Berita- Info ANDIKA

02 July 2010
BI Kediri Siap Bantu Polda Menguak Kasus Pinjaman Dana 14 Pejabat

 ANDIKA FM, Kediri - Bank Indonesia Kediri siap memberikan informasi dan data seluas luasnya bagi tim penyidik Polda Jatim, yang tengah menyelidiki kasus dugaan penyelewengan dana UMKM oleh 14 pejabat.

 

Pemimpin Bank Indonesia Kediri Matsisno mengakui, sejak kamis tim penyidik Polda Jatim berada di Kota Kediri. Para penyidik sudah  meminta keterangan dan data yang dibutuhkan dari BI Kediri untuk kepentingan penyelidikan kasus dugaan penyimpangan dana UMKM oleh 14 pejabat Kota Kediri.

 

Bahkan kata Matsisno, penyidik Polda Jatim juga dikabarkan akan meminta data dan memeriksa beberapa pegawai Bank Perkreditan  Rakyat (BPR) Kota Kediri, yang ditunjuk sebagai bank penyalur dana UMKM.

 

Kata Matsisno, guna kepentingan penyelidikan penegak hukum, BI Kediri siap memberikan keterangan dan data seluas luasnya pada penyidik Polda Jatim. “ Apalagi, kasus dugaan penyelewengan dana UMKM Kota Kediri juga berawal dari temuan BI Kediri,” lanjut Matsisno.

 

Sesuai informasi yang berkembang sebelumnya, 14 pejabat eselon II Kota Kediri telah menandatangani pengajuan pinjaman dana di BPR yang totalnya hampir satu milyar rupiah.  Dana tersebut merupakan dana UMKM, sehingga diduga kuat terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang. (Hadi Kusuma)

02 July 2010
KPUD Kabupaten Kediri Sudah Ajukan Pembangunan Gudang

ANDIKA FM, Kediri - Pasca ditolak menggunakan dana sisa Pemilukada Bupati Kediri putaran kedua, KPUD Kabupaten Kediri, mengajukan anggaran pembangunan gudang dan ruang pertemuan, ke pemerintah Kabupaten Kediri.

 

Hal itu disampaikan Agus Edi Winarto, Ketua KPUD Kabupaten Kediri. Sebelumnya, KPUD Kabupaten Kediri, sempat mengusulkan, agar dana yang dipersiapkan untuk Pemilukada Bupati Kediri, putaran kedua, dialokasikan untuk pembangunan gudang dan ruang pertemuan. Karena gudang yang dimiliki KPUD Kabupaten Kediri, selama ini sudah tidak representatif. Gudang, tidak cukup lagi menampung semua barang barang logistik, berupa kotak suara, bilik suara, dan suara bekas.

 

Namun usulan tersebut ditolak Pemerintah Kabupaten Kediri, karena bisa menyalahi aturan. Jika KPUD Kabupaten Kediri, hendak membangun gudang dan ruang pertemuan, harus mengajukan dana anggaran khusus. ” Anggaran sudah diajukan, dan rencananya pembangunan gudang serta ruang pertemuan tersebut, akan dimulai pada 2010 ini,” kata Agus Edi Winarto.

 

Masih kata Agus Edi Winarto, gudang dan ruang pertemuan tersebut, sesuai rencana akan bertempat disebelah timur gedung KPUD Kabupaten Kediri, jalan Sukarno Hatta Katang. Paling lambat, pada 2011 mendatang, semuanya bisa direalisasikan. (Anto Kristian)

02 July 2010

ANDIKA FM, Kediri - Selama bulan Januari hingga akhir Juni 2010, jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Kediri, cenderung mengalami kenaikan, dibanding bulan bulan sebelumnya.

 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, jumlah penderita HIV AIDS pada bulan Januari hingga Juni 2010, mencapai 31 penderita. Sebanyak 20 penderita, masih kategori HIV, sedangkan yang sudah dinyatakan terjangkit AIDS, 11 penderita. Dengan rincian, laki laki berjumlah 12 penderita, dan perempuan 19 penderita. Dari total jumlah tersebut, yang masih dalam perawatan sebanyak 27 penderita, dan yang sudah meninggal dunia 4 orang, 1 diantaranya seorang balita.

 

Dokter Adi Laksono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, melalui Kepala Seksi Penyehatan Penyakit Menular Langsung, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri  Nur Munawaroh mengatakan, sebagian besar penderita HIV AIDS di Kabupaten Kediri, merupakan masyarakat usia produktif antara 25 hingga 39 tahun. “ Kesadaran warga yang punya resiko tinggi untuk melakukan pemeriksaan, baik di klinik maupun Rumah Sakit, ini memudahkan dalam pendataan dan pemantauan,” kata Nur Munawaroh.

 

Menurut Nur Munawaroh, Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, juga secara langsung terus melakukan pemantauan, terhadap pasien yang dinyatakan positif, terjangkit HIV AIDS. Sehingga, mereka bersedia untuk tetap menjaga pola hidup sehat, dan tidak menularkan ke warga yang lain. (Anto Kristian)

02 July 2010
Gas Sering Meledak, JK Salahkan Pemerintah

VIVAnews - Maraknya kasus meledaknya tabung gas 3 kilogram, mendapat perhatian serius dari Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Menurut dia, ledakan yang terjadi selama ini, disebabkan akibat lemahnya pengawasan terhadap produksi maupun impor tabung gas.

JK mencontohkan, saat menjabat sebagai Wakil Presiden, pengawasan terhadap produksi gas maupun impor tabung gas, dilakukan melalui mekanisme yang sangat ketat dan sesuai standard keamanan nasional.

Namun, belakangan ini, kata JK, justru ada importir yang memasukkan barang (tabung gas) yang tidak lolos standard keamanan tabung. Akibatnya, masyarakat yang jadi korban.

"Artinya akhir-akhir ini ada impotir tabung gas yang lolos dari pengawasan sehingga tabung gas 3 kilogram beredar ke masyarakat dan ada yang mudah meledak," kata Jusuf Kalla di Yogyakarta, Jumat 2 Juli 2010.

Dengan kondisi ini, maka langkah cepat yang harus dilakukan adalah pengawasan dari semua instansi terkait baik Pertamina, Perindustrian-Perdagangan maupun instansi lain yang dikontrak oleh Pertamina untuk melakukan sosialisasi tentang penggunaan gas elpiji 3 kilogram yang aman.

"Tidak ada alasan lagi tidak ada anggaran untuk melakukan pengawasan. Mereka kan digaji oleh pemerintah untuk melakukan pengawasan," paparnya.

Lebih lanjut JK menyatakan langkah lain yang harus segera dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini Pertamina, adalah segera mengganti atau menarik tabung gas 3 kilogram yang kualitasnya buruk namun beredar di masyarakat.

"Ada sekitar 1 juta tabung gas 3 kilogram yang kualitasnya buruk harus segera ditarik dari peredaran. Pemerintah hanya akan mengeluarkan dana sekitar Rp 45 miliar untuk mengganti tabung sebanyak 1 juta yang kualitasnya buruk. Sehingga tidak ada lagi ledakan dan korban jiwa," tegasnya.

Masalah itu, sambung JK, sudah disampaikan kepada Menkokesra agar memberikan tabung gas sebanyak 2 juta kepada masyarakat secara gratis. " Dengan demikian, maka masalah tabung gas meledak akan terselesaikan,"

Apalagi, lanjut JK pemerintah memiliki keuntungan cukup besar dari hasil konversi dari minyak tanah ke gas, yang pertahun mendapatkan keuntungan Rp 40 triliun.

"Jika pemerintah memberikan 2 juta tabung gas gratis kepada masyarakat dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar, maka masalah tabung gas 3 kilogram yang sering meledak akibat buruknya kualitas akan terselesaikan,"

Disisi lain, JK juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan cara pemakaian tabung gas 3 kilogram yang sering salah. sehingga ldakan dapat diminimalisir akibat kesalahan penggguna gas itu sendiri yakni masyarakat.(nal)

02 July 2010
Panitia Seleksi KPK Juga Terima Ajimat

TEMPO Interaktif, Jakarta -  Panitia Seleksi Pimpinan KPK bulan ini membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan kepada pansel. Namun masukan yang dialamatkan ke pansel tidak hanya berupa saran, kritik, atau dukungan terhadap peserta seleksi tertentu, melainkan juga promosi benda supranatural alias jimat. "Sering ada penawaran dari orang yang akan memberikan doa atau ajimat," kata  Sekretaris Panitia Seleksi Ahmad Ubbe, ketika ditemui di kantor KPK,  Jumat (2/7)  pagi ini.

Ubbe  mencontohkan, beberapa waktu lalu ada orang yang menawarkan jimat 'rantai babi' kepadanya. Menurut orang yang menawarkan, ujar Ubbe, jimat ini penting untuk pimpinan KPK yang terpilih nantinya. "Agar terhindar dari guna-guna dan santet," ujar Ubbe menirukan perkataan orang tersebut.

Seperti telah diberitakan, 144 peserta seleksi calon pimpinan KPK akan memasuki tahap kedua seleksi. Hingga tahap kedua nanti, panitia seleksi membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan masukan kepada pansek melalui email atau datang langsung ke sekretariat pansel KPK di kantor Kementerian Hukum dan HAM.(nal)

02 July 2010
Belum Diberhentikan, Hendarman Masih Sah

Kejaksaan Agung kembali membantah tuduhan Yusril Ihza Mahendra yang mengatakan bahwa Hendarman Supandji adalah jaksa agung ilegal.

"Itu anggapan, pandangan, ya silakan. Tapi yang jelas, apa yang ada dan terjadi kan berdasarkan ketentuan yang ada," kata Wakil Jaksa Agung, Darmono, usai Salat Jumat di Kompleks Kejagung, Jumat 2 Juli 2010.

"Selama belum ada pemberhentian resmi dari presiden, belum ada penggantian, ya sah sebagai jaksa agung," tambah dia.

Dijelaskan dia, dalam surat keputusan tak dicantumkan masa jabatan Hendarman sampai Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I berakhir.

"Yang berarti bisa ditafsirkan, selama itu belum ada pemberhentian dan belum ada pengangkatan pejabat pengganti, berarti masih sah sebagai jaksa agung," tambah dia.

Yusril, yang juga tersangka kasus dugaan korupsi Sisminbakum (Sistem Administrasi Badan Hukum) menolak pemeriksaan Kejaksaan Agung. Yusril menilai Hendarman Supandji adalah Jaksa Agung ilegal.

Alasannya, Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid I adalah kabinet yang dibentuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 oktober 2004. Usia kabinet ini sesuai dengan masa jabatan Presiden dan diatur undang-undang, yakni lima tahun.

Dengan demikian, kata Yusril, seluruh anggota KIB akan mengakhiri jabatannya serentak dengan berakhinya masa jabatan Presiden pada 20 Oktober 2009.

"Ketika Presiden SBY berakhir masa jabatannya, maka seluruh anggota kabinet diberhentikan dengan hormat dari jabatannya, kecuali Jaksa Agung Hendarman Supandji. Hendarman terus menjadi Jaksa Agung hingga kini tanpa pernah dilantik," ujar Yusril.

Yusril  melaporkan Hendarman ke Markas Besar Polri atas dugaan melakukan tindakan tidak sah. (umi/nal)

• VIVAnews

02 July 2010
Wapres Gelar Nonton Bareng Belanda vs Brasil

ANDIKA FM, Kediri-Piala Dunia sudah memasuki babak perempat final. Malam nanti akan bertanding dua raksasa sepak bola, Brasil kontra Belanda. Wakil Presiden Boediono gelar nonton bareng.

Informasi yang diterima dari Biro Pers Wakil Presiden, Boediono rencananya akan menggelar nonton bareng perhelatan akbar Brasil lawan Belanda di kediamannya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 2 Juli 2010.

Boediono mengundang para wartawan untuk nonton bareng pertandingan besar itu pada malam nanti sekitar pukul 21.00 WIB.

Boediono memang tidak ingin melewati pertandingan-pertandingan besar Piala Dunia. Apalagi pertandingan antara Total Football dan Jogo Bonito malam ini.

Siapa tim yang dijagokan Boediono menjadi kampiun Piala Dunia tahun ini? "Saya pegang Brazil atau Spanyol," kata mantan Gubernur Bank Indonesia saat pembukaan Piala Dunia, 11 Juni lalu.

Dalam kasus Belanda lawan Brasil kali ini, tim Samba sedikit diunggulkan dengan tradisi kuatnya di Piala Dunia. Brasil Lima kali menjadi juara, sedangkan Belanda? Sama sekali belum.(nal)

• VIVAnews

02 July 2010
Persie: Pemain Belanda Lebih Baik dari Brasil

ANDIKA FM, Kediri-Skuad Brasil berisi bintang-bintang terbaik di Afrika Selatan.  Bandar-bandar taruhan pun memasang mereka sebagai favorit juara. 

Belanda yang akan menghadapi mereka malam ini di Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, pun terpaksa turun kasta menjadi underdog. Padahal selama ini Die Oranje selalu lebih diunggulkan atas lawan-lawannya.

Tapi semua itu tidak membuat ciut nyali Belanda. Striker Belanda Robin Van Persie bahkan berani mengatakan bahwa pemain-pemain Belanda lebih baik ketimbang Brasil.

“Jika Anda membandingkan seluruh pemain dari kedua tim, maka saya rasa kami mempunyai pemain-pemain yang lebih hebat. Saya yakin, Brasil tidak lebih baik dari kami,” ujar Van Persie seperti dilansir The Sun.

Striker Arsenal itu juga menegaskan, timnya sama sekali tidak takut berhadapan dengan Brasil. “Tentu saja kami harus menyempurnakan permainan kami. Tapi tiap pertandingan adalah petualangan baru, dan tiap pertandingan harus lebih baik dari sebelumnya. Yang terpenting bukanlah apa yang telah kami raih, melainkan apa yang hendak kami raih,” jelas Van Persie.

Ia menambahkan, apabila suatu tim berpatokan pada hasil yang telah mereka capai, maka itu akan menjadi akhir bagi mereka.

Tidak hanya Van Persie yang percaya Die Oranje dapat mengalahkan Samba. Gelandang Belanda Wesley Sneijder juga mengemukakan keyakinan serupa. “Saya telah menonton sejumlah video mereka. Yakinlah, kami dapat mengalahkan Brasil,” tandas bintang Inter Milan tersebut.

Bahkan bek Belanda Dirk Kuyt mengaku belum mengepak barang-barangnya. “Pulang ke rumah usai pertandingan ini bukanlah suatu pilihan. Saya biasanya mengepak beberapa barang dan tas menjelang pertandingan besar seperti ini, karena saya tidak yakin apakah akan kembali ke hotel atau tidak setelah pertandingan. Tapi sekarang saya tidak mengepak apapun,” tuturnya.

Bintang Liverpool itu menyatakan, inilah saatnya Belanda memanfaatkan momen yang mereka raih. “Bila kami menginginkan sesuatu, inilah saatnya. Kami tiga langkah lagi menuju kemenangan. Berapa kali Anda mendapat kesempatan seperti ini? Dari seluruh pengalaman yang telah kami peroleh, kini kami yakin, kami dapat melaluinya,” tutup Kuyt. (umi/nal)

vivanews.com

01 July 2010

ANDIKA FM, Kediri-Petugas Polsekta Pesantren, mengamankan Yulianto Ashari, pengedar narkoba, warga Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

 

Penangkapan terhadap Yulianto Ashari, warga Kelurahan Banaran Kecamatan Pesantren Kota Kediri, bermula atas laporan dari masyarakat. Warga resah, dengan banyaknya peredaran narkoba, karena dikhwatirkan memicu berbagai tindak kriminal. Bahkan, sejumlah warga sempat memergoki, aksi transaksi narkoba, di wilayah Pesantren.

 

Petugas, yang melakukan penyidikan, berhasil mengamankan Yulianto, sebagai salah satu pelakunya. Yulianto, ditangkap, saat berada di kawasan Pesantren Kota Kediri. Diduga, Yulianto sedang menunggu pembeli, untuk menggelar transaksi narkoba.

 

Bersama barang bukti berupa 72 butir pil jenis Double L, 1 bendel klip plastik, dan uang tunai Rp 83 ribu , Yulianto digelandang ke markas Polsekta Pesantren. Petugas juga terus melakukan pengembangan, guna mengungkap pelaku yang berada di belakang Yulianto. Saat ini, Yulianto masih meringkuk ditahanan Polsekta Pesantren, guna proses hukum lebih lanjut. (Anto Kristian)

01 July 2010

ANDIKA FM, Kediri-Karena alasan dikelola oleh wanita, penyaluran dana 43 koperasi kelurahan di Kota Kediri dijamin tidak diselewengkan.

 

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan, pengelola koperasi kelurahan di setiap kelurahan di Kota Kediri diserahkan pada anggotanya paling sedikit 20 orang dan semuanya wanita. Karena dikelola wanita, kerawanan penyimpangan penggunaan  dana koperasi sangat minim sekali.

 

Termasuk kemungkinan macetnya dana pinjaman mengingat pengurus wanita dinilai lebih telaten untuk mengurusi nasabah. Karena alasan itu, Nur Muhyar menjamin kekhawatiran penggunaan dana koperasi tidak terjadi.

 

Sementara itu, dari 46 koperasi kelurahan di Kota Kediri sudah ada 43 yang mendapat dana segar dari Pemprop Jatim. 20 koperasi  menerima tahun 2009 lalu, sedangkan 23 koperasi, baru mendapat kucuran tahun ini dan sudah diserahkan langsung oleh walikota Kediri Samsul Ashar. Masing masing koperasi kelurahan menerima dana 25 juta rupiah. (Hadi Kusuma)

Page 750 of 812     ‹ First  < 748 749 750 751 752 >  Last ›