Prabowo Menang di Ponpes Lirboyo Kediri

| More
09 July 2014
PRESIDEN_RI.jpg
Radio ANDIKA - Kediri - Jatim - Tausiyah kiai pondok pesantren (Ponpes) Lirboyo Kota Kediri, Jawa Timur tampaknya benar-benar ampuh. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang telak di lingkungan ponpes dengan jumlah santri lebih dari 9 ribu orang itu.

Data yang berhasil di himpun  menyebutkan, dari lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lingkungan Ponpes Lirboyo, Prabowo-Hatta menang dari Jokow Widodo-Jusuf Kalla dengan selisih yang cukup besar. Mayoritas masyarakat dan santri Ponpes Lirboyo memilih pasangan capres dan cawapres nomor urut satu tersebut.

Di TPS 11, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 324 suara, sedangkan Jokowi-JK hanya 43 suara, di TPS 12 pasangan Prabowo-Hatta 389 suara, sedangkan Jokowi-JK hanya 18 suara, di TPS 13 pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 408 suara, sementara Jokowi-JK 10 suara, dan di TPS 14 pasangan Prabowo-Hatta mendapat 267 suara, sedangkan Jokowi-JK 71 suara, dan di TPS 15 pasangan Prabowo-Hatta mendapat 167 suara dan Jokowi-JK 55 suara.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 12 lingkungan Ponpes Lirboyo, Mahtuch saat dikonfirmasi mengatakan, perolehan suara pasangan Prabowo-Hatta secara telak tidak terlepas dari adanya tausiyah para kiai. Mayoritas santri nurut dengan perkataan dan anjuran kiai.

“Tausiyah itu menjadi peninggalan Gus Idris, (almarhum KH. Idris Marzuqi). Namanya santri, tentunya manut dawuhe kiai,” ujar Mahtuch.

Masih kata Maftuch di lingkungan ponpes Lirboyo Kota Kediri, tingkat partisipasi masyarakat dating untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi, diatas 80 persen. Hasil dari proses pemungutan dan penghitungan surat suara, imbuh Maftuch telah dikemasi dan akan dibawa ke kantor kelurahan.

Sebelumnya, para kiai Ponpes Lirboyo Kota Kediri mengeluarkan sebuah tausiyah mendukung pasangan Prabowo-Hatta. Tausiyah itu ditandatangani oleh ketiga pengasuh Ponpes Lirboyo. Ada beberapa alasan mendasar para kiai mendukung pasangan nomor urut satu itu, diantaranya janji Prabowo-Hatta untuk menegakkan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.