Kapolri Minta Jajarannya Tidak Antikritik

| More
19 October 2021
Kapolri_Jenderal_Listyo_Sigit_Prabowo.jpg
Radio ANDIKA - Permintaan agar jajaran Kepolisian tidak bersikap antikritik  disampaikan oleh Kapolri, JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO pada saat memberikan arahan kepada Kepala Kepolisian Daerah dan Kepala Kepolisian Resort se-Indonesia secara virtual, Selasa siang tadi. Hal yang juga disampaikan pada kesempatan itu adalah pentingnya segera mengambil tindakan apabila ada anggota kepolisian melakukan pelanggaran pidana.
 
SAMSUL HADI Jurnalis Radio ANDIKA di Jakarta melaporkan, dalam keterangan Kapolri mencontohkan jajaran kepolisian tidak perlu reaktif terhadap sejumlah kabar viral di masyarakat yang menggambarkan tindakan represif dalam penanganan suatu kejadian. Sebaliknya, introspeksi diri diminta dikedepankan untuk menjadikan kepolisian yang semakin baik ke depannya. Serta perlu berterimakasih kepada masyarakat yang memviralkan apa yang sudah kita kerjakan. Jadikan itu sebagai kritik untuk diri sendiri, sekaligus sarana untuk memperbaiki diri.
 
Sebagaimana diberitakan, belakangan sorotan tajam banyak diarahkan ke jajaran kepolisian atas tindakan represif yang dijalankannya. Tak hanya itu, beberapa anggota kepolisian diduga melakukan pelanggaran pidana, salah satunya yang sedang hangat diperbincangkan adalah aksi tak senonoh seorang Kapolsek di Parigi Motong, Sulawesi Tengah, yang diduga mencabuli seorang gadis berusia 20 tahun dengan iming-iming ayah sang gadis yang terjerat kasus pancurian hewan ternak akan segera dibebaskan
 
Terhadap adanya dugaan pelanggaran pidana oleh jajaran kepolisian itu, Kapolri menegaskan anggota kepolisian tak kebal hukum. Ia juga meminta Kapolda dan Kapolres sebagai Kasatgas Wilayah bisa cepat mengambil tindakan tegas. Seperti langsung segera mecopot keanggotaan bagi yang melakukan pidana, laksanakan prosedur PTDH, dan proses pidananya. Proses juga jangan sampai lamban yang akan menambah kesan buruk di mata masyarakat.
 
Atas arahan yang disampaikannya, Kapolri menekankan hal ini tidak semata-mata menjalankan ketentuan yang berlaku, namum sekaligus untuk menjaga citra positif yang sebelumnya sudah terbangun, antara lain keberhasilan Polri ikut mengamankan dan mendukung penanganan Covid-19 yang telah banyak memdapatkan apresiasi. [shk/kin]