Berita- Info ANDIKA

21 June 2021
Pemkab Kediri, Gelar Seni Budaya Dalam Rangka Bulan Bung Karno
Radio ANDIKA - Dalam Rangka Bulan Bung Karno, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar acara gelar seni budaya tahun 2021. Acara bertajuk Budaya Pemersatu Bangsa disiarkan langsung selama 2 hari, yakni mulai 20-21 Juni melalui Youtube Dhito Pramono dan Dinas Kominfo Kabupaten Kediri serta Live Instagram Mas Bup.
 
Pagelaran ini menampilkan para seniman lokal Kediri yang sudah berkarir hingga tingkat Nasional seperti Prigel Pangayu dari Kras yang namanya sudah tak asing lagi. Sedangkan penampilan Jaranan dibawakan oleh Satrio Buwono Joyo dari Sukorejo Ngasem, campursari Surya Buana plosoklaten, rampak celeng dari Peseg Pamenang  pagu, dan  Barong oleh Ki Maeso Putro Katang.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Ir. ADI SUWIGNYO mengatakan, bahwa kegiatan Gelar Seni Budaya ini diharapkan mampu memberikan hiburan kepada masyarakat serta motivasi maupun ruang apresiasi dalam berkreasi dan berinovasi bagi para seniman kreator khususnya di Kabupaten Kediri agar tetap eksis untuk hidup tumbuh berkembang dalam bidang seni budaya, serta tidak lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan.
 
ADI SUWIGNYO menjelaskan Kediri adalah pusat dan gudangnya legenda, baik yang bernuansa panji maupun cerita sejarah perjuangan lainnya . Para seniman selalu dinanti ide ide kreatifnya. Kemampuan kenakalan dalam bereksplorasi melalui karya seni berbobot untuk mampu bersaing dengan perkembangan seni budaya pada saat ini.
 
Oleh sebab itu, kolaborasi pagelaran kesenian pada event Budaya Pemersatu Bangsa di Bulan Bung Karno pada Juni tahun 2021, diharapkan dapat bermanfaat untuk mewarisi semangat Bung Karno yang tidak pernah padam dan pantang mundur untuk menunjukkan jati diri melalui seni budaya nasional bangsa Indonesia yang sangat dicintai.(atc/nis)
21 June 2021
DPRD Kota Kediri, Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2020
Radio ANDIKA - DPRD Kota Kediri hari ini menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi-fraksi bersama pimpinan DPRD dalam Wali Kota Kediri. Dalam rapat tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara persetujuan terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pertanggungjawaban APBD Kota Kediri tahun anggaran 2020. 
 
Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Dra. FIRDAUS mengatakan, semua fraksi bisa menerima dan menyetujui Raperda pertanggungjawaban pelaksanaaan APBD kota Kediri tahun anggaran 2020. Fraksi tersebut adalah fraksi PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, Karya Nurani dan Keadilan Pembangunan. Melalui pendapat akhir, masing-masing fraksi juga menyampaikan saran mereka untuk pembangunan di kota Kediri mulai dari sektor ekonomi, pendidikan,  masalah sosial dan infrastruktur. 
 
Walikota Kediri ABDULLAH ABUBAKAR menyebut di sektor ekonomi, pemindahan Pasar Mrican masih belum bisa dilakukan tahun ini karena masih dalam taraf kajian. ABU BAKAR berharap penataan pasar Mrican bisa segera dilakukan. Kedepannya, UMKM Kota Kediri direncanakan bisa masuk ke Bandara baru. Selain itu, potensi yang dimiliki kota Kediri dan pendapatan asli daerah bisa ditingkatkan.
 
Sementara itu, fraksi Demokrat menekankan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bisa segera direalisasikan. Di sektor pendidikan, Pemerintah kota Kediri didorong untuk bisa menambah jumlah sekolah menengah pertama. Sedangkan di sektor sosial, diharapkan masyarakat yang tidak masuk DTKS, tetap bisa mendapatkan bantuan sosial. Nota keuangan rancangan pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2020 sebelumnya telah disampaikan ABU BAKAR pada Senin, 14 Juni lalu. (atc/arg)
21 June 2021
Dinas PUPR Kota Kediri Benahi Ruas Jalan di 394 Titik
Radio ANDIKA - Tahun 2021 hingga bulan Juni ini, Pemerintah Kota Kediri telah melakukan rehabilitasi dan perbaikan jalan. Sedikitnya terdapat 394 titik  pada ruas jalan yang telah dibenahi dari semua status jalan. Berdasarkan Undang Undang nomor 38 tahun 2004 tetang jalan, tertulis bahwa status jalan dibagi menjadi 4 yaitu jalan nasional, provinsi, kabupaten, kota dan jalan desa.
 
Status itu menunjuk pada kewenangan dalam pemeliharaan jalan. Untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan pengguna lalu lintas jalan maka kondisi jalan harus selalu dipelihara. Oleh karena itu koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan desa perlu terus terbangun.

Kasi Pemeliharaan Kebinamargaan DPUPR Kota Kediri MERI OKTAVIA mengatakan, pihaknya selalu melakukan koordinasi dan monitoring di setiap ruas jalan terutama untuk jalan kota secara berkala. Sehingga bila terjadi kerusakan seperti jalan berlubang bisa langsung segera dilakukan perbaikan.
 
MERI menjelaskan, selain melakukan monitoring pihaknya juga sering menerima laporan dari masyarakat tentang kerusakan jalan. Selanjutnya, aduan tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan pembenahan dan perbaikan di ruas jalan yang rusak.

Jalan penghubung antar kota & kabupaten menjadi kewenangan DPUPR Provinsi Jawa Timur, sedangkan jalan penghubung antar provinsi menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR. Sementara untuk jalan-jalan yang ada di lingkungan, masyarakat juga bisa melaporkan atau membuat aduan ke DPUPR Kota Kediri.(atc/arg)
 
21 June 2021
Abaikan Prokes, Puluhan Ribu Warga Terjaring Operasi Yustisi di Nganjuk
Radio ANDIKA - Puluhan ribu warga Nganjuk terjaring operasi yustisi yang digelar serentak di 20 kecamatan. Operasi Yustisi yang berlangsung sejak 1 Juni tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Nganjuk. Sebanyak 34.546 warga terjaring razia karena mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Mereka mendapat teguran lisan karena kedapatan tidak menggunakan masker dan juga diberikan sanksi yang beragam.
 
Kasubbag Humas Polres Nganjuk IPTU SUPRIYANTO saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, petugas gabungan dari Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan BPBD Nganjuk menyisir sejumlah titik di tempat umum yang berpotensi terjadi kerumunan seperti pasar, pertokoan dan titik - titik lain. Operasi tersebut dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.
 
IPTU SUPRIYANTO menyebut, masyarakat masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga pihaknya harus terus melakukan operasi yustisi dan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prokes. Menurutnya, polisi dan para petugas gabungan tidak akan bosan untuk mengimbau masyarakat agar pandemi Covid 19 segera berakhir.(arg/stm)
 
21 June 2021
Masjid Megah Pendiri JNE, Diresmikan Gubernur Bangka Belitung
Radio ANDIKA - Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno diresmikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung DR. H. ERZALDI ROSMAN SE, MM pada 9 Juni 2021. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur ERZALDI menyampaikan rasa kagumnya kepada sosok pendiri JNE  yang sangat inspiratif. Ia berharap selain menjadi pusat ibadah bagi umat, Masjid  Jami’ Soeprapto Soeparno juga dapat diberdayakan sebagai penggerak ekonomi umat melalui program-program yang kreatif.

Masjid yang yang pertama kali dibangun tahun 1979 oleh pendiri JNE,  almarhum H. SOEPRAPTO SOEPARNO itu dibangun di atas tanah seluas 1.405 m2 dan mampu menampung hingga 1000 jemaah. Hubungan kekeluargaan yang erat antara keluarga besar pendiri JNE dengan keluarga besar Gubernur ERZALDI membuat acara peresmian masjid menjadi haru dan penuh rasa kekeluargaan.

Presiden Direktur JNE yang juga merupakan anak kedua dari pendiri JNE M. FERIADI SOEPRAPTO menyampaikan, Bangka Belitung merupakan rumah bagi keluarga besar pendiri JNE. Menurut FERIADI, masjid Jami’ menjadi semangat yang sejak dahulu diinginkan almarhum H. SOEPRAPTO SOEPARNO agar warga sekitar dapat berkumpul dan beribadah bersama-sama di masjid.

Sosok almarhum H. SOEPRAPTO SOEPARNO dikenal sebagai sosok yang bersahaja dan senang berbagi kepada sesama. Lahir di Bangka pada tanggal 7 Oktober 1937, almarhum  sangat peduli dengan warga Bangka dan tanah kelahirannya. Masjid yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Beluluk, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah itu memiliki lokasi yang strategis menuju Bandar Udara Depati Amir-Pangkalpinang sehingga  dikenal sebagai Masjid Bandara oleh warga sekitar.

Direnovasi sejak Oktober 2018, saat ini tampilan masjid bernuansa putih itu menjadi sangat megah dan modern dengan sebuah menara berdiri kokoh disisi kanan masjid. Rangkaian acara peresmian Masjid diawali dengan pengguntingan pita oleh istri almarhum H. SOEPRAPTO SOEPARNO, Hj. NURAINI SOEPRAPTO bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus istri Gubernur Bangka Belitung MELATI ERZALDI.

Arsitek masjid RAUL RENANDA AMRUL menyebut Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno memiliki filosofi perubahan menuju ke regenerasi yang baru. Bangunan menara disisi sebelah kanan masjid sebagai simbolisasi meninggikan orang tua dan menara setengah lingkaran memiliki  makna anak-anak atau generasi baru dari almarhum yang melindungi orang tuanya. Kubah masjid terinspirasi dari bentuk kubus Ka’bah dan interior pada kubah yang melingkar terdapat kaligrafi sesuai pesan dari pendiri JNE yaitu surat Al-Maun dan Al-Baqarah 261.

Momen penandatanganan prasasti oleh Gubenur Erzaldi disaksikan oleh seluruh keluarga besar pendiri JNE dan juga jamaah yang hadir. Selanjutnya acara ditutup dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu yang hadir dari wilayah Kecamatan Pangakalan Baru. Keberadaan masjid ini diharapkan dapat menjadi amal jariyah bagi almarhum H. SOEPRAPTO SOEPARNO dan menyiratkan bahwa masjid bukan sekadar tempat ibadah tapi juga sebagai pusat peradaban. (adv-ifa/arg)
20 June 2021
 Nekat Loncat Dari Bus, Wanita Asal Blitar Luka Parah di Rejotangan Tulungagung
Radio ANDIKA - DAMIATI , 60 tahun, warga Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, nekat meloncat dari bus hingga mengalami luka parah di kepala. Peristiwa tersebut terjadi Minggu, 20 Juni 2021 sekitar jam 10.00 WIB.
 
Kapolsek Rejotangan Polres Tulungagung, AKP HERY PURWANTO S.H., kepada Gatekeeper Radio ANDIKA menjelaskan, awalnya, DAMIATI  naik bus Cendana jurusan Madiun- Blitar lewat Ponorogo-Trenggalek. Bus nopol AE 7478 UB dikemudikan GATOT warga Desa Tlumpu  Kecamatan Sukorejo Blitar. Sesampainya di jalan raya Tulungagung-Blitar, tepatnya di Dusun Jajar Desa Rejotangan Kecamatan Rejotangan Tulungagung, DAMIATI berniat akan turun dari bus. Kemudian minta sopir bus berhenti namun sopir tidak mendengar suara DAMIATI.
 
Akhirnya DAMIATI ke pintu dan nekat meloncat dari bus. Akibat dari kejadian tersebut DAMIATI mengalami luka di kepala. AKP HERU PURWANTO mengatakan, DAMIATI langsung dibawa ke Puskesmas Rejotangan Tulungagung untuk mendapat perawatan medis.(sha.hil)
 
20 June 2021
Menipu Tetangga Sendiri, Penjual Minyak Goreng di Jombang Diamankan Polisi
Radio ANDIKA - Diduga melakukan penipuan pembelian minyak goreng, PUTRI warga Desa Alang-alang Caruban Kecamatan  Jogoroto Kabupaten  Jombang, diamankan polisi. Korbannya tetangga sendiri, YANTO mengalami  kerugian 26,7 juta rupiah. Pelaku diamankan beberapa hari lalu.
 
Kapolsek Jogoroto Polres Jombang AKP ACHMAD DARUL HUDHA, S.H. pada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, YANTO sering membeli minyak goreng merk Sanco 2 liter  kepada PUTRI, dengan perjanjian uang diserahkan dan barang dikirim hari berikutnya. Sebelumnya, YANTO  telah bertransaksi sebanyak 4 kali dan pengiriman lancar. Namun ketika terjadi beberapa pembelian berikutnya, barang tidak juga dikirim. Padahal uang sudah ditransfer. PUTRI berjanji akan mengirim barang keseluruhan berupa 187 karton minyak goreng pada 5 Mei 2021. Setelah batas waktu yang dijanjikan, PUTRI ternyata tidak kunjung mengirimkan barang yang dipesan. Saat ditemui di rumahnya, PUTRI hanya memberi janji segera mengirim barang. Merasa menjadi korban penipuan YANTO melaporkan ke Polsek Jogoroto.
 
AKP  ACHMAD DARUL HUDHA mengatakan dari laporan korban, petugas melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut dan berhasil mengamankan  PUTRI di rumahnya. Polisi juga mengamankan 1 lembar screenshot tanda bukti setoran dan 1 bendel rekening koran. Dalam kasus ini  PUTRI disangkakan melanggar Pasal 378 Jo 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan.(dip/hil)
20 June 2021
Kendarai Motor Curian, Warga Jombang Diringkus Polisi
Radio ANDIKA - Karena ketahuan mengendarai sepeda motor curian warga Desa Sukodadi Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang bernama IRUL ditangkap polisi. Pelaku berhasil ditangkap di wilayah kecamatan Kabuh.

Paur Humas Polres Jombang AIPTU KARYANTO yang dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, penangkapan dilakukan berawa dari pemilik Honda Blade nopol S 5340 RF melihat motor miliknya yang dicuri. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi memburu IRUL. Namun, ketika hendak ditangkap IRUL malah kabur. Polisi memberi tembakan peringatan hingga tiga kali, karena tidak dihiraukan, petugas memberikan tembakan ke kaki sebelah kanan IRUL.

AIPTU KARYANTO menambahkan, modus pelaku mencuri motor pada dini hari dan mengincar kendaraan yang sedang terparkir di halaman depan rumah, saat ditinggal pemiliknya tidur atau keluar rumah. Lalu, pelaku merusak kuncinya dengan kunci palsu dan mendorong motor tersebut menjauh dari lokasi.

Pelaku mengaku, telah melakukan aksi tersebut dan berhasil mencuri 10 sepeda motor dari beberapa TKP di wilayah Jombang dan Mojokerto. Lalu, menjual motor tersebut dengan harga 1 juta hingga 2 juta rupiah. Proses selanjutnya, pelaku diamankan beserta barang bukti dua sepeda motor curian dan terjerat pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun Penjara.(kin/hil)
20 June 2021
Lewati Jam Operasional, Satpol PP Kota Kediri Tegur Bioskop XXI  Radio ANDIKA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Kediri, melakukan penindakan kepada pengelola Bioskop XXI pada Sabtu malam, 20 Juni 2021. Penindakan tersebut dilakukan dikarenakan bioskop tersebut beroperasi melebihi jam operasional yang telah ditentukan.

Kepala Satpol PP Kota Kediri EKO LUKMONO menjelaskan, pihaknya telah memberikan teguran kepada pengelola Bioskop XXI yang berlokasi di Ramayana Mall Kediri karena tidak membatasi jam operasional bioskop, dengan ketentuan maksimal pukul 21.00 WIB.

EKO menjelaskan bahwa hal tersebut sesuai dengan SK Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Kediri yang memperbolehkan bioskop di Kota Kediri untuk kembali beroperasi namun dengan batasan-batasan yang telah ditentukan. Hal tersebut dilakukan mengingat masih dalam kondisi pandemi, salah satunya membatasi jam operasional maksimal pukul 21.00 WIB.

Atas pelanggaran tersebut, petugas memberikan sanksi kepada pengelola bioskop berupa teguran lisan dan tertulis kepada penanggung jawab bioskop XXI. Pemerintah Kota Kediri serius dalam melakukan penanganan Covid-19 di Kota Kediri. Berbagai upaya dilakukan, termasuk agenda penertiban dan penindakan.(atc/kin)


20 June 2021
Diduga Serangan Jantung, Warga Udanawu Blitar Meninggal Setelah Gowes di Wates Kediri
Radio ANDIKA - Seorang warga Udanawu, Blitar ditemukan meninggal dunia setelah gowes dan mampir ke warung nasi pecel di Dusun Tawangsari Desa Tawang Kecamatan Wates kabupaten Kediri. Korban bernama RIANTO, warga Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Peristiwa terjadi sekitar jam 09.00 WIB, pagi tadi.
 
Kapolsek Wates Polres Kediri, AKP SUHARIYANTA saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, kejadian bermula saat RIANTO mampir untuk beristirahat di warung pecel selepas melakukan gowes. Lalu, korban langsung memesan makan dan teh hangat. Setelah memakan dua sampai tiga suapan, korban tiba-tiba jatuh tak sadarkan diri di kursi panjang. Kejadian itu pertama kali diketahui oleh RIZAL, pemilik warung. RIZAL langsung mengecek korban yang sudah dalam keadaan lemas dan tergeletak. Mengetahui kejadian tersebut, saksi memanggil dokter dan perawat Puskesmas Wates, dan melaporkan ke Polsek Wates.
 
AKP SUHARIYANTA menambahkan, petugas Polsek Wates yang menuju ke TKP beserta Tim Inafis Polres Kediri dan Dokter Puskesmas Wates. Hasil dari pemeriksaan tersebut menyatakan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia dan diduga mengalami serangan jantung. Berdasarkan keterangan dari keluarga, korban memang memiliki riwayat jantung.
 
Selanjutnya, korban dibawa ke Puskesmas Wates untuk menunggu penjemputan dari keluarga. Pihak keluarga korban menerima kejadian tersebut dan tidak menuntut secara hukum dari pihak manapun. (kin/nis)
Page 1 of 1266      1 2 3 >  Last ›