Selingan

26 April 2018
Pahami Makna Hijrah dan Jenisnya
Hijrah berasal dari Bahasa Arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat. Dalam konteks sejarah, hijrah adalah kegiatan perpin- dahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Makkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan mene- gakkan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam.

Ustazah Yennie Kurniawati dalam Pengajian April yang diadakan Hijabers Community bekerja sama dengan Dompet Dhuafa pada belum lama ini, lalu menjelaskan, kisah hijrah yang dicatat dalam sejarah Islam adalah perjalanan Isra Mi'raj.

 

Perintah berhijrah juga tertulis dalam perintah Allah SWT, Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu meng harap kan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

(QS al-Baqarah: 218).

Menurut Ustazah Yennie, terdapat beberapa hikmah dari Isra Mi'raj yang merupakan perjalanan ke Baitul Maqdis, di mana menjadi tempat turunnya wahyu para Nabi.

Rasulullah diperjalankan da lam bentuk roh dan jasadnya dalam ke adaan sadar, dan bertemu dengan para nabi terdahulu.

Dalam perjalanan tersebut, nabi juga mendapatkan mandat dari Allah SWT untuk menyampaikan kewajiban shalat lima waktu kepada umat Islam.

Berhijrah, kata Ustazah Yenni , memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru.Namun, memiliki banyak makna.

Berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhaan Allah SWT.Selain itu, hijrah juga diartikan sebagai salah satu prinsip hidup, di mana seseorang dapat dikata kan hijrah jika telah memenuhi dua sya rat, yaitu ada sesuatu yang dit- inggalkan dan ada sesuatu yang ditu- junya (tujuan).

"Kedua-duanya harus dipenuhi oleh seorang yang berhijrah.

Misalnya dengan meninggalkan segala hal yang buruk, seperti pikiran negatif dan maksiat, dan menuju keadaan yang lebih baik, positif untuk menegakkan ajaran Islam, ," kata Ustazah Yennie kepada jamaah kajian bertema A Hijrah Story from Nnight Journey di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut dia, seorang yang telah bertekad berhijrah, dalam artian mengubah hidupnya menjadi lebih baik maka akan memperoleh derajat yang lebih tinggi di mata Allah.

Semisal yang dijan- jikan-Nya dalam Alquran, orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berji- had di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang- orang yang mendapat kemenangan. (QS at-Taubah: 20)

Secara garis besar hijrah dibedakan menjadi dua macam, yaitu hijrah makaniyah (berpindah dari satu tempat ke tempat lain) dan hijrah maknawiyah (mengubah diri, dari yang buruk menjadi lebih baik demi mengharap keridhaan Allah SWT).

Contoh hijrah makaniyah adalah peristiwa hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah, dan hijrahnya Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.

Berkatalah Ibrahim, `sesungguhnya aku akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku, sesungguhnya Dialah yang Mahaperkasa lagi Mahabijak sana.

' (QS al-Ankabut: 26).

 

Maka keluarkanlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa, `ya Tuhan ku, selamatkanlah aku dari orang- orang yang zalim itu.' (QS al-Qashash:21).

 

Hijrah maknawiyah, dibedakan men jadi empat, yaitu hijrah i'tiqadiyah (hijrah keyakinan) di mana seorang Muslim men coba meningkatkan ke iman annya agar terhindar dari kemusyrikan.

Kedua, hijrah fikriyah (hijrah pemikiran) di mana seseorang memutuskan kembali mengkaji pemikiran Islam yang berdasar pada sabda Ra sulullah dan firman Allah demi meng hindari pemikiran yang sesat.

Ketiga, hijrah syu'uriyyah adalah ber ubahnya seseorang yang dapat dilihat dari penampilannya, seperti gaya ber busana, dan kebiasaannya dalam kehidup an sehari-hari.

Hijrah ini biasa dila kukan untuk menghindari budaya yang jauh dari nilai Islam, seperti cara berpakaian, hiasan wajah, rumah, dan lainnya.Terakhir adalah hijrah sulukiyyah (hijrah tingkah laku atau kepribadian).

 

Hijrah ini digambarkan dengan tekad untuk mengubah kebiasaan dan ting kah laku buruk menjadi lebih baik. "Seperti orang yang sebelumnya selalu berbuat buruk, seperti mencuri, membunuh, atau lainnya, bertekad berubah kepribadiannya menjadi pribadi yang berakhlak mulia," kata Ustazah Yenni.(Rep: Dea Alvi Soraya-Republika.co.id/jko)

25 April 2018
7 Tips Ini Bantu Kamu Merasa Lebih Bahagia di Kantor
Survei Job Happiness yang dilakukan oleh JobStreet.com baru-baru ini menunjukkan, sekitar 45 persen orang sebenarnya tidak senang bekerja. Memang ada banyak faktor yang berkontribusi pada rasa ketidakbahagiaan saat kita berada di tempat kerja seperti pekerjaan yang menumpuk, gaji yang tak kunjung naik hingga bos yang menyebalkan.

Namun ada banyak tindakan yang dapat diambil untuk membantu memperbaiki situasi tersebut dan membuat diri Anda merasa jadi lebih baik. Melansir JobStreet.com, tujuh tips di bawah ini akan memandu Anda agar bisa merasa lebih bahagia di tempat kerja, berikut ulasannya:
 

1. Buat kantor seperti rumah sendiri

Karena Anda akan menghabiskan begitu banyak waktu di tempat kerja, tingkatkan produktivitas dan kebahagiaan Anda dengan membuat ruang Anda benar-benar seperti milik dan rumah Anda sendiri.

Hias area ruangan dengan tanaman dan warna yang sesuai dengan kepribadian Anda. Dengan cara ini, Anda akan memiliki ruang kerja yang memungkinkan Anda merasa nyaman dan rileks. 

2. Jalin pertemanan dengan rekan kerja

Anda tidak perlu berjalan sendirian. Beberapa orang kadang suka mengatakan, "Saya di sini untuk bekerja, bukan untuk berteman." Apa yang dilakukan adalah menempatkan penghalang antara diri Anda dan orang lain, sehingga akan mencegah Anda menciptakan hubungan dan persahabatan yang tulus.

Di mana-mana teman termasuk hal yang penting, begitu Anda membuka diri dan mau membentuk ikatan dengan orang-orang yang Anda lihat setiap hari, pekerjaan pasti akan lebih menyenangkan dan memuaskan dibandingkan dengan bekerja sendiri atau menyimpan masalah Anda untuk diri sendiri. Selain itu, memiliki teman di tempat kerja dapat menciptakan sistem pendukung, persahabatan, dan rasa kesetiaan. 

3. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah

Belajarlah memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan di tempat Anda bekerja. Memang terkadang sulit untuk tidak terpengaruh di tempat kerja ketika Anda menghadapi masalah pribadi.

Karenanya cobalah buat diri Anda sibuk dan bersikap profesional di tempat kerja, sehingga pekerjaan Anda tidak akan terbengkalai yang menyebabkan Anda menjadi lebih stres dan tidak nyaman dalam lingkaran pekerjaan.

Dengan mengalihkan pikiran dari masalah pribadi yang ada kemungkinan bisa memberi Anda perspektif yang berbeda ketika Anda kembali ke hal tersebut setelah pekerjaan Anda selesai.
 

4. Tersenyumlah dan jangan lupa berterima kasih

Sesuatu yang sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan Anda di tempat kerja, karena hal ini memberitahu otak untuk menjadi lebih bahagia. Senyuman juga bisa menular. Tersenyumlah dan dunia juga akan tersenyum bersamamu.

Selain itu ungkapkan juga rasa terima kasih kepada rekan kerja, cara ini akan membuat mereka merasa dihargai, sehingga Anda juga berkontribusi pada energi positif saat berada di tempat kerja. 

5. Tarik napas

Terkadang orang memang mudah emosi saat berada di tempat kerja. Itulah mengapa Anda perlu mengambil waktu satu menit untuk bernapas sebelum pindah ke tugas berikutnya.

Bergeraklah dari waktu ke waktu untuk meregangkan tubuh Anda setelah berjam-jam membungkuk dan duduk. Jika memungkinkan, luangkan waktu dan pergi berlibur untuk bersantai dan mengisi ulang energi Anda.
 

6. Terorganisasi

Hindari stres tambahan yang datang dengan kekacauan dan memikirkan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Memiliki ruang kerja yang terorganisasi akan membantu Anda lebih siap dan bekerja lebih efisien.

7. Hadiahi diri Anda sendiri

Entah itu pergi makan malam dengan teman, atau memanjakan diri ke salon maupun spa, temukanlah waktu untuk menghadiahi diri sendiri setelah Anda menyelesaikan proyek atau menjalani hari yang sibuk. 

Anda tidak perlu merasa sengsara di tempat kerja sepanjang waktu jika Anda menemukan cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. ?Selamat mencoba!(Dhita Koesno-Liputan6.com/jko)

 

 

 

24 April 2018
Jenuh dan Lelah dengan Pekerjaan Kantor? Buruan Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini
Merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor setiap harinya memang sangat wajar terjadi pada semua orang. Namun, Anda sebaiknya juga harus bisa mengerti bagaimana cara mengatasi semua rasa bosan tersebut. Jangan ragu mencari solusi untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah di kantor.

Dalam satu minggu, Anda menghabiskan lima hari untuk bekerja seharian dengan berbagai macam kegiatan kantor lainnya. Belum lagi, ada banyak halangan di luar pekerjaan, seperti masalah dengan teman sejawat atau ada teman-teman yang usil.
 

Untuk menghindari rasa jenuh dan lelah dengan pekerjaan kantor, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya seperti yang dikutip dari Cermati.com.

1. Ubah Suasana Meja Kerja

Cobalah untuk mengubah suasana meja kerja atau ruangan Anda. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan cukup efektif untuk diterapkan ketika rasa jenuh melanda.

Anda bisa menambahkan action figure, mini collection, atau bingkai foto orang tersayang. Jangan ragu untuk meletakkan cemilan kue kering sekalipun sekadar kacang-kacangan. Cara ini terbukti cukup efektif dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh dan lelah dengan berbagai pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya.
 

2. Ubah Cara Bergaul di Kantor

Bergaulah dengan cara yang baik di kantor Anda. Sebab, bisa jadi ketidaknyamanan Anda disebabkan kerena masalah bersosialisasi di kantor. Jangan malu untuk bergabung dan hangout dengan teman kantor Anda.

Hindari melakukan hal yang terkesan berlebihan, misalnya pamer atau mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Usahakan selalu jujur. Sebab bagaimana pun jujur akan jauh lebih baik dan membuat Anda nyaman dalam menjalani hari-hari di kantor.

3. Diskusi tentang Banyak Hal

Teman kantor tidak hanya bisa diajak berdiskusi urusan pekerjaan. Anda juga bisa mengajak mereka untuk berdiskusi tentang pekerjaan kantor. Jangan ragu untuk berdiskusi tentang hal apa pun, misalnya membicarakan tentang hobi Anda.

Siapa tahu Anda dan teman-teman kantor Anda memiliki hobi yang sama. Hal ini juga bisa membuat Anda jauh lebih dekat dengan mereka, bahkan membuat Anda bisa jauh lebih nyaman untuk berada di kantor.
 

4. Makan Siang di Luar Kantor

Salah satu cara mengatasi rasa bosan dengan pekerjaan di kantor adalah dengan mengisi waktu luang semisal istirahat makan siang di luar kantor. Anda bisa keluar kantor untuk makan siang, bahkan bisa pergi makan bersama dengan teman-teman kantor.

Jangan ragu untuk melakukan kegiatan di luar kantor selama hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan. Makan siang di luar kantor akan membuat Anda lebih rileks. Jika pergi bersama teman, Anda juga bisa dekat dengan teman tersebut dan dapat bertukar pikiran dengan mereka. Cobalah hal-hal yang baru dan sekiranya bisa memberikan Anda suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh.

5. Mencari Pekerjaan Baru

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa jenuh dengan pekerjaan di kantor adalah mencari pekerjaan yang baru. Cara ini bisa saja Anda lakukan, tapi harus dengan penuh pertimbangan dan keyakinan yang benar-benar mantap.

Jangan pernah mengambil sebuah keputusan dengan tergesa-gesa. Sebab hal tersebut akan sangat membahayakan, bahkan membuat Anda merasa menyesal di kemudian hari. Pastikan jika Anda memang nantinya memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Haruskah Bekerja Sesuai Passion atau Bidang yang Disukai?

Jawabanya adalah tidak selalu. Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka sukai. Jangan pernah merasa tidak beruntung jika Anda kurang nyaman dengan pekerjaan sekarang. Sebab, bisa jadi hal tersebut adalah yang terbaik untuk Anda.

Jangan pernah menganggap jika setiap orang pasti akan bekerja sesuai dengan bidang yang disukai. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda dapatkan. Jalani apa yang ada di hadapan Anda.

Anda bisa saja berpindah kantor atau alih profesi. Namun, cobalah untuk memikirkannya berkali-kali agar nantinya tidak mengalami penyesalan yang tidak ada ujungnya dan malah membuat Anda merasa stres.(Fitriana Monica Sari-Liputan6.com/jko)

 

 

 

 

17 April 2018
Cegukan Tak Kunjung Berhenti? Coba Cara Ini
Hal yang biasa dilakukan untuk menghentikan cegukan adalah minum air. Biasanya setelah minum sembilan atau 10 teguk air putih cegukan akan berhenti. 

Namun, jika cara di atas tak mengentikan cegukan, bisa dicoba enam trik lainnya seperti dilansir Readersdigest.
 

Tutup mulut

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantumu menyingkirkan cegukan.

Menekan telapak tangan

Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Sebabnya akan muncul ketidaknyamanan yang kemudian mempengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.
 

Menahan napas

Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbondioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

Menjulurkan lidah

Ketika tidak ada orang di sekitarmu, julurkan lidah. Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kamu akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

Menutup telinga

Menghentikan cegukan ternyata bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20 hingga 30 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.(Febrianti Diah Kusumaningrum-Liputan6.com/jko)

 

 

16 April 2018
Cara Asyik Dapat Uang di Waktu Luang
Mungkin di antara Anda ada yang memiliki kemampuan berbisnis tetapi tidak memiliki waktu yang cukup. Kali ini kita akan membagikan sebuah ide yang mungkin bisa Anda ikuti, ide ini tidak hanya untuk mahasiswa saja melainkan banyak orang dengan berbagai profesi lainnya, bahkan seorang ibu rumah tangga pun bisa melakukannya.

Apa saja ya peluang/ide bisnis yang bisa kita ikuti? Apapun jenis pekerjaannya, dengan ukuran gaji karyawan yang standar UMP pasti sekarang ini sudah sangat mencekik Anda dengan bertambah naiknya biaya hidup dari hari ke hari oleh karena itu manusia saat ini dituntut agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk dapat memenuhi keinginan serta kebutuhan hidupnya.

Meskipun hanya dengan bekerja di rumah, kita bisa medapatkan hasil yang sama bahkan melebihi gaji karyawan tadi. Berikut ini adalah idenya:

1. Online shop
Seperti yang sudah kita ketaghui bahwa online shop adalah salah satu bisnis yang paling mudah untuk kita lakukan baik di waktu luang maupun di keseharian kita. Online shop ini sangat membantu untuk kita berjualan, hanya dengan men-download sebuah aplikasi dan mendaftar di dalamnya kita sudah bisa membuka toko kita sendiri di sana, tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Di aplikasi online shop ini banyak pilihan yang bisa Anda pilih dari menjual alat rumah tangga maupun lainnya, tergantung dengankemampuan yang kita miliki. Bahkan jika Anda tidak memiliki sebuah produk sendiri sekalipun. Anda bisa memulai berjualan dengan sistem dropshipper dengan menjual produk orang lain. Tentu sangat mudah kan?

2. Jasa pengetik
Menjadi seorang jasa pengetik, adalah jasa yang paling murah yang bisa Anda lakukan dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun/ istilahnya nol rupiah. Bisnis ini hanya dengan bermodal keahlian mengetik,pengetahuan dan komputer, dan bisnis ini sangat menguntungkan untuk Anda apa lagi yang bagi seorang mahasiswa. Anda bisa mendapatkan uang saku tambahan untuk jajan tanpa selalu mengharapkan pemberian orang tua.

3. Jasa Perantara
Jasa ini akan menempatkan Anda menjadi seorang perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu. Misalnya seseorang yang tidak memiliki waktu untuk memperpanjang STNK, pengurusan Surat Tanah dan lain sebagainya. Sebagai Jasa Perantara ini Anda bisa menghasilkan uang yang lumayan walaupun harus dengan usaha yang lebih besar.

4. Joki Games
Untuk yang satu ini adalah profesi yang sedang booming dan menjadi tren masa kini khususnya bagi Anda pecinta games. Sebenarnya Anda tidak hanya bisa menjadi seorang joki games saja, Anda juga bisa menjadi joki sebuah usaha dengan menjalankan usaha orang lain yang memiliki modal usahanya.

Namun untuk Anda yang memiliki waktu luang ingin mendapatkan uang secara praktis cara ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan bermodal memainkan game dengan akun orang lain hingga mencapai level dan target tertentu, Anda bisa menghasilkan uang yang lumayan loh.

5. Jualan Pulsa
Usaha yang satu ini sudah banyak orang yang menjalankan sejak lama, tapi usaha ini tetap menjadi pilihan karena hanya dengan modal Rp 50.000 Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Selain itu kebutuhan masyarakat akan pulsa setiap harinya akan membuat usaha yang satu ini selalu memiliki pelanggan yang banyak.

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang menyenangkan yang bisa Anda lakukan di waktu luang Anda, lalu dari ide bisnis yang di atas,usaha manakah yang Anda pilih? Semuanya menguntungkan, asal Anda harus tepat dalam memilih sesuai kemampuan dan pintar dalam mengelolanya.(Tung Desem Waringin - detikFinance/jko)
13 April 2018
Pelajaran Isra Mi'raj Nabi SAW

Setiap bulan Rajab, kaum Muslimin memperingati peristiwa fenomenal sekaligus mukjizat teragung, yaitu Isra dan Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Jumhur sepakat bahwa perjalanan itu dilakukan oleh Nabi SAW dengan jasad dan roh.

Isra adalah perjalanan Nabi SAW dari Masjidil Haram (di Makkah) ke Masjidil Aqsha (di al-Quds, Palestina). Mi'raj adalah kenaikan Nabi SAW menembus lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak dapat dijangkau oleh ilmu semua makhluk. Semua itu ditempuh dalam semalam.

Peristiwa Isra Mi'raj terjadi pada tahun ke-10 dari Nubuwah, ini pendapat al-Manshurfury. Menurut riwayat Ibnu Sa'd di dalam Thabaqat-nya, peristiwa ini terjadi 18 bulan sebelum hijrah. Dengan tujuan untuk menenteramkan perasaan Nabi SAW; sebagai nikmat besar yang dilimpahkan kepadanya.

Lalu, agar Nabi SAW merasakan langsung adanya pengawasan dan perlindungan Allah SWT, karena sebelumnya Nabi mengalami kesulitan dan penderitaan selama menjalankan dakwah dan kehilangan orang-orang yang sangat dicintai, yaitu Abu Thalib dan istri tercintanya Khadijah binti Khuwailid; untuk menunjukkan pada dunia bahwa Nabi SAW merupakan Nabi yang teristimewa; untuk menunjukkan keagungan Allah (QS al-Isra' [17]: 1, QS al-An'am [6]: 75, dan QS Thaha [20]: 23); dan untuk menguji keimanan umat manusia.

Mengapa perjalanan Isra Mi'raj dimulai dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha? Peristiwa ini memberikan isyarat bahwa kaum Muslimin di setiap tempat dan waktu harus menjaga dan melindungi Rumah Suci (Baitul Maqdis) dari keserakahan musuh Islam. Hal ini juga mengingatkan kaum Muslimin zaman sekarang agar tidak takut dan menyerah menghadapi kaum Yahudi yang selalu menodai dan merampas Rumah Suci.

Dalam perjalanan Isra Mi'raj, Nabi SAW dipertemukan dengan para nabi terdahulu, hal ini merupakan bukti nyata adanya ikatan yang kuat antara Nabi SAW dan nabi-nabi terdahulu.

Nabi SAW bersabda, "Perumpamaan aku dengan nabi sebelumku ialah seperti seorang lelaki yang membangun sebuah ba ngunan, kemudian ia memperindah dan mempercantik bangunan tersebut, kecuali satu tempat batu bata di salah satu sudutnya. Ketika orang-orang mengitarinya, mereka kagum dan berkata, "Amboi indahnya, jika batu batu ini diletakkan?" Akulah batu bata itu, dan aku adalah penutup para nabi." (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis shahih diriwayatkan, Nabi SAW mengimami para nabi dan rasul terdahulu dalam shalat jamaah dua rakaat di Masjidil Aqsha. Kisah ini menunjukkan pengakuan bahwa Islam adalah agama Allah terakhir yang diamanahkan kepada manusia. Agama yang mencapai kesempurnaannya di tangan Nabi SAW.

Pilihan Nabi SAW terhadap minuman susu, ketika Jibril menawarkan dua jenis minuman, susu dan khamr, merupakan isyarat secara simbolis bahwa Islam adalah agama fitrah. Yakni, agama yang akidah dan seluruh hukumnya sesuai dengan tuntunan fitrah manusia. Di dalam Islam, tidak ada sesuatu pun yang bertentangan dengan tabiat manusia.

Perjalanan Isra Mi'raj dalam rangka menerima perintah shalat dari Allah, tanpa melalui perantara. Hal ini menunjukkan pentingnya shalat bagi kaum Muslimin. Shalat yang dilakukan akan dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih bermakna.

Jika pelajaran dari Isra Mi'raj ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan, dapat membawa perubahan kehidupan menjadi lebih baik. Semoga.(Imam Nur Suharno-Republika.co.id/jko)

09 April 2018
5 Kesalahan yang Bisa Hancurkan Karier Anda
Bagi Anda yang baru lulus atau sedang memulai karier, melakukan yang terbaik dan terus belajar merupakan suatu kewajiban. Apalagi jika berbicara keinginan untuk mempercepat laju karier di tahun-tahun yang akan datang.

Banyak orang mencoba berbagai hal agar karier bisa terus melaju. Contohnya adalah mengerjakan semua tugas yang diberikan bos sesuai dengan wewenang dengan cepat dan tentu saja benar. Selain itu juga menghindari mengerjakan hal yang tidak diperlukan di kantor.
 

Namun ternyata, semua ada hal-hal yang bisa menghambat Anda untuk bisa mengejar karier. Tanpa disadari, apa yang Anda lakukan justru membuat karier Anda mandek.

Dilansir dari CNBC, Senin (9/4/2018) berikut hal-hal yang mesti Anda hindari jika tak ingin karier berjalan di tempat: 

1. Mengabaikan hubungan dengan rekan kerja dan atasan

Banyak yang berasumsi bahwa nilai yang bagus serta akademik yang gemilang akan membantu anda dalam berkarier.

Faktanya, hubungan dan komunikasi dengan rekan kerja serta atasan ialah faktor krusial bagi Anda yang ingin mendapatkan promosi atau maju pada posisi yang lebih baik.

"Salah satu hal terpenting jika anda ingin naik dalam karir ialah hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Jika anda tidak memiliki hal tersebut, jangan terkejut bahwa mungkin anda akan segera dikeluarkan dari pekerjaan impian anda," menurut laporan Law Settlement Funding.

2. Kurang tidur

Terlihat sederhana, tetapi kurang tidur bisa berdampak butuk kepada karier.. Satu hal yang terburuk saat bekerja ialah banyak karyawan yang mengabaikan tidur yang cukup. Dengan alasan untuk mengejar deadline atau untuk mencapai sesuatu, hal ini merupakan kesalahan yang fatal.

Faktanya, mengurangi porsi tidur dapat mengganggu kinerja Anda di kantor. Selain ini menghambat pertumbuhan karier anda, hal tersebut akan membuat anda kesulitan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan.
 

3 Tidak Fokus

Fokus dapat membantu Anda untuk memperkuat karier ke depan. Salah satu analisa pada miliarder Forbes 400 menyebutkan bahwa Mayoritas kesuksesan miliarder bersumber kepada kemampuan fokus pada industri masing-masing.

Fokus pada banyak hal akan menghambat Karier Anda, bahkan bisa menghancurkannya.

4. Membatasi jaringan

Membatasi atau tidak mengembangkan jaringan Anda ketika berkarier akan menghilangkan banyak kesempatan. Perluaslah jaringan potensia dan berikan yang optimal untuk pertumbuhan tersebut.

5. Kurang bergaul

Bergaul di sini yakni merujuk pada kehidupan sosial. Meskipun sibuk pada tujuan karirr pribadi, jangan sampai mengabaikan kehidupan sosial.

Misal, dengan tetap konsisten memperhatikan perkembangan yang terjadi di media sosial atau daring di mana semua informasi saat ini berpusat di sana.(Bawono Yadika-liputan6.com/jko)



 

 

06 April 2018
Zakat pada Masa Pra-Islam
Menurut Ahmad Azhar Basyir, zakat sudah pernah dilaksanakan sebelum kedatangan agama Islam. Kegiatan yang dilakukan serupa zakat telah dikenal di kalangan bangsa-bangsa Timur kuno di Asia, khususnya di kalangan umat beragama.

Hal ini terjadi atas adanya pandangan hidup di kalangan bangsa-bangsa Timur bahwa meninggalkan kesenangan duniawi merupakan perbuatan terpuji dan bersifat kesalehan. Sebaliknya, memiliki kekayaan duniawi akan menghalangi orang untuk memperoleh kebahagiaan hidup di surga.
 

Dalam Alquran, secara tegas disebutkan, setiap nabi dan rasul yang diutus oleh Allah senantiasa memerintahkan umatnya untuk menyembah Allah, mendirikan shalat, serta menunaikan zakat. Lihat surah Maryam [19] ayat 30-31 dan 55; surah Al-Anbiya [21]: 73; serta Al-Bayyinah [98]: 5.

Nabi Ibrahim, Ismail, Ishaq, dan Ya’qub sudah diperintahkan menunaikan zakat. Begitu pula dengan rasul-rasul lainnya, seperti Musa, Isa, dan Muhammad SAW. Semuanya diperintahkan untuk menunaikan zakat sebagai sebuah syariat yang diwajibkan atas diri mereka dan umatnya untuk menyantuni kaum yang lemah sekaligus membersihkan harta yang mereka miliki.

Tentu saja, masing-masing nabi dan rasul itu berbeda-beda dalam mengeluarkan zakatnya. Ada yang berupa harta milik, harta perniagaan, hasil usaha, ternak, emas, perak, dan lainnya. Dalam syariat Nabi Musa AS, zakat sudah dikenal, tetapi hanya dikenakan terhadap kekayaan yang berupa binatang ternak, seperti sapi, kambing, dan unta. Zakat yang wajib dikeluarkan adalah 10 persen dari nisab yang ditentukan.

Bahkan, Nabi Musa AS memerintahkan Qarun, orang yang kaya raya. Ia diperintahkan untuk mengeluarkan zakat. Ibnu Katsir dalam kitabnya al-Bidayah wa an-Nihayah menjelaskan, awalnya Qarun hanya orang biasa. Namun, akhirnya ia diberikan harta yang dikelolanya yang kemudian menjadi berlimpah. Ketika memiliki banyak harta, ia diperintahkan untuk mengeluarkan sebagian yang dimilikinya untuk orang-orang miskin (Lihat QS Al-Qashash [28]: 70-80).

Bangsa Arab jahiliyah mengenal sistem sedekah khusus, sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah Al-An'am [6] ayat 136. Dan mereka memperuntukkan bagi Allah satu bagian dari tanaman dan ternak yang telah diciptakan Allah, lalu mereka berkata, sesuai dengan persangkaan mereka, ‘Ini untuk Allah dan ini untuk berhala-berhala kami.’ Maka, saji-sajian yang diperuntukkan bagi berhala-berhala mereka tidak sampai kepada Allah dan yang diperuntukkan bagi Allah akan sampai kepada berhala-berhala mereka. Amat buruklah ketetapan mereka itu.”(Syahruddin el-Fikri-Republika.co.id/jko)

 

04 April 2018
Trik Bersih-bersih Gmail Penuh
Gmail sudah menjadi email yang jamak dipakai pengguna Internet saat ini. Enaknya menggunakan Gmail, pengguna mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis 15 GB. 

Untuk beberapa pengguna, kapasitas 15 GB tidak cukup menampung semua kiriman file atau data. Jika kapasitas Gmail sudah penuh, maka beberapa fitur Gmail tidak bisa berfungsi dan pengguna terancam tidak bisa menerima email masuk.
 

Google memberikan skema lanjutan untuk kapasitas penyimpanan yang sudah penuh, yakni pembelian penyimpanan akun Gmail. Sebelum mengambil opsi penambahan kapasitas email, pengguna bisa bersih-bersih Gmail, sehingga tak perlu membayar ke Google untuk penambahan kapasitas penyimpanan. 

 

Namun, perlu disadari untuk bersih-bersih email di Gmail ini, pengguna perlu teliti dan memastikan apakah dokumen yang akan dibersihkan dari email merupakan data penting atau tidak. Berikut trik dan langkah bersih-bersih Gmail:

1. Buka Gmail

2. Klik bagian bawah kiri Gmail yang menunjukkan seberapa besar penyimpanan yang telah digunakan. Klik 'kelola/manage' pada bagian kiri bawah

3. Pengguna akan mendapatkan chart yang menunjukkan seberapa besar penyimpanan dipakai pada Gmail, Foto maupun Google Drive

4. Klik 'lihat rinci/view detail/ pada bagian bawah chart tersebut

5. Pilih opsi 'pelajari selanjutnya/learn more

6. Langsung klik bagian Opsi 1: Clear Space dan pilih Gmail

7. Pada bagian ini terdapat empat langkah bersih-bersih dokumen di email. Pertama pengguna mengetik pada kotak pencarian Gmail, jenis file yang membawa lampiran berkapasitas besar. Biasanya ini yang membuat kapasitas penyimpanan Gmail cepat penuh. 

Pada kotak pencarian klik 'has:attachment larger:10M' atau kapasitas lampiran email yang diinginkan pengguna, bisa 'lebih dari 20M, 5M dan sebagainya. 

Setelah itu klik pada pencarian, dan akan segera muncul daftar email masuk yang punya lampiran berkapasitas besar. Pastikan dan sortir kembali email yang tidak dibutuhkan lagi, dan klik 'hapus/delete' dengan ikon sampah pada atas daftar email masuk.

Agar bisa mengurangi beban kapasitas, pengguna perlu mengklik ada menu Gmail pada sisi kiri. Klik 'More' dan pilih 'Trash'. Pengguna akan menemukan daftar email yang dihapus tadi. 

Selanjutnya kosongkan Trash, dengan mengklik 'Empty Trash Now'. Tunggu beberapa saat dan kapasitas Gmail pengguna akan berkurang.(Amal Nur Ngazis-viva.co.id/jko)
 

 

02 April 2018
6 Perilaku yang Rata-Rata Dimiliki Orang Kaya
Saat ini ada banyak kesempatan yang bisa membuat seseorang menjadi kaya. Sebagian dari mereka bisa kaya karena mendapatkan harta warisan keluarga. Sebagian lagi karena berbisnis dengan sukses atau menang hadiah undian miliaran.

Setiap orang yang ingin kaya memilih jalan sendiri  untuk meraihnya. Namun, terkadang menjadi kaya raya itu tidak selalu berhubungan dengan uang. Ada kerja keras yang maksimal dan pola hidup yang teratur.
 

Mereka yang menjadi orang kaya benar-benar memulainya dari level bawah. Mereka hanya memiliki keyakinan yang kuat untuk bisa sukses. Setelah itu, mereka berusaha untuk meraihnya dengan cara yang smart.

Selain itu,ada faktor lain yang jadi penentu mereka jadi kaya yang rata-rata adalah perilaku dalam keseharian mereka.

Apa saja itu? Berikut ini adalah perilaku-perilaku yang rata-rata yang dimiliki orang kaya yang dikutip dari Cermati.com.

1. Satu Pekerjaan Tidak Cukup, Pekerjaan Lain Juga Dilakukan

Orang-orangkaya berhasil membangun kekayaanya dengan memperbanyak sumber pendapatan. Hal tersebut mereka dapatkan dengan ambil lebih dari satu pekerjaan.

Entah itu dengan dengan bekerja pada orang lain atau mulai berbisnis atau ambil proyek yang bisa dilakukan secara freelance. Dengan melakukan itu semua, tentunya semakin menambah penghasilan mereka setiap bulannya, bukan?  

2. Selalu Punya Waktu untuk Berolahraga

Menjadi seorang yang kaya raya bukan berarti karena bekerja terus-terusan tanpa peduli dengan kesehatan. Rata-rata orang kaya peduli dengan kesehatan mereka, baik sebelum maupun sesudah kaya.

Benefit yang mereka kejar dari olahraga bukan hanya kesehatan. Bagi mereka, berolahraga bisa membantu mereka berpikir lebih jernih dan merilekskan diri sejenak dari rutinitas yang dijalani.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah berolahraga dengan rutin setiap minggu?

3. Uang yang Dimiliki Cenderung Dihabiskan untuk Proteksi dan Simpanan

Mungkin terbersit di pikiran, orang kaya pasti selalu menghabiskan uang mereka. Kenyataannya, orang kaya mempunyai taktik khusus untuk penganggaran keuangan mereka. Tom Corley juga mengatakan bahwa 25 persen dari pendapatan orang kaya digunakan untuk perumahan.

Lalu sekitar 15 persen untuk kebutuhan makanan, 10 persen untuk kegiatan hiburan, dan sekitar 10 persen untuk pembayaran kredit kendaraan dan liburan.
 

4. Sudah Menetapkan Tujuan dan Merencanakannya dengan Jelas

Rata-rata orang kaya sudah memiliki tujuan dan merencanakannya dengan jelas. Inilah kenapa mereka bisa menjadi kaya. Mereka selalu melakukan apa pun demi tercapainya tujuan yang sudah ditetaipkan. Tentunya semua itu berjalan sesuai dengan rencana yang mereka susun.

Selain itu, mereka juga menanamkan tujuan yang dimiliki ke alam bahwa sadarnya agar bisa memandu dalam pengambilan keputusan setiap harinya.  

5.Tidak Lupa untuk Investasi

Sudah terbukti, orang kaya memang suka berinvestasi. Menurut penelitian yang ada, sekitar 20% dari orang kaya ternyata menghabiskan sekitar 16% dari penghasilan yang mereka miliki untuk kebutuhan investasi. Investasi yang mereka pilih kebanyakan, seperti reksa dana, saham, obligasi, mata uang, hingga emas.

6. Pernah Gagal, tapi Bukan Menjadikannya Penghalang untuk Maju

Siapa bilang orang kaya tidak pernah menemui kegagalan? Nyatanya, sebelum kesuksesan itu diraih, mereka telah gagal berkali-kali. Bedanya, mereka tidak mudah menyerah dan terus mencoba kembali.

Orang yang sekarang ini kaya dulunya pernah mengalami kegagalan dalam bisnis paling tidak sekali seumur hidup. Mereka berusaha untuk belajar dari kegagalan yang pernah dialami. Hasilnya, mereka bisa sukses dan menjadi orang kaya.  

Pastikan Kita Mau Belajar dari Kegagalan dan Kesalahan Masa Lalu Setiap orang memiliki kesempatan untuk kaya.Namun, tidak semua orang mampu meraihnya dalam waktu yang singkat. Terkecuali untuk orang yang selalu mau belajar dari kesalahan dan kegagalan yang pernah dialami.

Setelah itu, bangkit kembali untuk terus melanjutkan apa yang dicita-citakan dan terus belajar agar bisa menjalankan pekerjaan atau bisnis dengan lebih baik lagi. Hasilnya, uang dan keuntungan tentunya akan mengejar kita. (Nurmayanti-liputan6.com/jko)

 

 

Page 1 of 61      1 2 3 >  Last ›