Lintas Jawa Timur

18 August 2019
Polda Jatim Perketat Penjagaan Setiap Mapolsek
SURABAYA - Kepolisian Daerah Jawa Timur memperketat penjagaan di setiap mapolsek setelah adanya serangan terhadap dua anggota Polsek Wonokromo Surabaya, AIPTU AGUS SUMARTONO dan BRIPTU FEBIAN oleh seorang pelaku berinisial IM.

Kabid Humas Polda Jatim KOMBES POL FRANS BARUNG MANGERA menegaskan penjagaan lebih ketat tersebut atas perintah langsung dari Kapolda Jatim INSPEKTUR JENDERAL POLISI LUKI HERMAWAN. Kendati dilakukan penjagaan secara ketat, namun pelayanan di mapolsek, khususnya di Wonokromo tetap berjalan seperti biasanya. Dia mencontohkan aksi teror bom yang ditujukan ke Mapolrestabes Surabaya pada tahun 2018 tidak mengurangi pelayanan polisi terhadap masyarakat.

Hal senada juga ditegaskan Kapolrestabes Surabaya KOMBES POL SANDI NUGROHO yang memastikan pelayanan tidak akan terganggu meski telah terjadi teror terhadap anggotanya. Sebelumnya, Sabtu 17 Agustus 2019 sekitar pukul 17.00 WIB, seorang pria tak dikenal menyerang anggota Polsek Wonokromo dengan berpura-pura melapor ke bagian SPKT. Pelaku tiba-tiba menyerang menggunakan celurit hingga mengakibatkan seorang anggota polisi terluka dan harus mendapat perawatan di rumah sakit serta seorang polisi lainnya menderita luka lebam. (ant-art)
18 August 2019
Kloter Pertama Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba Di Tanah Air
SURABAYA - Jamaah haji dalam kelompok terbang (kloter) pertama debarkasi Surabaya asal Kabupaten Magetan mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo pada Minggu sekitar pukul 03.35 WIB.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, JAMAL, mengatakan bahwa dari bandara, jamaah haji menuju ke Asrama Haji Sukolilo pada pukul 05.00 WIB. Setibanya di Asrama Haji, jamaah menjalani beberapa proses sebelum kembali ke daerah masing-masing, antara lain pengecekan dokumen oleh petugas imigrasi, pemeriksaan suhu tubuh oleh tim kesehatan, serta penyerahan air zam zam.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya mengizinkan penjemputan jamaah haji secara massal di Asrama Haji menggunakan kendaraan dan mengatur pengamanannya. Pada Minggu, jamaah haji dalam kelompok terbang dua asal Kabupaten Ngawi, Ponorogo dan Surabaya serta kelompok terbang tiga dari Kabupaten Ponorogo juga dijadwalkan tiba di Tanah Air. (ant-art)
17 August 2019
Kapolda Jatim: Anggota Polri Diserang Di Mapolsek
SURABAYA - Seorang anggota Polsek Wonokromo AIPTU AGUS SUMARTONO diserang oleh pria tak dikenal di Mapolsek setempat pada Sabtu sore.

Kapolda Jawa Timur IRJEN POLISI LUKI HERMAWAN mengatakan, pelaku penyerangan berpura-pura melapor ke SPKT. Pelaku tiba-tiba mengeluarkan senjata tajam jenis celurit dan mengayunkannya ke tubuh polisi itu. Akibat peristiwa tersebut, anggota polisi yang menjadi korban dirawat di UGD RKZ Surabaya. Korban menderita luka di tangan, pipi sebelah kanan dan kepala bagian belakang. Di tempat sama, Kapolrestabes Surabaya KOMBES POL SANDI NUGROHO belum bisa menjelaskan motif dari pelaku penyerangan.

Sementara itu, setelah peristiwa tersebut Mapolsek Wonokromo dijaga ketat oleh anggota Kepolisian dan tidak sembarang orang bisa masuk. Sejumlah warga juga terlihat berkerumun untuk melihat dari dekat situasi di sekitar markas polisi yang bersebelahan dengan Terminal Joyoboyo tersebut. (ant-art)
15 August 2019
Gubernur Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka Jatim Di Grahadi
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis 15 Agustus 2019 malam.

Gubernur KHOFIFAH juga mengajak seluruh anggota Paskibraka tak lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena diberi kesempatan untuk menjadi pemuda-pemudi pilihan bangsa. Mengibarkan sang merah putih, menjadi bagian dari menghormati jasa pada pahlawan dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengingatkan para anggota Paskibraka untuk tetap semangat dan mampu menjalankan tugas dengan baik, mulai pengibaran bendera serta penurunannya. Seluruh anggota Paskibraka yang dikukuhkan kali ini merupakan gabungan dari seluruh daerah di Jatim yang diseleksi ketat serta nantinya bertugas saat upacara pengibaran dan penurunan bendera di Gedung Negara Grahadi pada 17 Agustus 2019.

Sementara itu, Ketua Pengprov Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jawa Timur DANU ARDHIARSO menyampaikan dengan dikukuhkannya anggota Paskibraka maka kelancaran dan kesuksesan pengibaran serta penurunan bendera pada upacara mendatang menjadi tanggung jawab seluruh anggota. (ant-art)
15 August 2019
Sebanyak 200 Pendaki Akan Gelar Upacara Di Gunung Arjuno-Welirang
KOTA BATU - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) RADEN SOERJO menyatakan sebanyak 200 pendaki yang akan melaksanakan upacara bendera di Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala UPT Tahura RADEN SOERJO AHMAD WAHYUDI mengatakan bahwa pascakebakaran yang melanda kawasan Gunung Arjuno beberapa waktu lalu, saat ini kondisi sudah dinyatakan aman, sehingga para pendaki bisa melaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-74 RI. WAHYUDI menjelaskan, hingga saat ini memang belum bisa dipastikan berapa banyak pendaki yang sudah mendaftar untuk melaksanakan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut. Namun, berdasarkan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, para pendaki tersebut akan mulai berdatangan pada 16 Agustus, dan langsung melakukan pendaftaran untuk melakukan upacara keesokan harinya.

Para pendaki tersebut akan melakukan pendaftaran di pos-pos yang ada di empat titik. Pos-pos pendakian tersebut berada di Pos Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Pos Purwosari Kabupaten Pasuruan, Pos Lawang Kabupaten Malang, dan Pos Bumiaji di Kota Batu. Pada pelaksanaan upacara 17 Agustus 2019, rencananya para pendaki akan melaksanakan upacara bendera di Pos II Kokopan, jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang.

Gunung Arjuno-Welirang merupakan dua gunung yang berdampingan, dan biasanya para pendaki mendaki keduanya dalam satu perjalanan. Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl. Beberapa waktu lalu, pendakian ke Gunung Arjuno sempat ditutup akibat adanya kebakaran hutan yang menghanguskan areal seluas 350 hektare. (ant-art)
13 August 2019
Mantan Sekda Kota Malang Divonis 3 Tahun Penjara
SIDOARJO - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya di Sidoarjo, Jatim, menjatuhkan vonis bersalah terhadap mantan Sekda Kota Malang, CIPTO WIYONO dengan hukuman tiga tahun penjara terkait kasus suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang tahun 2015.

Ketua Majelis Hakim HISBULLAH IDRIS menjelaskan perbuatan terdakwa dianggap bertentangan dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor, sebagaimana dalam dakwaan pertama yang didakwakan JPU dari KPK. Selain itu, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dan memperkaya orang lain menjadi pertimbangan yang memberatkan dalam amar putusan hakim. Selain itu, CIPTO WIYONO juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp550 juta, yang harus dibayar dalam waktu 1 bulan sejak putusan pengadilan memiliki kekuatan hukum tetap, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama 2 bulan.

Majelis hakim juga mencabut hak politik CIPTO WIYONO selama 2 tahun. Ia baru bisa memiliki hak dipilih setelah menjalani pidana pokok atas vonis pengadilan. Vonis majelis hakim ini telah memiliki kekuatan hukum tetap atau dalam istilah hukum disebut inkracht. Pasalnya, Jaksa KPK maupun terdakwa CIPTO WIYONO mengaku sama sama tidak menempuh upaya hukum.

Untuk diketahui, CIPTO WIYONO merupakan terdakwa ke 45 dari 44 terdakwa yang sudah lebih dulu divonis oleh Pengadilan Tipikor Surabaya atas kasus suap ke anggota DPRD Malang. Uang suap tersebut diberikan kepada seluruh anggota DPRD Kota Malang, untuk persetujuan pokok-pokok pikiran (Pokir) sebelum melakukan perubahan APBD Kota Malang, tahun anggaran 2015. (ant-art)
13 August 2019
Gubernur Jatim Lantik Bupati Tulungagung MARYOTO BIROWO
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur KHOFIFAH INDAR PARAWANSA melantik Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2008-2023, MARYOTO BIROWO, di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Selasa 13 Agustus 2019 sore.

Proses penggantian Bupati Tulungagung ini merupakan dampak dari kasus skandal korupsi yang menjerat Bupati SYAHRI MULYO yang oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) ditetapkan sebagai tersangka saat masa kampanye Pilkada 2018. Meski menjadi tahanan KPK, pasangan SYAHRI MULYO-MARYOTO BIROWO memenangi kontestasi pilkada setempat, kemudian dilantik di kantor Kemendagri pada Selasa (25/9) oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, SOEKARWO.

Namun, jabatan kepala daerah langsung dinonaktifkan lantaran yang bersangkutan berstatus sebagai tahanan KPK. Oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya, SYAHRI MULYO divonis 10 tahun penjara dan denda Rp700 juta, serta hak politiknya dicabut dalam kurun waktu lima tahun. Gubernur KHOFIFAH meminta bupati yang baru selalu berhati-hati untuk bisa menjaga pengelolaan keuangan dengan transparan dan akuntabel, sebab itu menjadi bagian penting dalam memaksimalkan penggunaan APBD demi pelayanan serta kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Bupati MARYOTO BIROWO berkomitmen akan mengoptimalkan segala program dan menindaklanjutinya, lalu meningkatkan personal dan sumber daya manusia untuk digerakkan bekerja menjadi lebih baik. Selain pelantikan terhadap bupati, di tempat sama juga dilakukan pengambilan sumpah Ketua PKK sekaligus Ketua Dekranasda Tulungagung sisa masa bakti 2018-2023, SIYUK BIROWO, oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Jatim ARUMI BACHSIN. (ant-art)
12 August 2019
KPU Tetapkan 50 Calon Anggota DPRD Tulungagung Terpilih
TULUNGAGUNG - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, telah menetapkan perolehan kursi partai politik di DPRD Tulungagung berikut rincian 50 nama calon legislatif terpilih berdasar hasil penghitungan suara pileg 2019.

Ketua KPU Tulungagung MUSTOFA mengatakan ada dua agenda diusung dalam rapat pleno penetapan tersebut. Pertama adalah penetapan perolehan kursi partai politik, dan kedua penetapan caleg terpilih yang segera menduduki kursi DPRD Tulungagung untuk periode jabatan 2019-2024. Dan hasilnya, mengacu tabulasi dan sebaran perolehan kursi di parlemen (DPRD Tulungagung), PDI Perjuangan menjadi yang terbanyak, yakni 13 kursi. Setelah PDIP, berturut sebaran perolehan kursi parpol di DPRD Tulungagung adalah: PKB sebanyak 7 kursi; Partai Golkar sebanyak 6 kursi; Gerindra dan PAN masing-masing 5 kursi; Hanura, Demokrat, PKS dan Partai Nasdem masing-masing 3 kursi; serta terakhir PBB dan PPP masing-masing 1 kursi.

Sementara empat parpol peserta pemilu lain, yakni Partai Berkarya, Perindo, PSI dan PKPI tak berhasil merebut satupun kursi di parlemen. Selain menetapkan perolehan kursi parpol, KPU juga menetapkan 50 nama caleg terpilih, termasuk di antaranya petahana Ketua DPRD Tulungagung Supriyono yang kini berstatus tersangka KPK karena dugaan terlibat tindak pidana korupsi.

Namun, nama yang disebut terakhir ini sedang diusulkan oleh pihak KPU ke Gubernur Jatim untuk dilakukan penundaan pelantikan karena alasan status tersangka korupsi yang disandangnya tersebut. (ant-art)
12 August 2019
PVMBG: Gunung Semeru Tunjukkan Aktivitas Kegempaan
LUMAJANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menunjukkan aktivitas kegempaan letusan, hembusan, tremor dan tektonik pada periode pengamatan 11 Agustus 2019 pada pukul 00.00 hingga 24.00 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG HENDRA GUNAWAN mengatakan memunculkan kegempaan hembusan sebanyak 9 kali dengan amplitudo 2-9 mm berdurasi 25-150 detik, kemudian gempa tremor harmonik sebanyak satu kali dengan amplitudo 1 mm durasi 200 detik, dan satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 5 mm berdurasi 55 detik. Secara visual Gunung Semeru tertutup kabut dan asap kawah nihil, serta hujan terjadi satu kali gerimis.

Hendra menjelaskan aktivitas Gunung Semeru masih tetap pada level II atau waspada, sehingga masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif G. Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas. Sementara itu data di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tercatat jumlah pendaki yang naik ke Gunung Semeru pada Agustus 2019 mengalami peningkatan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan, bahkan kuota pendaki penuh sejak Rabu 14 Agustus 2019 hingga Sabtu 17 Agustus 2019.

Kuota pendaki untuk naik ke gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut dibatasi maksimal 600 orang per hari, sehingga pendaki yang ingin mengikuti upacara bendera di sejumlah titik jalur pendakian Semeru sudah harus mendaftar melalui dalam jaringan (daring) jauh-jauh hari. Pihak Balai Besar TNBTS membatasi jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut sampai Kalimati sesuai rekomendasi PVMBG, sehingga pendaki dilarang keras untuk nekat ke puncak Semeru (Mahameru) karena berbahaya. (ant-art)
12 August 2019
KPU Trenggalek Gelar Penghitungan Surat Suara Ulang Pileg 2019
TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin 12 Agustus 2019 menggelar penghitungan surat suara ulang di empat TPS (tempat pemungutan suara) yang dipersengketakan PDI Perjuangan dan dikabulkan Mahkamah Konstitusi bersama 11 perkara PHPU lain di seluruh Indonesia.

Prosesi penghitungan surat suara ulang atau PSSU yang dimulai pukul 09.00 WIB di kantor KPU Trenggalek itu sempat diwarnai aksi dari kubu saksi PDIP, lantaran segel kotak suara rusak serta amplop berisi surat suara juga robek. 

WAHYU ASMORO yang tampil sebagai juru bicara saksi PDIP sempat meminta proses PSSU dihentikan sementara, sambil menunggu kejelasan sikap dan penjelasan KPU bersama Bawaslu.

Protes itu lalu ditindaklanjuti pihak KPU yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU setempat, GEMBONG DERITA HADI berkoordinasi dengan Bawaslu Trenggalek hingga akhirnya dicapai kesepakatan PSSU tetap dilanjut dan kerusakan pada kotak maupun amplop berisi surat suara tidak ada unsur kesengajaan.

Dari hasil investigasi yang dilakukan oleh KPU, kerusakan ini diduga terjadi karena gesekan antaramplop yang berada di kotak suara. Adanya proses perpindahan kotak suara dari TPS ke tingkat kelurahan dan kecamatan, diduga menjadi penyebab rusaknya sampul surat suara. (ant-art)
Page 1 of 186      1 2 3 >  Last ›