Berita- Info ANDIKA

17 January 2022
Berstatus Siaga, Gunung Semeru Kembali Mengeluarkan Awan Panas Guguran Setinggi 1500 Meter
Radio ANDIKA - Setelah ditetapkan status Siaga pada 16 Desember 2021 lalu, Gunung Semeru masih terus mengeluarkan awan panas guguran. Minggu, 16 Januari 2022 sekitar pukul 10.20 WIB, Semeru kembali mengeluarkan awan panas guguran setinggi 1500 meter mengarah ke utara. 
 
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ANDIANI saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, awan panas guguran merupakan material yang dikeluarkan oleh gunung yang sifatnya basa dan membeku di atas kawah. Akibat adanya efek gravitasi, awan panas guguran ini kemudian meluncur ke bawah. ANDIANI menjelaskan, erupsi selama ini ada dua macam, yaitu erupsi berupa lelehan dan erupsi berupa letusan.

Erupsi bersifat lelehan ini terjadi apabila material gunung secara perlahan keluar, kemudian akan terendapkan di sekitar lereng. Sementara erupsi bersifat letusan terjadi apabila material dikeluarkan secara vertikal terlempar ke atas. 
Gunung Semeru sendiri terbentuk lidah lava di sekitaran lerengnya. Lidah lava ini termasuk ke dalam erupsi lelehan. Lelehan ini akan secara perlahan keluar dan hingga saat ini tidak bisa diprediksi kapan dan seberapa besar lelehan yang akan terjadi. 
 
ANDIANI mengatakan yang bisa dilakukan oleh timnya saat ini hanya melakukan monitoring atau pengamatan pada Gunung Semeru. Pengamatan yang dilakukan berupa pengamatan visual dan penggunaan alat instrumen. Pengamatan secara visual yaitu memantau tanda-tanda kasat mata seperti asap dan abu vulkanik. Sementara untuk penggunaan alat instrumen yaitu menggunakan teknologi pencatatan gempa atau getaran yang terjadi di Gunung Semeru. (sap/adr)
 
16 January 2022
Dua Sepeda Motor Terlibat Insiden Lalu Lintas, 1 Orang Luka-luka
Radio ANDIKA - Sebuah insiden lalu lintas yang melibatkan dua sepeda motor terjdi di Jalan Raya Jatitengah Selopuro, Minggu, 16 Januari 2022 sekitar pukul 18.00 WIB. Akibat insiden ini, seorang pengendara sepeda motor mengalami luka-luka.

Kapolsek Selopuro Polres Blitar, IPTU SUHARTONO  saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, sepeda motor nopol  AG 5567 OAO dikendarai FERRY yang belum jelas alamatnya,  melaju dari arah Blitar menuju Malang. FERRY yang diduga menghindari genangan air dan jalan berlubang, justru motornya oleng dan tidak terkendali. Sementara dari arah sebaliknya, melaju motor honda PCX yang dikendarai DEDE, 16 tahun, warga Desa Banjarsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Kendaraan FERRY yang terlalu ke kanan menyebabkan insiden lalu lintas tidak dapat terhindarkan.

Akibat insiden ini, FERRY mengalami patah di bagian gigi. Saat ini, FERRY dibawa ke RS Ngudi Waluyo untuk mendapatkan pertolongan.

IPTU SUHARTONO menambahkan, jalanan di Selopuro, Blitar memang banyak berlubang. Sebelumnya, jalanan tersebut sempat ditambal, tetapi karena hujan akhirnya jalan kembali berlubang. IPTU SUHARTONO menghimbau warga yang melewati kawasan Selopuro diharapkan untuk lebih berhati-hati. (sap/dip)
16 January 2022
Seorang Pria ditemukan Meninggal di Sutojayan Blitar, Diduga Korban Laka Tunggal
Radio ANDIKA - Jenazah seorang laki-laki tanpa identitas atau Mr.X ditemukan tergeletak di jalan Desa Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Minggu, 16 Januari 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Mr. X ditemukan dalam keadaan bersimbah darah. Diduga, ia merupakan korban insiden lalu lintas tunggal. Setelah dilakukan identifikasi, korban diketahui bernama AGUS MARYANTO, warga Dusun Klampok Desa Pandanarum Kecamatan Pandanarum Kabupaten Blitar.
 
Kasi Humas Polres Blitar, IPTU UDIYONO S.H., saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, petugas piket Polsek Lodoyo Timur Polres Blitar menerima informasi dari masyarakat bahwa terjadi insiden lalu lintas tunggal di tikungan Kedung Ketek Jalan Raya Jegu-Kembangarum. Kemudian petugas langsung mendatangi TKP dan menemukan korban sudah meninggal. Saat dilakukan identifikasi, korban tidak membawa identitas sama sekali. Namun setelah dilakukan penyelidikan bersama tim Inafis, korban akhirnya diketahui bernama AGUS MARYANTO.
 
Saat dilakukan pengecekan, ada saksi yang mengatakan AGUS melaju dengan kecepatan tinggi. Saat tiba di TKP, ia tidak bisa mengendalikan motornya di tikungan. Akibatnya, motor menabrak sebuah pohon dan AGUS terpental ke jalan. AGUS yang tidak memakai helm mengalami luka parah di bagian kepalanya langsung dan meninggal di tempat.
 
Saat ini, jenazah sudah dipulangkan ke keluarganya untuk dimakamkan. IPTU UDIYONO menghimbau kepada masyarakat untuk selalu membawa identitas diri saat bepergian kemanapun. (sap/dip)
16 January 2022
Hujan Deras dan Angin Kencang di Trenggalek, Sebabkan Pohon Tumbang di Beberapa Titik, 3 Pohon Timpa Rumah Warga
Radio ANDIKA - Akibat Hujan Deras disertai Angin Kencang yang melanda selama 3 jam di wilayah Kabupaten Trenggalek menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Beberapa pohon tumbang menimpa tiga rumah warga di Dusun Banaran Desa Krandengan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Insiden tersebut terjadi pada Sabtu sore, 15 Januari 2022.
 
Kapolsek Gandusari Polres Trenggalek IPTU ZAINUDIN S.Sos., saat On Air di Radio ANDIKA mengatakan, awalnya hujan deras mulai mengguyur sejak jam 13.30 WIB.  Intensitas hujan semakin tinggi dan disertai angin kencang sejak jam 15.00 WIB. Hujan dan angin kencang yang mulai mereda sekitar jam 17.00 WIB. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik lokasi. Sebanyak tiga pohon tumbang berukuran setengah meter menimpa bagian depan atap rumah milik MUSINI, MUJIATI dan SUTILAH. 
 
Selain itu, sebanyak 4 pohon dipinggir jalan utama Kradegan-Kedunglurah tumbang ke arah sungai. Tim gabungan dari BPBD, Polsek Gandusari, Koramil, Tagana dan beberapa unsur lainnya bersama warga turun langsung untuk membersihkan material pohon yang tumbang. Proses evakuasi dilakukan dengan pemotongan pohon masih berlangsung hingga pada Minggu pagi, 16 Januari 2022. Tidak ada korban dalam insiden tersebut, namun akses jalan menjadi sedikit terhambat karena proses evakuasi pohon yang tumbang. (ahm/atc) 
16 January 2022
Diduga Korsleting Listrik, Gudang Penggilingan Padi di Pace Nganjuk Hangus Terbakar
Radio ANDIKA - Diduga karena Korsleting Listrik, Gudang Penggilingan Padi milik SARMINTO, 39 tahun, warga Desa Pace Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk habis terbakar. Insiden tersebut terjadi pada Sabtu malam 15 Januari 2022 jam 22.30 WIB.

Anggota PMK Pos Warujayeng Kabupaten Nganjuk HENDY, saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, awalnya SARMINTO, pemilik gudang menyalakan lampu gudang penggilingan padi miliknya pada jam 18.30 WIB, kemudian ditinggal pergi. 
 
Beberapa saat kemudian, salah seorang tetangga mengetahui adanya percikan api di dalam gudang tersebut sekitar jam 21.00 WIB, yang membuat api membesar dan membakar seluruh gudang. Mengetahui kejadian tersebut, warga langsung menghubungi petugas PMK Warujayeng.

Menindaklanjuti laporan dari masyarakat, petugas PMK Warujayeng mendatangi lokasi kebakaran dengan menerjunkan tiga unit mobil PMK untuk memadamkan api. Beberapa jam api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.(ahm/atc)
15 January 2022
Kurang Konsentrasi, Pemotor Tabrak Pejalan Kaki di Nganjuk
Radio ANDIKA-Karena kurang konsentrasi saat berkendara, pemotor tabrak pejalan kaki di Tanjunganom Nganjuk. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Peristiwa terjadi pada hari Sabtu 15 Januari 2022 sekitar jam 22.00 WIB.
 
IPTU SUGINO Kanit Laka Satlantas Polres Nganjuk saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, insiden bermula ketika sepeda motor Honda Vario nopoL AG 4375 OI dikendarai RISKI warga Desa Kwagen Barat Magetan melaju dari arah Kertosono menuju Nganjuk. Diduga karena kurang konsentrasi saat melintas di Jalan Raya Desa Kedungrejo Kecamatan Tanjunganom Nganjuk, sepeda motor RISKI menabrak JUARIAH warga Sragen Jawa Tengah pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan.
 
Akibat insiden ini RISKI dan JUARIAH mengalami luka ringan, kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Insiden lalulintas ini kemudian ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polres Nganjuk.(eko)
15 January 2022
Kasus Dugaan Perselingkuhan dan Pengancaman,Istri Kades Aryojeding Rejotangan Akan Laporkan Suaminya ke Polisi
Radio ANDIKA - Kasus dugaan perselingkuhan dan pengancaman yang dilakukan Kepala Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung saat ini memasuki babak baru. Dalam sebuah video kiriman warganet, istri Kades Aryojeding, WINARSIH mengatakan akan melaporkan suaminya AA, atas dugaan perselingkuhan dan ancaman pembunuhan ke Polres Blitar.
 
Dalam video tersebut, WINARSIH mengaku bahwa Kades Aryojeding sudah dua kali dipergoki, diduga telah melakukan perselingkuhan. Selain itu AA juga mempersulit proses perceraian yang diajukan WINARSIH. Sidang pertama perceraiannya dilaksanakan 5 Januari 2022 lalu. sementara sidang kedua, akan dilakukan 19 Januari 2022 nanti. Selain dugaan perselingkuhan, AA juga dilaporkan atas dugaan ancaman pembunuhan pada saksi yang ikut menggrebek di hotel. WINARSIH mengatakan memiliki bukti rekaman video saat AA melakukan pengancaman pembunuhan.
 
Kasus dugaan perselingkuhan AA Kepala Desa Aryojeding Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung ini viral pada bulan Desember 2021 lalu. Saat itu, beredar video penggrebekan yang dilakukan WINARSIH pada AA yang sedang berduaan dengan seorang wanita di sebuah hotel melati di wilayah Blitar. Untuk memastikan perkembangan kasus ini, Gatekeeper Radio ANDIKA telah mengklarifikasi melalui WA kepada istri Kepala Desa Aryojeding, WINARSIH. Tetapi pihaknya masih mohon waktu terlebih dahulu dengan tim.

Sementara itu Gatekeeper Radio ANDIKA sudah pernah menghubungi Camat Rejotangan DIDI JAROT mengenai kasus dugaan perselingkungan Kepala Desa Aryojeding tetapi belum ada tanggapan sama sekali.(sap/eko)
15 January 2022
Akibat Mengalami Konsleting, Sebuah Mobil Terbakar di Kauman Tulungagung
Radio ANDIKA - Diduga terjadi korsleting, mobil Suzuki Ertiga terbakar. Mobil tersebut diketahui terbakar di Jalan Umum Desa Kauman tepatnya di utara kantor Kecamatan Kauman. Kebakaran terjadi Sabtu, 15 Januari 2022 sekitar pukul 19.50 WIB. Korbannya AGUS AUDI, warga Desa Karanganom Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Beruntung, tidak ada korban jiwa atas insiden ini.

Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, GATOT SUNU UTOMO M. Si., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, mobil Suzuki Ertiga bernopol AG 1227 SG saat dikemudikan AGUS AUDI, Jalan Umum Desa Kauman. Dalam perjalanan, mobil mengalami konsleting pada accu yang mengenai kain penutup anti tikus, sehingga api dengan cepat menyebar ke bagian mesin. Beruntungnya, AGUS berhasil menyelamatkan diri, langsung keluar dari mobil.

Warga yang melihat percikan api, langsung meminta bantuan ke Damkar Satpol PP Tulungagung. GATOT menambahkan ia menurunkan 2 armada pemadam kebakaran dan 1 tangki supply ke lokasi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.03 WIB dengan bantuan warga sekitar. (sap/dip)

15 January 2022
Truk VS Motor, 1 Pengemudi Sepeda Motor Mengalami Luka-luka
Radio ANDIKA - Seorang pengendara motor mengalami luka ringan setelah terlibat insiden lalu lintas dengan sebuah truk. Insiden ini terjadi di simpang empat  Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri pada Sabtu, 15 Januari 2022 sekitar pukul 16.00 WIB.

Kanit Laka Satlantas Polres Kediri, IPDA ARIS WIGIARTO S.H., saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, truk nopol AG 8629 UL yang dikemudikan JOKO SANTOSO, 42 tahun, warga Desa Selorejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar  melaju dari arah Tiru menuju Plosoklaten. Sesampainya di TKP, truk bertabrakan dengan sepeda motor nopol AG 4262 OE yang dikendarai DWI RATNA, 53 tahun, warga Desa Karanganyar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Motor tersebut melaju dari arah Tiru Kidul menuju Kemuning. Diduga sama-sama kurang hati-hati, tabrakan tidak terhindarkan

Akibat insiden ini, DWI mengalami luka ringan di bagian wajah dan tangan. Kasus ini ditangani  Unit Laka Satlantas Polres Kediri untuk mendapat tindakan lebih lanjut. (sap/dip)

15 January 2022
Seorang Buruh Tani Diamankan Petugas Karena Edarkan Sabu-sabu
Radio ANDIKA - BAGUS, 34 tahun, warga  Desa Kepung Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri diamankan petugas Buser Satresnarkoba Polres Kediri. BAGUS yang bekerja sebagai buruh tani ini,  diamankan polisi,  karena dugaan sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu dan pil dobel.

Kasat Narkoba Polres Kediri, AKP RIDWAN SAHARA saat dikonfirmasi Gatekeeper Radio ANDIKA mengatakan, pihaknya melakukan penyelidikan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Petugas kemudian mencurigai BAGUS yang gerak geriknya mencurigakan.  Dari tangan pelaku, petugas menemukan  barang bukti berupa 14 klip sabu-sabu dengan berat total 7,52 gram, 1 timbangan digital, 1 alat bong, 6000 butir pil jenis dobel L dan 1 ponsel.

Pelaku saat ini masih dimintai keterangan. AKP RIDWAN menambahkan pelaku akan dijerat pasal 112 UU RI No. 53 tahun 2009 tentang Narkotika, pasal 197 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pasal 60 UU RI No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. (sap/dip)

Page 5 of 1553     ‹ First  < 3 4 5 6 7 >  Last ›