Berita- Info ANDIKA

07 July 2022
Pejalan Kaki Tertabrak Mobil dan Truk di Simpang Tiga Katang Sukorejo Ngasem
Radio ANDIKA – Hendak menyeberang jalan, seorang pejalan kaki di Simpang Tiga Dusun Katang Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tertabrak mobil dan truk. Insiden lalu lintas tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 06 Juli 2022 sekitar Jam 10.45 WIB.

IPDA HERU PRASETYO Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri ketika dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden lalu lintas tersebut melibatkan satu pejalan kaki bernama FIRMANITA, kendaraan roda empat tak dikenal dan truck dengan nomor polisi AD AG 9308 UV yang dikemudikan oleh THOMAS.

IPDA HERU PRASETYO menambahkan, awalnya mobil roda empat tak dikenal melaju di jalam umum Simpang Tiga Dusun Katang lalu belok kanan dan menabrak FIRMANITA yang berdiri di tengah badan jalan hendak menyebrang. Setelah menabrak, mobil roda empat tak dikenal tersebut melarikan diri dan tidak menolong korban. Naas bagi Firmanita, ketika terjatuh, ia tertabrak kembali oleh Truk yang dikemudikan oleh THOMAS.

Akibat insiden tersebut, FIRMANITA meninggal dunia dan mengalami luka pada pinggang memar dan kaki kanan lecet. (nur/atc)
07 July 2022
BREAKING NEWS! Polisi Berhasil Amankan Sejumlah Orang dari Pondok Shiddiqiyyah
Radio ANDIKA - Ratusan aparat kepolisian gabungan dari Polda Jatim dan Polres Jombang melakukan upaya jemput paksa terhadap MSAT, putra kiai pengasuh Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah, Ploso Jombang, hari ini Kamis 07 Juli 2022.
 
Dalam upaya tersebut, polisi berhasil mengamankan beberapa orang, salah satu di antaranya diduga MSAT, tersangka kasus pencabulan. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. 
 
Sebelumnya, ratusan polisi dari Polda Jatim dan Polres Jombang mengepung Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah. Ratusan polisi tersebut menggunakan berbagai kendaraan, dari mobil patroli hingga kendaraan roda dua. Mereka juga bersenjatakan lengkap. Jalan Ploso Jombang juga ditutup untuk memperlancar upaya penangkapan tersebut. Sempat terjadi aksi dorong mendorong di gerbang pintu pondok pesantren. Lantaran simpatisan MSAT mencoba melindungi dan membuat pagar hidup. Namun, aparat kepolisian terus merangksek masuk. Akibat aksi dorong mendorong tersebut, dilaporkan petugas ada yang terluka.
 
Sebagai informasi MSAT merupakan tersangka kasus pencabulan kepada beberapa santri. MSAT menjadi DPO sejak tanggal 13 Januari 2022. Ia diduga melanggar pasal 285 KUHP dan atau pasal 294 Ayat (2) ke-2 KUHP.
 
Hingga berita ini diturunkan, Kabidhumas Polda Jatim KOMBES POL. DIRMANTO, S.H., S.I.K. ketika dikonfirmasi Gatekeeper Radio Andika belum memberikan keterangan. (nur/ikj/adr)

07 July 2022
Bus Seruduk Truk Tronton di Jalan Tol Porong, Satu Orang Meninggal Dunia
Radio ANDIKA – Terjadi insiden lalu lintas di jalan tol Km 760 arah Porong Sidoarjo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo pada hari Kamis 07 Juli 2022 sekitar jam 01.30 WIB. Insiden tersebut melibatkan Bus Hino dan Truk Tronton. 

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, KOMPOL YANTO MULYANTO ketika dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan Bus Hino dengan nopol AB-7049-BK yang dikemudikan oleh Wardoyo warga Pulung Klaten berjalan dari arah selatan ke utara. Sesampainya di lokasi kejadian, Bus Hino tib-tiba menabrak  body belakang Truk Tronton bernopol M-8209-UH yang dikemudikan PRANTONO, 30 tahun warga Ngetos Nganjuk.
 
KOMPOL YANTO MULYANTO menambahkan, akibat kecelakaan tersebut, satu korban bernama SLAMET WIDODO, warga Ketandan Klaten yang merupakan kenek Bus Hino meninggal dunia. Saat ini kasus laka lantas tersebut ditangani Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo. (nur/ikj)
06 July 2022
Diduga Korban Tabrak Lari, Pemuda Asal Karangkates Malang Meninggal
Radio ANDIKA – Diduga menjadi korban tabrak lari di Jalan Raya Ngebruk, seorang pemuda asal Desa Karangkates Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang meninggal dunia.  Insiden lalu lintas tersebut terjadi pada Rabu 6 Juli 2022 sekitar jam 19.30 WIB.
 
AIPTU GATOT KSPK Polsek Sumberpucung Polres Malang kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan korban bernama AHMAD THORFAQI, usia 22 tahun. Anggota Polsek Sumberpucung mendapatkan laporan insiden lalu lintas di Jalan Raya Ngebruk sekitar jam 19.30 WIB. Selanjutnya petugas mendatangi TKP dan mendapati korban telah tergeletak dengan posisi di badan jalan.  Arus lalu lintas sempat macet panjang dari arah Malang maupun Blitar.
 
Berdasarkan keterangan saksi, AHMAD mengendarai sepeda motor Honda CB 150 R nopol N 6313 AAQ. AHMAD melintas dari arah Malang menuju Karangkates. Sampai di TKP, AHMAD diduga ditarak kendaraan lain. Namun karena di lokasi minim penerangan jalan dan jauh dari rumah warga sehingga tidak ada yang mengetahui kendaraan lain yang terlibat insiden lalu lintas. Kondisi AHMAD meninggal dunia di TKP. Selanjutnya, jenazah dibawa ke RSUD Kanjuruhan Kepanjen. Kasus tabrak lari ini kemudian ditangani Unit Gakkum Satlantas Polres Malang.(stm/hil)
06 July 2022
Diduga Sakit Tidak Kunjung Sembuh, Warga Wlingi Blitar Ditemukan Meninggal
Radio ANDIKA - Masyarakat Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar dikejutkan dengan salah seorang warganya yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di dekat kandang ternak, pada Selasa 5 Juli 2022 sekitar pukul 15.00 WIB.
 
IPTU UDIYONO S.H. Kasi Humas Polres Blitar dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan penemuan jenazah berawal dari MISTINI, warga setempat, selepas pulang dari sawah, mendengar suara kambing miliknya di kandang berjarak sekitar 100 meter dari rumah. Kemudian MISTINI mendatangi kandang tersebut dan melihat kambing belum diberi makan rumput karena tempat pakan masih kosong. Padahal biasanya sekitar jam tersebut suaminya bernama FANDIM sudah mencari rumput untuk kambing-kambingnya. Selanjutnya MISTINI berusaha mencari rumput sendiri di sekitar kebun. Berjalan sekitar 15 meter dari kandang, MISTINI kaget melihat FANDIM tergeletak di tanah dengan posisi tengkurap. Di bagian mulut keluar seperti busa dan bau menyengat seperti cairan obat serangga. Di sekitar tubuh FANDIM, didapati obat-obatan miliknya dan surat berisi keluhan sakit yang dideritanya. Diduga FANDIM telah meminum cairan beserta obat-obatan tersebut. MISTINI segera memanggil tetangganya untuk meminta pertolongan.
 
IPTU UDIYONO menambahkan berdasarkan pemeriksaan luar yang dilakukan oleh petugas kesehatan RSUD Wlingi bersama tim Inafis Polres Blitar, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Menurut informasi pihak keluarga, korban sejak tiga tahun yang lalu sudah menderita sakit tidak bisa tidur dan mengeluhkan pusing yang tidak kunjung sembuh. Korban sudah melakukan pengobatan di rumah sakit baik di Blitar maupun Malang, namun belum juga sembuh. Pihak keluarga menerima atas meninggalnya korban dan tidak menginginkan untuk dilakukan autopsi. (hil/stm)
06 July 2022
Jual Teman Perempuan Untuk Threesome di Mojokerto, Pelaku Diamankan
Radio ANDIKA – Praktik prostitusi online dengan layanan threesome kembali terjadi. Kali ini Polres Mojokerto Kota berhasil mengamankan pelaku yang menjual teman perempuannya dengan menawarkan melalui grup Facebook di hotel wilayah Kota Mojokerto. Pelaku berinisial IS, 32 tahun, warga Kabupaten Jombang.
 
IPTU UMAM Kasi Humas Polres Mojokerto Kota saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan awalnya anggota Satreskrim mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan pesta seks secara threesome di sebuah hotel wilayah Mojokerto Kota. Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan hingga menemukan kamar hotel yang dipakai untuk melakukan layanan seks bertiga atau threesome. Pada Jum’at 27 Mei 2022 sekitar jam 21.30 WIB, petugas melakukan penggerebekan dan mendapati IS sedang bermain seks secara threesome. IS berikut barang bukti dibawa ke Polres Mojokerto Kota.
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan, IS mengaku menjual teman perempuan yang diakui sebagai istri sirinya melalui Facebook seharga Rp 1,8 juta untuk layanan threesome. Dengan ketentuan uang muka Rp 500 ribu untuk biaya IS membawa teman perempuannya dari Kediri ke hotel wilayah Kota Mojokerto. Kemudian sesampainya di hotel, IS menerima lagi Rp 1,3 juta sebagai penjualan teman perempuannya tersebut. Atas perbuatannya, IS dijerat Pasal 2 ayat (1) UU No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau Pasal 296 KUHP atau Pasal 506 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.(stm/hil)
06 July 2022
Mendahului Truk Dari Kiri, Pemotor Asal Jombang Meninggal
Radio ANDIKA – Akibat mendahului truk dari samping kiri, seorang pengendara sepeda motor terpeleset bibir jalan dan terjatuh di jalan raya By Pass Krian Sidoarjo. Akibatnya, pengendara motor meninggal dunia.
 
AKP SUGENG SULISTYONO, Kanit Gakkum Polresta Sidoarjo kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan insiden lalu lintas tersebut terjadi pada Rabu, 6 Juli 2022 sekitar jam 12.30 WIB. Insiden melibatkan truk trailer nopol H-8758-OP dikemudikan DWI PURWOKO, 31 tahun, warga Kelurahan Ketapang Kabupaten Kendal dengan sepeda motor Honda Vario nopol S-2914-OBO yang dikendarai PEMI DAYU, 23 tahun, warga Jalan Gajayana, Kepanjen, Jombang.
 
Insiden berawal saat sepeda motor yang dikendarai PEMI DAYU berjalan dari Krian menuju Surabaya. Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP), PEMI berusaha mendahului truk trailer dari samping kiri sehingga terpeleset bibir jalan dan terjatuh. Akibatnya PEMI, tergilas ban belakang kiri truk trailer yang didahuluinya dari arah yang sama. Dalam insiden tersebut, PEMI meninggal dunia di TKP. Kasus ini dalam penanganan Unit Gakkum Satlantas Polresta Sidoarjo.(stm/ikj)
06 July 2022
Jelang Puncak Haji Armuzna, Jemaah Calon Haji Diminta Berada di Hotel
Radio ANDIKA – Jelang kegiatan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), jemaah calon haji Kloter 11 Embarkasi Surabaya dianjurkan berada di hotel. Hal ini untuk memastikan agar stamina dan kesehatan jemaah tetap terjaga sebelum puncak haji.
 
Drs. H. ABDULLAH ROSYAAD, M.Pd.I., selaku TPIHI (Team Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) Kloter 11 Embarkasi Surabaya dari Kabupaten Kediri On Air di Radio ANDIKA mengatakan di kloter ini ada sebanyak 446 jemaah. Para jemaah sudah diberikan bimbingan haji sebanyak 2 kali. Harapannya jemaah bisa memahami apa saja yang akan dilakukan di Arafah, Muzdalifah maupun Mina.

Ketika pelaksanaan Armuzna, jemaah akan menuju padang arafah setelah sholat dhuhur menggunakan bus. Jemaah dipastikan memakai pakaian ihram dan dipandu melaksanakan haji. Diperkirakan pada sore hari, jemaah sudah sampai di Padang Arafah. Pada Jum’at, 8 Juli 2022, jemaah melakukan wukuf di Arofah. Selanjutnya Jum’at malam, jemaah menuju Muzdalifah dan dini hari menuju Mina untuk melaksanakan lempar jumrah. Setelah melaksanakan lempar jumrah pertama, jemaah melakukan tahalul atau cukur rambut. Setelah tahalul, jemaah bisa menggunakan pakaian biasa.
 
ROSYAAD menambahkan jemaah dianjurkan berada di hotel. Bus yang menuju ke Masjidil Haram pun berhenti sementara waktu agar jemaah bisa fokus istirahat dan beribadah di hotel. Sementara ada 2 jemaah yang sakit dan sedang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Mereka nantinya akan mengikuti safari wukuf, artinya mereka juga melaksanakan wukuf tetapi di ambulans. Sedangkan untuk jemaah yang tidak bisa jalan, mereka akan menggunakan kursi roda.
 
Tiga hari yang lalu, ROSYAAD menjelaskan Pemerintah Arab Saudi melalui tim hotel mengajak ketua rombongan survey lokasi untuk melihat langsung tenda yang digunakan di Arafah dan Mina. Dalam survey ini, setiap tenda ditandai dengan membentangkan banner. Tujuannya agar jemaah tidak salah masuk tenda. Selain itu, jemaah juga diberi gelang warna biru dengan identitas nama dan nomor pasport.(stm/ikj)
 


 
06 July 2022
Jelang Bergulirnya Liga 1, Persik Kediri Agendakan Laga Uji Coba
Radio ANDIKA – Jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 yang direncakan pada 23 Juli mendatang, Persik Kediri kembali menyiapkan sejumlah agenda uji coba guna memantapkam kesiapan FARIZ ADITAMA dkk. Setidaknya ada 4 laga uji coba yang akan dilakoni skuad Macan Putih dalam 2 pekan kedepan, dimulai menghadapi klub promosi Liga 2 Indonesia, Nusantara United FC, pada Jumat 8 Juli mendatang di stadion Willis Madiun.

Stadion Willis Madiun memang dipilih menjadi lokasi pertandingan tim kebanggaan Persikmania. Lantaran stadion Brawijaya Kediri yang akan menjadi kandang Persik Kediri di kompetisi Liga 1 Indonesia nantinya, masih dalam tahap renovasi akhir.

Pelatih Persik Kediri JAVIER ROCA kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, ada beberapa hal yang ingin dicapai dari agenda uji coba ini, tentu yang pertama dari sisi teknis. Pihaknya ingin agar semua pemain Persik Kediri mendapat menit bermain yang rata. Karena pihaknya juga ingin melihat kedalaman skuad dan opsi-opsi taktik strategi yang bisa ditampilkan nanti sesuai dengan hasil latihan selama ini. Selain itu, pelatih asal Chile ini juga berharap laga ini akan dibanjiri oleh para pendukung setia Persik Kediri.

Setelah laga melawan Nusantara United FC, Persik Kediri akan kembali melakoni laga uji coba melawan Putra Delta Sidoarjo pada 11 Juli, Persela Lamongan pada 14 Juli, dan ditutup dengan partai melawan sesama kontestan Liga 1 Indonesia, Persis Solo pada 17 Juli mendatang. (atc/nur)
06 July 2022
Walikota Kediri Ajak Kader Kesehatan Edukasi Masyarakat Terkait Penggunaan Obat
Radio ANDIKA - Walikota Kediri ABDULLAH ABU BAKAR mengajak kader kesehatan Kota Kediri untuk mengedukasi masyarakat agar tepat dalam menggunakan obat. Hal itu disampaikan saat membuka Workshop Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) bagi tokoh masyarakat, di Hotel Lotus, Rabu 6 Juli 2022. Workshop ini diikuti 130 orang yang terdiri dari kader kesehatan Kilisuci, apoteker dan petugas promkes Puskesmas.

Walikota Kediri menjelaskan, penggunaan obat dengan dosis yang tidak tepat sangat membahayakan bagi kesehatan. Apalagi dengan penggunaan obat yang berlebihan dapat merusak beberapa organ tubuh. Diharapkan melalui workshop ini pemahaman di masyarakat mengenai penggunaan obat ini akan meningkat.

ABDULLAH ABU BAKAR juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kota Kediri terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini sudah 97 persen masyarakat Kota Kediri memiliki BPJS Kesehatan. Fasilitas ini bisa digunakan untuk berobat ke rumah sakit.

Acara ini menghadirkan narasumber dari tim apoteker AoC Kota Kediri TITA DWINA.Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Dr.dr. FAUZAN ADIMA, dan Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kota Kediri ABDUL ROFIQ. (atc/nur)
Page 1 of 1736      1 2 3 >  Last ›