Berita- Info ANDIKA

01 October 2022
Hujan Deras dan Angin Kencang di Jombang, Pohon Tumbang Timpa Warung
Radio ANDIKA - Hujan deras dan angin kencang di Desa Kaliwungu Kecamatan/ Kabupaten Jombang mengakibatkan pohon tumbang. Pohon menimpa atap sebuah warung hingga rusak parah. Insiden terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 sekitar jam 15.00 WIB.
 
RIZKY RAHMADINATA, Anggota BPBD Kabupaten Jombang kepada Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, hujan deras disertai angin kencang menerjang Desa Kaliwungu Kecamatan/ Kabupaten Jombang sejak jam 14.30 WIB. Satu pohon yang berada di Jalan KH. Hasyim Asy'ari roboh menimpa atap warung jus buah hingga ambruk dan kabel milik PT. Telkom. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.
 
Setelah menerima laporan adanya pohon tumbang, Anggota BPBD Kabupaten Jombang beserta mobil operasional lengkap dengan peralatan lengkap langsung memotong dahan pohon dan mengevakuasi ke tempat yang aman. Sekitar jam 16.45 WIB penanganan pohon tumbang selesai dilakukan. Kerugian materiil masih dalam perhitungan.(eko/stm)
01 October 2022
Pesan Bupati Kediri Pada Perawat : Layani Masyarakat dengan Hati
Radio ANDIKA - Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA berpesan kepada profesi perawat yang bekerja di pusat pelayanan kesehatan di Kabupaten Kediri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
 
Menjadi komitmen Bupati Kediri sejak awal kepemimpinannya, pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan. Termasuk pelayanan di rumah sakit dan pusat kesehatan lain seperti Puskesmas. Selain menyampaikan pesan itu, Bupati juga memberikan hadiah kepada beberapa orang perawat karena ikut aktif memberikan ide dan gagasannya bagi pemerintah Kabupaten Kediri.
 
Mereka menyampaikan usulan secara langsung kepada Bupati saat pelaksanaan webinar yang digelar Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Korwil III Jawa Timur. Seperti KRISTYAN WIJAYANTO, perawat RSUD Simpang Lima Gumul yang menyampaikan gagasan mengenai pentingnya command center di pemerintahan kabupaten sebagai pusat komando jika terjadi kejadian penting seperti bencana.
 
Perawat itu juga mengusulkan untuk diadakan pelatihan simulasi mitigasi bencana yang melibatkan seluruh stakeholder termasuk tenaga medis di rumah sakit maupun puskesmas.(atc/stm)
 
 
01 October 2022
Hujan Deras Sebabkan Banyak Pohon Tumbang di Kediri, Akibatkan Kemacetan Parah
Radio ANDIKA-Hujan deras yang mengguyur Kediri sore ini, Sabtu 1 Oktober 2022 mengakibatkan banyak pohon tumbang di sejumlah tempat mulai dari Kabupaten hingga Kota Kediri. Akibatnya banyak jalur mengalami kemacetan lalu lintas.

Laporan sejumlah pendengar Radio ANDIKA menyebut, banyak pohon tumbang terjadi di wilayah Kepung, Bogo Plemahan, Pagu dan Mrican. Pohon tumbang menutup jalan sehingga sempat menyebabkan lalu lintas terhambat. Jarak pandang para pengemudi juga terganggu akibat hujan deras disertai angin kencang. Saat ini petugas DLHKP dan BPBD Kabupaten dan Kota Kediri masih berupaya melakukan evakuasi pohon tumbang.

Diimbau agar masyarakat yang melintas di wilayah Kediri dan sekitarnya untuk berhati-hati dalam perjalanan. (muf/adr)
01 October 2022
Perluas Pasar UMKM Dan Industri Kreatif, Pemkot Kediri Gelar Harmoni Fair 2022
Radio ANDIKA - Masih dalam suasana HUT ke-1143 Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri menggelar acara Harmoni Fair tahun 2022 bertempat di GOR Jayabaya Kota Kediri. Acara yang terselenggara dari dana bagi hasil cukai tembakau ini dijadikan wahana rekreasi, mencari hiburan dan berbelanja bagi masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya. Selain itu, Harmoni Fair 2022 bertujuan untuk menggenjot omzet serta memperluas pasar para pelaku UMKM dan industri kreatif di Kota Kediri.
 
BAGUS ALIT, Sekretaris Daerah Kota Kediri mengatakan, pemilihan tempat Harmoni Fair 2022 sengaja dilakukan di GOR Jayabaya  bertepatan dengan dibongkarnya jembatan Bandar Ngalim, agar masyarakat tetap bisa berkunjung di GOR Jayabaya Kota Kediri.
 
Dalam Harmoni Fair 2022 kali ini, Pemerintah Kota Kediri menyediakan 126 stand yang dibagi menjadi 5 cluster, diantaranya cluster Kampung Keren, cluster UMKM dan Ekonomi Kreatif, cluster komunitas, cluster swasta dan cluster street food.
 
Acara Harmoni Fair 2022 juga menampilkan artis-artis. Acara ini diselenggarakan selama empat hari, dari tanggal 29 September hingga 2 Oktober 2022. BAGUS ALIT berharap masyarakat juga ikut membantu percepatan pemulihan ekonomi Kota Kediri dengan membeli produk asli buatan UMKM Kota Kediri agar roda perekonomian dapat berjalan normal.(atc/stm)
 
 
01 October 2022
Congkel Kotak Amal di Mushola, Dua Remaja Tulungagung Diamankan Polisi
Radio ANDIKA - FY, usia 16 tahun dan MSA, 17 tahun warga  Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung diamankan polisi setelah kedapatan mencuri kotak amal di Mushola Roudlotul Abidin, Desa Purworejo, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung pada Sabtu 1 Oktober 2022 dini hari.

Kapolsek Ngunut Polres Tulungagung KOMPOL RUDI PURWANTO, SH mengungkap modus pelaku, yakni  berkeliling menggunakan sepeda motor Satria F warna hitam Nopol AG 5353 KKL.

Saat melihat kotak amal di lokasi kejadian,  kedua pelaku langsung beraksi merusak kotak amal menggunakan alat bantu seperti tang, gunting dan sebuah palu besi. Aksi kedua remaja itu terpergok warga yang curiga dengan gerak-gerik orang asing di mushola. Warga berhasil mengamankan FY dan MSA dan menyerahkannya ke Unit Reskrim Polsek Ngunut Polres Tulungagung untuk proses hukum selanjutnya.(muf/adr)
01 October 2022
Pelajar Tulungagung Diringkus Polisi, Lakukan Pengancaman Menggunakan Pisau
Radio ANDIKA - Polisi mengamankan EW, pelajar laki-laki berusia 15 tahun asal Desa Pojok Kecamatan Campurdarat KabupatenTulungagung karena melakukan pengancaman menggunakan senjata tajam terhadap pamannya sendiri. Insiden terjadi pada 29 September 2022.

Kasi Humas Polres Tulungagung IPTU ANSHORI saat On Air di Radio ANDIKA menjelaskan, saat itu EW pulang dari main bersama temannya. Dia pulang dalam kondisi mabuk minuman keras.

Di depan rumah, EW sempat mengobrol dengan kakek dan neneknya. Setelah itu dia masuk rumah dan tiba-tiba mengambil pisau besar (bedog) lalu menuju rumah pamannya yang lokasinya bersebelahan dengan rumah EW.

Sambil berteriak-teriak, EW mengancam paman dan keluarganya. Bahkan EW juga mengancam warga yang mendekat. Kebetulan saat itu rumah dalam keadaan kosong karena pamannya sedang tidak berada di rumah. Diduga, antara EW dan sang paman sebelumnya ada konflik keluarga.

Khawatir terjadi sesuatu, kakek EW lalu melaporkan kejadian itu ke Polsek Campurdarat. Petugas yang tiba di lokasi berhasil mengamankan EW beserta barang bukti pisau besar yang digunakan untuk melakukan pengancaman.

IPTU ANSHORI menambahkan, atas perbuatannya EW diancam dengan Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.(muf/adr)


 
 
01 October 2022
Akibat Melawan Arus, Becak Tabrak Motor di Jalan PK Bangsa Kediri, Satu Korban Luka Serius
Radio ANDIKA - SUGITO, tukang becak asal Ngasem Kediri mengalami luka serius setelah becak yang dikemudikannya menabrak sepeda motor Honda Vario di Jalan PK Bangsa Kota Kediri, Sabtu 1 Oktober 2022 sekitar jam 06.45 WIB. Insiden terjadi karena becak SUGITO melawan arus lalu lintas.
 
IPDA PURWANTO PRASETIJO SH, Kanit Gakkum Satlantas Polres Kediri Kota menjelaskan, kecelakaan bermula saat Honda Vario 160 nopol AG 5110 AAH dikendarai oleh SEAN TANU HALIM warga Kelurahan Banjaran Kota Kediri melaju dari arah simpang tiga Water Torn ke Jalan Erlangga. Pada saat bersamaan dari arah berlawanan tiba-tiba muncul becak yang dikemudikan SUGITO. Becak itu muncul dari Jalan Adi Sucipto ke Jalan PK Bangsa. Padahal jalur itu hanya berlaku satu arah. 
 
IPDA PURWANTO mengatakan, akibat insiden itu SEAN, pengendara motor Vario mengalami luka ringan. Sedangkan SUGITO harus dilarikan ke RS Bhayangkara Kediri lantaran mengalami luka serius di bagian kepala.(muf/adr)
 
01 October 2022
 Ditemukan Tak Bernyawa di Tengah Sawah, Pria Blitar Meninggal Mendadak
Radio ANDIKA - Seorang pria paruh baya warga  Desa Tlogo Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, dikabarkan meninggal dunia secara mendadak, pada hari Jumat 30 September 2022 sekira jam 14.30 WIB.

IPTU UDIYONO SH, Kasi Humas Polres Blitar saat On Air di Radio ANDIKA menginformasikan korban bernama SUROSO meninggal akibat sakit masuk angin saat mengairi sawah. Dari hasil pemeriksaan sementara di Puskesmas Kanigoro, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh SUROSO.

Menurut keterangan adik ipar korban yang bernama PONIJAN korban memiliki riwayat sakit sesak nafas dan sering masuk angin, sehingga keluarga tidak menuntut secara hukum pihak manapun atas kematian SUROSO. (muf/ikj)
30 September 2022
Ketua YLPA Kota Kediri : Kekerasan Seksual Anak Bisa Dari Faktor Anak, Orang Tua Atau Keluarga
Radio ANDIKA - Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) Kota Kediri ULUL HADIYIN mengaku prihatin dengan adanya tindak asusila yang dilakukan anak kelas 5 SD ke anak kelas 1 SD di Kabupaten Nganjuk. Menurutnya, kekerasan seksual yang dilakukan anak seusia tersebut bisa dikarenakan 3 faktor yaitu faktor anak, orang tua ataupun keluarga.

Ketika On Air di Radio ANDIKA, ULUL menjelaskan, faktor anak yaitu ketika anak terpapar tontonan yang mengarah pornografi dan ingin dipraktekkan. Faktor orang tua, lemahnya sisi pengawasan seperti tidak mengawasi pergaulan anak maupun tidak memantau apa yang ditonton anak. Biasanya ini terjadi pada orang tua yang sibuk maupun orang tua yang telah bercerai. Sedangkan dari faktor keluarga, tidak adanya pola asuh positif seperti anak tidak dibatasi dalam penggunaan HP.

ULUL menambahkan, anak-anak usia SD orientasinya adalah kesenangan bukan kebutuhan. Untuk itu, orang tua harus bisa melindungi anak dari kemajuan teknologi. Jika orang tua tidak melakukan pembatasan, maka anak akan mencari kesenangan lewat HP atau media lain yang terkoneksi internet.

ULUL menyarankan agar semua pihak bisa instropeksi, dan berupaya agar kasus kekerasan seksual tidak terulang lagi. Selain itu menerapkan pola asuh anak dan konsultasi parenting.

Sebelumnya perbuatan asusila terjadi di Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk pada Selasa 20 September 2022. Mirisnya, MB pelaku tindak asusila tersebut masih berusia 11 tahun (kelas 5 SD) sedangkan korban yang berinisial MA berusia 7 tahun (kelas 1 SD). (stm/eko)
30 September 2022
Rem Blong,Truk Tronton Terguling di Ruas Tol Caruban Nganjuk
Radio ANDIKA – Akibat rem blong, truk tronton bermuatan kayu terguling di interchange Nganjuk ruas tol Caruban–Nganjuk, Jum’at 30 September 2022 sekitar jam 15.30 WIB. 
 
AKP NANANG SUJIANTO, SH., Kanit PJR Jatim VI Nganjuk Ditlantas Polda Jatim saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya truk tronton muatan kayu nopol AA 1462 OG dikemudikan BUDIYONO warga Magelang melaju dari Magelang menuju Sidoarjo. Saat hendak menikung keluar jalur tol arah Nganjuk, tiba-tiba rem blong. Selanjutnya pengemudi membanting setir ke kiri hingga truk terguling.
 
Dalam insiden ini, tidak ada korban jiwa. Arus lalu lintas juga lancar kembali saat truk berhasil dievakuasi menggunakan mobil derek.(stm/eko)
Page 2 of 1813      < 1 2 3 4 >  Last ›