Petugas Gabungan Dinas Kesehatan Provinsi jawa Timur Dan Kota Kediri Sidak mamin

| More
07 July 2014
MAMIN.jpg
Radio ANDIKA -Kediri - Jatim - Petugas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur didampingi Dinas Kesehatan Kota Kediri melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah toko makanan dan minuman serta pusat perbelanjaan di Kota Kediri.

Petugas menemukan makanan luar negeri berupa kurma yang dihinggapi lalat, dan makanan tidak layak konsumsi karena kadaluwarsa serta kemasannya rusak. Petugas tidak melakukan penyitaan, namun hanya memberikan teguran keras terhadap manajemen toko.

Sidak dimulai dari Toko Laksana Jaya di Jalan Brawijaya Kota Kediri. Di toko ini petugas mendapati makanan kadaluwarsa dan makanan yang tanpa dilengkapi kode produksi .

Dari toko Laksana Jaya, petugas kemudian beralih ke Toko Ijo , yang berlokasi disebelah toko Laksana Jaya. Setelah melakukan pemeriksaan, petugas menemukan makanan yang tidak mencantumkan colour indek atau pewarna makanan.

Usai dari dua toko Laksana Jaya dan Ijo, petugas melanjutkan razia ke pusat perbelanjaan terbesar di kota kediri yaitu di Hypermart . Di swalayan ini, petugas menemukan makanan dari Luar Negeri yaitu kurma yang dijual dalam bentuk kemasan ulang serta kurma yang dijual dalam keadaan terbuka hingga dirubung lalat.

Kepala Seksi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugianto mengatakan, sidak dilakukan untuk melindungi para konsumen dari makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi . Khusus makanan dari luar negeri tidak diperbolehkan dikemas ulang.“Jajanan kurma yang dihinggapi lalat, dari segi sanitasinya dianggap merugikan masyarakat. Sehingga manajemen toko dan swalayan yang menjual makanan bermasalah tersebut langsung kita berikan sanksi berupa teguran,” ujar Alfan Sugianto, Senin (07/7/2014)

Masih di Hypermart Kota Kediri, petugas juga menemukan susu merk indomilk dengan kemasan yang rusak. Dinkes meminta manajemen untuk menarik produk rusak tersebut, guna diganti dengan produk baru . Sementara itu, sidak akan terus dilakukan selama bulan ramadan ini hingga hari raya tiba.