Antisipasi Insiden, Bupati Kediri Pasang Palang Pintu Kereta Api di Branggahan Ngadiluwih

| More
07 July 2022
Perlintasan_Kereta_Api_di_Ngadiluwih.jpg
Radio ANDIKA - Perlintasan kereta api tanpa palang pintu dengan arus lalu lintas tinggi menjadi ancaman bagi pengguna jalan yang melintas. Mencegah terjadinya insiden, Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA memasang palang pintu di perlintasan Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Pemasangan palang pintu di perlintasan sebidang itu merupakan salah satu wujud realisasi janji politik yang pernah disampaikan sejak masih masa kampanye. Bupati tidak ingin ada insiden kecelakaan bahkan sampai memakan korban di perlintasan yang berada di daerahnya.
 
Bupati mentargetkan proyeksi pemasangan palang pintu di Jalan Merah Dusun Krajan Desa Branggahan ini akan rampung pada akhir bulan depan. Sedang, untuk perlintasan lain yang belum terpasang palang pintu masih dalam proses pengkajian untuk dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri JOKO SUWONO mengatakan, saat ini proses pembangunan palang pintu di perlintasan Branggahan itu sedang dalam tahap pemasangan. Selain pemasangan palang pintu, di titik tersebut juga akan dibangun pos penjagaan.

Adapun anggaran yang digunakan untuk pemasangan palang pintu tersebut dengan lebar 7 meter yang di pasang di 2 sisi perlintasan menghabiskan Rp 191 Juta lebih. Sedangkan, untuk pos jaga Rp 98 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Kediri tahun 2022.

JOKO menerangkan pihaknya telah mempersiapkan 6 orang petugas penjaga palang pintu di perlintasan tersebut. Mereka direkrut dari warga sekitar dan saat ini sedang menjalani pembekalan di Jombang untuk menjalani proses magang.(atc/nur)