Berita- Info ANDIKA

19 September 2021
Jelang Musim Hujan, BPBD Kabupaten Trenggalek Petakan 45 Titik Rawan Longsor
Radio ANDIKA - Menjelang musim penghujan akhir tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek telah memetakan daerah-daerah rawan tanah longsor. Pemetaan dilakukan karena Trenggalek mulai sering diguyur hujan beberapa hari terakhir. Meski baru bersifat lokal, hujan yang terjadi sudah menimbulkan dampak tanah longsor di beberapa daerah.
 
JOKO RUSIANTO M. Si. Kepala BPBD Kabupaten Trenggalek saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, BPBD sudah melakukan mitigasi bencana 45 titik yang rawan longsor. Setelah pengamatan selama 24 jam, tim BPBD berhasil memetakan 10 kecamatan di Trenggalek yang rawan longsor, mayoritas di daerah pegunungan yang memiliki kontur bukit yang banyak, dan struktur tanah yang tidak bisa menerima air terlalu banyak. Sepuluh kecamatan yaitu Pule, Bendungan, Panggul, Tugu, Watulimo, Trenggalek, Kampak, Durenan, Dongko, dan Munjungan.
 
BPBD juga telah mengajukan anggaran ke BNPB (Badan Nasional Penanggulanan Bencana) untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat saat bencana terjadi. Selain itu, alat berat yang digunakan untuk pembersihan pasca bencana, juga sudah dipersiapkan. Selain itu, BPBD melakukan himbauan kepada masyarakat agar bersiap menghadapi bencana, dengan membentuk Desa Tangguh Bencana. Nantinya, para warga desa akan diberikan pembekalan tentang penyelamatan diri dalam bencana, seperti tanah longsor.(kin/hil)
19 September 2021
Operasi Yustisi di Sidoarjo, 5 Remaja Diberi Sanksi Sosial
Radio ANDIKA - Operasi Yustisi tim gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo kembali dilaksanakan Minggu, 19 September 2021. Petugas melakukan penindakan terhadap sembilan orang pelanggar protokol kesehatan, lima diantaranya diberi sanksi sosial.
 
AKP SUGENG SULISTYONO Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, operasi yustisi dilakukan di Simpang Tiga Jalan Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Petugas menemukan sembilan orang tidak memakai masker. Lima diantaranya remaja asal Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, yang tidak membawa kartu identitas sama sekali.
 
Petugas mengambil tindakan dengan menyuruh kelima remaja tersebut untuk melepas baju selanjutnya berjemur di bawah matahari, seperti yang dilakukan pasien Covid-19 untuk mendapatkan nutrisi vitamin D. Selain itu petugas memberi pengertian bahwa sangat menderitanya terpapar virus Covid-19. Selain pengguna jalan, petugas juga memberikan himbauan pedagang kaki lima (PKL) di Taman Pinang Indah (TPI) yang sudah mulai berjualan dari pagi hari, untuk menutup lapaknya pada siang hari.
 
AKP SUGENG menambahkan, meskipun Kabupaten Sidoarjo sudah memasuki PPKM Level 1, giat operasi yustisi akan terus dilakukan. Mengingat beberapa bulan yang lalu kasus covid-19 sempat melandai, membuat masyarakat menjadi abai kemudian menyebabkan lonjakan kasus di berbagai wilayah.(kin/hil)
19 September 2021
Terobos Lampu Merah, Motor Tabrak Motor di Boyolangu Tulungagung
Radio ANDIKA - Nekat menerobos lampu merah, pengendara motor menabrak pengendara motor lain di simpang tiga Jalan Ki Mangun Sarkoro, Desa Beji Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Insiden terjadi Minggu, 19 September 2021 jam 09.00 WIB. Akibatnya, dua korban mengalami luka-luka.
 
Insiden lalu lintas melibatkan sepeda motor Honda Scoopy nopol AG 4029 RCL dikendarai  SITI warga Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dengan sepeda motor Honda Supra nopol AG 6240 QG dikendarai JULI, warga Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.
 
AKP SUKIRNO S.H., Kapolsek Boyolangu Polres Tulungagung kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden bermula saat motor Scoopy dikemudikan SITI melaju dari arah Desa Kepuh menuju Desa Beji. Sesampainya di simpang tiga traffic light Jalan Ki Mangun Sarkoro, SITI hendak berbelok menuju ke utara. Saat berbelok, datang motor Supra dikendarai JULI dari utara yang menerobos lampu merah dengan kecepatan tinggi. Karena jarak sudah dekat, sepeda motor JULI langsung menabrak SITI. 
 
Akibat insiden tersebut, dua pengendara sepeda motor mengalami luka-luka. Selanjutnya, kedua korban dibawa ke RSUD dr. Iskak Tulungagung, untuk mendapatkan perawatan.Berdasarkan keterangan JULI, dia nekat menerobos lampu merah dengan kecepatan tinggi karena sedang terburu-buru.(kin/stm)
19 September 2021
Kota Kediri Masuk Level 1, Satgas Belum Kurangi Kuota Tempat Tidur Pasien Covid
Radio ANDIKA - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri belum berencana mengurangi kapasitas tempat tidur bagi pasien covid-19, meski saat ini Kota Kediri memasuki PPKM Level 1 dan angka penularan Covid-19 mulai menurun. 
 
Juru Bicara Satgas Penanganan covid 19 Kota Kediri dr. FAUZAN ADIMA saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, meskipun Kota Kediri memasuki PPKM Level 1 dan penurunan kasus memang terjadi, namun masih belum ada batas aman. Kapasitas tempat tidur masih tetap disediakan, seperti saat Kota Kediri berada di level 4 lalu, meskipun banyak Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi yang kosong dan hanya terisi 7% - 12% saja. Jika pandemi masih berlangsung di seluruh dunia, tidak akan ada batas aman. Bed kosong tidak akan dialokasikan ke ruang pasien umum, karena mengantisipasi ada lonjakan kasus baru. 
 
Selain itu, hasil asessment dari Kementrian Kesehatan, data per tanggal 17 September 2021, Kota Kediri sudah memasuki PPKM Level 1. Kota Kediri masuk Level 1 mengacu pada dua indikator utama yang mendasari data tersebut, yaitu, Transmisi Komunitas dan Kapasitas Respon. Transmisi Komunitas berisi 3 indikator, yaitu kasus baru, jumlah pasien rawat inap di rumah sakit, dan jumlah kemataian. Kemudian, Kapasitas Respon juga berisi 3 indikator, yaitu jumlah kasus testing, masyarakat yang dilakukan traccing, dan jumlah pasien yang dilakukan treatment dari tingkat keterisian BOR di rumah sakit. 
 
dr. FAUZAN menambahkan, selain dilakukannya PPKM, vaksinasi terhadap masyarakat sangat berpengaruh terhadap pengurangan lonjakan kasus. Secara keseluruhan vaksinasi di Kota Kediri sudah mencapai 98,8% untuk tahap dosis pertama. Ditambah dengan vaksinasi terhadap pelajar dan usia lansia akan terus digencarkan.
 
Masyarakat dihimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan euforia dengan masuknya Kota Kediri PPKM Level 1. (kin/atc)
19 September 2021
Lagi! Satresnarkoba Polres Tulungagung Tangkap Pengedar Sabu dan Pil Double L
Radio ANDIKA - Anggota Sat Resnarkoba Polres Tulungagung kembali menangkap seorang pengedar narkotika berinisial KA, warga Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Penangkapan dilakukan Kamis, 16 September 2021 pukul 15.30 WIB, di sebuah kos Desa Sidorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.
 
Paur Humas Polres Tulungagung IPTU NENNY SASONGKO S. H., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, berbekal informasi dari masyarakat, anggota langsung melakukan penyelidikan. 
 
Hasilnya, pelaku yang merupakan pengedar narkotika berhasil ditangkap tanpa perlawanan, saat berada di Rumah Kostnya di Desa Sidorejo Kecamatan Kabupaten Tulungagung. Tanpa menunggu waktu, anggota Sat Resnarkoba Polres Tulungagung membawa pelaku ke Mapolres Tulungagung untuk dilakukan proses lebih lanjut. 
 
Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti 3 paket sabu bruto seberat 1,48 gram, 51 butir Pil Double L, 1 buah pipet kaca berisi sisa sabu bruto 1,33 gram, 1 buah korek api, 1 buah bong, 2 unit HP dan uang tunai 200 ribu rupiah hasil penjualan sabu. Selanjutnya pelaku dijebloskan ke rumah tahanan Polres Tulungagung guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (kin/atc)
19 September 2021
Tingkat Keterisian BOR Turun, Pemkab Nganjuk Kurangi Hingga 470 Tempat Tidur
Radio ANDIKA - Tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) berkurang, Pemerintah Kabupaten Nganjuk hanya menyiapkan 230 tempat tidur, dari 700 tempat yang disediakan selama ini. Hal tersebut dilakukan karena seiring menurunnya kasus Covid-19 di Kabupaten Nganjuk, yang berada di PPKM Level 2.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk M. YASIN, saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, pengurangan tersebut karena semakin banyaknya tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang kosong di rumah sakit rujukan dan tempat isolasi terpusat. 
 
Selain itu, jumlah kasur yang dikurangi akan dialokasikan ke ruangan untuk penyakit umum lain, sehingga rumah sakit bisa memanfaatkannya untuk penderita penyakit Non Covid. Hal ini juga berlaku pada tempat isolasi di rumah sakit, yang akan dikembalikan ke fungsi semula untuk perawatan pasien umum. Tentunya, dengan pensterilan tempat tidur dan ruangan secara terus menerus, hingga siap dan aman untuk dipergunakan kembali.
 
M. YASIN menjelaskan, bahwa dari total 700 tempat tidur, hanya menyiapkan sekitar 230 tempat tidur yang akan disebar di rumah sakit rujukan di Kabupaten Nganjuk. Diantaranya rumah Isolasi Terpusat dari 270 dikurangi hanya 70 tempat tidur, di RSUD Nganjuk sebelumnya dari 230 tempat tidur dikurangi menjadi 80 tempat tidur, di RSUD Kertosono dari 220 dikurangi menjadi 50 tempat tidur, lalu di RS Bhayangkara dari 70 dikurangi menjadi 20 tempat tidur, dan di RSI Aisyiyah Nganjuk dari 30 dikurangi menjadi 10 tempat tidur.
 
Agar bisa menurun menuju PPKM Level 1, M. YASIN menambahkan, Pemkab Nganjuk akan terus menggenjot vaksinasi untuk mencapai tingkat Herd Immunity (kekebalan kelompok). Serta himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Nganjuk.(kin/atc)
19 September 2021
Diduga Serangan Jantung, Lansia Meninggal Dunia saat Beli Buah di Pasar Mojokerto
Radio ANDIKA - Diduga karena serangan jantung, seorang lansia meninggal dunia saat membeli buah di Pasar Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Korban bernama SOLEH, warga Desa Katerungan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, ditemukan meninggal dunia pada Sabtu, 18 September 2021 pukul 05.00 WIB.
 
KOMPOL HERU PURWANDI Kapolsek Mojosari Polres Mojokerto kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, berdasarkan keterangan dari saksi, SOLEH masuk ke dalam lapak untuk membeli buah, lalu untuk dijual kembali. 
 
Saat memilih buah dengan duduk, korban tiba-tiba jatuh terjungkal ke depan. Selanjutnya, warga yang melihat dan mengangkat korban ke tempat kursi panjang, lalu dicek ternyata SOLEH sudah tidak bernafas. Selanjutnya, korban dibawa menuju RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Mojokerto. Setelah dilakukan pengecekan, dibenarkan bahwa korban telah meninggal dunia.
 
Tidak ada tanda-tanda kekerasaan setelah dilakukan visum. Berdasarkan keterangan kepolisian dari pihak keluarga, menjelaskan, bahwa SOLEH memiliki riwayat penyakit jantung dan darah tinggi. Pihak keluarga juga mengikhlaskan korban dan meminta segera dilakukan pemakaman.(kin/atc)
19 September 2021
Tabrak Truk Mogok di Ngronggo Kota Kediri, Seorang Remaja Meninggal Dunia
Radio ANDIKA - Akibat menabrak truk yang sedang berhenti saat mengganti ban yang bocor, seorang pengendara sepeda motor, bernama MELINDA (18), warga Kelurahan Betet Kecamatan Pesantren Kota Kediri meninggal dunia di lokasi kejadian. 
 
Kanit Laka Satlantas Polres Kediri Kota, IPDA DYAH AYU saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden terjadi sekitar jam 20.40 WIB Sabtu malam, 18 September 2021. Awalnya, sepeda motor Honda beat bernomor polisi AG 6818 AR yang dikendarai MELINDA melaju dari Simpang empat bence mengarah ke Simpang tiga Jetis. Sampai di lokasi kejadian, diduga MELINDA kurang berkonsentrasi hingga akhirnya sepeda motor yang dikendarai menabrak segitiga pengaman yang terpasang di belakang truk, lalu menabrak bagian belakang dump truk hino bernomor polisi DA 8792 BS yang sedang berhenti. 
 
Akibat kejadian tersebut, MELINDA mengalami luka parah di bagian kepala dan meninggal di lokasi kejadian. Korban langsung dibawa ke RSUD Gambiran untuk proses visum. Sementara kendaraan yang terlibat insiden, diamankan Unit Laka Satlantas Polres Kediri Kota.(nis/atc)
18 September 2021
Gagal Mendahului, Warga Kayenkidul Meninggal Dunia Tertabrak Truk
Radio ANDIKA-Diduga gagal mendahului kendaraan yang berjalan searah dan mengerem mendadak, pengendara sepeda motor asal Kayenkidul Kediri meninggal dunia tertabrak truk. Insiden terjadi di jalan raya Desa Sambirobyong Kecamatan Kayenkidul Kabupaten Kediri, Sabtu 18 September 2021 sekitar pukul 20.30 WIB
 
IPTU BAMBANG SUPRIJANTO Kapolsek Pagu Polres Kediri saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, korban bernama SUMINO 66 tahun warga Desa Nanggungan Kecamatan Kayenkidul Kabupaten Kediri. Korban mengendarai sepeda motor Yamaha Mio nopol W 6285 YQ melaju dari Bogo ke arah Pagu. Sesampainya dilokasi, SUMINO berusaha mendahului sebuah mobil yang melaju searah dan belum diketahui identitasnya. Diduga karena kondisi jalan tidak memungkinkan untuk mendahului, korban mengerem mendadak hingga sepeda motor yang dikendarai terpelanting. Korban yang jatuh ke jalan raya kemudian tertabrak truk yang tidak diketahui identitasnya.
 
SUMINO mengalami luka parah di bagian kepala hingga meninggal dunia di lokasi kejadian. Anggota dari Unit Laka Sat Lantas Polres Kediri dan Polsek Pagu mengamankan lokasi insiden dan mengevakuasi korban ke rumah sakit. Kasus ini masih dalam penyelidikan lebih  lanjut.(eko/dip)
18 September 2021
Gara-gara Bakar Sampah, Rumpun Bambu di Pace Nganjuk Terbakar
Radio ANDIKA - Akibat ulah seorang warga yang membakar sampah, mengakibatkan rumpun bambu di Desa Pacewetan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk terbakar. Kejadian Sabtu, 18 September 2021 pukul 17.00 WIB.
 
ANDIK MARDIANTO Anggota Damkar Nganjuk kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, kebakaran bermula saat ada warga desa setempat yang membakar sampah di dekat rumpun bambu milik DAMIYONO. Namun, saat dilakukan pembakaran sampah, warga tersebut pergi tanpa mematikan api. Dengan angin yang kencang, api merembet ke rumpun bambu, sehingga api membesar dan mengakibatkan kebakaran. Warga sekitar mengetahui, berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Serta, melaporkan ke Polsek Pace dan diteruskan ke Petugas Damkar Kabupaten Nganjuk.
 
Petugas pemadam yang sudah berada di lokasi, langsung memadamkan rumpun bambu yang hampir ludes terbakar. Sehingga, api tidak merembet ke bangunan lain. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, dan hanya mendapatkan kerugian material.(kin/dip)
Page 1 of 1393      1 2 3 >  Last ›