Peringati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri Gandeng ODHA dan Waria

| More
01 December 2021
849ffb2d-86b8-40a0-a4dd-ea42d038a900.jpg
Radio ANDIKA - Puluhan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan waria yang tergabung dalam Komunitas Waria Kediri Raya hari ini 1 Desember 2021 memperingati Hari AIDS Sedunia di halaman Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri. Berbagai seremonial dilakukan mulai dari pelepasan burung merpati, melukis tembok menggunakan cap tangan, hingga membagikan bunga mawar di jalan raya. Peringatan Hari AIDS Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait HIV/AIDS.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Kediri ALFAN SUGIYANTO kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, berdasarkan data Dinkes, kasus HIV/AIDS  sejak 2019 hingga Oktober 2021 tercatat mengalami penurunan secara berturut-turut. Mulai dari 240 kasus, 239 kasus, dan tahun ini 160 kasus. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19, dimana upaya deteksi dini HIV/AIDS tidak segencar biasanya.

Diharapkan dengan adanya peringatan ini, masyarakat bisa bersama-sama menghentikan stigma dan diskriminasi pada ODHA. Masyarakat juga dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat. Sementara itu, Kepala Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri drg. RAYA MULYASARI kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengakui bahwa tidak mudah mengingatkan para pasien yang sudah positif HIV/AIDS untuk berobat dan meninggalkan kebiasaan buruknya. Namun, dirinya berharap agar para ODHA tidak terjerumus lagi lebih dalam.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap HIV/AIDS, Peringatan Hari AIDS Sedunia yang kali ini mengambil tema Akhiri AIDS : Cegah HIV, Akses Untuk semua juga dinilai penting bagi para waria. Ketua Waria Kediri Raya IKE FRADASARI saat dikonfirmasi mengatakan, peringatan Hari AIDS Sedunia merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap para ODHA yang selama ini sering mendapat perlakuan diskriminasi oleh masyarakat sekitar. (mld/arg)