Lintas Jawa Timur

12 June 2018
KPU Mulai Proses Pendistribusian ke Kecamatan
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, mulai mendistribusikan kebutuhan logistik pencoblosan, ke tiap kecamatan. Meskipun pelaksanaan pemilihan masih tanggal 27 Juni mendatang, KPU Kabupaten Tulungagung, mulai melakukan pendistribusian logistik pencoblosan ke 19 kecamatan wilayah Tulungagung. Pendistribusian ini menggunakan empat truk dan dijadwalkan akan selesai dalam waktu tiga hari.

Terdapat 7 item logistik yang sudah didistribusikan, diantaranya kotak dan bilik suara, tinta, formulir, sampul dan template untuk pemilih tuna netra. Sedangkan untuk surat suara akan didistribusikan usai lebaran. Sebab masih menunggu kiriman surat suara untuk Pilbup dan Pilgub, yang dikembalikan karena dinyatakan rusak dan tidak sesuai dengan standart surat suara.
 
Menurut Victor Febrihandoko, Komisioner KPU Tulungagung, nantinya petugas KPU akan melakukan penghitungan kembali, untuk memastikan kekurangan kebutuhan logistik yang belum dikirim. Dijadwalkan kekurangan tersebut akan dikirimkan pada 5 hari setelah lebaran. Setelah itu petugas kecamatan akan melakukan pengecekan, sebelum didistribusikan ke setiap desa, dan tempat pemungutan suara.
 
Dari hasil pelipatan dan penyotiran surat suara untuk Pilgub, ditemukan 8 ribu lebih surat suara yang rusak dan tidak sesuai dengan standart. Hingga saat ini KPU masih menunggu kiriman surat suara dari pihak provinsi.(Agus Bondan, Muhammad Imron Danu-Pojopitu.com/jko)
12 June 2018
Gadis Jombang Tewas Saat Tandem Paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu

Cherly Aurelya (18) meninggal dunia saat ikut tandem paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu, Selasa (12/6/2018).

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Batu, Ahmad Khoirur Rokhim mengatakan jenazah korban sudah di RS Hasta Brata.
 

“Kejadiannya sekitar pukul pukul 08.30 WIB. Atlet paralayang itu berasal dari Jombang,” kata Rokhim kepada SURYAMALANG.COM.(Sany Eka Putri-Suryamalang.co.id/jko)




 

 



 

 
12 June 2018
Mudik, Risma: Istirahat Kalau Lelah, Liburnya Panjang
Wali Kota Tri Rismaharini mengimbau warga Surabaya yang melakukan mudik untuk beristirahat, jika dalam perjalanan mulai lelah.

"Saya harap istirahatlah kalau lelah," kata Risma saat di rumah dinas, Selasa (12/6/2018).

Menurutnya tidak perlu buru-buru untuk cepat tiba di rumah, karena pemerintah sudah memberikan libur yang panjang.

"Untuk apa buru-buru, liburnya panjang sekali," harapnya.

Selain imbauan ke pemudik, Risma juga minta ke warga yang ingin mengadu nasib di Surabaya pasca lebaran agar berpikir dua kali, jika tidak mempunyai kemampuan.

"Kita tidak melarang untuk datang (Surabaya), tapi kalau tidak ada yang menjamin dan tidak mempunyai keperluan atau skill, saya mohon sekali," tambah Risma.(Zaenal Effendi - detikNews/jko)
12 June 2018
 Perampok Bercelurit Datangi Rumah Anggota TNI di Kediri, Siswi SMP Kena Bacok

Perampokan terjadi di rumah anggota TNI di Desa Cengkok, Kabupaten Kediri, Senin (11/6/2018) malam.

Perampokan ini mengakibatkan korban remaja berinisial AY (15) terluka.

Siswi SMPN Grogol itu mengalami luka bacok, dan sekarang sedang dirawat di RS Muhammadiyah, Kota Kediri.
 

Informasi yang dihimpun SURYAMALANG.COM, kejadian ini bermula saat orang tua AY Salat Tarawih di masjid yang tidak jauh dari rumahnya.

Saat kejadian, AY tidak ikut Salat tarawih, dan memilih berada di rumah sendirian.

Tiba-tiba pelaku masuk ke rumah.
 

AY yang memergoki ulah pelaku itu langsung melukai korban.

Korban menderita luka bacok di tubuh dan tangan.

Darah korban berceceran di lantai keramik rumahnya.
 

Tim Identifikasi Polresta Kediri telah melakukan olah TKP di rumah korban.

Petugas menemukan celurit yang telah terpisah dengan gagangnya di lokasi.

Kasus ini masih dalam penyelidikan petugas Polresta Kediri.(Didik Mashudi-Pojokpitu.com/jko)

 

 



 

 




 

 
12 June 2018
Penjualan Tiket Antar Provinsi di Terminal Arjosari Masih Lesu
Mendekati lebaran tidak memberikan pengaruh yang positif pada penjualan tiket Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Arjosari, Kota Malang. Pasalnya, hingga H-4 lebaran kemarin, penjualan tiket di loket masih terlihat sepi dari pembeli.

  Petugas loketpun terlihat lesu menunggu para calon penumpang, yang akan mudik ke tempat tujuannya. Menurut salah satu petugas penjualan perusahaan otobus,Wahab, mengungkapkan salah satu penyebab sepinya penumpang adalah program mudik gratis yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah mapun swasta.

"Keadaan ini berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, Pada H-5 jumlah pemudik antar provinsi melalui Terminal Arjosari membludak," tutur Wahab.

Namun pada tahun ini masih sepi, pemberangkatan bus antar provinsi hanya mencapai 2 hingga 3 bus saja. Ia menambahkan, pengusaha perusahaa otobus menaikkan tarif penumpang menjelang lebaran hampir mencapai 100 persen.

Masing-masing perusahaan bus memiliki kebijakan tersendiri dalam menaikkan tarif, mulai dari 100 persen bahkan bisa lebih.(Ali Makhrus-Pojokpitu.com/jko)
12 June 2018
Daging Ayam Tembus Rp 37 Ribu/kg, Ini yang Dilakukan Pemkot Surabaya
Harga daging ayam jelang lebaran mulai merangkak naik antara Rp 35 ribu hingga Rp 37 ribu per kilogram. Untuk menurunkan harga tersebut, Pemkot Surabaya menggelar operasi pasar mandiri di beberapa pasar tradisional.

Informasi yang dihimpun detikcom, kenaikan harga sudah terjadi sejak akhir Mei 2018. Upaya menstabilkan harga pun dilakukan Dinas Perdagangan Kota Surabaya bersama Pemprov Jatim.

"Kita lakukan operasi pasar mandiri dengan harapan bisa menurunkan harga hingga Rp 30 ribu/kg dan stabil hingga setelah lebaran," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, Selasa (12/6/2018).

Wiwiek mengaku telah menggelar operasi pasar mandiri sejak 5 Juni 2018 lalu hingga saat ini. "Kita lakukan operasi pasar di dua lokasi, yakni Pasar Wonokromo dan Tambak Rejo," ujar mantan Kadis Perpustakaan dan Arsip ini.

Jam operasional operasi pasar mandiri ini sendiri dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. "Kualitas daging ayam ras yang dijual pada operasi pasar mandiri sama dengan yang dijual di pasar-pasar tradisional. Ayam ras yang dijual pada operasi pasar mandiri, terjamin halal dan secara higienis juga terjamin kebersihannya," ungkapnya.

Ia berharap operasi pasar mandiri mampu menstabilkan kembali harga daging ayam dan tidak ada lagi pedagang yang memanfaatkan kenaikan harga, khususnya daging ayam, sehingga harga komoditi di Surabaya, terutama daging ayam bisa kembali stabil. "Kami berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan momen ini dengan baik," imbuh Wiwiek.

Terkait harga daging sapi dan bahan pokok lainnya, Wiwiek menegaskan bahwa saat ini untuk harga kebutuhan bahan pokok dan daging lainnya masih terpantau dalam kondisi normal.

"Untuk harga daging sapi saat ini masih terpantau normal. Selain itu, untuk supply daging sapi perhari selama kebutuhan lebaran masih tercukupi," pungkasnya.(Zaenal Effendi - detikNews/jko)
07 June 2018
Polisi Jaga Jalur Rawan Laka dan Macet
Beberapa jalur rawan macet dan kecelakaan di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota akan dilakukan penjagaan. Hal tersebut ditegaskan Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Sigit Dany Setiyono.

"Kita sudah petakan, ada beberapa jalur di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota masuk rawan macet dan kecelakaan. Di jalur By Pass secara umum karakteristik rawan macet, ada perlintasan KA. Tentu antrean kendaraan arus mudik akan semakin tinggi," ungkapnya, Kamis (6/6/2018).

Masih kata Kapolresta, pihaknya akan melakukan penjagaan di lokasi dengam melakukan pengaturan dan pengalihan arus.

Menurutnya, Polres Mojokerto Kota kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menambah penerangan jalan dan lainnya.

"Sosialisasi hari ini, kondisi trafik lalu lintas melalui coment center yanh bisa diikuti di radio. Peningkaran keamanan dan keselamatan dengan jalan patroli dan penerangan jalan. Selain di By Pass, tengah kota juga rawan macet karena digunakan sebagai jalur akternatif pengalihan arus," katanya.

Kapolresta menambahkan, selama Operasi Ketupat Semeru 2018, pihaknya menyiagakan 350 personil gabungan. Para personil tersebut siaga selama 24 jam dan dibekali dengan cara bertindak (CB) jika terjadi kemacetan, kecelakaan maupun tindak kriminalitas lainnya.(Misti P.-Beritajatim.com/jko)
07 June 2018
KPK Juga Segel Dua Ruangan di Kantor Dinas PUPR Kota Blitar
Setelah menyegel ruang dinas Wali Kota Blitar, rupanya petugas KPK kemudian bergerak ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Blitar di Jalan A Yani nomor 20.

Di kantor tersebut, petugas KPK menyegel dua ruangan, yaitu ruang Kepala Dinas PUPR dan ruang Sekretaris Dinas PUPR.

nformasi yang dihimpun detikcom menyebutkan, petugas KPK mendatangi kantor itu sekitar pukul 12.30 WIB. Penyegelan dilakukan dengan didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Blitar Hermansyah Permadi dan Sekretaris Dinas PUPR Kota Blitar Heru Catur Widodo.

"Ya memang benar ada petugas menyegel dua ruangan itu. Tapi saya tidak tahu terkait apa," kata Hermansyah pada wartawan, Kamis (7/6/2018).

Akibat penyegelan itu, peralatan kerja Sekretaris Dinas PUPR juga tertinggal di dalam ruangan.

"Iya laptop sama HP saya ketinggalan di dalam. Nggak bisa masuk lagi," ujar Catur.

Catur mengaku tidak mengetahui secara pasti proses penyegelan itu. Dia sedang menjalankan salat Dhuhur ketika petugas KPK datang sehingga ia tidak sempat membereskan beberapa peralatan pribadinya.(Erliana Riady - detikNews/jko)

 
07 June 2018
 Peringati Harlah Bung Karno dengan Seni Mocopatan di Rumah Masa Kecil Sang Proklamator di Kediri

Rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, digelar peringatan hari lahir tokoh Proklamator. Kegiatan diisi dengan doa bersama dan mocopatan, Rabu (6/6/2018) malam.

Peringatan hari lahir Bung Karno ini terasa istimewa dengan hadirnya Ki Amang, pencipta tembang Banjaran Bung Karno. Puluhan pengagum Bung Karno dan komunitas mocopat juga hadir.

Kushartono, pengelola rumah masa kecil Bung Karno mengatakan sebuah kehormatan acara mocopat memperingatai tokoh Proklamator dihadiri oleh Ki Amang, sang pencipta tembang Banjaran Bung Karno.
 

"Kita bangga punya Pancasila. Kita gembira Indonesia Merdeka. Kini kita punya Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap Kushartono.

Ditambahkan, semua itu boleh jadi hanya mimpi, seandainya tidak lahir Soekarno, Sang Penggali Pancasila, Proklamator Kemerdekaan Bangsa dan Presiden Pertama.

Kegiatan doa bersama ini dihadiri tokoh lintas agama. Pengangum Bung Karno dari Blitar dan Tulungagung juga banyak yang hadir.

"Kami memilih hari Kamis Pon tanggal 6 Juni. Ini persis hari, tanggal dan pasaran, kelahiran Bung Karno," jelasnya.
Peringatan hari lahir Bung Karno dimulai dengan pembacaan doa umat lintas agama. Kemudian dilanjutkan dengan seni mocopatan hingga tengah malam.(Didik Mashudi-Surya.co.id/jko)



 

 



 

 
07 June 2018
Deby Kurniawan Anak Bupati Fadeli Resmi Pimpin DPRD Lamongan
Deby Kurniawan, anak Bupati Fadeli yang juga ketua DPC Partai Demokrat resmi memimpin DPRD Lamongan. Usai diambil sumpah, Deby Kurniawan langsung memimpin rapat paripurna DPRD Lamongan yang diwarnai hujan interupsi.

Tepat Rabu (6/6/2018) pukul 21.00 WIB, Deby Kurniawan, diambil sumpahnya Ketua PN Lamongan di hadapan anggota DPRD dan sejumlah pejabat, termasuk Bupati Fadeli dan Wabup Kartika Hidayati.

Iwan, panggilan akrab Deby Kurniawan, dilantik menjadi ketua DPRD Lamongan menggantikan H. Kaharudin setelah SK dari Gubernur Jatim turun beberapa hari lalu.

Usai memimpin rapat paripurna, Deby Kurniawan mengaku ini pengalaman pertama baginya memimpin rapat yang diwarnai hujan interupsi. Interupsi, kata Iwan, karena ada permintaan pergantian ketua Fraksi PPP dari anggota tapi ditolak sesama anggota fraksi.

Akibat interupsi tersebut, lanjut Iwan, dirinya sempat menskors rapat paripurna selama 15 menit sebelum akhirnya disepakati pergantian akan diserahkan ke internal partai. "Sempat kaget dan grogi, memimpin rapat paripurna pertama langsung diwarnai interupsi," kata Iwan.

Deby Kurniawan dilantik, setelah mengantongi surat keputusan dari Gubernur Jatim, bernomor 171.413/553/011.2/2018, tentang peresmian pengangkatan PAW (Pergantian antar waktu) Pimpinan DPRD Lamongan, tertanggal 30 Mei 2018.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Demokrat Lamongan ini, dipastikan menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, setelah turunnya SK dari DPP Partai Demokrat yang ditandatangani Ketua Umum DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen DR. Hinca Pandjaitan, bernomor 135/SK/DPP.PD/V/2018 tentang pergantian unsur Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, dari fraksi Partai Demokrat, atas nama H. Kaharudin digantikan oleh Debby Kurniawan.

Usai dilantik, Debby Kurniawan berharap saran, masukan, dukungan maupun kritik yang konstruktif dari semua pihak. Agar dapat menjalankan tugas dan fungsi DPRD Lamongan dengan baik. "Mohon dukungannya agar dapat menjaga amanah ini dengan baik, mudah-mudahan semakin baik lagi," ucapnya.

Debby Kurniawan pun berharap, bisa menjalin kerja sama dengan semua pihak agar bisa melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. "Supaya bisa membawa keberhasilan untuk pembangunan daerah, untuk mewujudkan Lamongan yang sejahtera, maju dan berdaya saing," ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Lamongan lama, Kaharudin mengaku sangat legowo dan ikhlas dengan pergantian ini. "Ini kan kebijakan partai, parti sudah mempertimbangkan yang terbaik, kita mendukung keputusan partai," tambah Kahar yang mengaku tetap berkomitmen untuk tetap membesarkan Partai Demokrat.(Eko Sudjarwo - detikNews/jko)
Page 1 of 785      1 2 3 >  Last ›