Berita- Info ANDIKA

21 July 2016
Dorong pertumbuhan ekonomi regional, pemkot kediri akan gelar seminar dengan peserta seluruh kepala daerah SE- Jawa timur.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri akan melaksanakan seminar dengan tema “Peran Identitas Kota untuk Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional”. 
 
Dalam seminar ini diharapkan dapat menghasilkan gambaran konsep untuk meramu kebijakan dan menyusun program perkuatan identitas kota dan pengembangan ekonomi di Jawa Timur.
 
Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana mengatakan, dalam seminar yang dilaksanakan Sabtu 30 Juli 2016 mendatang ini akan diikuti 20 bupati atau walikota se-Jawa timur. 
 
Untuk narasumber menghadirkan tiga tokoh nasional yakni Gubernur Jawa timur Soekarwo, guru besar fakultas ekonomi universitas Indonesia Prof. Rhenald Kasali, dan Dirjen otonomi daerah kementerian dalam negeri DR. Soni Sumarsono.
 
Masih kata Apip, Secara khusus tujuan kegiatan seminar ini adalah Membedah kekuatan positioning dan brand kota-kota dalam mendukung pembangunan ekonomi di Jawa Timur.
 
Mengetahui peran dan keterlibatan masing-masing institusi baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dalam perwujudan brand sebuah kota, Mengetahui kebijakan dan program nasional yang terkait tata kelola pemerintahan yang mampu mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam pembentukan image sebuah kota dan Mengindentifikasi variabel-variabel sistem tata kelola pemerintahan yang perlu ditataulang demi mewujudkan pemerintahan yang responsif dan efektif serta berorientasi pada pelayanan kepada masyarakat.(atc)
 
21 July 2016
Pemerintah Kota Kediri, Larang Wali murid Membeli Seragam.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Pemerintah Kota Kediri tahun ajaran baru ini melarang seluruh lembaga sekolah, khususnya negeri melakukan tarikan-tarikan dalam bentuk apapun. Sebab Pemerintah Kota Kediri tahun ini memberikan seragam gratis bagi seluruh siswa-siswinya.
 
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan, mereka yang mendapat seragam gratis mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat se-Kota Kediri. Tidak hanya itu, MI, MTs dan MAN juga mendapatkan seragam gratis.  Oleh karena itu, dia melarang orang tua murid membeli seragam sendri dan menunggu pembagian dari Pemkot Kediri.(atc)
21 July 2016
Satreskoba Polres Kediri Kota, Tangkap Pengedar Dan Pemakai Narkoba.

Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Satuan Reskoba Polres Kediri Kota, hari ini melakukan penangkapan terhadap pengedar narkoba jenis sabu-sabu.

Pelaku bernama Rony Yunanto warga Jalan Raden Patah Kelurahan Kemasan Kota Kediri. Penangkapan terhadap Rony bermula, atas banyaknya informasi dari masyarakat, jika diwilayah simpang empat Jalan Supersemar Kelurahan Ngronggo Kota Kediri, ada peredaran narkoba.

Kemudian, polisi melakukan penyelidikan, dan melakukan penggerebekan terhadap Rony, yang akan melakukan transaksi narkoba.

Dari tangan Rony, polisi menyita barang bukti seberat 0,71 gram sabu-sabu. Bersama barang bukti, Rony dibawa ke Polres Kediri Kota. Kasat Reskoba Polres Kediri Kota AKP Siswandi mengatakan, pelaku telah lama menjadi target operasi petugas.(atc)


19 July 2016
Curi Celana Dan Kaos, Ibu Rumah Tangga Berurusan Dengan Polisi
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Kasus pencurian di toko, terjadi wilayah hukum Polres Kediri Kota. Pelaku seorang ibu rumah tangga, yang bernama Binti Munawaroh, warga Desa Semen Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Kejadian itu bermula, saat Binti datang ke toko baju di Desa Mondo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Seperti pengunjung lainnya, Binti melihat-lihat dan memilih baju.

Namun, Imam Tauhid penjaga toko melihat ada gerak gerik yang mencurigakan pada Binti. Kemudian, Imam langsung melakukan penggeledahan. Saat digeledah, dari dalam tas Binti terdapat 2 buah celana dan 1 kaos. Melihat kejadian itu, Imam langsung melaporkan kejadian itu pada pihak kepolisian. 

Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan pada Binti. Berdasarkan pemeriksaan, Binti nekat melakukan pencurian, untuk dipakai sendiri.(atc)
19 July 2016
Polres Kediri Kota, Kejar Pelaku Pembobolan Rumah Kosong
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Hingga kini, Polsek Mojo masih melakukan serangkaian penyelidikan, untuk mengetahui pelaku pembobolan rumah. Kasus pembobolan rumah itu terjadi di Desa Kopen Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, milik Gunadi.

Kejadian itu bermula, saat Gunadi meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong untuk berjalan-jalan dengan keluarganya ke Kota Kediri. Namun, saat Gunadi pulang kerumah, Gunadi melihat, pintu jendela di belakang rumah, yang terbuat dari harplek ada bekas pecahan atau dirusak.

Mengetahui hal itu, Gunadi langsung melapor pada istrinya. Bersama istrinya, Gunadi kemudian melakukan pengecekan di dalam rumah, dan mendapati, uang sebesar Rp. 1 juta 500 ribu, yang sebelumnya disimpan dilemari meja toko, telah hilang.

Kejadian itu, kemudian dilaporkan pada pihak kepolisian. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihak kepolisian masih memintai sejumlah saksi.(atc)
15 July 2016
Petugas TPID Kota Kediri, Sidak Harga Sembako Di Pasar
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Seminggu paska lebaran, harga kebutuhan pokok di Kediri masih relatif mahal, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional. Hasilnya diketahui jika tingginya harga kebutuhan pokok dikarenakan barang yang dijual merupakan stok lama yang dikulak dengan harga tinggi dan pedagang tidak mau rugi.

Petugas TPID yang melakukan sidak, terdiri dari Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben), Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kediri. Petugas melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok dengan berdialog dengan pedagang dan mendata harga komoditi barang yang dijual.

Dari hasil sidak diketahui, komoditi pangan dan sayuran mulai turun, namun harganya masih relatif mahal. Seperti cabe rawit semula dijual dengan harga Rp 40 ribu kini turun jadi Rp 30 ribu per kilogram. Untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok, khususnya gula putih, TPID Kota Kediri akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk mencari penyebab utamanya. Pemerintah akan lebih aktif memantau harga gula sebagaimana permintaan pedagang.(atc) 
15 July 2016
Warung Bakmi Di Kediri Terbakar.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Kebakaran terjadi di sebuah rumah yang dijadikan sebagai warung bakmi di Jalan Semeru, Kelurahan Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, pagi tadi. Rumah tersebut milik Ana. Menurut korban, saat ia berada di depan rumah melihat ada kepulan asap. Saat diperiksa, ternyata dapur rumahnya terbakar. Seketika, korban berteriak meminta perotolongan warga.
Warga setempat yang mengetahui kejadian itu, berusaha melakukan pemadaman dengan alat sederhana.

Tidak lama berselang, dua unit mobil PMK datang ke lokasi. Petugas langsung melakukan penyemprotan. Beruntung, api tidak sampai menjalar ke permukiman warga lainnya. Api akhinya dapat dipadamkan setelah selang 30 menit kemudian.

Kepala Unit Sentra Pengaduan Kepolisian (SPK) Polsek Mojoroto yang datang di lokasi mengaku, belum bisa memastikan penyebabkan kebaran tersebut. Ada dugaan, api muncul dari hubungan pendek arus listrik. Sementara akibat kejadian tersebut, kerugian materi ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.(atc)
 
29 June 2016
Iri Tidak Punya Momongan, Nekat Sodomi Keponakan.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Hanya karena belum memiliki momongan atau anak, Sentot Yuniarto warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Pesantren Kota Kediri, nekat melakukan tindakan sodomi dan menganiaya keponakannya sendiri hingga meninggal dunia.
 
Hingga kini, pihak kepolisian dari Polres Kediri Kota terus melakukan pemeriksaan pada Sentot terkait peristiwa yang dilakukannya, hingga korban yang berinisial AH (2,5) hingga meninggal dunia.
 
Kapolres Kediri Kota AKBP Wibowo menerangkan, bahwa kejadian tersebut, pernah dilaporkan pada pihak kepolisian oleh orang tua korban, pada 27 Mei lalu.
 
Namun, karena pertimbangan masih saudara, maka kasusnya dicabut oleh orang tua korban. Ternyata, pada selasa malam, Sentot kembali mengulangi perbuatannya, dengan melakukan sodomi pada korban.
 
Karena korban sempat meronta dan menolak, maka Sentot emosi, yang kemudian membanting korban, serta menyodomi korban hingga tidak sadarkan diri.
 
Kemudian, orang tua korban mendapati anaknya yang tidak sadarkan diri dirumah sentot, langsung membawa anaknya ke Rs Bhayangkara Kota Kediri.
 
Tetapi, setelah mendapatkan perawatan, korban berinisial AW tersebut meninggal dunia. Saat ini, kasusnya tengah ditangani pihak kepolisian Polres Kediri Kota.
 
Kapolres mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, Sentot nekat melakukan hal itu, karena iri dengan kakaknya yang sudah mempunyai anak. Sedangkan dirinya, belum dikaruniai anak.(atc)
 
29 June 2016
Dinas Peternakan dan Pertanian Kota Kediri, Sidak Daging.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Tim Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Pertanian Kota Kediri menemukan peredaran Daging Sapi "Ilegal" Dipasar Setono Betek, Kota Kediri dan Dipasar Ngaglik, Kelurahan Dandangan Kota Kediri.
 
Hal itu diketahui saat sidak (Inspeksi Mendadak), Kamis pagi.Tim Kesehatan Hewan yang didampingi pihak Kepolisian itu menemukan Daging Sapi yang dihasilkan dari luar pemotongan hewan Kota Kediri tanpa dilengkapi surat-surat resmi. 
 
Setidaknya ada 2 lapak penjual daging sapi yang terdeteksi menjual daging sapi tanpa disertai surat resmi dari Rumah Pemotongan Hewan Kota Kediri atau hasil sembelihan pribadi diwilayah Gurah Kabupaten Kediri. 
 
Selain itu tim sidak juga menemukan Daging Sapi hasil Pemotongan Pribadi sebanyak 5 ekor di Kawasan Pasar Ngaglik, Kelurahan Dandangan Kota Kediri, ditambah lagi ratusan kilogram daging sapi yang disimpan dalam lemari es (freszer)dengan kondisi yang sebagian besar dicurigai rusak atau busuk.
 
Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kediri Dokter Sigit menjelaskan, dipasar setono betek ada 2 pedagang yang menjual daging sapi bukan resmi dari rumah pemotongan hewan dan tidak memiliki kelengkapan surat resmi. Dan ditemukan hati yang bercacing pita.
 
Saat di Dandangan di Rumah Tutik penjual Daging Sapi tim juga memeriksa sejumlah potongan daging yang difrezer serta daging-daging hasil pemotongan sendiri atau tidak resmi.
 
Sementara itu Tutik saat dimintai keterangan alasan nekat menjual daging sapi hasil penjagalan sendiri tanpa melalui rumah pemotongan hewan, karena pembeli ramai jelang lebaran.(atc)
 
29 June 2016
Petugas Gabungan, Periksa Angkutan Lebaran Di Terminal Tamanan Kota Kediri.
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Mendekati hari raya idul fitri, petugas gabungan yang terdiri dari Polres Kediri Kota, Dinas Perhubungan Kota Kediri, dan BNN Kota Kediri, Rabu pagi melakukan pengecekan, pada beberapa armada bus di terminal Tamanan Kota Kediri.
 
Petugas, selain melakukan pengecekan pada kendaraan bus angkutan lebaran, juga memeriksa kelengkapan surat-surat, dan ban.
 
Selain itu, petugas juga melakukan test urine pada para sopir bus yang melintas di terminal Tamanan Kota Kediri. Petugas, juga mendapati beberapa bus yang bannya gundul.
 
Heri Edianto, Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Kediri mengatakan, dalam razia tersebut, tidak ditemukan angkutan lebaran yang tidak layak. Semua angkutan darat, masih layak, baik dari ban, dan kelengkapan lainnya.(atc)
 
Page 1 of 688      1 2 3 >  Last ›