasar baik di Kota maupun Kabupaten Kediri. Eko Setiono, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri mengatakan, operasi pasar belum direncanakan, karena kenaikan tersebut diduga akibat gagal panen.

 

Kata Eko Setiono, karena gagal panen dan permintaan di pasaran tinggi, harga bawang merah dan bawang putih melambung tinggi. Pemerintah Kabupaten Kediri, menganjurkan pada para petani untuk menanam dengan kualitas yang lebih unggul.(Anto Kristian)

28 April 2010
Penyangga Hilang, Jembatan Sungai Brantas Ditutup

ANDIKA FM, Kediri - Jembatan Sungai Brantas yang menghubungkan Kota dan Kabupaten Kediri ditutup total, karena salah satu penyangganya hilang akibat derasnya arus sungai.

 

Jembatan Sungai Brantas yang satu sisi berada di Kelurahan Mrican dan satu sisi lagi berada di Desa Jongbiru Kabupaten Kediri, ditutup total sekitar jam 6 selasa petang. Penutupan jembatan itu, atas inisiatif warga sendiri, yang mengetahui jembatan melengkung karena salah satu dari 12 penyangga jembatan hilang dan tenggelam ke dasar sungai akibat derasnya arus sungai. Hilangnya penyanga jembatan itu, dikarenakan tidak kuat menahan tumpukan bambu yang menyangkut di badan penyangga jembatan. Bahkan beban tumpukan bambu semakin berat setelah ada 4 perahu penambang pasir  yang ikut tersangkut. Titong warga setempat mengatakan, karena rawan roboh, warga berinisiatif menutup akses jembatan.

 

Selasa sore, hujan lebat mengguyur wilayah Kediri Raya sekitar 5 jam yang mengakibatkan volume air Sungai Brantas bertambah. Selain itu, angin puting beliung dan banjir juga terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Kediri. (Hadi Kusuma)

28 April 2010
KPUD  Awasi Pencetakan Surat Suara

ANDIKA FM, Kediri - Petugas sekretariat KPUD Kabupaten Kediri, bersama 2 personil kepolisian, melakukan pengawasan pencetakan surat suara di PT Hafamira Klaten.

 

Dua petugas sekretariat KPUD bersama dengan 2 petugas kepolisian Polres Kediri, akan berangkat ke PT Hafamira Klaten, untuk mengawasi pencetakan surat suara. Direncanakan, PT Hafamira melaporkan proses percetakan ke KPUD Kabupaten Kediri, 2 kali dalam sehari. Laporan tersebut, dijadwalkan antara jam 7 pagi hingga jam 12 siang, serta jam 12 siang hingga jam 5 sore. Muhammad Samsuri, Anggota KPUD Kabupaten Kediri mengatakan, pelaporan tersebut difungsikan untuk mengetahui jumlah surat suara yang dicetak dalam sehari.

 

Masih kata Muhammad Samsuri, dipastikan surat suara sudah siap pada hari pencoblosan nantinya. Karena dalam proses pencetakan, pengawasan dari KPUD Kabupaten Kediri dilakukan langsung ke PT Hafamira Klaten.(Anto Kristian)

28 April 2010

ANDIKA FM, Kediri - Walikota Kediri Samsul Ashar mengaku cukup puas dengan hasil Ujian Nasional (UN) para siswa SMA di Kota Kediri, namun berharap pada tahun depan lebih ditingkatkan lagi.

 

Meski Ujian Nasional 2010 merupakan ujian kejujuran dan standar kelulusannya telah dinaikkan, namun jumlah murid yang lulus dan perolehan nilai tertinggi siswa mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Dari 4 ribu 425 siswa peserta Ujian Nasional 2010 untuk tingkat SMA, 4 ribu 96 siswa lulus dan 329 siswa dinyatakan tidak lulus. Dengan demikian  presentase angka kelulusan 92 koma 56 persen dan tidak lulus hanya 7 koma 43 persen. Dengan hasil ini, Walikota Samsul Ashar mengaku cukup puas.  Pihaknya akan memberikan perhatian yang lebih besar lagi dalam bidang pendidikan, agar kualitas anak didik tahun depan bisa meningkat.

 

Hasil Ujian Nasional 2010 untuk tingkat SMA diumumkan pada Senin 29 April lalu. Meski masih diwarnai aksi corat-coret baju, tetapi perayaan kelulusan di Kota Kediri berjalan aman dan kondusif. (Hadi Kusuma)

28 April 2010

ANDIKA FM, Kediri - Karena menjadi korban pencurian sepeda motor, Agus Supriyanto warga Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, melapor ke Polsekta Pare.

 

Aksi pencurian menimpa Agus, sekitar jam 5 sore waktu Agus baru datang dari bepergian. Agus memarkir sepeda motornya Yamaha Jupiter Z Nopol AG 2350 DT, di teras rumahnya. Kemudian pada malam harinya, Agus bermaksud memasukkan sepeda motornya ke dalam rumah, namun sudah tidak ada. Agus sempat mencari dan bertanya pada tetangga, namun tidak ada yang tahu. Merasa menjadi korban pencurian, Agus melaporkan kejadian tersebut ke Polsekta Pare.

 

Petugas, langsung melakukan pengejaran dan penyelidikan guna menangkap pelaku pencurian. Petugas juga menghimbau warga, agar memasang kunci pengaman ganda pada sepeda motornya. Akibat menjadi korban pencurian, Agus menderita kerugian sebesar 10 juta rupiah.(Anto Kristian)

28 April 2010

ANDIKA FM, Kediri - Hujan deras disertai angin kencang pada Selasa sore, mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan beberapa warung di Kecamatan Ngadiluwih roboh.

 

Hujan deras yang mengguyur Kota dan Kabupaten Kediri selama 5 jam, membuat pohon di wilayah Ngadiluwih tumbang termasuk yang berada di sepanjang Jalan Raya Ngadiluwih. Bahkan beberapa warung berdinding anyaman bambu roboh, serta air banjir setinggi lutut orang dewasa menggenang dan mengganggu jalannya arus lalu lintas. Rabu pagi, warga kerjabakti bergotong royong membersihkan puing puing warung yang berserakan, dan membersihkan ranting serta dahan pohon tumbang yang menimpa kabel telepon. Eko Setiono, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri mengatakan, melalui Dinas PU, Pemerintah Kabupaten Kediri sudah mendatangkan alat berat, untuk membantu warga menyingkirkan pohon pohon besar yang tumbang.

 

Sementara itu, PLN wilayah Kediri selatan, berencana melakukan pemadaman listrik pada kamis jam 9 pagi, hingga jam 2 siang meliputi wilayah Kecamatan Ngadiluwih dan Kandat. Pemadaman dimaksudkan untuk pemeliharaan dan perbaikan isulator listrik. (Anto Kristian)

28 April 2010

ANDIKA FM, Blitar - Engki Adi Saputra, warga Desa Tlumpu Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, dilaporkan ke Polresta Blitar karena diduga melakukan pencabulan terhadap tetangganya sendiri.

 

Aksi pencabulan dilakukan Engki terhadap LS tetanganya. Waktu itu, sekitar jam 12 siang, Engki menjemput LS di sekolah dan diajak ke rumah Engki. Di rumah, Engki merayu LS untuk berhubungan intim dan berjanji akan menikahinya. Namun, karena LS menolak Engki tersinggung lalu memberi LS sebutir pil, hingga LS menurut diajak berhubungan intim. Tetapi aksi Engki diketahui paman LS yang kemudian melaporkannya ke Polresta Blitar.

 

Petugas yang mendapatkan laporan, langsung memanggil dan meminta keterangan Engki. Petugas berharap, kasus tersebut diselesaikan secara kekeluargaan.(Anto Kristian)

28 April 2010

ANDIKA FM, Nganjuk - Suliono, warga Desa Sendang Bumen Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, melapor ke Polsek Berbek karena menjadi korban pencurian padi.

 

Aksi pencurian yang menimpa Suliono, terjadi sekitar jam 2 pagi. Saat itu, Suliono terbangun dan hendak ke kamar mandi. Tiba tiba Suliono melihat ada seorang laki laki yang sedang mengangkat 2 karung padi yang berada di depan rumahnya. Saat pelaku sedang asyik mengangkat 2 sak padi dan dinaikkan ke atas sepedanya, Suliono langsung berteriak minta tolong. Pelaku, sempat akan kabur namun berhasil diamankan warga, yang mendengar teriakan Suliono. Petugas Polsek Berbek, yang mendapatkan laporan langsung mengamankan tersangka.

 

Dari hasil pemeriksaan petugas, didapati indentitas tersangka yaknio Usman Ali warga Kelurahan Wadungsari Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Usman, nekat melakukan pencurian karena membutuhkan uang. Saat ini, Usman masih dalam pemeriksaan di Polsek Berbek, guna proses hukum lebih lanjut.(Anto Kristian)

28 April 2010

 ANDIKA FM, Kediri - Hujan deras yang mengguyur wilayah Blitar, mengakibatkan perbukitan di Desa Semen Kecamatan Gandusari dan Desa Kalisari Kecamatan Wlingi longsor dan mengakibatkan 2 orang tewas.

 

Rabu pagi, Pemerintah Kabupaten Blitar bersama masyarakat gotong royong membersihkan material longsor yang terjadi di Desa Semen Kecamatan Gandusari dan Desa Kalisari Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Akibat longsor 2 orang warga meninggal dunia. Seorang  korban meninggal di Dusun Gencong tak jauh dari lokasi perkebunan teh. Korban tidak mampu menyelamatkan diri, saat runtuhan tanah merah perbukitan menimpa tempat tinggalnya. Satu lagi korban tewas tertimbun saat mencari sayuran pakis, dan baru Selasa malam jenazahnya ditemukan.

 

Kepala Kesbanglinmas Pemerintah Kabupaten Blitar Agus Pramono mengatakan, longsor dan banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Pemkab Blitar juga mendatangkan alat berat untuk membersihkan lumpur dari jalanan.  Masih menurut Agus, lokasi longsor berada di perbukitan, namun bukan kategori rawan bencana dan musibah ini baru pertama kalinya terjadi. (Diki Peramana)

27 April 2010
Kapolresta : Demi Kondusifitas Tetap Cekal Pertandingan Persik Di Brawijaya

ANDIKA FM, Kediri - Polresta Kediri tetap melarang laga Persik melawan Persebaya digelar di Stadion Brawijaya Kediri, dengan alasan menjaga kondusifitas situasi Kota Kediri.

 

Kabar tempat digelarnya pertandingan Persik melawan Persebaya memang sempat simpang siur. Tetapi keputusan terahir, pertandingan sipastikan digelar di Stadion Mandala Krida Sleman Jogyakarta. Hal itu disampaikan Kepala Polresta Kediri AKBP Rastra Gunawan. Kata Rastra, pengalihan laga Persik melawan Persebaya lebih dikarenakan faktor keamanan. Pihaknya tidak ingin, laga Persik di Stadion Brawijaya Kediri menjadi penyebab aksi anarkis atau bahkan tawuran. Meski mengakui Bonekmania sudah dilarang datang, tetapi pihaknya masih menghawatirkan ada pendukung yang menyerobot dan menimbulkan kekacauan. Selain itu kata Rastra, di waktu yang bersamaan juga digelar kampanye terbuka Calon Bupati Kediri, sehingga dikhawatirkan akan terjadi benturan massa.

 

Rastra menolak jika dikatakan melarang Persik bertanding. Pihaknya hanya merekomendasikan pengalihan pertandingan ke tempat lain, guna menjaga kondusifitas situasi Kota Kediri. (Hadi Kusuma)

Page 748 of 759     ‹ First  < 746 747 748 749 750 >  Last ›