Hindari Miss Data, Pemkot Kediri Berkomitmen Bentuk 'Satu Data Kota Kediri'

| More
01 December 2021
Pembentukan_Satu_Data_Kota_Kediri.jpg
Radio ANDIKA - Menghindari terjadinya Miss Data, Pemerintah Kota Kediri membuat komitmen bersama dengan Badan Pusat Statistik, untuk membuat 'Satu Data Kota Kediri'. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam membentuk big data, Satu Data Indonesia.
 
Komitmen ini diawali dengan pertemuan yang dilaksanakan di ruang Joyoboyo Balaikota Kediri. Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Barenlitbang ini, sekaligus menginformasikan terkait penunjukan verifikator dan penginput data dari masing-masing OPD, untuk kemudian diresmikan melalui Surat Keputusan Walikota Kediri.
 
APIP PERMANA, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menerangkan urgensi dari pemenuhan Satu Data di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Data adalah pijakan Pemerintah Kota Kediri dalam penentuan keputusan dan pembuatan suatu kebijakan.
 
Ia menganalogikan pentingnya suatu data dalam gambaran berbelanja. Ketika seseorang yang hendak berbelanja memahami dan mengetahui apa yang seharusnya dibeli, maka belanjaan pun akan lebih efisien dan tepat. Namun, jika tidak mengetahui apa yang seharusnya dibeli, bukan tidak mungkin orang tersebut akan asal belanja. (atc/kin)