Lintas Jawa Timur

17 December 2018
Ribuan Warga Padati Dzikir Puncak Haul Gus Dur
Ribuan warga dan peziarah memadati dzikir dan doa bersama peringatan haul KH Abdurahmanwahid ke9.
Kegiatan di depan makam KH Abdurahman Wahid di komplek pesantren Tebuireng Jombang. Tuan rumah KH Salahudin Wahid tampak duduk mendampingi sejumlah kolega dan menteri era Gus Dur. 
 
Pembacaan yasin dan tahlil dilakukan secara khidmat oleh seluruh tamu undangan. Yeni Wahid putri Gus Dur dalam sambutannya, meminta seluruh kiai untuk memberikan contoh kepada santri tentang meneladani sikap toleransi Gus Dur. Apalagi di tahun politik, perbedaan dukungan bisa mengancam kebersamaan. "Kiai harus bisa menjadi contoh santrinya agar ketentraman negara ini bisa terus tercipta," kata Yeni Wahid.
 
Sejumlah mentri era Gus Dur menyampaikan testimoni perjalanan hidup Gus Dur. Mulai dari Bondan Gunawan, sekretaris negara era Gus Dur, Kwek Kian Gie Mentri Ekonomi dan seorang wartawan senior asal Surabaya yang menjabat  protokoler era Gus Dur. Acara ditutup dengan mauidoh hasanan dari Imam Masjid Agung Istiqlal Prof Nazarudin Umar.(Saiful Mualimin-Pojokpitu.com/jko)
17 December 2018
 Forum Umat Islam Kirim Surat Audensi Soal Tempat Hiburan Malam di Kota Blitar ke Dewan

Perwakilan Forum Umat Islam Blitar Raya mendatangi gedung DPRD Kota Blitar, Senin (17/12/2018).

Mereka menyerahkan surat permohonan audensi terkait masalah tempat hiburan malam di Kota Blitar ke wakil rakyat.

"Kami ingin mengadakan audensi dengan dewan membahas soal tempat hiburan malam di Kota Blitar. Hari ini kami menyerahkan surat permohonan audensi ke dewan," kata Ketua Forum Umat Islam Blitar Raya, Akbar Harir, usai menyerahkan surat permohonan audensi di gedung DPRD Kota Blitar.
 

Akbar mengatakan sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Forum Umat Islam Blitar Raya prihatin dengan peristiwa penggerebekan karaoke Maxi Brillian di Kota Blitar pada 3 Desember 2018 lalu.

Dari situ, sejumlah perwakilan ormas Islam bertemu membahas keberadaan tempat hiburan malam di Kota Blitar.

Lalu, forum ingin menyampaikan pendapatnya soal keberadaan tempat hiburan malam di Kota Blitar ke para wakil rakyat.

"Nanti terserah dewan bentuk rekomendasinya seperti apa. Tapi, kami berharap tempat hiburan yang menyalahi aturan agar ditutup," ujarnya.

Soal karaoke Maxi Brillian, kata Akbar, forum menginginkan agar tempat hiburan itu tidak beroperasi dulu sebelun ada kejelasan dari Pemkot Blitar.

Dia meminta Pemkot tegas dengan tempat karaoke itu.

Kalau memang ditemukan pelanggaran, Pemkot haru mengkaji ulang izin tempat karoake itu.

"Kalau memang melanggar ya harus ditutup. Bukan hanya Brillian, kalau ada tempat hiburan lain yang beroperasi tidak sesuai aturan juga harus ditutup," katanya.

Dikatakannya, masyarakat dan Pemkot Blitar pastinya juga tidak menghendaki ada praktik prostitusi terselebung di tempat hiburan.

Kondisi itu dapat mencoreng nama baik Kota Blitar sebagai Kota Proklamator, kota layak anak, dan kota nasionalis religius.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan surat permohonan audensi dari Forum Umat Islam sudah diterima dewan.

Surat permohonan itu masih dimintakan disposisi ke ketua dewan. Dewan akan mengatur jadwal audensi dengan Forum Umat Islam itu.

"Suratnya baru kami terima. Kami akan menerima permohonan audensi mereka. Nanti, kalau perlu, pihak-pihak yang terlibat juga akan kami panggil agar masalahnya cepat clear," kata Totok.

Sebelumnya diberitakan, karaoke Maxi Brillian yang digerebek Polda Jatim sempat beroperasi kembali, Jumat (14/12/2018).

Tetapi, baru beberapa jam buka, petugas Satpol PP bersama Forum Umat Islam Blitar Raya mendatangi tempat karaoke yang berada di Jl Semeru, Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, itu.

Petugas Satpol PP meminta pengelola tempat karaoke itu untuk menutup dulu usahanya sampai proses penyidikan kasus itu selesai.

Apalagi, Satpol PP juga sedang melakukan investigasi untuk menentukan tindakan terhadap karaoke itu pasca digerebek Polda Jatim.

Polda Jatim menggerebek tempat karaoke itu pada Senin (3/12/2018) lalu.

Polisi diduga menemukan praktik asusila di salah satu room di tempat karaoke itu ketika melakukan penggerebekan di lokasi.
 

Dalam penggerebekan itu, Polda Jatim mendapati tamu yang sedang melakukan perbuatan asusila di tempat karaoke itu.

Polda Jatim juga menemukan kondom di salah satu room di tempat karaoke itu.

Polisi sudah menetapkan dua tersangka dalam kasus itu.(Samsul Hadi-Surya.co.id/jko)


 

17 December 2018
Disdik Kabupaten Kediri Sosialisasi Penyaluran Bea Siswa Pendidikan pada GNOTA
Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan setempat mengadakam sosialisasi penyaluran bea siswa pendidikan kepada pengurus Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA). Acara berlangsung di Ruang Jayabaya, Pemkab Kediri.

Seluruh Ketua dan Pengurus GNOTA di setiap lembaga sekolah hadir dalam kegiatan ini. Mulai dari tingkat SMP, MTs, SMA, SMK, se-Kabupaten Kediri. Jumlah peserta tercatat sebanyak 27 orang.

Sekretaris GNOTA Kabupaten Kediri, Aji Indra mengatakan, kegiatan ini untuk membantu pendidikan di jenjang SD ke SMP dan SMP ke SMA.

“Untuk biaya pendaftaran masuk sekolah ke jenjang selanjutnya, dengan jumlah penerima di Kabupaten Kediri total sekitar 5.000 siswa. Bantuan diambilkan dari APBD,\" ungkapnya.

Kali ini bantuan bantuan bea siswa yang disalurkan untuk 2.000 anak. Penerima setiap kecamatan berbeda. Ada kecamatan dengan penerkma 70 siswa dan ada yang lebih.

Masih katanya, teknks penyaluran bantuan dari GNOTA  yaiyltu, setiap pengurus membagikan ke setiap kecamatan dan juga dilakukan penyaluran buku.

“Untuk siswa SMP mendapatkan uang bantuan sebesar Rp 1 juta. Sedangkan untuk siswa SMA mendapat Rp 1,5 juta. Dalam penerimaan bantuan tersebut disalurkan melalui rekening yang besangkutan masing-masing, “pungkasnya.

Bila ada siswa yang belum tercover oleh sekolahan, maka siswa tersebut bisa mengajukan secara mandiri. Caranya dengan membawa berkas-berkas persyarata ke kantor GNOTA yang ada di Jalan Letjen Suprapto, Burengan, Kota Kediri.

GNOTA adalah sebuah organisasi sosial nirlaba, independen dan transparan yang didirikan pada 29 Mei 1996. GNOTA merupakan sebuah gerakan inisiatif dari masyarakat untuk menjaga agar anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan dasar sebagai landasan meraih masa depan yang lebih baik.(Nanang Masyhari-Beritajatim.com/jko)
17 December 2018
Masih Kemarau, Warga Ponorogo Lakukan Ritual Minta Hujan
Meski sudah memasuki musim hujan, warga Ponorogo tetap menggelar doa minta hujan. Sebab, hujan di bulan Desember ini belum mencukupi petani untuk bercocok tanam.

Warga Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, pun menggelar ritual Mbah Joyonegoro. Ritual ini diawali dengan pengumpulan ingkung dan lauk yang dimasak oleh warga di pesanggrahan atau di gazebo. Usai pengumpulan makanan, beberapa perangkat desa dengan tetua adat setempat menuju ke sumber air desa atau yang biasa disebut ngunut oleh warga setempat.

Sesampainya di ngunut, tetua adat kemudian membakar kemenyan dan dupa serta membuang sesaji berupa pindang lulang dan dawet.
 
Sesaji pindang lulang ini terbuat dari kulit sapi yang dimasak menggunakan kluwak dan berwarna hitam. Sedangkan dawet atau cendol ini berwarna putih terbuat tepung beras dan santan.

Kedua jenis makanan tersebut dipilih sebagai bentuk perwakilan hitam dan putih. Sengaja dialirkan ke sumber air yang bersih sebagai bentuk agar dijauhkan dari mara bahaya dan segera turun hujan.

"Sesajennya itu dialirkan di Ngunut atau sumber air sebagai tolak balak supaya hujan segera turun di Ponorogo," tutur Sesepuh Desa Gatiyo (69) kepada detikcom, Senin (17/12/2018).

Usai larungan, sesepuh pun mengambil air dari Ngunut yang diwadahi dalam teko dan dibawa kembali ke pesanggrahan. Sesampainya di pesanggrahan, sesepuh membacakan doa agar segera turun hujan.

"Pesanggrahan dipilih karena disini tempat ditambatkannya kuda mbah Joyonegoro salah satu prajurit Pangeran Diponegoro," terang dia.

Gatiyo menambahkan Mbah Joyonegoro merupakan sosok prajurit handal dan tersohor pada jamannya. Selain itu, tempat pesanggrahan ini sering dijadikan warga untuk tirakatan atau semedi.

"Ritual meminta hujan ini ritual adat 3 tahunan, seperti yang diajarkan Mbah Joyonegoro," papar dia.

Usai membacakan doa, sesepuh pun membuang air dari Ngunut sembari memutari pesanggrahan. Sementara itu, pemuda desa terlihat membagikan makanan yang sengaja dibawa warga untuk dibagikan dan dimakan bersama.

"Acara ditutup dengan seni tradisional tayub yang ada penari dan musiknya," imbuh Gatiyo.

Sementara Kades Karangpatihan Eko Mulyadi menambahkan ritual ini merupakan ritual adat di desanya dan harus dijaga secara turun temurun. Apalagi Ponorogo masih dilanda kekeringan. Meski dibeberapa tempat sudah musim hujan, Ponorogo belum sepenuhnya merata merasakan hujan.

"Selain ritual meminta hujan ini adalah wujud syukur warga desa dengan apa yang telah diberikan oleh alam selama ini agar menjadi berkah," tukasnya.

Eko pun berharap selepas pelaksanaan ritual, hujan bisa segera turun agar warga yang berprofesi sebagai petani bisa bercocok tanam dengan nyaman.

"Semoga doa masyarakat Karangpatihan bisa segera terkabul dan diberikan hujan yang lebat bisa membawa berkah untuk masyarakat," pungkas dia.(Charolin Pebrianti - detikNews/jko)
17 December 2018
Ratusan Warga Kediri Karnaval Solidaritas ODHA
Memperingati Hari Aids Sedunia, masyarakat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri menggelar karnaval sebagai bentuk solidaritas bagi ODHA (Orang Dengan HIV/Aids) dan sebagai sarana sosialisasi pencegahan Penularan HIV/AIDS. Mereka membawa spanduk dan poster.

Karnaval ini mengambil start di perempatan Dusun Seketip, Desa Deyeng, Ringinrejo dan finish di Kantor Kecamatan Ringinrejo. Karnaval diberangkatkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Adi Laksono, MMRS.

Guna memeriahkan dan menarik penonton, peserta mengenakan pakaian yang unik. Ada yang berdandan seperti hantu dan malaikat ada pula yang berdandan bak seorang putri kerajaan. Diikuti dari berbagai komunitas, mahasiswa, pelajar, pegawai puskesmas se Kabupaten Kediri dan warga desa se-Kecamatan Ringinrejo berjalan sejauh 3 Km.

dr. Adi Laksono, MMRS mengatakan, pihaknya  menyelipkan kampanye \"Saya Berani, Saya Sehat\" dalam peringatan Hari AIDS Sedunia. Hal tersebut merupakan gerakan mandiri masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan tes dan pengobatan HIV di masyarakat, serta mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap orang yang hidup dengan HIV.

\"Kampanye Saya Berani, Saya Sehat bertujuan agar kesadaran masyarakat terhadap HIV/AIDS lebih meningkat, menghilangkan stigma akan tes HIV dan diskriminasi terhadap ODHA dapat terus berkurang. Acara seperti ini kita gelar setahun sekali dan tempatnya selalu bergatian. Menurut penilaian Kec. Ringinrejo merupakan WPA (Warga Peduli Aids) teraktif,\" jelasnya.

Dinkes Kabupaten Kediri mengajak semuanya agar tidak perlu melihat berapa banyak jumlah penderita HIV/AIDS. Tetapi harus tetap waspada dan bagaimana cara mencegahnya. Bila ada diantara yang terjangkiti, Dinkes mengajak untuk membantu mereka mendapatkan pengobatan yang layak dan benar.

Camat Ringinrejo, Ibnu Imad menambahkan, Kecamatan Ringinrejo yang notabene adalah WPA teraktif dapat sebagai motor penggerak dalam pemberantasan, pencegahan. Bagaimana ODHA itu bisa tetap berdampingan dengan masyarakat juga bisa hidup dengan layak, itulah yang harus kita sampaikan bahwa disini kepedulian pemerintah sudah luar biasa.

\"Masyarakat desa disini sudah tahu dan mampu bagaimana cara merawat dan memperlakukan ODHA jika ada yang meninggal agar tidak muncul stigma negative dimasyarakat tentang ODHA. Pesan saya kepada masyarakat, kita harus aktif bersama-sama dalam memberantas penyakit menular berbahaya ini,\" pungkasnya.(Nanang Masyhari-Beritajatim.com/jko)
17 December 2018
 Tol Pandaan Malang Dibuka Gratis Mulai 21 Desember 2018, Perhatikan Jadwal Arus Satu Arahnya Ini !

Tol Malang-Pandaan atau Pandaan Malang dipastikan dibuka saat momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 tepatnya difungsionalkan secara gratis mulai 21 Desember 2018.

Tol Pandaan - Malang dibuka gratis mulai 21 Desember 2018 dengan aturan yang diberlakukan khusus dan jam melintas yang dibatasi.

Bagi pengguna jalan yang ingin melintas dan mencoba Tol Pandaan - Malang yang dibuka gratis mulai 21 Desember 2018 perlu memperhatikan pola pengaturan arus lalu lintas karena akan diberlakukan satu arah.
 

Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Jatim AKBP Guritno, saat dikonfirmasi SURYAMALANG.COM, Sabtu (15/12/2018) membenarkan informasi tentang pembukaan tol Pandaan-Malang secara fungsional mulai 21 Desember 2018.

Pemberlakuan tol fungsional Pandaan Malang akan diatur sedemikian rupa untuk pola arus lalu lintasnya.

"Ada pembagian pola pengaturan arus pada tol fungsional Pandaan - Malang dan Malang - Pandaan.Pengaturan arus lalu lintas itu satu arah sesuai kesepakatan hasil rakor lintas sektoral," ujar AKBP Guritno melalui pesan aplikasi percakapan pada SURYAMALANG.COM, Sabtu (15/12/2018).

Sesuai kesepakatan hasil Rakor lintas sektoral di kantor PT Jasa Marga Pandaan dan hasil konsolidasi Kasat Lantas Pasuruan, Kasat Lantas Malang Kota dan Malang ditetapkan pengaturan arus jalan tol Pandaan Malang nya sebagai berikut :

1. Tgl 21 sampai 25 Desembert 2018 di khususkan satu jalur mengarah ke Malang ( SBY - Malang)

2. Tgl 26 dan 27 Desember 2018 di khususkan satu jalur mengarah ke Surabaya ( Malang - SBY)

3. Tgl 28 sampai 31 Desember 2018 dikhususkan satu jalur mengarah Malang ( SBY - Malang)

4. Tgl 1 sampai 3 Janari 2019 dikhususkan satu jalur mengarah SBY ( Malang - SBY)

5. jika volume ada peningkatan signifikas akan diatur secara fleksible atau situasional oleh Pju Ditlantas Polda Jatim selaku wasit dan Kasat Lantas setempat.

Operasional jalan tol Pandaan Malang fungsional mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dan atau selektif prioritas melihat situasi dilapangan ,

PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) selaku pengelolah jalan tol menyatakan secara umum Jalan Tol PandaanMalang sudah bisa dilalui, sesuai hasil dari perkembangan progres terakhir yang dilakukan.

Humas PT JPM, Agus Tri Antyo menjelaskan Jalan Tol PandaanMalang sudah siap dibuka untuk menyambut momen Natal dan Tahun Baru.

Setidaknya jalur dari Pandaan hingga Singosari sudah bisa dilalui.

Namun pihak JPM masih menunggu pengecekan dan kordinasi terakhir dengan Korlantas dan Kemenhub.

“Sifatnya sebagai jalur fungsional, dan gratis,” ujar Agus Tri Antyo pada SURYAMALANG.COM pekan lalu. 

Ia memberikan catatan, jalur fungsional Jalan Tol PandaanMalang ini merupakan jalur darurat saat arus mudik ke arah Malang dan sebaliknya arus balik ke arah Surabaya.

Dengan kondisi satu lajur dua jalur.

Jalur fungsional ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan golongan 1 non bus.

Menurut rencana jalan tol Pandaan-Malang dibuka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Jika jalur fungsional ini padat maka akan dialihkan ke jalur arteri.

Ia menyiapkan beberapa skenario jika memang jalur fungsional ini dibuka dengan catatan sejumlah kendala yang masih dalam proses penyelesaian.

Yang menarik selama perjalanan di dalam jalur tol Pandaan Malang, akan banyak suguhan panorama alam yang indah.

Pemandangan berupa lereng gunung yang berjajar akan menemani selama perjalanan.

Jalan Tol Pandaan - Malang terbagi dalam lima sesi, di mana masing-masing sesi jalan tol perkembangan kondisi pembangunannya berbeda-beda.

 Untuk seksi 1 jalan tol Pandaan Malang ini sudah rampung, hanya beberapa titik masih terlihat petugas proyek menyelesaikan pekerjaan kelengkapan jalan tol.

“Untuk seksi 1 Pandaan- Purwodadi ditargetkan dapat dioperasikan pada awal tahun depan. kini pembangunan konstruksinya sudah rampung,” jelas Agus Tri Antyo Humas JPM.

Agus menuturkan untuk seksi 1 jalan tol Pandaan-Malang melintang antara Kecamatan Pandaan sampai Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Seksi pertama ini panjangnya mencapai 15,475 kilometer.

“Progres pembangunan konstruksinya sudah mencapai 92,067 persen. Hingga sekarang terus dikebut penyelesaiannya,” kata Agus

Dari lima seksi pembangunan ruas jalan Tol Pandaan-Malang, semuanya dikerjakan secara simultan.

Karena seksi 1 paling dekat dan tersambung lebih dulu dengan tol Gempol-Pandaan, maka seksi1 menjadi target utama harus tuntas lebih awal dibanding seksi yang lain.

Di seksi 2 melintang dari Purwodadi – Lawang sejauh 8,050 km.

Di seksi 2 ini sebenarnya tidak ada kendala berarti, hanya saja di kawasan Malang Anggun Sejahtera ada jalur sepanjang 1,5 km yang sedang proses penyelesaian.

Secara fungsional kata Agus bisa untuk dilewati kendaraan pada momen Nataru nanti.

Pihaknya menunggu arahan dari Korlantas. “Mungkin nanti bisa dilakukan secara fungsional dengan dibuka satu sisi,” jelasnya.

Untuk seksi 3 yang melintang sepanjang 7,100 km dari Lawang - Singosari ,Agus memastikan jalur sudah bisa dilewati.

Sedang di seksi 4, Singosari – Pakis sepanjang 4,750 masih dalam proses pengerjaan dan pembebasan lahan begitu pula dengan seksi 5, Pakis – Malang.

Selain pembangunan konstruksi, masalah pembebasan lahan pembangunan jalan ini juga belum rampung.
 

Hingga 30 November 2018, dari 1.664 bidang lahan yang harus dibebaskan, masih tersisa 58 bidang lahan yang belum berhasil dituntaskan.

Masalah pembebasan lahan ini menjadi tanggung jawab PPK Kementerian PUPR dan BPN.

Meski pembebasan lahan masih ada yang belum tuntas, pihak JPM optimistis triwulan pertama 2019 tol ini sudah dioperasikan.

Dengan beroperasinya jalan tol ini, dapat mengurai kemacetan yang ada di jalan arteri dan memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau sebaliknya.

Bisa jadi bila tol PandaanMalang ini sudah nyambung, maka waktu tempuh Surabaya (Gerbang Waru) - Malang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.(Aflahul Abidin-Surya.co.id/jko)



 

 


 

 
14 December 2018
29 desa di Bojonegoro waspada hujan deras disertai angin
Diawal musim penghujan beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro, mengalami hujan deras disertai angin. BPBD Kabupaten Bojonegoro menghimbau desa-desa yang rawan bencana.

Seperti kondisi hujan deras yang disertai angin, Kamis (13/12) sore kemaren di Desa Pandantoyo Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro.
 
Hujan deras yang disertai angin yang terjadi cukup lama, sehingga para wargapun juga merasa ketakutan. Beruntung dalam hujan deras yang disertai angin ini tidak memakan korban.
 
Nadif Ulfia, prtugas BPBD Bojonegoro, mengatakan, menurut data  ada 29 desa di 17 kecamatan yang menjadi rawan hujan disertai angin.
 
Dari BPBD Kabupaten Bojonegoro, juga menghimbau para warga dan juga pengendara untuk tetap waspada terhadap, hujan deras yang disertai angin.(Avrizal Ilmi-Pojokpitu.com/jko)
14 December 2018
 Penyebab Anak Kandung Tikam Ayahnya Sendiri di Tulungagung karena Masalah Sepele

M Alvian Efendi (35) ilias Pendik, pelaku yang tega tikam ayahnya sendiri, Imam Sujai (62) diamankan di Polsek Sumbergempol, Tulungagung. Dia menikam korban lantaran masalah sepele. 

Sebelumnya beredar kabar jika Pendik sakit hati, karena saat minta uang tidak dikasih oleh Sujak, panggilan ayahnya. Namun, kepada pendampingnya di kantor polisi, Pendik kesal karena ayahnya terus ngomel.

Bahkan saat makan, Sujak terus mengomel kepada pelaku.
 

Tak kuat mendapat omelan, Pendik mengambil pisau dan menusuk perut bapaknya.

"Dia bisa cerita sehabis menusuk, pisaunya dilempar ke arah barat," ujar laki-laki bertubuh tegap ini.

Selama di kantor polisi, Pendik mendapatkan pendampingan tenaga medis, karena sebelumnya Pendik mengalami gangguan jiwa.

Menurut pendampingnya, Pendik dalam keadaan sehat. Bahkan saat diajak bicara, dia mampu bercerita dengan sangat runtut.

"Makanya perlu pemeriksaan untuk memastikan kondisi kejiwaannya," ucap sumber tadi.

Pendik pernah mengalami sakit jiwa sejak tahun 2011. Ia sudah dua kali dibawa ke RSJ Lawang, Malang.

Selama ini dia rutin minum obat, sehingga tidak pernah kambuh, apalagi sampai berbuat onar.

Pendik menusuk Sujak, Jumat (14/12/2018) pagi, di warung kopi milik Sujak di Pasar Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol.

Saat kejadian situasi pasar masih sepi, sehingga tidak ada saksi mata yang melihat kejadian itu.

Sujak kemudian berjalan ke Puskesmas Bendilwungu yang ada di sebelah selatan pasar.
 

Karena lukanya dalam, ia dirujuk ke RSUD dr Iskak. Sujak dirawat di red zone (zona kritis) IGD RSUD dr Iskak dan harus menjalani operasi.(David Yohanes-Surya.co.id/jko)


 

14 December 2018
Ribuan Pemuda Dibekali Ilmu Kewirausahaan di Jambore Kebangsaan
Ribuan mahasiswa dan pemuda se Jawa Timur menggelar Jambore Kebangsaan dan Kewirausahaan di Mojokerto. Selain menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat persatuan dan kerukunan, di jambore ini mereka juga dibekali ilmu kewirausahaan.

Jambore ribuan mahasiswa dan pemuda ini digelar di Camping Ground Ubaya Training Center (UTC), Trawas, Mojokerto. Di tengah sejuknya udara lereng Gunung Penanggungan, mereka mendirikan ratusan tenda sebagai tempat untuk menginap.

Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan Kapolda Jatim yang juga Dewan Pembina Cipayung Plus Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Berlangsungnya jambore ditandai dengan pendatanganan banner, serta pelepasan balon dan merpati.
 
Ribuan peserta jambore datang dari berbagai unsur organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan. Antara lain Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) perguruan tinggi, organisasi ekstra kampus, organisasi kepemudaan, serta komunitas se Jatim.

Luki mengatakan, jambore kebangsaan dan kewirausahaan ini digelar lantaran adanya sejumlah pihak yang ingin memecah belah persatuan bangsa Indonesia. Melalui jambore ini dia berharap para mahasiswa dan pemuda dari berbagai daerah di Jatim bisa saling bersilaturrahmi untuk mempererat persatuan dan kerukunan.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi wujud semangat Satu Untuk Negeriku. Silaturahmi pemuda dan mahasiswa se Jatim ini agar menjadi contoh bagi para pemuda dan mahasiswa di provinsi lain di tanah air. Sehingga persatuan dan kerukunan mahasiswa dan pemuda di Jatim bisa menjadi penyejuk di tengah panasnya tahun politik 2019.

"Tahun ini kita kan tahu dengan jelas, ada kelompok-kelompok yang ingin memecah belah. Makanya kami satukan di sini, kami ingatkan bahwa Indonesia harus tetap jaya dan harus bersatu," kata Luki kepada wartawan di lokasi usai upacara pembukaan, Jumat (14/12/2018).

Tak sekadar berkumpul dan berkemah, jambore yang diikuti 1.000 pemuda dan mahasiswa ini juga diisi dengan rangkaian diskusi, serta pembekalan materi. Seperti di hari pertama ini diisi 3 kali kegiatan kuliah umum.

Kuliah umum pertama dengan tema visi Jatim untuk pemuda diisi Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa, dilanjutkan Wabup Nganjuk Marhaen Djumadi dengan tema pendidikan solusi keadilan di Indonesia dan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dengan tema peran pemuda dalam pembangunan politik hukum di Indonesia.

Malam nanti kegiatan dilanjutkan dengan dialog pemuda. Wabup Trenggalek Mochamad Nur Arifin didapuk sebagai keynote speaker dalam dialog bertema inisiatif pemuda turut dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Sementara para pemateri dialog antara lain Ketua PB HMI, Ketua DPP GMNI, Ketua PB PMII, Ketua DPP IMM, Ketua PP GMKI, PMKRI, KAMMI, serta Ketua PP Pemuda Muslimin Indonesia.

Sementara hari ke dua jambore diisi dengan dialog kebangsaan bertema Menjaga Persatuan di Tengah Keberagaman Berbangsa dan Bernegara. Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ketua PW Muhammadiyah Jatim KH Saad Ali, Ketum Badan Musyawarah Antar Gereja Jatim Pendeta Sudhi Dharmasraya, serta Romo Moderator PMKRI Petrus Canisius.

Menariknya lagi, jambore ini juga diisi dengan kisah sukses pemuda energi untuk Indonesia yang disampaikan langsung Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Koordinator Wilayah Jawa-Bali Badan Pengurus Pusat HIPMI Muhammad Ali Affandi. Jambore juga diselingi dengan deklarasi Pemilu damai oleh pemuda dan mahasiswa Jatim.

"Kami akan melihat mahasiswa dan pemuda yang sudah berinovasi di bidang wirausaha nanti ditularkan. Memberikan cara usaha yang baik ke depannya, ada tokoh-tokoh di sini," ujar Luki.

Jambore bakal diakhiri dengan orasi kebangsaan yang mengambil tema Antisipasi Satgas Nusantara dalam Menghadapi Tantangan dan Ancaman Pemilu 2019. Orasi ini dilakukan oleh Kepala Satgas Nusantara Mabes Polri Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

"Untuk mengangkat NKRI harga mati kita harus berstau, untuk mewujudkan Indonesia satu untuk negeri, mahasiswa dan pemuda harus bersatu," terang Luki.

Gubernur Jatim Soekarwo menilai jambore mahasiswa dan pemuda ini bakal mendorong semangat juang kaum muda untuk bersaing melalui dunia wirausaha. Pada momen ini, para peserta diharapkan saling bertukar ide-ide kreatif untuk berwirausaha. Namun, pejabat yang akrab disapa Pakde ini mewanti-wanti agar wirausaha itu ditekuni para pemuda dalam bingkai NKRI.

"Aplikasinya banyak sekali. Misalkan langkah yang dilakukan mereka dimasukkan ke jalur wirausaha, dipertemukan dengan pengusaha-pengusaja supaya menjadi bapak angkatnya. Bisa disalurkan modal melalui perbankan," tandasnya.(Enggran Eko Budianto - detikNews/jko)
14 December 2018
Tol Gempol Pasuruan Sesi 3 Siap Operasi di Libur Natal Tahun Baru
Pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan tahap 3 yang menghubungkan pintu Gempol hingga pintu tol Grati, yang juga akan menghubungkan tol Pasuruan-Probolinggo siap beroperasi.
Dalam kesiapan beroperasi di tahun 2019, pada libur natal tahun baru akan dilakukan uji layak jalan dan sosialisasi. Saat ini hanya tinggal pemasangan kabel optik untuk keperluan jalan tol, yang saat ini tinggal perapian dan beberapa titik dalam pemasangan oleh pekerja.

Pimpinan Proyek Jalan Tol Gempas, Mulyono, mengatakan, dalam waktu dekat tim dari peninjauh kelayakan jalan, akan melakukan survei untuk direkomendasikan kelayakannya.

Diharapkan dengan selesainya jalan tol Gempol-Pasuruan, dan uji kelayakan dan sosialisasi pada libur natal dan tahun baru. "Jalan tol ini akan menjadi jalan penghubung perekonomian diwilayah timur pulau jawa," ujar Abdul Majid.(Abdul Majid-Pojokpitu.com/jko)
Page 1 of 854      1 2 3 >  Last ›