Berita- Info ANDIKA

01 December 2021
Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Tenggelam  di Sungai Brantas Jombang
Radio ANDIKA - Hingga Rabu, 1 Desember 2021, Basarnas Surabaya bersama tim gabungan masih melakukan pencarian korban yang tenggelam, di sungai Brantas Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Sebelumnya, IMAM, 50 tahun, warga Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, tenggelam setelah nekat menceburkan ke sungai Brantas. Peristiwa tersebut terjadi Selasa, 30 November 2021 sekitar pukul 16.30 WIB. 
 
CHRISE ARDYTARA , Rescuer Basarnas Surabaya saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, berdasarkan keterangan dari saksi, bernama SUGIAT, yang berada di lokasi sebagai operator perahu tambang, melihat IMAM menceburkan diri ke sungai Brantas dari atas tanggul. Sebelum IMAM menceburkan diri, SUGIAT sudah beberapa kali memperingatkan pada IMAM, namun tidak dihiraukan. Mengetahui IMAM tercebur, SUGIAT langsung berusaha menolongnya. Namun saat didekati, tubuh IMAM sudah tenggelam.
 
Kemudian, SUGIAT melaporkan peristiwa ini ke perangkat Desa Pagerwojo, dan diteruskan ke BPBD Jombang, lalu berkoordinasi dengan Basarnas Surabaya. Tim SAR gabungan yang terdiri dari BPBD Jombang, BPBD Nganjuk, Basarnas Surabaya, dan para relawan, tiba di lokasi pada Selasa malam.
 
CHRISE menambahkan, pencarian mulai dilakukan pada Rabu pagi, 1 Desember, serta membagi personel menjadi 3 regu. Regu pertama dan kedua melakukan pencarian dengan menyusuri aliran sungai sejauh 6 kilometer. Sedangkan regu ketiga, melakukan penyisiran di darat atau di pinggiran sungai.

Dalam pencarian tersebut petugas mengalami kendala yakni faktor hujan, sehingga debit air meningkat dan arus sungai menjadi bertambah deras. Menjelang sore, pencarian diberhentikan dan akan dilanjut pada esok pagi.(kin/dip)


*Catatan:
Berita atau artikel ini tidak bertujuan menginspirasi tindakan bunuh diri. Anda yang merasakan gejala depresi atau putus asa, segera konsultasikan persoalan Anda ke psikolog, psikiater ataupun klinik/rumah sakit yang memiliki fasilitas layanan kesehatan jiwa.

01 December 2021
Menginjak Usia 50 Tahun, Korpri Dituntut Bisa Menjadi Bagian Integral Pemerintahan
Radio ANDIKA - Pemerintah Kota Kediri menggelar upacara peringatan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-50, yang diadakan di halaman Balai Kota Kediri. Peringatan HUT Korpri tahun ini mengambil tema ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh. Di usianya yang ke-50 tahun, Korpri harus bisa bertransformasi menjadi bagian integral dari Pemerintahan, yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan, FERRY DJATMIKO, ditunjuk sebagai inspektur upacara. Pada kesempatan tersebut, FERRY DJATMIKO mengatakan kepada anggota korpri untuk tetap bersemangat dalam jiwa korsa dalam melayani masyarakat. Serta menjadi inspirator dalam pemulihan kehidupan di era new normal.
 
FERRY DJATMIKO mengatakan, Korpri bukan hanya sekadar organisasi biasa, tetapi sebagai wadah bagi Pegawai Republik Indonesia, untuk selalu berupaya terus menerus  dalam meneguhkan fungsinya dan hanya berkomitmen untuk kepentingan bangsa dan Negara.
 
FERRY DJATMIKO mengingatkan, Korpri harus mampu mendidik dan mengembangkan karakter anggotanya, untuk mencapai Core Values dan Employer Branding sesuai arahan presiden.(atc/kin)
01 December 2021
Hindari Miss Data, Pemkot Kediri Berkomitmen Bentuk 'Satu Data Kota Kediri'
Radio ANDIKA - Menghindari terjadinya Miss Data, Pemerintah Kota Kediri membuat komitmen bersama dengan Badan Pusat Statistik, untuk membuat 'Satu Data Kota Kediri'. Program ini sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam membentuk big data, Satu Data Indonesia.
 
Komitmen ini diawali dengan pertemuan yang dilaksanakan di ruang Joyoboyo Balaikota Kediri. Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Barenlitbang ini, sekaligus menginformasikan terkait penunjukan verifikator dan penginput data dari masing-masing OPD, untuk kemudian diresmikan melalui Surat Keputusan Walikota Kediri.
 
APIP PERMANA, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menerangkan urgensi dari pemenuhan Satu Data di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Data adalah pijakan Pemerintah Kota Kediri dalam penentuan keputusan dan pembuatan suatu kebijakan.
 
Ia menganalogikan pentingnya suatu data dalam gambaran berbelanja. Ketika seseorang yang hendak berbelanja memahami dan mengetahui apa yang seharusnya dibeli, maka belanjaan pun akan lebih efisien dan tepat. Namun, jika tidak mengetahui apa yang seharusnya dibeli, bukan tidak mungkin orang tersebut akan asal belanja. (atc/kin)
01 December 2021
Tak Memperhatikan Situasi Saat Berbelok, Dua Sepeda Motor Bertabrakan di Kras Kediri
Radio ANDIKA - Tidak melihat situasi lalu lintas di belakangnya saat berbelok, pengendara sepeda motor tertabrak pemotor lain di Desa Nyawangan Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, pada Rabu 1 Desember 2021 sekitar pukul 12.00 WIB. Akibatnya, kedua pengendara mengalami luka.
 
AKP IMRON S. H., M.HUM., Kapolsek Kras Polres Kediri dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden melibatkan sepeda motor Honda Vario nopol AG 4417 RCC dikendarai TUTIN, warga Desa Kepuhrejo Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Tertabrak sepeda motor Honda Beat nopol AG 4396 BW dikendarai HERU, warga Desa Purwotengah Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.
 
Semula motor Vario yang dikendarai TUTIN melaju dari arah Tulungagung menuju Kras Kediri. Sesampainya di lokasi, TUTIN hendak berbelok ke kanan tanpa melihat situasi. Ternyata ada motor Beat yang dikendarai HERU, melaju dari arah belakang. Akibatnya, saat berbelok TUTIN tertabrak oleh HERU sehingga keduanya terpental ke aspal.
 
Beruntungnya, kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. TUTIN dan HERU selamat dan hanya mengalami luka ringan, lalu dievakuasi menuju rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.(kin/hil)
01 December 2021
Bupati Kediri Berikan Ruang untuk Penyandang Disabilitas
Radio ANDIKA - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) memberikan pelatihan kepada penyandang disabilitas di Aula Dinsos Kabupaten Kediri. Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Kediri, untuk memberikan ruang kreativitas kepada penyandang disabilitas.
 
Bupati Kediri HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA mengatakan, agar Dinsos memberikan ruang kepada para penyandang disabilitas. Pelatihan yang diberikan berupa menghias tumpeng, yang diikuti oleh 6 tuna daksa dan 2 tuna rungu, serta pangkas rambut untuk 2 tuna rungu dan 4 tuna daksa.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, SLAMET TURMUDI menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan salah satu wujud dari misi Bupati Kediri. Selain itu, SLAMET menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Kediri. Nantinya, setelah pelatihan ini, Dinsos akan terus melakukan pendampingan dan monitoring kepada peserta pelatihan tersebut.
 
Selain pelatihan tersebut, tahun ini Dinsos juga telah melakukan pelatihan penggunaan smartphone kepada 16 orang tuna netra. Yang meliputi Pengenalan aplikasi android, zoom meeting, hingga penggunaan aplikasi whatsapp dengan menggunakan aplikasi TalkBack.(atc/kin)
01 December 2021
Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri, Antisipasi Kepulangan PMI Jelang Nataru
Radio ANDIKA - Pemerintah Indonesia terus mewaspadai kemunculan varian baru covid-19, omicron. Kepulangan Pekerja Migran Indonesia, menjadi salah satu yang diantisipasi, pada libur Natal dan Tahun Baru nanti. 
 
Terkait hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri telah melakukan koordinasi dengan pihak Kementrian Tenaga Kerja. Kepala Bidang Transmigrasi dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri, JUMADI, dengan adanya pengetatan baik di pintu masuk internasional, dan negara tempat Pekerja Migran Indonesia (PMI) bekerja, kecil kemungkinan para PMI akan pulang ke Indonesia. 
 
Para PMI yang kembali pulang berlibur atau mungkin cuti kemungkinannya kecil. Karena negara penempatan harus melakukan PCR maupun karantina, hal serupa juga dilakukan saat tiba di Indonesia.  Di Jakarta juga harus menjalani karantina selama tujuh hari, sebelum mereka bertemu dengan keluarga yang ada di daerah asal masing-masing. 
 
Seperti yang diketahui, WNI dan WNA yang pulang dari luar negeri diwajibkan untuk menjalani karantina terlebih dulu selama 3 hari dan 7 hari, untuk negara-negara tertentu. Sementara itu, JUMADI menuturkan, selama periode 1 Mei hingga 15 September ada 884 PMI yang pulang ke Kabupaten Kediri, baik karena kontrak habis ataupun cuti. Sementara pada Bulan November, ada 2 PMI pulang, satu diantaranya meninggal dunia karena sakit.(atc/kin)
01 December 2021
Uji Coba Pembukaan Taman, Walikota Kediri Himbau Ketatkan Prokes
Radio ANDIKA - Mulai tanggal 1 hingga 22 Desember, Pemerintah Kota Kediri melakukan uji coba pembukaan taman. Ada tiga taman yang dibuka yakni Taman Brantas, Taman Ngronggo dan Taman Tempurejo. Jam operasional taman di mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 11.00 siang, dan pukul 13.00 siang hingga pukul 15.30 sore.
 
Menyusul uji coba pembukaan taman Walikota Kediri, ABDULLAH ABU BAKAR, menghimbau agar protokol kesehatan dilakukan dengan baik. Mekanisme juga telah disiapkan untuk pengunjung saat uji coba pembukaan taman. Seperti pengunjung wajib menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi, dimana setiap masuk dan keluar area taman wajib melakukan cek in dan cek out. 
 
Pengunjung dewasa yang diperbolehkan masuk adalah yang sudah melakukan vaksin. Sementara anak-anak dapat masuk ke taman dengan syarat, ada pendamping dewasa yang telah melakukan vaksin. Setiap taman, mempunyai satu tempat masuk maupun keluar atau one gate system.
 
Taman sudah mulai uji coba untuk buka. Pihaknya meminta pengunjung untuk selalu melakukan protokol kesehatan dan aturan yang sudah ditetapkan. Semua pengunjung harus bersama-sama menjaga Kota Kediri tetap berada di level 1. Agar nantinya segala aktifitas dan perekonomian dapat berjalan lancar. 
 
Sementara itu, DATIK INDRIJASWATI ADE PUTRI, Kepala Bidang Pertamanan dan Tata Lingkungan DLHKP Kota Kediri mengatakan, bahwa pihaknya menyiapkan protokol kesehatan dengan baik untuk uji coba pembukaan taman. Mulai dari QR code Peduli Lindungi, hand sanitizer, thermo gun, tempat cuci tangan, sabun, masker, dan tempat sampah masker bekas hingga penyemprotan desinfektan secara berkala. Selain itu juga ada beberapa petugas yang berjaga dalam uji coba pembukaan taman. Petugas terdiri dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, dan juga tiga pilar kewilayahan.  
 
Sementara untuk kapasitas pengunjung Taman Brantas dan Taman Tempurejo sebanyak 250 orang per hari, lalu Taman Ngronggo 150 orang per hari. Untuk parkir roda dua maupun roda empat tersedia di area taman dan dikenai retribusi parkir sesuai dengan Perda. Kemudian diberi karcis yang sudah diporporasi dan sesuai dengan kendaraan yang parkir.(atc/kin)
01 December 2021
Hore! Program Kartu Prakerja Dipastikan Lanjut di Tahun 2022
Radio ANDIKA - Program Prakerja yang mulai digulirkan sejak tahun 2020 lalu dipastikan akan kembali dilaksanakan di tahun  2022 mendatang. Program Kartu Prakerja masuk dalam agenda pembangunan pemerintah dan anggaran sebesar Rp. 11 Triliun yang diambilkan dari pos bantuan sosial APBN 2022 telah dialokasikan.  

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan FEBRIO KACARIBU dalam webinar Impact Evaluation of Kartu Prakerja, Rabu pagi tadi mengatakan, pengguliran  program Prakerja diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024. Dalam APBN 2022 pengguliran program Kartu Prakerja menjadi bagian dari program prioritas ke-7 Pemerintah, yaitu reformasi program perlindungan sosial yang diarahkan untuk mendorong akselerasi pemulihan ekonomi nasional. 

Sasaran dari program Kartu Prakerja adalah pencari kerja baru, pencari kerja alih profesi, atau korban PHK. Oleh karena itu, materi pelatihan yang diberikan di dalam program Kartu Prakerja harus memenuhi tiga unsur, yaitu menambah, meningkatkan, dan mengganti kemampuan. Sebagai informasi, program Kartu Prakerja mulai digulirkan oleh Pemerintah pada tahun 2020 lalu dengan alokasi anggaran sebesar Rp 10 Triliun dan target penerima manfaat sebanyak 5,6 juta orang.

Di tahun pertama pelaksanaannya program ini terealisasi merekrut 5,9 juta penerima yang terbagi dalam 11 termin, dengan nominal Rp 13,4 Triliun. Sementara di tahun 2021 alokasi program Kartu Prakerja mencapai Rp 21,2 triliun dari semula Rp 20 triliun dengan target penerima manfaat sebesar 5,97 juta orang. Realisasi per Oktober 2021 mencapai jumlah Rp 9,42 triliun yang telah disalurkan kepada 2,7 juta peserta. (shk/arg)
01 December 2021
Peringati Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri Gandeng ODHA dan Waria
Radio ANDIKA - Puluhan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan waria yang tergabung dalam Komunitas Waria Kediri Raya hari ini 1 Desember 2021 memperingati Hari AIDS Sedunia di halaman Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri. Berbagai seremonial dilakukan mulai dari pelepasan burung merpati, melukis tembok menggunakan cap tangan, hingga membagikan bunga mawar di jalan raya. Peringatan Hari AIDS Sedunia dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait HIV/AIDS.

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Kediri ALFAN SUGIYANTO kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengatakan, berdasarkan data Dinkes, kasus HIV/AIDS  sejak 2019 hingga Oktober 2021 tercatat mengalami penurunan secara berturut-turut. Mulai dari 240 kasus, 239 kasus, dan tahun ini 160 kasus. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19, dimana upaya deteksi dini HIV/AIDS tidak segencar biasanya.

Diharapkan dengan adanya peringatan ini, masyarakat bisa bersama-sama menghentikan stigma dan diskriminasi pada ODHA. Masyarakat juga dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat. Sementara itu, Kepala Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri drg. RAYA MULYASARI kepada Jurnalis Radio ANDIKA mengakui bahwa tidak mudah mengingatkan para pasien yang sudah positif HIV/AIDS untuk berobat dan meninggalkan kebiasaan buruknya. Namun, dirinya berharap agar para ODHA tidak terjerumus lagi lebih dalam.

Selain meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap HIV/AIDS, Peringatan Hari AIDS Sedunia yang kali ini mengambil tema Akhiri AIDS : Cegah HIV, Akses Untuk semua juga dinilai penting bagi para waria. Ketua Waria Kediri Raya IKE FRADASARI saat dikonfirmasi mengatakan, peringatan Hari AIDS Sedunia merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap para ODHA yang selama ini sering mendapat perlakuan diskriminasi oleh masyarakat sekitar. (mld/arg)
01 December 2021
ODGJ Mengamuk Bakar Rumah dan Bacok Warga di Blitar, Satu Korban Kritis
Radio ANDIKA - Diduga kambuh, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Blitar mengamuk hingga membakar sebuah rumah dan membacok seorang warga pada Selasa malam, 30 November 2021. PRANOTO, 50 tahun, warga Dusun Tambakrejo Desa Ngadri Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar membakar rumah milik MUKANI, 55 tahun dan membancok SUPARMAN, 55 tahun, warga setempat. Akibat ulah PRANOTO, SUPARMAN kritis sedangkan rumah MUKANI ludes terbakar.
 
Kasi Humas Polres Blitar, IPTU UDIYONO, S.H., saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, kejadian itu bermula ketika PRANOTO datang ke rumah MUKANI sekitar jam 19.30 WIB. Saat itu, PRANOTO membawa satu botol bensin dan langsung menyiramkannya ke sepeda motor milik MUKANI yang diparkir di teras rumahnya. Tak lama kemudian, api makin membesar dan menjalar ke rumah MUKANI. Karena pelaku merupakan ODGJ, warga pun menjauh dan melaporkan hal itu kepada petugas kepolisian. 
 
Setelah melakukan aksinya, PRANOTO langsung pulang lalu bersembunyi di dalam rumahnya dalam kondisi lampu dimatikan dan dikunci. Polisi yang datang langsung berusaha menangkap pelaku. Polisi dan warga yang mengepung rumah PRANOTO sempat was-was, lantaran sebelumnya PRANOTO sudah pernah membunuh dua orang warga sekitar. Begitu rumah pelaku di dobrak, ternyata PRANOTO membawa senjata tajam dan mengamuk secara membabi buta sambil menyabetkan celurit ke arah warga.
 
Warga yang ketakutan kemudian lari berhamburan menjauh dari PRANOTO. Tapi nahas, salah seorang warga yang bernama SUPARMAN terjatuh dan PRANOTO langsung membacok SUPARMAN di bagian leher dan tubuhnya. Akibat sabetan senjata tajam, SUPARMAN terluka parah hingga kritis dan  langsung di larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sementara polisi dan warga lain berusaha menangkap pelaku. 
 
PRANOTO akhirnya berhasil diamankan dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Lawang. Akibat ulah pelaku, MUKANI yang rumahnya terbakar diperkirakan mengalami kerugian sebesar Rp300 juta, sementara SUPARMAN hingga kini masih kritis. (arg/nis)
Page 3 of 1493      < 1 2 3 4 5 >  Last ›